KATA OMED

Mau Liburan Ke Bukit Klangon Yogyakarta? Ini Infonya

Published · Updated

Bukit Klangon – Gunung Merapi yang menjadi salah satu ikon Yogyakarta begitu terkenal karena banyaknya lokasi wisata di sekitarnya.

Para wisatawan baik domestik maupun mancanegara seakan tak ada habisnya mengunjungi daerah sekitar Gunung Merapi, yaitu Kabupaten Sleman.

Di wilayah dataran tinggi ini, terdapat satu tempat bernama Bukit Klangon yang kini sedang menjadi salah satu primadona baru. Tempat wisata yang baru dikembangkan ini memiliki pesona tersendiri, lho!

Apa saja yang bisa ditawarkan oleh Bukit Klangon, Yogyakarta? Simak yuk!

Bukit Klangon Berada di Ketinggian 1100 mdpl

Bukit Klangon merapi

Bukit Klangon merapi – foto ig @suryojdb

Wisata alam dengan tema perbukitan ini berada di kaki Gunung Merapi, tepatnya di Dusun Kalitengah Lor, Desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman.

Dengan lokasi yang berada di ketinggian 1100 mdpl, tak heran jika kamu wajib membawa jaket yang hangat.

Karena meskipun kamu mengunjunginya ketika matahari telah nampak, percayalah, udara dingin tetap akan menghembus kulitmu.

Bukit Klangon Sudah Ada Sejak Tahun 2011

fasilitas di Bukit Klangon

fasilitas di Bukit Klangon – foto ig @valensriyadi

Ternyata tempat ini sudah ada dan dibuka untuk umum sejak tahun 2011, tepatnya beberapa waktu setelah erupsi Gunung Merapi. Pada waktu itu, Bukit Klangon lebih dikenal dengan nama Wisata Alam Bukit Glagaharjo.

Namun sekarang warganet lebih mengenalnya dengan nama Bukit Klangon. Bukit Klangon ini dikelola oleh warga sekitar bekerja sama dengan pengelola dan pengembang pariwisata.

Fasilitas di Bukit Klangon yang Menantang Adrenalin

Downhill Cycling di Bukit Klangon – Source: nativeindonesia.com

Ada fasilitas yang tak biasa di Bukit Klangon ini khusus untuk kamu yang menyukai olahraga ekstrem, yaitu downhill cycling dan hill tracking.

Bukit Klangon kini telah dilengkapi dengan fasilitas berupa sirkuit downhill sepanjang 20 meter menyusuri jalur yang telah disediakan.

Dijamin akan membangunkan adrenalinmu, karena track yang dilalui berupa jalan naik turun dan ada beberapa bagian yang terjal pula. Karena tracknya yang menantang, sirkuit downhill cycling ini sering pula dijadikan lokasi event bersepeda.

Jika kamu menyukai kegiatan mendaki, maka tentu saja Bukit Klangon adalah pilihan yang tepat untuk tracking ringan.

Bukit Klangon saat malam hari

Bukit Klangon saat malam hari – foto ig @mas_saptanugraha

Kamu bisa mendaki di sekitar lokasi sambil melihat pemandangan sekeliling dan tentunya Gunung Merapi yang berdiri dengan penuh wibawa.

Kalau sedang hoki, kamu akan berjumpa juga dengan hewan-hewan liar seperti monyet, burung kepodang, dan musang. Masih banyaknya hewan liar disini menunjukkan bahwa lingkungan di sekitar sini masih sehat, lho!

Bukit Klangon Cocok untuk Camping

camping di Bukit Klangon

Fasilitas Camping Ground di Bukit Klangon – Source: visitjogja.com

Bukit, gunung, dan dataran tinggi kurang lengkap rasanya jika tanpa camping ground.

Maka di Bukit Klangon ini disediakanlah arena camping yang dapat kamu gunakan untuk mendirikan tenda dan merasakan dinginnya angin malam di ketinggian 1100 mdpl.

Camping ground ini berupa hamparan rumput luas yang landai dan bisa memuat puluhan tenda. Kamu tidak akan kesepian karena tentunya akan banyak tetangga camping di sini.

Di pagi hari, kamu akan disambut udara yang sejuk dan semburat sinar matahari pagi yang hangat. Ditambah dengan pemandangan Gunung Merapi yang tentunya akan membuat mata dan pikiranmu menjadi fresh!

Pemandangan Kemegahan Gunung Merapi

Gunung Merapi dari Bukit Klangon – Source: alodiatour.com

Terkadang, sesuatu memang terlihat lebih indah dari kejauhan. Gunung adalah salah satunya, terutama jika kamu bukan tipe pendaki gunung yang telah terlatih dan handal.

Kamu bisa menikmatik keindahan Gunung Merapi dari gardu pandang yang telah disediakan di Bukit Klangon.

Gardu pandang setinggi lima meter yang berdiri dengan kokoh ini akan membantumu mendapatkan potret Gunung Merapi dengan apik.

Bukit Klangon

Bukit Klangon – foto ig @sheto_chenko

Ternyata meskipun di malam hari, pemandangan Gunung Merapi akan tetap terlihat, lho! Hal ini dikarenakan banyaknya lampu yang menerangi sekitar Bukit Klangon di malam hari.

Tentunya hasil foto di sini tidak akan mengecewakan dan akan sangat cocok untuk menghias feeds instagrammu!

Harga Tiket Bukit Klangon dan Jam Operasional Bukit Klangon

Seperti halnya wisata alam lain di daerah Yogyakarta, Bukit Klangon pun tidak mematok harga yang tinggi untuk pengunjungnya.

Bukit Klangon

Bukit Klangon – Source: jogjaholiday.com

Kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 5.000,00/orang dan Rp 10.000,00 untuk biaya kebersihan jika kamu ingin camping di sini.

Untuk biaya parkir, hanya dikenakan biaya Rp 2.000,00/motor dan Rp 3.000,00/mobil. Tidak perlu khawati loket keburu tutup ketika kamu datang terlalu sore, karena Bukit Klangon buka selama 24 jam.

Tunggu apa lagi? Ayo buruan siapkan tenda dan peralatan campingmu!

Baca juga ini: Bukit Bego Imogiri Yogyakarta

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of