KATA OMED

Camping di Bukit Pawuluhan Pekalongan, Ini Info Rute, Biaya dan Lokasinya

Published · Updated

Pekalongan punya spot baru untuk mendirikan tenda alias untuk camping seru. Namanya adalah Bukit Pawuluhan Pekalongan, yakni sebuah bukit yang menyuguhkan pemandangan kawasan Pekalongan dari ketinggian.

Bukit Pawuluhan Pekalongan memang belum setenar tempat wisata lainnya di Pekalongan namun kini seiring waktu dan semakin banyaknya para penggiat alam mengabadikan moment indahnya dari atas Bukit Pawuluhan Pekalongan membuat bukit ini semakin ngehits dan terkenal.

Bukit Pawuluhan Kadang Serang

Bukit Pawuluhan Kadang Serang – foto milik @ismiaufaputri

Ketinggian Bukit Pawuluhan hanya 1176 Mdpl. Meski tak terlalu tinggi namun Bukit Pawuluhan menjadi idola baru untuk didaki. Pendakian santai dan pemandangan yang indah menjadi alasan tersendiri para pendaki mendaki Bukit Pawuluhan.

Lokasi Bukit Pawuluhan Pekalongan

Sesuai namanya, Bukit Pawuluhan Pekalongan berada di Pekalongan Provinsi Jawa Tengah. Atau jika secara administratif berada di Kandang Serang  Desa Gombong Klesem, kecamatan Kandangserang, Pekalongan Provinsi Jawa Tengah.

Bukit Pawuluhan Pekalongan

Bukit Pawuluhan Pekalongan – foto milik @fahrulkhamim_

Namun kalian yang datang dari Banjarnegara juga cukup dekat dengan Bukit Pawuluhan. Bukit Pawuluhan juga terletak di Desa Gembong, desa yang jaraknya hanya 1,5 jam dari Banjarnegara.

Rute menuju Bukit Pawuluhan

Untuk sampai di area basecamp Bukit Pawuluhan bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan bermotor. Dari pusat kota alun-alun Pekalongan hanya dibutuhkan waktu sekitar 2-3 jam saja.

Jalur pendakian ke Bukit Pawuluhan Pekalongan

Jalur pendakian ke Bukit Pawuluhan Pekalongan – foto @sarif_2022

Rute menuju ke Bukit Pawuluhan ini memang bisa dibilang cukup menantang sehingga disarankan untuk membawa motor yang prima untuk berkendara kesana.

Aplagi jalanan menanjak dan berkelok-kelok akan kita jumpai disepanjang perjalanan menuju kawasan Bukit Pawuluhan. Usahakan juga tidak datang saat hujan karena jalanan akan sangat licin.

Jika kalian bingung, Bukit Pawuluhan bisa terdeteksi melalui google maps. Nah kalian bisa mengikuti peta masp dibawah ini :

Pendakian ke Puncak Bukit Pawuluhan

Bukit Pawuluhan tidak memiliki basecamp resmi seperti gunung pada umumnya. Hanya ada rumah-rumah warga yang sering dijadikan basecamp pendakian atau tempat memarkirkan kendaraan.

Jalur pendakian ke Bukit Pawuluhan

Jalur pendakian ke Bukit Pawuluhan – foto milik @naizastory

Kadang banyak pendaki yang akan mendaki Bukit Pawuluhan ini sementara bersantai diwarung-warung sembari meunggu hingga malam hari mengingat lama pendakian sampai kepuncak Bukit Pawuluhan cukup singkat.

Pendakian ke puncak Bukit Pawuluhan hanya dibutuhkan waktu sekitar 2 jam saja.  Jadi waktu terbaik mendaki adalah dini hari atau saat malam hari sembari menunggu matahari terbit alias menungu sunrise.

Bukit Pawuluhan

Camping Area di Bukit Pawuluhan – foto milik @ilmaanggita_

Namun bagi kalian yang ingin camping dan bersantai semalam di puncak Bukit Pawuluhan, kalian bisa langsung melakukan pendakian. Tenang saja, tidak ada jam tutup di Bukit Pawuluhan karena selama 24 jam pendakian selalu dibuka.

Jalur pendakian ke Bukit Pawuluhan juga sudah cukup jelas meski jalanya tanah dan berbatu. Sepanjang perjalanan menuju area camp Bukit Pawuluhan kita akan disuguhi oleh hutan dan juga rerumputan ciri khas perbukitan.

