KATA OMED

21 Daftar Nama Bukit Di Jawa Yang Sering Dikunjungi Traveler

Published · Updated

Pulau Jawa tidak hanya terkenal daerah berpenduduk terpadat Indonesia tetapi juga memiliki banyak tempat wisata bukit.

Nah bagi kalian yang belum mengetahui nama bukit di Jawa berikut di-list tentang daftar nama bukit di Jawa yang paling eksotis dan elegan.

Semua bukit di Jawa menghadirkan panorama indah sekaligus suhu alam yang sejuk dan rindang. Makanya, destinasi sering dimanfaatkan traveler dari luar kota untuk melepas penat.

Ini dia daftar nama bukit yang paling populer dan paling sering dikunjungi oleh wisatawan:

1. Bukit Krapyak Mojokerto

Campground Bukit Krapyak

Campground Bukit Krapyak – foto ig @dwi_right

Daftar Nama Bukit Di Jawa Yang Sering Dikunjungi Traveler yang pertama ada Bukit Krapyak.  Bukit Krapyak Pacet adalah kawasan wisata alam yang terletak di kaki Gunung Welirang, Mokokerto.

Bukit ini masuk ke wilayah Perhutani KPH pasuruan dengan ketinggian ±900 mdpl. Lokasi Bukit Krapyak tepatnya berada di Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Dilokasi camping bukit krapyak para campers dapat melakukan berbagai aktivitas outdoor. Aktivitas ini mulai dari camping santai dengan menikmati keindahan alam.

Lokasi camping di bukit krapyak memiliki udara segar dan dingin sehingga sangat cocok untuk melarikan diri dari keseharian kota yang ramai dan padat. Pemandangan yang disuguhkan pun tidak tanggung-tanggung.

2. Bukit Jaddih Bangkalan

Bukit Jeddih Bangkalan Madura

Bukit Jeddih Bangkalan Madura – foto ig @adji_mahadewa

Bukit Jaddih terletak di Jakan Parseh Socah Bangkalan Jawa Timur yang dianggap bakal hits dan menjadi ikon wisata bukit di Madura.

Di sini traveler tidak hanya bisa menemukan padang rumput yang luas tetapi juga wisata kolam renang buatan yang unik dan instagenik.

Kolam buatan di Bukit Jaddih dikelilingi oleh batu-batu gunung yang berbentuk tebing dengan ukuran cukup tinggi. Sedangkan lahan yang menjadi kolam adalah lahan bekas galian batu gunung yang didesain sedemikian rupa.

Salah satu kelebihan dari kolam tersebut adalah airnya jernih sehingga terlihat memancarkan warna kebiruan jika diterpa sinar matahari. Makanya, jika ke Bukit Jaddih datang saja saat siang hari atau ketika matahari terbit (sunrise).

3. Bukit Teletubbies Malang

Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies – foto ig @ricomuller

Bukit di Jawa yang juga sering dikunjungi wisatawan adalah Bukit Teletubbies yang terletak di Malang tepatnya di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Malang Jatim.

Sesuai namanya Bukit Teletubbies memiliki kontur padang rumput mirip padang dalam cerita Teletubbies yang viral tahun 2000an.

Terkadang traveler melakukan camping di sabana tersebut sembari menikmati pemandangan kota Malang dari atas ketinggian. Suasananya pasti memuaskan apalagi suhu kota ini yang terkenal dingin dan sejuk saat malam hari.

4. Bukit Candi Abang Sleman

Bukit Candi Abang

Bukit Candi Abang//JejakPiknik.com

Daftar nama bukit di Jawa berikutnya Bukit Candi Abang yang terletak di Desa Candi Abang Berbah Sleman Yogyakarta Jateng. Di sini, kalian akan menemukan candi kuno bernama Candi Abang yang menurut sejarah dibangun abad 9 oleh Kerajaan Mataram.

Sayangnya karena tidak dirawat dengan baik candi sudah tertimbun tanah yang tersisa hanya gundukan bukit yang terlihat seperti piramida biasa. Sekalipun demikian, pengunjung yang datang tidak pernah berkurang terutama ketika menjelang matahari terbenam.

