KATA OMED

Rute Menuju Bukit Betitang Probolinggo & Pesonanya

Published · Updated

Keindahan Bukit  Betitang di Desa Ranugedang, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, belakangan ini viral di media sosial. Dan sejak banyaknya postingan yang beredar, akhirnya banyak  wisatawan  yang merasa penasaran dengan keindahan bukit tersebut.

Dan mereka pun akhirnya banyak yang berkunjung ke Bukit Batitang untuk dapat menyaksikan panorama savana tersebut secara langsung, dan mengabadikannya lewat lensa kamera.

Bukit Betitang

Bukit Betitang – foto @hafidz_ahkam

Sebelumnya Bukit Batitang terbilang sangat baru, dan masih belum banyak dijamah oleh pengunjung

Bukit yang memiliki ketinggian sekitar 1.500 mdpl dari permukaan laut tersebut berjarak 30 kilometer dari jantung Kota Kraksaan.

Tempat ini memiliki keunikan  tersendiri, sehingga mampu mengundang para pecinta wisata alam bebas berbondong-bondong untuk datang menjelajahinya

Baca Juga ya:

Bukit Betitang Probolinggo mulai ngehits

berkuda di Bukit Betitang

berkuda di Bukit Betitang – foto ig @telurrr_gulung

Saat ini jumlah pengunjung yang datang sudah tembus di angka 500 hingga 700 pengunjung di saat hari libur ataupun weekend.

Pada hari biasa pengunjung yang datang dapat mencapai 200 hingga 250 pengunjung. Pengunjung yang datang berasal dari berbagai daerah di Jawa timur, bahkan ada juga yang datang  dari luar jawa.

Tempat lokasi wisata Bukit Batitang Probolinggo masih dalam taraf pengembangan hingga saat ini.

Kondisinya masih menunggu pihak investor yang akan membantu proses pengembangan tersebut, hingga satu hari tempat pariwisata yang potensial ini akan dapat semakin banyak menarik pengunjung.

Akses Menuju Lokasi Bukit Betitang Probolinggo

Berkuda di Bukit Batitang Probolinggo – Photo by Radar Bromo

Akses jalan menuju bukit ini masih cukup ekstrim. Aksesnya  masih berupa jalan tanah berupa jalan setapak dan agak sedikit menanjak. Untuk sampai ke tempat ini, pengunjung bisa melalui akses dari PG Gending.

Diperlukan waktu tempuh kurang lebih 1 jam menuju bukit ini dengan mengendarai motor. Pengunjung bisa melewati Desa Klenang, Kecamatan Banyuanyar dan Pesawahan Tiris.

Setelah sampai di perempatan di perbatasan Pesawahan dan Ranugedang, belok kanan.

camping di Bukit Betitang

camping di Bukit Betitang – foto ig @abdurhamzah

Selain itu bukit ini juga dapat dijajaki dengan berjalan kaki atau bisa juga memakai jasa menunggang kuda hingga sampai ke puncak savana.

Jika berjalan kaki, pengunjung akan menempuh jarak sekitar 5 kilometer dari area parkir sepeda motor di pemukiman warga Desa Ranugedang.

Kalian bisa ikuti google maps dibawah ini jika dirasa masih bingung :

Kegiatan Yang Dapat Dilakukan di Bukit Betitang 

Bayak kegiatan menarik yang bisa kalian lakukan saat menjelajah kawasan wisata Bukit Batitang Probolinggo seperti diantaranya :

1. Menikmati Pemandangan Bukit Betitang Probolinggo

sunset Bukit Betitang

sunset Bukit Betitang – foto ig @ahill15_

Lelahnya berjalan kaki karena tanjakan yang terjal serasa  terbayarkan setelah sampai di puncak Bukit Batitang. Dari bukit ini kamu dapat merasakan seakan-akan sedang berada di dataran paling tinggi di Bumi.

Para pengunjung pun dengan leluasa dapat menikmati pemandangan dengan hamparan perbukitan yang menakjubkan.

Dari atas puncak savana ini kamu akan disuguhi indahnya pemandangan dataran perkotaan dan samudra di Kabupaten Probolinggo sejauh mata memandang.

Selain itu juga dapat melihat pemandangan pedesaan di sekitar daerah tersebut.

2. Menikmati Sunset dan Sunrise

Sunset di Bukit Batitang Probolinggo – Photo by Nusa Daily

Selain itu saat sore hari, kamu juga dapat  menikmati sunset saat matahari terbenam dan sunrise saat matahari terbit yang begitu fenomenal yang terlihat dari Bukit Batitang Probolinggo.

Kamu dapat merekam momen tersebut sembari berselfie ria bersama teman ataupun keluarga.

3. Camping di Bukit Betitang Probolinggo

Camping di Bukit Batitang Probolinggo – Photo by Times Indonesia

Tidak jarang dari para kelompok pecinta alam yang memutuskan untuk melakukan camping sambil berwisata menikmati semua keindahan tersebut, dari pagi hingga malam hari.

Bahkan ada yang sampai camping berhari-hari seolah tidak mau berpisah dengan keindahan dan hijaunya Bukit Batitang Probolinggo.

Bukit Savana Betitang

Selain keindahan perbukitan dan pemandangan disekitarnya, Bukit Batitang Probolinggo juga memiliki savana yang tak kalah indahnya dengan savana di tempat lainnya atau bahakn digunung-gunung.

savana Bukit Betitang

savana Bukit Betitang – foto ig @muh.alita

savana Bukit Batitang Probolinggo juga terbentang luas membentuk sebuah landscap yang indah dan juga amat sangat menyejukan pandangan mata saat kita melihatnya.

savana Bukit Batitang Probolinggo ini kini menjadi idola baru bagi para penikmat alam terutama bagi mereka yang menyukai foto dengan latar alam dan rerumputan yang mnghijau.

Baca Juga ya:

Nah Sobat, itulah sedikit perjalanan kita menjelajah Bukit Batitang Probolinggo. Bagaimana dengan kamu?

Semoga tertarik juga untuk dapat mengunjungi savana baru yang sedang trending ini ya. Jangan lupa untuk mengenang perjalanan wisata kamu dengan berselfie ria.

Selamat berlibur!

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of