Mau Liburan Ke Misool Raja Ampat, Kunjungi 10 Destinasi Ini

Kawasan Wisata Premium Raja Ampat merupakan salah satu destinasi wisata yang menjadi Impian dan Tujuan hampir semua orang.

Rasanya banyak sekali orang terutama para traveller yang memang menginginkan bisa liburan ke Raja Ampat.

Salah satu kawasan wisata yang mendunia dan memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa indahnya.

Sekedar info saja, Raja Ampat itu bukan hanya sebuah kawasan wisata saja namun juga sebuah Kabupaten yang berada di Provinsi Papua Barat.

Jadi, bagi mereka yang akan ke Raja Ampat, mereka harus terbang ke kota Sorong terlebih dahulu setelah itu barulah mereka naik kapal ke ibu kota Kabupaten Raja Ampat yakni kota Waisai.

Selengkapnya tentang Kota Waisai bisa dibaca disini : Mengenal Kota Waisai, Ibu kota Kabupaten Raja Ampat

Kota Waisai Kabupaten Raja Ampat

Kota Waisai Kabupaten Raja Ampat

Nah dari kota Waisai inilah wisatawan bebas mengunjungi beragam spot wisata yang indah yang tersebar diberbagai penjuru Kabupaten Raja Ampat.

Tentunya untuk mencapai semua spot wisata tersebut dibutuhkan kapal laut alias speed boat dan juga waktu yang cukup lama yakni lebih dari 3 hari.

Hal ini tak terlepas dari kondisi Kabupaten Raja Ampat yang mayoritas adalah sebuah kepulauan.

Ada 4 Raja dikawasan Raja Ampat

Kalian Tau arti dari Raja Ampat ?

Awalnya sih saya juga bingung dengan penjelasan masyarakat tentang kerajaan disini.

Namun ternyata setelah digali lebih dalam dan dilakukan penyederhanaan makna, maka saya jadi lebih tahu bahwa dahulu kala ada sebuah keluarga yang berpisah dan berkelana dan berpisah ke beberapa pulau besar yang ada dikawasan Raja Ampat ini.

Peta Raja Ampat

Peta Raja Ampat – foto mappery.com

Ke empat kawasan yang dihuni oleh para raja-raja tersebut adalah yaitu Pulau Waigeo yang kini menjadi lokasi ibu kota Kabupaten Raja Ampat.

Lalu Ada Pulau Misool, Pulau Salawati, dan terakhir adalah Pulau Batanta.

Jadi kini ke-4 pulau besar itu tergabung dalam Kabupaten Kepulauan Raja Ampat provinsi Papua Barat.

Raja Ampat tak Hanya Wayag & Piaynemo Saja

Biasanya wisatawan hanya mengenal 2 kawasan utama Wisata Raja Ampat. Ada kawasan Piaynemo dan sekitaranya atau Wayag dan sekitarnya.

Memang kedua kawasan wisata ini sudah lebih dulu dikenal oleh masyarakat baik dari dalam negri maupun mancanegara.

Jadi Tak heran, bila kedua kawasan ini lebih populer dibanding kawasan wisata Raja Ampat lainnya.

Sebenarnya ada banyak sekali kawasan wisata di Raja Ampat selain kedua kawasan tadi.

Sebut saja kawasan wisata Kali Biru yang berada tak jauh dari kota Waisai dimana tempat ini menampilkan sebuah kawasan wisata air sungai yang sangat jernih dan bewarna biru.

Kali Biru Raja Ampat

Kali Biru Raja Ampat

Uniknya lagi, ada sebuah danau besar yang harus kita lalui atau kita sebrangi sebelum akhirnya kita tiba dikawasan kali biru.

Airnya sangat segar, dingin dan lokasinya berada ditengah hutan rimba.

konon kalibiru ini dahulu kala merupakan sebuah tempat pemandian salah satu raja dari ke-4 raja yang ada dikawasan ini.

