KATA OMED

Bukit Tompe Pacitan, Lukisan Negeri di Atas Awan!

Published · Updated

Pacitan merupakan kota yang memiliki keindahan panorama alam yang eksotis di setiap wilayah kotanya.

Salah satu keindahan alam yang menjadi viral beberapa waktu terakhir ini berada di Bukit Tompe. Bukit ini berlokasi di Dusun Kendal Desa Tamanasri, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Baca Juga ya:

Bukit Bara-Bare

Bukit Tompe Pacitan atau Bukit Bara-Bare foto g maps olifia elza

Bukit Tompe, “Negeri di Atas Awan” Pacitan

Disebut Bukit Tompe karena tempat ini berada di dekat Desa Tompak. Nama lain dari bukit ini adalah Bukit Bara-Bare.

Pesona keindahan alam yang dapat terlihat dari Bukit Tompe berupa keindahan kabut yang sangat memanjakan mata. Karena panorama yang fenomenal tersebut, menjadikan bukit ini dikenal juga sebagai “ Negeri di Atas Awan”.

Bukit Tompe Tamanasri Kec Pringkuku kab Pacitan

Negeri di Atas Awan Bukit Tompe Pacitan-Photo By @ Agoeshendriyanto

Bukit Tompe yang juga menyuguhkan keindahan saat matahari terbit. Suasana saat sunrise tersebut memberikan suasana yang menyejukkan mata dan hati.

Banyak orang yang menyebut tempat ini sebagai wisata subuh, karena banyak sekali pengunjung yang mendatangi tempat ini di pagi hari selepas subuh.

Tempat ini berada di dataran tinggi yang jauh dari pemukiman penduduk, dan juga terasing dari keramaian hiruk pikuk kota. Negeri di Atas Awan ini menjadi tujuan wisata alam yang menarik bagi para milenial saat ini.

Saat kabut mulai memudar, dari atas bukit yang rimbun tersebut pengunjung dapat melihat ke bawah bukit yang akan menampilkan lukisan alam yang lain berupa sungai yang meliuk-liuk yang menyerupai ular raksasa.

sunrise Bukit Tompe Pacitan

sunrise Bukit Tompe Pacitan – foto g maps Dani Prasetya

Banyak yang datang dari berbagai penjuru daerah hanya untuk dapat menikmati keelokan alam yang ada di Desa Taman Sari ini.

Para pemburu tempat wisata unik berbondong-bondong datang guna melengkapi koleksi foto-foto Instagram mereka yang Instagramable pastinya!

Di setiap Bulan Ramadhan,Bukit Tompe ini banyak dipenuhi oleh para wisatawan. Mereka siap berangkat ke tempat yang magical tersebut setelah sahur ataupun sholat subuh.

Uniknya, banyak pengunjung yang datang dari luar daerah bahkan luar kota. Mereka rela untuk mempersiapkan dirinya berangkat lebih pagi untuk dapat menjadi saksi akan keindahan di Bukit Tompe.

Baca Juga ya:

Lokasi Menuju Bukit Tompe Pacitan

Bukit Tompe di Pacitan

Bukit Tompe di Pacitan – foto g maps Dhika Megi

Untuk dapat mencapai lokasi di Bukit Bara-Bare ini merupakan tantangan tersendiri, dimana para pengunjung harus melewati jalan di perbukitan yang cukup membutuhkan stamina yang fit sepanjang 10 km.

Karena hal tersebut menjadikan lokasi parkir yang tersedia tidak begitu dekat dengan titik dimana Bukit Tompe berada. Untuk ke lokasi wisata tidak dikenakan biaya, hanya saat Bulan Ramadhan akan dipungut biaya masuk sebesar Rp.2000.

Bukit Bara-Bare ini berada pada dataran tinggi sehingga bisa melihat pemandangan di sekitarnya dengan sempurna. Situasi perbukitan tersebut sangat cocok bagi para pecinta alam yang sangat menyukai tantangan dalam mendapatkan tempat-tempat yang sensasional.

bukit tompe pacitan jawa timur

bukit tompe pacitan jawa timur – foto ig @jeffriea_

Namun meskipun terdapat kesulitan untuk mencapai Bukit Tompe, semua itu akan terbayar setelah menyaksikan langsung semburat matahari pagi dengan kabut yang menyelimutinya.

Bukit Tompe menjadi rekomendasi destinasi alam yang direkomendasikan untuk berada di bucket list destinasi liburan yang harus kamu kunjungi.

Selain dapat mengunjungi Negeri Atas Awan ini, kamu pun dapat berkeliling Kota Pacitan yang memiliki potensi keindahan lainnya yang sangat terkenal, seperti pantainya yang sangat memorable!

Rute Menuju Bukit Tompe Pacitan

Bukit Tompe lautan awan di pacitan

Bukit Tompe lautan awan di pacitan – foto ig @difotoyosep

Dari Kota Pacitan sendiri jarak menuju Bukit Tompe atau Bukit Bara-Bare ini hanya sekitar 40 km menuju arah barat Desa Tamanasri Pringkuku.

Ketika kalian sudah sampai di Kecamatan Arjosari, artinya kalian sudah dekat dengan lokasi Bukit Tompe karena dari sana hanya berjarak sekitar 5 km saja menuju titik lokasi Bukit Tompe.

Oh ya,  karena lokasi Bukit Tompe hanya berupa jalan setapak, maka kalian hanya bisa menggunakan sepeda motor untuk sampai dilokasi.

Jika kalian masih bngung mengenai rute silahkan ikuti google maps dibawah ini saja :

**

Nah, sudah siap mempersiapkan diri menuju Bukit Tompe Negeri di Atas awan yang fenomenal ini?

Jangan lupa untuk tetap mempersiapkan kondisi agar tetap fit ya, mengingat medannya yang cukup menguji ketahanan fisik kamu. Tapi pasti seru loh!

Selamat berlibur!

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of