KATA OMED

Camping Seru di Bukit Krapyak Mojokerto

Bukit Krapyak Pacet adalah kawasan wisata alam yang terletak di kaki Gunung Welirang, Mokokerto.

Bukit ini masuk ke wilayah Perhutani KPH pasuruan dengan ketinggian ±900 mdpl. Lokasi Bukit Krapyak tepatnya berada di Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

baca juga ya :

Bukit Krapyak Mojokerto

Bukit Krapyak Mojokerto – sumber foto instagram @ani_lia

Mulanya bukit Krapyak dikenal sebagai lokasi wisata religi dan lokasi wisata pemandian air panas. Bukit Krapyak dikenal sebagai lokasi wisata religi karena di lokasi ini terdapat petilasan sunan Pangkat.

camping di Bukit Krapyak Mojokerto

Selain itu disini terdapat lokasi pemandian air panas yang besar. Yang baru dari bukit Krapyak adalah lokasi campingnya.

Ide camping di bukit Krapyak digagas oleh organisasi APALA (arek padusan pecinta alam) yang berada di daerah setempat.

Bukit Krapyak Mojokerto

Bukit Krapyak Mojokerto – sumber foto instagram @bukit_krapyak

Mengantongi izin dari pemerintah setempat, organisasi APALA membangun camping ground yang diberi nama CAMPGROUND BUKIT KRAPYAK.

Pebangunan lokasi camping di bukit krapyak ini tidak tanggung-tanggung, para campers bisa sekedar camping santai untuk menikmati alam atau nambah kegiatan outbond yang menegangkan.

Dilokasi camping bukit krapyak para campers dapat melakukan berbagai aktivitas outdoor. Aktivitas ini mulai dari camping santai dengan menikmati keindahan alam.

Lokasi camping di bukit krapyak memiliki udara segar dan dingin sehingga sangat cocok untuk melarikan diri dari keseharian kota yang ramai dan padat. Pemandangan yang disuguhkan pun tidak tanggung-tanggung.

rute menuju bukit krapyak

rute menuju bukit krapyak – foto ig @rizal.alif

Baik pagi maupun malam campers bisa menikmati pemandangan indah lembah, perbukitan, dan gunung-gunung. Dari lokasi camping bukit Krapyak pengunjung dapat menikmati pemandangan bukit cangar.

Selain itu tampak juga gunung Welirang dan Gunung Penanggungan sebagai latar belakang.

Di sisi timur bukit juga ditumbuhi berbagai macam bunga. Pemandangan ini tentu saja akan tambah indah saat sunset dan sunrise.

Selain itu pemandangan malamnya pun gak kalah dahsyat. Pengunjung bisa melihat lampu-lampu dari ketinggian bak bintang yang bertaburan.

pemandangan malam har di bukit krapyak

pemandangan malam har di bukit krapyak – sumber foto instagram @faiss_17

Camping di Bukit Krapyak ini tergolong mewah. Yup! Mewah.

Lokasi ini memang didesain sebagai lokasi wisata alam khususnya camping, tetapi lokasi camping ini dilengkapi fasilitas seperti sumber air, toilet, dapur umum, dan mushola yang nggak akan ada di bukit atau gunung lain sehingga para campers sangat dimudahkan untuk melakukan aktivitas hariannya.

Pengunjung juga tak perlu repot membawa perlengkapan kemah. Untuk pengunjung ynag datang dari jauh dan tidak ingin direpotkan dengan membawa perlengkapan camping, pengunjung dapat menyewa perlengkapan camping di lokasi ini.

selain perlengkapan camping disini juga disediakan tourguide yang dapat mengantarkan pengunjung berkeliling hingga ke gunung welirang.

Lokasi Bukit Krapyak Mojokerto

lokasi bukit krapyak

lokasi bukit krapyak – sumber foto istagram @bukit_krapyak

Lokasi Bukit Krapyak berada di Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Jika kalian masih bigung mengenai rutenya, kalian bisa mengikuti rute google maps dibawah ini :

Untuk mencapai camping site pengunjung juga tidak perlu bersusah payah karena disediakan tangga untuk mengakses lokasi camping.

Jika umumnya untuk kemah kita perlu mendaki jalan terjal berbatu, bereda dengan bukit krapyak. Disini pengunjung hanya perlu menaiki tangga menuju campground.

Pengelola telah membangun tangga untuk memudahkan pengunjung mengakses lokas camping dengan total 540 anak tangga.

baca juga ya : ini dia 21 tempat liburan keluarga yang bisa buat bawa anak

tangga menuju bukit krapyak

tangga menuju bukit krapyak – sumber foto instagram @rikihadiansa

Outbond di lokasi camping disediakan oleh beberapa organisasi. Untuk outbond terdapat beberapa kelompok yang disediakan untuk memfasilitasi kegiatan yang diinginkan. Pilihan kegiatan outbondnya pun beragam mulai dari outbond games, paintball, hingga rafting.

Biaya Camping Bukit Krapyak

Untuk camping di lokasi campground biayanya sangat murah. Pengunjung hanya perlu membayar Rp 10.000,00 untuk menginap satu malam di bukit ini. selain itu terdapat biaya parkit Rp 3.000,00.

Untuk outbond tentunya pengunjung perlu membayar biaya tambahan sesuai dengan paket outbond yang diinginkan. Biaya untukk paket outbond berkisar antara Rp 200.000,00 hingga Rp 375.000,00.

Campground Bukit Krapyak

Campground Bukit Krapyak – foto ig @dwi_right

Setelah lelah camping dan outbond pengunjung dapat memilih lokasi untuk bersantai. Pengunjung dapat mendinginkan diri di air terjun pacet, berbelanja di pasar, dan merelaksasi otot dengan mandi di pemandian air paas.

Tentunya habis camping badan pegel-pegel dong. Untuk mengobati rasa pegal, bisa banget nih mampir di pemandian air panas pacet biar otot lebih rileks.

Untuk ke lokasi-lokasi seperti air terjun dan pemandian air panas tentunya pengunjung harus membayar tiket masuk yang berbeda dengan lokasi camping.

Harga tiket masuk air terjun adalah Rp 7.000,00 sedangkan harga tiket masuk pemandian air panas adalah Rp 15.000,00.

Di pasar dekat camping cround pengunjung dapat membeli hasil pertanian local seperti buah-buahan dan sayuran. Hasil perkebunan yang khas di lokasi ini adalah palawijo kopi.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of