Salah satu destinasi wisata lainnya yang menurut saya justru terbaik dan terlengkap dibanding ketiga kawasan wisata diatas adalah Misool.

Jujur saya sendiri sudah 8 kali berkunjung ke semua tempat wisata di Raja Ampat dan menurut saya yang terbaik dari yang terbaik adalah kawasan Misool yang juga berada di raja Ampat bagian Selatan.

Misool Destinasi Wisata Terlengkap di Raja Ampat

Dermaga Pelauhan Yelu Misool

Dermaga Pelauhan Yelu Misool

Mengapa saya mengatakan jika Misool adalah yang terbaik dari yang terbaik.

Itu karena beberapa faktor yang menjadi pertimbangan saya memutuskanya seperti faktor kelengkapan objek wisatanya dan juga masih alaminya kawasan misool dibanding kawasan wayag, piayanemo dan juga kalibiru yang lebih terekspose dan lebih sering dikunjungi wisatawan.

Ada banyak sekali wisata-wisata di kawasan Misool yang memiliki beragam jenis destinasinya.

Jadi tak hanya mengandalan wisata pulau atau pantai saja namun juga banyak wisata sejarahnya dan juga  wisata biota bawah lautnya.

Berikut ini saya mencoba merangkum beeberapa spot wisata di Misool yang bisa kamu kunjungi. Ingat ya guys, ini hanya sebagain kecil saja dari sekian banyaknya wisata di Misool.

1. Menikmati Pantai Raja Ampat, Pantai Kalek Tempatnya

Panasnya terik mata hari yang saat itu tepat berada diatas kepala tak mampu menghentikan langkah saya mengexplore wisata di kawasan Misool Raja Ampat.

Setelah Puas snorkling menikmati Indahnya bawah laut Misool, perjalanan dilanjutkan kembali menuju sebuah pulau yang memilki pasir putih yang sangat indah.

Dari kejauhan sudah nampak hamparan pasir putih yang cukup luas, bersih dan lautnya bewarna hijau toscha. Itu adalah Pantai Kalek.

Pantai Kalek

Indahanya Pantai Kalek Misool

Meski pantai Kalek terbilang pantai sepi dan jauh dari pemukiman.

Pantai ini juga terlihat sangat terawat dengan baik, terbukti dari tidak adanya sampah di kawasan pantai ini.

Konon saat bulan-bulan tertentu kawanan penyu akan singgah dipulai ini dan bertelur dipantai Kalek.

Jangan lupa kita bisa melihat indahnya pemandangan dari atas gazebo yang dibangun diatas tebing karang.

Dari gazebo ini kita bisa melihat hampir separuh isi pulau yang sangat indah.

2. Teluk Cinta Karawapop, Danau Cinta Besarnya Misool

Ada banyak Teluk atau telaga yang bentuknya menyerupai cinta atau Love dikawasan Misool, Kabupaten Raja Ampat Provinsi Papua Barat.

Selain dari Puncak Daffalen yang menampilkan teluk cinta dengan ukuran kecil, ada Teluk Cinta lainya yang ada di Misool dan luasnya jauh besar.

Namanya Teluk Lover Besar atau teluk cinta besar atau bagi warga setempat disebut Danau Karawapop.

Teluk Cinta Karawapop

Teluk Cinta Karawapop

Dari dermaga hingga kepuncak Danau Karawapop bisa ditempuh dalam waktu 30 menitan karena kita harus Meniti ribuan anak tangga kayu yang menanjak.

Dari atas puncak danau dibangun sebuah area yang sedikit luas untuk tempat berfoto dengan latar danau cinta.

3. Melihat Jejak Manusia Purba di Misool

Daerah Misool memang memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi.

Tak hanya wisata alamnya saja yang memikat banyak wisatawan tetapi juga banyak wisata bersejarah yang tersebar dikawasan Misool Kabupten Raja Ampat.