Puncak Bukit Pawuluhan

Puncak Bukit Pawuluhan – foto milik @setyawati.sr

Oh ya pesan buat kalian yang ingin mendaki malam hari untuk lebih waspada dan berhati-hati. Jalanan yang sempit dan ssedikit tertutup rerumputan menjadi kendala tersendiri.

Jangan lupa membawa senter atau headlamp yang nyalanya terang. Oh ya satu lagi, kalian jangan lupa membawa air mengingat diatas Bukit Pawuluhan tidak ada air.

Harga Tiket Masuk Bukit Pawuluhan

Untuk harga tiket masuk ke Bukit Pawuluhan atau harga tiket pendakian Bukit Pawuluhan disesuaikan dengan hari libur seperti hari sabtu-minggu atau hari biasa.

pemandangan dari Bukit Pawuluhan Pekalongan

pemandangan dari Bukit Pawuluhan Pekalongan – foto milik @figobtg_

Saat hari biasa atau weekday maka harga tiket masuk Bukit Pawuluhan adalah Rp5,000 / pendaki. Sementara saat libur dan tanggal merah harga tiket masuk Bukit Pawuluhan adalah Rp 10.000 / orang.

Pemandangan Dari Bukit Pawuluhan Pekalongan

Salah satu alasan banyak para pendaki yang sengaja datang ke Bukit Pawuluhan ini karena beberaa alasan seperti diantaranya merindukan tempat ketinggian dan ingin melakukan pendakian santai.

Selain itu juga banyak dari pendaki dan wisatawan yang datang ke Bukit Pawuluhan karena ingin melihat Pemandangan yang indah seperti yang dishare di media sosial.

Hamparan lautan awan saat pagi hari bisa dinikmati dari Bukit Pawuluhan. Apalagi kabut-kabut tipis tersebut angat terasa hangat sembari kita menyeruput secangkir kopi.

pemandangan dari Bukit Pawuluhan

pemandangan dari Bukit Pawuluhan – foto milik @yanuar.k.wildan

Hamparan perbukitan yang hijau dan rerumputan yang memenuhi area Bukit Pawuluhan menjadi keindahan tersendiri bagi bukit ini.

Bahkan saat cuaca cerah, kita bisa melihat “gunung 3S” yakni gunung Slamet, gunung Sindoro, dan gunung Sumbing dari puncak Bukit Pawuluhan.

Saat malam hari, pemadangan citylight perkotaan seperti pemandangan kota Pemalang dan Pekalongan juga terlihat sangat indah.

Deretan lampu-lampu yang bewarna-warni memberikan kesan istimewa apalagi saat menjelang tengah malam pemandangan berupa milkyway juga bisa didapatkan.

Bukit Pawuluhan saat malam

Bukit Pawuluhan saat malam – foto milik @rizky_arf32

Bagi yang suka camping tipis-tipis alias camping ceria yang singkat, Bukit Pawuluhan ini menjadi alternatif terbaiknya. Selain pendakianya singkat dan medan yang dilaluipun tak terlalu terjal.

Bukit Pawuluhan juga cocok dijadikan spot foto keren seperti ala-ala savana merbabu. Sunset dan sunrise dari Bukit Pawuluhan juga tak kalah indahnya untuk diabadikan.

Tips Penting jika melakukan pendakian ke Bukit Pawuluhan

Sunsrise Bukit Pawuluhan

Sunsrise Bukit Pawuluhan – foto milik @yanuar.k.wildan

Buat kamu yang tertarik melakukan  pendakian ke Bukit Pawuluhan atau sekdar wisata santai ke puncak Bukit Pawuluhan, berikut ini beberapa informasi tips penting yang harus kamu ketahui :

  • Fasilitas di Bukit Pawuluhan cukup sederhana, hanya ada mck, parkir dan warung milik warga yang bisa digunakan dengan bayaran seiklasnya.
  • Bukit Pawuluhan meski pendek namun angin disana cukup kencang jadi jangan lupa bawa jaket apalagi saat pendakian malam.
  • Bawa jas hujan karena terkadang tiba-tiba Bukit Pawuluhan mendung.
  • Bawa minu yang cukup karena diatas Bukit Pawuluhan tidak ada yang berjualan minum.
  • Camp area Bukit Pawuluhan cukup luas menampung banyak tenda. Tapi saat musim pendakian, Bukit Pawuluhan penuh oleh pendaki jadi usahakan naik lebih awal.
  • Saat siang hari Bukit Pawuluhan sangat panas. Usahakan naiknya sore harii atau saat malam hari saja.
Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

2
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
1 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
Kata OmedKocor Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Kocor
Guest

Minta Kontak Base Camp Bukit pawuluhan Gan