5. Bukit Mangunan Jogyakarta

Bukit Mangunan

Bukit Mangunan//Eksotis Jogja

Jika sedang ke kota Gudeg Jogjakarta jangan lupa mampir ke Bukit Mangunan yang indah dan instagenik. Di sini, kalian akan menemukan pemandangan super eksotis yang akan membuat enggan untuk beranjak pulang.

Di Bukit Mangunan traveler bisa melihat bukit yang seakan diapit gugusan gunung raksasa yaitu pegunungan seribu yang di tengahnya terdapat aliran sungai Oyo yang berkelok membelah perbukitan. Sayang jika datang dini hari suasana masih tertutup kabut.

Bukit Mangunan sering dikunjungi ketika matahari hampir terbenam atau ketika sunsite. Sebab, di kala itu pemandangan benar-benar ikonik dan layak untuk dijadikan latar foto selfie.

6. Bukit Kawah Wurung Bondowoso

Kawah Wurung Bondowoso

Kawah Wurung Bondowoso – oto ig @umarul_fariq

Daftar nama bukit di Jawa yang juga sering dikunjungi wisatawan adalah Bukit Kawah Wurug yang terletak di Bondowoso Jawa Timur. Di sini pengunjung akan ditemani landscape yang indah terutama di wilayah padang rumput yang agak ke sisi bagian utara.

Dari Bukit Kawah Wurug kalian bisa melihat Gunung Ijen yang tinggi menjulang laksana raksasa penjaga kawah. Terutama jika datang siang hari karena jika pagi hari gunung tidak terlihat akibat tertutup kabut.

7. Bukit Moko

Bukit Moko

Bukit Moko foto ig @sassychris1

Bandung Jawa Barat tidak hanya dikenal dengan kaum perempuannya yang berparas ayu tetapi juga dikenal sebagai kota dengan tempat wisata yang indah dan elegan. Salah satunya adalah Bukit Moko yang terletak di Kawasan Cimenyan Bandung.

Bukit Moko berada di dataran tinggi dengan ketinggian mencapai 1500 mdpl. Makanya, jika datang ke tempat ini siang hari cuaca panas tidak terasa karena yang menyebar adalah udara sejuk pegunungan dengan angin semilir yang menenangkan.

Jika datang malam hari jangan lupa untuk mampir ke warung Daweung yang lokasinya berhadapan langsung dengan kota Bandung. Bisa dibayangkan makan-makan di atas gunung sembari melihat lampu kerlap kerlip kota dari atas ketinggian.

8. Bukit Kanaga Cikijing Majalengka

sumber foto instagram @bukitkanaga_official

Bukit Kanaga merupakan Destinasi Wisata Baru yang berada di Gunung Ciremai. Bukit Kanaga terletak di kaki gunung cermai dengan ketinggian kurang lebih 1300 hingga 1450 mdpl.

Selain menikmati pemandangan dan hunting foto, pengunjung juga dapat camping di Bukit Kanaga. Di bukit kanaga terdapat camping ground yang memiliki lahan seluas 3 hektar.

Saking luasnya, camping ground ini mampu menampung hingga ratusan tenda. Lokasi camping ground ini berada di hutan pinus.

Selain karena suasa hutan pinus yang adem dan teduh, lokasi hutan pinus ini dipilih karena memiliki sumber air yang mengalir dari parit gunung.

9.  Bukit Sewu Sambang

Bukit Sewu Sambang di banyuwangi

Bukit Sewu Sambang di banyuwangi – foto ig @silfiwafi_

Bukit Sewu Sambang bisa menjadi pilihan untuk melepas penat dan kebosanan. Dari sini, pemandangan Selat Bali akan terlihat jelas dan indah, membuat pengunjung betah berlama-lama.

Tempat wisata yang baru resmi dibuka pada 19 Juni 2019 ini tepatnya berada di Lingkungan Papring, Desa Kalipuro, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Untuk menuju ke lokasi, ada dua pilihan rute yang bisa dilalui. Pertama melalui Jalan Kalipuro lurus ke arah utara hingga bertemu Masjid Papring di pertigaan.

