KATA OMED

Bukit Cendana Kulon Progo, spot baru melihat waduk sermo

Published · Updated

Daerah Istimewa Yogyakarta memang benar-benar istimewa. Kamu bisa menemukan berbagai masakan yang khas dan banyak destinasi wisata yang mungkin tidak akan kamu temukan di tempat lain.

Berbagai destinasi wisata ini tersebar di lima kabupaten/kota di Yogyakarta, yaitu Gunung Kidul, Sleman, Bantul, Kota Yogyakarta, dan Kulon Progo.

Kalau mendengar nama daerah Kulon Progo, apa yang terlintas di benakmu? Waduk Sermo dan wisata Kalibiru, ‘kan, pastinya?

Bukit Cendana Kulon progo

Bukit Cendana Kulon progo – foto g maps konan susanto

Kulon Progo memang terkenal dengan wisata alamnya yang indah dan berbukit-bukit, dua yang paling terkenal memanglah Waduk Sermo dan Kalibiru.

Spot foto di Kalibiru dengan pemandangan alam yang hijau dan langit biru itu sempat sangat hits beberapa tahun lalu. Tapi ternyata, ada lagi, lho wisata alam menarik lainnya yang nggak kalah indahnya. Bukit Cendana namanya.

Lokasi Bukit Cendana

Dinamai Bukit Cendana lantaran banyaknya tumbuh pohon cendana di sekitar bukit ini. Bukit ini berlokasi tak jauh dari wisata alam Kalibiru, tepatnya di Dusun Tegiri, Desa Argowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo.

Bukit Cendana Kulonprogo

Bukit Cendana Kulonprogo – foto g maps Esmu Pamungkas

Dari pusat Kota Yogyakarta, kamu harus menempuh jarak sejauh kira-kira 36 km atau selama 1 jam perjalanan. Disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan sewaan agar lebih nyaman dalam bermobilisasi.

Akan lebih mudah jika kamu mengendarai kendaraan roda dua, karena medan menuju Bukit Cendana terbilang naik turun dan berkelok-kelok. Meskipun demikian, jalan akses yang disediakan cukup mudah dilalui dan terawat.

Bukit Cendana Kulon Progo

Bukit Cendana Kulon Progo – Source: https://instagram.com/aconk_van_houtten

Sampai di area parkir, kamu akan disambut oleh pepohonan yang memberikan kesan hijau dan asri. Dari tempat parkir, kamu harus berjalan selama kurang lebih 5-10 menit untuk sampai ke Bukit Cendana.

Jika kalian Masih bingung, kalian bisa ikuti google maps dibawah ini :

Pemandangan Waduk Sermo yang Dikelilingi Pepohonan

Kawasan Bukit Cendana terbilang masih asri dan sejuk, sehingga jika kamu mengunjunginya pada siang hari pun, kamu tidak akan merasakan sengatan matahari.

pemandangan Bukit Cendana Kulonprogo

pemandangan Bukit Cendana Kulonprogo – foto g maps sokhif al baihaqi

Jika kamu pernah mengunjungi wisata Kalibiru, maka Bukit Cendana ini sebelas-dua belas dengan wisata Kalibiru. Pemandangan yang disuguhkan pun sama, yaitu Waduk Sermo yang dikelilingi pepohonan hijau.

Namun dari sini kamu dapat menyaksikan Waduk Sermo dari sudut yang berbeda dengan di Kalibiru.

Spot Foto dan Sunsire yang Ciamik

Sunrise di Bukit Cendana – Source: alodiatour.com

Di puncak Bukit Cendana telah disediakan spot foto berupa gardu pandang yang memanjang dan membentuk letter L. Ada pula jembatan gantung yang terbuat dari kayu dan tali.

Bentuknya cukup aestetik untuk mengabadikan momenmu berjalan ke arah gardu pandang.

Jika kamu mengunjungi Bukit Cendana di pagi buta sebelum matahari terbit, kamu akan dapat menyaksikan pemandangan matahari terbit yang mempesona dari gardu pandang yang telah disediakan.

Tidak ketinggalan ditemani oleh kabut tipis yang menyelimuti, menambah kesan syahdu bagi kamu yang akan memulai hari.

Baca juga: Bukit Teletubbies di Ujung Genteng yang Memukau

Fasilitas Bukit Cendana

wisata Bukit Cendana Kulonprogo

wisata Bukit Cendana Kulonprogo – foto google maps Budi Santoso

Wisata alam Bukit Cendana telah diresmikan oleh pemerintah daerah pada tahun 2017. Jadi kamu tidak perlu khawatir tentang fasilitas yang disediakan di sini.

Kawasan wisata yang telah diatur pengelolaannya oleh pemerintah cenderung sudah memiliki fasilitas yang memadai.

Biaya Masuk Bukit Cendana

bermain ayunan di Bukit Cendana Kulonprogo

bermain ayunan di Bukit Cendana Kulonprogo – foto google maps Esmu Pamungkas

Tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk bisa menikmati pemandangan dan hijaunya pepohonan di sini.

Untuk masuk ke Bukit Cendana, kamu akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 5.000,00/orang dan biaya parkir kendaraan roda dua sebesar Rp 2.000,00/kendaraan.

Tips Bepergian ke Bukit Cendana

Jika kamu ingin pergi ke Bukit Cendana Kulon Progo untuk menikmati keindahan matahari terbitnya, datanglah menjelang subuh, yaitu sekitar jam 4 pagi. Tidak perlu khawatir tidak ada penjaganya, ya!

Bukit Cendana ini buka selama 24 jam kok! Mengendarai sepeda motor untuk sampai ke sini lebih disarankan daripada mobil, karena jalan yang dilalui cukup menanjak dan berkelok-kelok.

spot foto Bukit Cendana Kulonprogo

spot foto Bukit Cendana Kulonprogo – foto google maps Daryant

Selain itu, jangan lupa kenakan jaket untuk menahan dinginnya udara di Kulon Progo. Datang di siang hari pun masih terasa dingin, apalagi jika kamu mengunjunginya di waktu pagi sebelum subuh.

Brrr! Jika kamu ingin hunting foto, tentu bawalah kamera. Tapi jika kamu tidak membawa kamera pun, di sana ada jasa fotografer yang bisa kamu sewa loh!

Itulah ulasan singkat mengenai Bukit Cendana di Kulon Progo yang menjadi salah satu tempat untuk menikmati indahnya panorama Waduk Sermo dikelilingi pepohonan dan pebukitan hijau.

Apakah kamu tertarik mengunjunginya?

Baca juga ini: Shoka Bukit Senja Gunung Kidul

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of