Salah satunya adalah Wisata Sejarah Goa Telapak Tangan.

Goa Telapak Tangan

Goa Telapak Tangan di Misool

Lukisan Pra Sejarah atau Lukisan Manusia Purba yang ada di Missool berada di dua tempat.

Lukisan pertama hanya tersisa gambar 1 telapak tangan saja. Sekilas lukisan tersebut mirip dengan gambar tangan biasa yang disemprot dengan cat dan membentuk sebuah tangan.

Namun menurut abang kapal lukisan tersebut sudah ada sejak dia kecil bahkan orang tuanya muda dulu sudah ada.

4. Wow Ada Danau Ubur Ubur di Misool Raja Ampat

Dihari kedua saya mengeksplore Misool Raja Ampat, saya berkesempatan untuk mengeksplore lebih jauh lagi objek wisatanya.

Jika hari sebelumnya lebih banyak berwisata Sejarah dan Religi, Kini kita mengunjungi tempat yang lebih ke petualangan yang menantang seperti Treking ke Danau Ubur-Ubur yang ada di kawasan Raja Ampat.

Danau Ubur Ubur di Misool

Danau Ubur Ubur Lenmakana di Misool

Danau Ubur-ubur yang ada di Misool ini biasa disebut Danau Lenmakana oleh warga setempat.

Lokasi Danau ubur-ubur ini berada ditengah laut dikelilingi tebing karst yang besar dan tinggi plus banyak pohon disekitar danau yang menambah kesan alamai dan sangat private.

5. Melihat Pesona Teluk Cinta dari Puncak Dafalen

Love Pool Dafalen atau biasa disebut teluk Cinta atau Danau Cinta kecil merupakan sebuah tempat wisata yang berupa puncak atau bukit dengan pemandangan teluk berupa lambang hanti atau cinta.

Puncak Dafalen sendiri berada dikawasan Misool, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.

Puncak Dafalen

Puncak Dafalen

Rasanya wajib bagi siapa saja yang datang ke Misool untuk melihat langsung keindahan Puncak Love Kecil dari atas bukit.

Namun sedikit butuh pengorbanan untuk melihatnya karena Selama 30 menitan, kuta harus mendaki anak tangga hingga menuju puncak Dafalen.

6. Indahnya Pantai Kolobi di Misool

Puas menikmati makan siang di pantai Kalek, perjalanan dilanjutkan menuju salah satu spot snorkling paling keren di Misool yakni tepat berada Didepan Danau Kawarapop.

Hampir 1 jam lamannya menikmati bawah laut Raja Ampat, kami kembali melanjutkan perjalanan menuji destinasi selanjutnya yakni pantai Kolobi.

Pantai Kolobi

Pantai Kolobi Misool

Menurutku Pantai Kolobi merupakan salah satu pantai terbaik di Misool Raja Ampat.

Pantai ini memiliki pasir putih yang terbentang panjang dan luas diantara teluk-teluk Atau Laguna.

Deretan pohon hijau nampak menyelaraskan pemandangan tepat beradadi pantai yang terkenal karena air lautnya yang biru.

7. Bebatuan Unik di Pantai Yapap Misool

Deretan bebatuan Karst dengan beragam bentuk yang unik juga ada di Misool loh.

Nama Kawasan wisata bebatuan ini biasa disebut Yapap oleh warga setempat.

Ditempat ini juga banyak bebatuan karang yang menjulang tinggi diatas permukaan air laut.

Pantai Yapap

Menikmati keindahan misool di pantai Yapap

Selain pemandangan yang epik memadukan air laut yang bewarna hijau toscha dengan bebatuan karst, kita juga bisa menikmati ketenangan laut disekitarnya.

Yapap memang cocok untuk dijadikan tempat berenang santai.

Selain tidak ada ombak, air disekitarnya juga tidak dalam.

