KATA OMED

Bukit Puji Ningrum Tasikmalaya, Spot Baru Melihat Lautan Awan

Published · Updated

Bukit Puji Ningrum Tasikmalaya – Kamu pasti tidak asing dengan istilah “negeri di atas awan”, kan? Istilah negeri di atas awan kerap kali disandingkan dengan pendakian ke gunung.

Yang paling fenomenal adalah negeri di atas awan versi dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah. Namun siapa sangka kalau ada juga negeri di atas awan versi Jawa Barat yang nggak kalah mempesona?

Ya, Jawa Barat juga memiliki lokasi dataran tinggi yang menyuguhkan pemandangan alam berkabut dan berudara sejuk, sebut saja salah satunya adalah Puncak Bogor.

Bukit Puji Ningrum Tasikmalaya

Bukit Puji Ningrum Tasikmalaya – foto ig @inisania__

Namun ternyata bukan di Puncak saja kamu bisa menikmati pemandangan yang demikian. Di Tasikmalaya, kamu memiliki pilihan untuk mengunjungi Bukit Puji Ningrum.

Di sinilah negeri di atas awan versi Jawa Barat dapat ditemukan.

Lokasi dan Rute ke Bukit Puji Ningrum Tasikmalaya

Lokasi dimana negeri di atas awan ini berada adalah Bukit Puji Ningrum. Bukit ini terletak di Kampung Pasirhaleuang, Desa Janggala, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten tasikmalaya, Jawa Barat.

baca juga :

Bukit Puji Ningrum

Bukit Puji Ningrum – foto ig @relixapip

Lebih tepatnya Bukit Puji Ningrum ini berada di antara dua kampung, yaitu Kampung Pasirhaleuang dan Kampung Cihurip. Untuk menuju ke lokasi ini, kamu tidak perlu khawatir dengan aksesnya.

Jalan menuju Bukit Puji Ningrum dalam kondisi yang baik dan beraspal, sehingga aman dan nyaman dilewati oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

Begitupun lokasinya sudah tercantum di GoogleMaps, silahkan kalian lihat atau ikuti maps dibawah ini saja.

Asal Muasal Nama Bukit Puji Ningrum

Lahan di bukit yang dijadikan tempat wisata ini ternyata dimiliki oleh Bapak Mamat Rahmat. Beliau adalah pemilik 60 hektar tanah di kawasan Bukit Puji Ninigrum.

Bukit Puji Ningrum Tasik

Bukit Puji Ningrum Tasik – foto ig @relixapip

Setelah 15 tahun mengelola lahan seluas 60 hektar ini, Pak Mamat akhirnya membuka Bukit Puji Ningrum untuk tempat wisata.

Nama Puji Ningrum sendiri diambil dari nama orang-orang yang ikut andil dalam pembukaan lokasi wisata di bukit ini, yaitu Ibu Uji, Ibu Ening, dan Ibu Irum.

Bukit Puji Ningrum Tasikmalaya, Lokasi yang Cocok untuk Camping

camping di Bukit Puji Ningrum Tasikmalaya

camping di Bukit Puji Ningrum Tasikmalaya – foto ig @_utygnsh

Sudah lumrah rasanya jika dataran tinggi, bukit, dan gunung dijadikan tempat camping.

Kegiatan camping cenderung mendekat dengan alam sekitar, yang tentunya cocok untuk dilakukan juga di Bukit Puji Ningrum.

Tentu saja sudah tersedia fasilitas berupa camping area yang cukup luas di sini.

Memburu Momen Sunrise Di Antara Lautan Awan

Tidak ada yang tidak menyukai keindahan momen matahari terbit.

Jika kamu ingin mengabadikan momen matahari terbit tanpa harus mendaki gunung yang terlalu tinggi, maka Bukit Puji Ningrum adalah pilihan yang patut dipertimbangkan.

sunrise Bukit Puji Ningrum Tasikmalaya

sunrise Bukit Puji Ningrum Tasikmalaya – foto ig @restylestarie02

Bayangkan kamu mendirikan tenda di camping area bersama kawan-kawanmu, kemudian bermalam sambil bersenda gurau.

Keesokan paginya kalian bangun di tengah suasana pagi buta yang sejuk dan perlahan semburat matahari pagi mulai muncul di ufuk timur.

Kamu akan menyaksikan lautan awan putih tebal seakan-akan ada di bawahmu. Bukankah pemandangan itu sangat mempesona?

Setelah matahari sudah lebih tinggi, kamu akan disuguhkan pemandangan sekitar bukit yang berupa pepohonan dan lahan hijau. Kamu bisa duduk-duduk di depan tenda atau di gazebo yang telah disediakan sambil menyesap minuman hangat.

Kabut tipis akan menyelimuti pagimu yang sejuk, menambah kesan syahdu untukmu. Jangan lupa untuk mengambil beberapa foto, karena saat pagi hari adalah saat yang paling tepat untuk mengambil beberapa momen di sini!

Fasilitas yang Disediakan di Bukit Puji Ningrum Tasikmalaya

spot foto di Bukit Puji Ningrum Tasikmalaya

spot foto di Bukit Puji Ningrum Tasikmalaya – foto ig @sitiwidayanti30

Selain camping ground, fasilitas lain yang disediakan di Bukit Puji Ningrum adalah toilet yang memfasilitasi MCK dan lahan parkir yang luas.

Lahan parkir ini letaknya bukan di puncak bukit, sehingga kamu harus mendaki sebentar untuk sampai ke puncak atau lokasi camping.

Di sekitar sini juga sudah ada beberapa warung yang menjajakan makanan dan minuman ringan yang tentunya dengan harga terjangkau, sehingga kamu tidak perlu khawatir kekurangan bekal.

Agar bisa menikmati keindahan pemandangan dari atas Bukit Puji Ningrum, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.000,00/orang. Untuk parkir kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.000,00/motor dan Rp 5.000,00/mobil.

Namun jika kamu ingin camping, maka biaya parkirnya akan menjadi Rp 5.000,00/motor dan Rp 10.000,00/mobil.

Itulah ulasan mengenai Bukit Puji Ningrum, negeri di atas awan versi Tasikmalaya.

Tertarikkah kamu ke sini?

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of