Setelah itu ambil jalan arah timur laut hingga menemukan tanda atau petunjuk jalan menuju ke Bukit Sewu Sambang.

Kedua, pengunjung bisa melalui jalan dari arah Ketapang, melalui jalan lingkar, kemudian belok kiri, lalu lurus. Setelah bertemu perempatan, belok ke kiri.

Sampai di ujung jalan, belok ke kanan dan kembali lurus. Nanti pengunjung akan menemukan perkampungan kecil untuk menuju ke lokasi.

10. Bukit Gambaran Pekalongan

wisata bukit gambaran pekalongan

wisata bukit gambaran pekalongan – oto ig @ulyanasafitri .

Bukit Gambaran, wisata alam dengan banyak spot foto buatan yang menarik ini tepatnya berlokasi di Desa Lemah Abang, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Tempat wisata Bukit Gambaran ini letaknya juga tidak jauh dari Curug Madu, destinasi wisata alam yang juga merupakan andalan di Kabupaten Pekalongan.

Pepohonan hijau yang rindang berdampingan dengan birunya langit menciptakan pesona keindahan yang membuat mata tak henti memandang.

Apalagi jika datang ke sini pada sore hari, pengunjung bisa melihat semburat jingga matahari terbenam yang begitu eksotis.

Selain pemandangan alam, banyak juga spot foto menarik yang bisa dimanfaatkan untuk berswafoto.

11. Bukit Halimun

bukit halimun gunung salak bogor

bukit halimun gunung salak bogor – foto ig @quratumanurung

Bukit Halimun adalah sebuah bukit yang letaknya di kaki Gunung Salak. Tempat wisata ini terbilang masih alami. Kalian bisa menikmtai udara sejuk dan pepohonan rindang yang membuat hati jadi nyaman.

Di Bukit Halimun terdapat spot jembatan gantung yang bagus sekali loh. Konon, jembatan gantung ini dibuat sepanjang 100 meter dan menjadi penghubung antara satu bukit ke bukit lainnya.

Jika kalian pergi liburan ke Bukit Halimun wajib sekali untuk berfoto di spot jembatan gantung ini. Pasalnya, dari spot jembatan gantung inilah yang membuat wisata bukit Halimun menjadi ngehits dan banyak dikunjungi orang.

12. Bukit Corong Bumijawa

lautan awan di bukit corong bumijawa

lautan awan di bukit corong bumijawa – foto ig @jingga_arunika20

Kamu tentunya tidak asing dengan Kota Tegal. Kota yang sering kita lalui ketika menempuh perjalanan antarprovinsi lewat jalur pantura ini ternyata juga memiliki pesona wisata, lho!

Walaupun masih terbilang baru, namun Bukit Corong yang terletak di Desa Gunung Agung, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah ini mulai viral di kalangan para pendaki.

Walaupun tingginya hanya sekitar 500-700 mdpl, tetapi nyatanya Bukit Corong menghadirkan pemandangan yang memukau. Bahkan di setiap penjuru mata angin, Bukit Corong menawarkan pemandangan yang berbeda-beda.

13.  Bukit Pelangi Sentul 

bukit pelangi sentul

bukit pelangi sentul – foto ig @ra_ayodya

Wisata bukit pelangi punya nama lain yaitu bukit geulis. Disebut bukit pelangi, karena di tempat wisata ini suka muncul pelangi atau mungkin spot pemandangannya yang cantik dan berwarna-warni kaya pelangi.

Memang tempat wisata bukit pelangi yang lokasinya di Sentul ini lagi booming di media sosial. Jadi, tidak salah kalau kalian pengen cari tahu seputar objek wisata bukit pelangi yang cantik ini.

Usut punya usut, bukit pelangi atau wisata bukit geulis ini dulunya adalah rest area bagi wisatawan yang ingin mlipir ke puncak.