8. Ada Makam Kramat di Goa kramat Misool

Salah satu destinasi menarik yang bisa dikunjungi di Misool adalah Gua Keramat atau Goa Keramat yang berada di Teluk Tomolol.

Salah satu alasan mengapa Goa ini dinamakan Goa kramat adalah karena Goa ini menjadi salah satu tempat yang Sakralkan Dan dikeramatkan oleh warga Setempat.

Goa kramat Misool

Pesona Goa Kramat

Salah satu yang unik dari Goa Kramat Misool adalah karena tepat didepan gua atau tepatnya pada bagian atas terdapat lafaz Allah yang berwarna putih dan terbentuk secara alami.

Selain Tulisan tersebut kita juga bisa melihat bebatuan stalagtit dan stalagmit yang mengelilingi area Goa dan meneteskan air dari ujung bebatuan jatuh kedalam air yang ada dibawahnya.

9. Pantai Namlol Misool, Pantainya Sebening Kaca

Satu lagi destinasi wisata pantai yang kita kunjungi adalah Pantai Namlol.

Pantai ini merupakan sebuah pantai yang berupa gugusan karang-karang laut yang tajam dan menjulang tinggi kepermukaan.

Pantai Namlol sendiri selain memiliki bentuk karang yang unik juga memiliki laguna kecil dan juga ombak disekitarnya cukup tenang.

Jernihnya air laut disekitar pantai Namlol membuat gugusan karang dipantai ini semakin indah.

Pantai Namlol

Pantai Namlol Misoll

Meski airnya hanya sebatas dengkul kaki saat sedang surut dan setinggi pinggang orang dewasa saat pasang.

Namun beningnya air membuat pantai Namlol memilki keindahan pantai tersendiri dibanding pantai lainnya.

10. Uniknya Tradisi Dabus, Tradisi Menusuk Dada Saat Ada Yang Berduka

Ada hal unik yang saya temukan saat saya berada di Misool.

Saya melihat banyak para pria muda dan tua yang dadaknya seperti tergores luka namun bentuknya sama.

Setelah memberanikan diri bertanya kepada teman saya Bang Jabir akhirnya saya tahu jawabanya.

tradisi dabus

acara Dabus atau Tusuk Dada oleh masyarakat Maluku (Foto by Youtube)

Bekas luka yang ada pada dada sebelah kiri atau sebelah kanan Pra pria di Misool khususnya di kampung Yelu atau Kampung Harapan Jaya adalah sebuah cap atau bekas mengikuti sebuah acara dalam Tradisi mereka.

Tradisi ini dilakukan saat ada salah satu keluarga mereka yang berduka atau saat perayaan Maulid Nabi.

11. Pantai Balbulol, Tempat Wisata Terbaik di Misool

Dari banyaknya pantai yang berada di Misool, Pantai Balbulol salah satu destinasi wajib yang harus kalian datangi jika sedang berkunjung ke Misool.

Dan Yang harus Travellas tau, salah satu keunggulan di Misool selain bawah lautnya, yaitu juga karst – karts nya yang berbentuk sangat unik!

Pantai balbulol Misool

Pantai balbulol Misool – foto : Ferryrusli.blogspot.co.id

Di Pantai Balbulol sendiri, Karst – Karst nya yang besar dan sangat unik ini memiliki bentuk yang menyerupai cone dan cristhmest tree.

Tidak hanya itu, karst – karst yang menjulang tinggi ini juga terlihat seperti melayang karena bagian bawah karst – karst tersebut sedikit terkikis oleh air laut yang membuat kesan seperti melayang.

Rute atau cara Menuju Misool Raja Ampat

Karena Misool merupakan kepulauan berbeda dengan Waisai atau wayag dan Piaynemo, maka kita harus menempuh rute berbeda untuk menuju kawasan Misool.

Kita akan tetap berangkat dan masih dipelabuhan yang sama yakni pelabuhan Rakyat Sorong namun dengan tujuan Misool.

