KATA OMED

Bukit Kanaga Cikijing Majalengka, Wisata Baru yang Cocok untuk Camping

Bukit Kanaga merupakan Destinasi Wisata Baru yang berada di Gunung Ciremai. Bukit Kanaga terletak di kaki gunung cermai dengan ketinggian kurang lebih 1300 hingga 1450 mdpl.

Pesona Bukit Kanaga Di Kaki Gunung Ciremai

Bukit Kanaga Cikijing Majalengka

Bukit Kanaga Cikijing Majalengka – sumber foto instagram @bukitkanaga_official

Bukit kanaga berada di kaki gunung ciremai bagian barat yang masih merupakan bagian dari kawasan Tanan Nasional Gunung Ciremai.

Tepatnya, di Blok Ciinjuk Desa Cipulus, Kecamatan Cikijing, Kabupaten Majalengka. Jawa barat.  Lokasinya di punggungan yang diapit oleh sungai Cilutung di sebelah timur dan sugai Ciputri di sebelah barat.

sunrise di Bukit Kanaga

sunrise di Bukit Kanaga – sumber foto instagram @ardeni2013

Di Bukit Kanaga pengunjung bisa menikmati pemandangan alam dan pesona khas agraris. Di bukit kanaga pengunjung juga dimanjakan dengan suasana hutan pinus yang merupakan vegetasi alami gunung ciremai.

Hutan pinus menyajikan udaa ynag sejuk dan segar dengan wangi yang khas. Selain hutan pinus terdapat pemandangan terasering dari perkebunan warga.

Warga di daerah ini umumnya memiliki kebun sayur sehingga di area sekeliling bukit banyak terasering yang tentunya menambah keindahan pemandangan.

Pesona Bukit Kanaga Di Kaki Gunung Ciremai

Pesona Bukit Kanaga Di Kaki Gunung Ciremai – sumber foto @indoflashlight

Lokasi Bukit Kenaga Cikijing

Lokasi wisata alam bukit Kenaga memiliki hawa yang sejuk dan selalu diselimuti oleh kabut tipis.

Lokasi ini sangat cocok untuk pecinta fotografi yang berkaitan dengan alam. Pada hari yang cerah bukit kenaga menawarkan pemandangan langit biru dan terasering yang indah.

baca juga :

Bukit Kanaga

Bukit Kanaga – foto ig @ikhsanabdazis

Saat area tidak tutup kabut, kita bisa melihat keindahan Waduk Darma, Kota Cikijing, dan Kota Talaga.

Saat hari benar-benar cerah bahkan gunung Cikuray di Garut pun bisa terlihat dari Bukit Kanaga. Selain itu Bukit Kanaga juga punya area perkemahan yang tidak jauh dari jalan desa.

Secara google maps, Bukit Kanaga bisa kalian ikutin melalui rute dibawah ini :

Camping Di Hutan Pinus Bukit Kanaga

Camping Ground Bukit Kanaga

Camping Ground Bukit Kanaga – sumber foto instagram @okkasupardan

Selain menikmati pemandangan dan hunting foto, pengunjung juga dapat camping di Bukit Kanaga. Di bukit kanaga terdapat camping ground yang memiliki lahan seluas 3 hektar.

Saking luasnya, camping ground ini mampu menampung hingga ratusan tenda. Lokasi camping ground ini berada di hutan pinus.

Selain karena suasa hutan pinus yang adem dan teduh, lokasi hutan pinus ini dipilih karena memiliki sumber air yang mengalir dari parit gunung.

camping seru di Bukit Kanaga

camping seru di Bukit Kanaga – sumber foto instagram @yudiphtographer

Di hutan pinus ini terdapat berbagai kegiatan yang bisa di lakukan disamping camping.

Tersedia gazebo di pinggir bukit kanaga yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk bersantai dan menikmati suasana yang tenang dan tentunya sejuk dengan pemandangan landscape lembah dari atas bukit.

Selain itu pengunjung juga bisa santai di hammock yang ditambatkan di antara dua pohon pinus. Asik kan untuk menghabiskan akhir pekan?

motor trail di Bukit Kanaga

motor trail di Bukit Kanaga – sumber foto instagram @rhn_mdb0212

Di Bukit Kanaga juga banyak digunakan pengunjung sebagai jalur trekking baik untuk sepeda maupun untuk motor. Karena masih berupa hutan terdapat banyak lokasi yang masih belum beraspal.

Lokasi ini lah yang menjadi medan yang cukup menantang bagi para pesepeda. Kalo kalian hobby sepedaan bisa banget nih menjadikan bukit kanaga sebagai destinasi goes kalian.

Selesai trekking kalian bisa lansgung mendirikan tenda dan campping. Selain olahraga yang menyegarkan badan kalian dengan berolahraga dengan sepeda, kalian juga bisa menyegarkan pikiran dengan pemandangan yang indah dan tentunya udara yang bersih dan sejuk.

Rute Menuju Bukit Kanaga Cikijing

pemandangan perkebunan di Bukit Kanaga

pemandangan perkebunan di Bukit Kanaga – sumber foto instagram @bukitkanaga_official

Untuk mencapai Bukit kenaga di Cikijing, pengunjung harus menempuh jarak  29 km dari alun-alun kota Majalengka.

Pengunjung yang ddatang dari arah alun-alun Kota Majalengka, kota bandung ataupun kota sumedang bisa mengambil rute melalui Kadipaten kearah Cigasong. Lalu dari cigasong pengunjung menuju ke arah Maja.

Dari maja pengunjung mengambil ke arah  Cibunut lalu langsung ke arah Ciinjuk. Sedangkan jika dari arah timur yaitu dari area tegal, Cirebon, dll, pengunjung bisa mengambil rute melalui kuningan menuju kea rah darma. Dari darma menuju ke arah gunungsirah.

Dari gunung sirah menuju ke cipulus lalu langsung menuju ke ciinjuk. Jalan menuju bukit kanaga bisa ditempuh sekitar 1 jam dari Cikijing.

rute menuju Bukit Kanaga

rute menuju Bukit Kanaga – foto ig @infomjlk

Jalan utama yang akan dilewati sudah cukup mulus dan bisa dilalui oleh kendaraan akantetapi beberpa area jalan masih berbatu dan belum beraspal.

Untuk mencapai Bukit Kenaga kalian perlu menggunakan kendaraan pribadi dengan kondisi prima karena kalian akan melewati jalan yang berkelok dan menanjak.

Selama perjalanan menuju bukit Kenaga, Cikijing, kalian akan  di kanan kiri mata kalian akan dimanjakan dengan perkebunan milik warga. Warga di saerah ini umumnya menanam kesemek dan melakukan budidaya sayur di perkebunan mereka.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of