14. Bukit Cendana Kulon Progo

Bukit Cendana Kulon progo

Bukit Cendana Kulon progo – foto g maps konan susanto

Kalau mendengar nama daerah Kulon Progo, apa yang terlintas di benakmu? Waduk Sermo dan wisata Kalibiru, ‘kan, pastinya?

Kulon Progo memang terkenal dengan wisata alamnya yang indah dan berbukit-bukit, dua yang paling terkenal memanglah Waduk Sermo dan Kalibiru.

Spot foto di Kalibiru dengan pemandangan alam yang hijau dan langit biru itu sempat sangat hits beberapa tahun lalu. Tapi ternyata, ada lagi, lho wisata alam menarik lainnya yang nggak kalah indahnya. Bukit Cendana namanya.

Dinamai Bukit Cendana lantaran banyaknya tumbuh pohon cendana di sekitar bukit ini. Bukit ini berlokasi tak jauh dari wisata alam Kalibiru, tepatnya di Dusun Tegiri, Desa Argowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo.

15. Bukit  Betitang

Bukit Betitang

Bukit Betitang – foto @hafidz_ahkam

Keindahan Bukit  Betitang di Desa Ranugedang, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, belakangan ini viral di media sosial.

Dan sejak banyaknya postingan yang beredar, akhirnya banyak  wisatawan  yang merasa penasaran dengan keindahan bukit tersebut.

Dan mereka pun akhirnya banyak yang berkunjung ke Bukit Batitang untuk dapat menyaksikan panorama savana tersebut secara langsung, dan mengabadikannya lewat lensa kamera.

Sebelumnya Bukit Batitang terbilang sangat baru, dan masih belum banyak dijamah oleh pengunjung

Bukit yang memiliki ketinggian sekitar 1.500 mdpl dari permukaan laut tersebut berjarak 30 kilometer dari jantung Kota Kraksaan.

16. Bukit Tompe

Bukit Tompe lautan awan di pacitan

Bukit Tompe lautan awan di pacitan – foto ig @difotoyosep

Salah satu keindahan alam yang menjadi viral beberapa waktu terakhir ini berada di Bukit Tompe. Bukit ini berlokasi di Dusun Kendal Desa Tamanasri, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Disebut Bukit Tompe karena tempat ini berada di dekat Desa Tompak. Nama lain dari bukit ini adalah Bukit Bara-Bare.

Pesona keindahan alam yang dapat terlihat dari Bukit Tompe berupa keindahan kabut yang sangat memanjakan mata. Karena panorama yang fenomenal tersebut, menjadikan bukit ini dikenal juga sebagai “ Negeri di Atas Awan”.

17.  Bukit Klangon

Bukit Klangon

Bukit Klangon – foto ig @sheto_chenko

Para wisatawan baik domestik maupun mancanegara seakan tak ada habisnya mengunjungi daerah sekitar Gunung Merapi, yaitu Kabupaten Sleman.

Di wilayah dataran tinggi ini, terdapat satu tempat bernama Bukit Klangon yang kini sedang menjadi salah satu primadona baru. Tempat wisata yang baru dikembangkan ini memiliki pesona tersendiri, lho!

Wisata alam dengan tema perbukitan ini berada di kaki Gunung Merapi, tepatnya di Dusun Kalitengah Lor, Desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman.

Dengan lokasi yang berada di ketinggian 1100 mdpl, tak heran jika kamu wajib membawa jaket yang hangat.

Karena meskipun kamu mengunjunginya ketika matahari telah nampak, percayalah, udara dingin tetap akan menghembus kulitmu.

18. Bukit Bego Imogiri

Pesona Bukit Bego Imogiri Bantul Yogyakarta

Pesona Bukit Bego Imogiri Bantul Yogyakarta – foto ig @sonny_khanza_tasik

Yogyakarta sebagai kota yang kaya akan destinasi wisata, tak habis-habisnya mengembangkan potensi pariwisatanya.

Hampir setiap tahun ada tempat wisata baru yang dibuka di Yogyakarta, entah itu pantai atau bukit dengan pilihan-pilihan spot foto berlatar pemandangan alam. Kali ini adalah tempat wisata nuansa dataran tinggi dan perbukitan bernama Bukit Bego.