Kapal yang berangkat ke Misool memang tidak selalu ada setiap hari seperti halnya ke waisai atau waigeo karna kapal yang ke Misool hanya ada diwaktu tertentu saja.

Jadi pastikan jadwal kalian tepat dengan jam keberangkatan kapal.

Baca juga : Inilah Jadwal keberangkatan Kapal Ke Misool Raja Ampat

Pelabuhan Rakyat Sorong

Pelabuhan Rakyat Sorong

Dibutuhkan waktu sekitar 4 jaman menggunakan kapal speed umum dimana harga tiketnya sekali jalan adalah Rp 300.000 / penumpang.

Tenang saja soal keamanan dan fasilitas kapal, meski terasa lama namun didalam kapal ini sudah dilengkapi berbagai fasilitas hiburan tv hingga warung kecil yang menjual berbagai makanan dan minuman.

Setibanyak dikawasan Pelabuhan Yelu yakni salah satu pelabuhan kecil yang ada di Misool kita harus naik kapal kecil lagi menuju tempat yang akan kamu tuju.

Nah kalo saya sendiri biasanya menginap di kampung Harapan Jaya Misool.

Dari kampung ini, keesokan harinya, barulah saya explore tempat wisata keren di Misool.

Baca juga : Kampung Harpan Jaya Misool Tempat Para Backpacker Menginap

Dermaga Kampung Harapan Jaya

Dermaga Kampung Harapan Jaya

Tertarik kesana ? Sipkan minimal budget diatas 5.000.000 – 10.000.000 per orang sudah termasuk tiket pesawat PP dari Jakarta ke Sorong dan semua biaya yang diperlukan selama explore.

Etss satu lagi, siapakan juga cuti yang super panjang. Minimal 5 harianlah kamu liburan disana.

Akan lebih puas dan lebih santai jika liburanya selama 7 hari.

Masih bingung soal biayanya, tenang saja, buat kamu yang ingin biayanya lebih murah lagi, bisa!

Kalin Ikut saja dengan teman-teman dari komunitas Backpacker Jakarta yang sering mengadakan sharecost atau patungan kesana.

Selain biayanya jauh lebih murah juga bakalan jauh lebih seru karena perginya ramean.

Satu tips lagi, Misool dan Raja ampat lainnya merupakan kawasan wisata yang cuacanya tidak bisa diprediksi, kadang hujan, kadang badai dan kadang panas.

Namun biasanya, banyak wisatawan yang datang ke Misool justru di bulan November – Februari, sebeb konon angin laut tak terlalu kencang.

Selamat liburan ke Raja Ampat guys.

You may also like...

68
Leave a Reply

avatar
35 Comment threads
33 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
33 Comment authors
Kata OmedSyifa HanoumCerita MariaDiah SallyPencerita Dunia Recent comment authors
  Subscribe  
Notify of
Syifa Hanoum
Syifa Hanoum

Pengen pengen pengen banget kesana. Terimakasih ya infonya👍

Cerita Maria

Baca titlenya aja serem euy. RAJA AMPAT!!!! Butuh nyali yang banyak dan duit yang lebih banyak lagi. Happy for Omed yag sudah duluan ke sana.

Diah Sally

Misool ini memang bedah kali indahnya. Setelah lihat-lihat lebih ganteng Misool ketimbang Wayag.

Gila gila kudu balik lagi nih Rampat, buat mengunjungi Misol.

Oiya, itu yang tradisi menusuk dada, mereka ga beneran menusuk dada masing” kan yaa, itu merah” cuma dikasih obat merah kan ya? Yagak sih Med? Soalnya bapak” keliatan seterong walau sudah berdarah”

Pencerita Dunia

Kakak keren banget ya.. ajak2 aku kak

Eka Siregar

Banyak amat sih… Anak sultan pasti nih…

1 5 6 7