Daerah Imogiri, Kabupaten Bantul yang semula hanya terkenal karena adanya makam kuno, kini tak lagi sama.

Makam kuno raja-raja Imogiri masih menjadi pilihan wisata sejarah dan religi, namun Imogiri sudah memiliki banyak pilihan destinasi wisata lain.

Beberapa tempat wisata itu antara lain Kebun Buah Mangunan dan Bukit Bego. Sejak tahun 2017, Bukit Bego telah menjadi salah satu pilihan wisata yang cukup ramai.

Jika di Kebun Buah Mangunan kamu bisa berburu momen sunset yang hangat ditengah udara sejuk, maka di Bukit Bego kamu bisa mengabadikan momen matahari terbenam yang manis dan romantis.

19. Bukit Puji Ningrum Tasikmalaya

sunrise Bukit Puji Ningrum Tasikmalaya

sunrise Bukit Puji Ningrum Tasikmalaya – foto ig @restylestarie02

Kamu pasti tidak asing dengan istilah “negeri di atas awan”, kan? Istilah negeri di atas awan kerap kali disandingkan dengan pendakian ke gunung.

Yang paling fenomenal adalah negeri di atas awan versi dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah. Namun siapa sangka kalau ada juga negeri di atas awan versi Jawa Barat yang nggak kalah mempesona?

Namun ternyata bukan di Puncak saja kamu bisa menikmati pemandangan yang demikian. Di Tasikmalaya, kamu memiliki pilihan untuk mengunjungi Bukit Puji Ningrum.

Lokasi dimana negeri di atas awan ini berada adalah Bukit Puji Ningrum. Bukit ini terletak di Kampung Pasirhaleuang, Desa Janggala, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten tasikmalaya, Jawa Barat.

20. Bukit Waruwangi

Savana di Bukit Waruwangi

Savana di Bukit Waruwangi – foto antaranews

Bicara tentang wisata perbukitan, salah satu destinasi wisata rekomendasi yang kini tengah naik daun adalah wisata bukit waruwangi.

Meskipun dengan tema yang sama dengan wisata perbukitan lainnya, namun wisata bukit waruwangi padarincang Serang Banten ini memiliki ciri khasnya dibading bukit-bukit lainnya untuk menarik minat wisatawan.

Bukit Waruwangi Menyuguhkan pemandangan perbukitan yang indah dan juga mempunyai senasasi yang unik yakni pengunjung bisa memberi makan rusa secara langsung.

Tempat wisata di Serang Banten Bukit Waruwangi ini langsung viral setelah banyaknya foto dan wisatawan yang menguploadnya di media sosial.

21. Bukit Pawuluhan Pekalongan

pemandangan dari Bukit Pawuluhan Pekalongan

pemandangan dari Bukit Pawuluhan Pekalongan – foto milik @figobtg_

Pekalongan punya spot baru untuk mendirikan tenda alias untuk camping seru. Namanya adalah Bukit Pawuluhan Pekalongan, yakni sebuah bukit yang menyuguhkan pemandangan kawasan Pekalongan dari ketinggian.

Bukit Pawuluhan Pekalongan memang belum setenar tempat wisata lainnya di Pekalongan namun kini seiring waktu dan semakin banyaknya para penggiat alam mengabadikan moment indahnya dari atas Bukit Pawuluhan Pekalongan membuat bukit ini semakin ngehits dan terkenal.

Sesuai namanya, Bukit Pawuluhan Pekalongan berada di Pekalongan Provinsi Jawa Tengah. Atau jika secara administratif berada di Kandang Serang  Desa Gombong Klesem, kecamatan Kandangserang, Pekalongan Provinsi Jawa Tengah.

**

Nah, jika kalian pergi ke Jawa jangan lupa mengunjungi 21 daftar nama bukit di Jawa yang paling sering dikunjungi para wisatawan sebagai tempat lokasi liburan.

Dijamin, jika traveler sudah tiba di tempat ini inginnya terus menetap dan tidak ingin meninggalkan bukit saking indahnya panorama alam di sana.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of