KATA OMED

Mau Ke Seba dan Kelaba Maja di Pulau Sabu, Ini Info dan jadwal Kapalnya

Beberapa Tahun terkahir banyak wisatawan yang datang dari luar NTT mulai mengunjungi salah satu Pulau Terpencil dibelahan Selatan Indonesia yakni Pulau Sabu atau masyarakat setempat menyebutnya dengan nama pulau sawu.

Klaba maja di pulau Sabu – foto @jeremy_djami

Kawasan Klaba Maja yang mulai fenomenal semenjak banyak selebgram menguploadnya ke media sosial membuat orang penasaran dengan pulau kecil yang berada diantara Pulau Rote dan Pulau sumba ini. Keindahan Klaba Maja memang memikat siapa saja yang melihatnya. Termasuk saya sendiri yang hanya bermodal nekad, berani Backpackeran sendiri ke pulau Sabu.

Baca Juga

Kelaba Madja di Pulau Sabu menjadi magnet wisatawan – Foto @novijoe

Setelah mencari berbagai info mengenai rute menuju pulau Sabu atau Sawu, akhirnya saya merangkumnya kedalam beberapa point. Semoga rangkuman ini bisa membantu dan memudahkan kalian untuk mengatur waktu liburan ke Pulau Sabu.

Mau KePulau Sabu Lewat Udara atau Naik Pesawat, Ini Jadwal Penerbanganya

Jalur pertama yang bisa kalian pilih adalah melalui jalut Udara alias menggunakan pesawat Terbang. Meski Sabu tergolang kabupaten Baru namun sudah ada beberapa maskapai perintis yang melatani rute dari dan ke Pulai Sabu. Salah satunya adalah maskapai Susi Air yang sudah aktif terbang setiap 4x seminggu.

Baca juga :

Bandara Tardamu Seba Sabu – Foto @fahmi.alboneh

Namun jadwalnya fixnya saya belum mendapatkannya karena sering kali berubah2 dan harus datang langsung membeli tiketnya disana. Konfirmasi terakhir dari Susi Air (2019) adalah sebagai Berikut :

Dari Kupang ke Sabu
Susi Air terbang setiap Hari

Dari Ende ke Sabu
Susi Air terbang setiap Hari

Dari Waingapu ke Sabu
Akan Terbang setiap Hari

Tapi sekali lagi perlu diingat guys, jadwal pesawat susi Air terkadang juga berubah. Nah untuk lebih fix atau pastinya kalian bisa menghubungi Nomor : 081

Pesawat susi Air yang mebawa ke pulau sabu – foto @yourpalthepilot

Untuk harga Tiketnya kita cukup beruntung karena sudah disubsidi oleh pemerintah Setempat. Tarifnya per orang adalah Rp 350.000. Tapi subsidi juga diwaktu-waktu tertantu saja sebab kadang tiketnya normal. Satu lagi, Karena yang naik pesawat Susi Air ini akan ditimbang terlebih dahulu sebelum naik pesawat maka pastikan kalian tidak membawa banyak barang bawaan.

Backpackeran ke Pulau Sabu – foto @leadanikasih

Mau Ke Seba pulau Sabu Lewat Jalur Darat atau Naik Kapal Laut, Ini Info lengkapnya

Menurut saya, jalur laut merupakan salah satu pilihan terbaik buat seorang Backpacker karna bisa menghemat biaya. Saat ini sudah ada beberapa kapal penyebrangan baik kapal Fery milik Asdp, kapal Pelni hingga Kapal Bahari Express yang sudah beroperasi menuju pelabuhan Seba di Pulau Sabu.

Sunset pulau Sabu – foto @elsa_robe

Masing2 Jadwal fixnya juga sama halnya dengan Pesawat Susi Air kadang suka berubah2, disesuaikan dengan kondisi dan waktunya. Untuk jadwal menggunakan kapal Fery kalian harus datang langsung ke Pelabuhanya atau kontak Call Center Kapal Fery. Sementara jika ingin naik kapal Pelni silahkan cek jadwal kepastianya melalui situs pelni.co.id.

Baca Juga :

Dermaga pelabuhan Bolok Kupang

Beberapa Pelabuhan yang melayani Rute menuju Pulau Sabu adalah Pelabuhan Bolok dan Pelabuhan Tenau Kupang. Jika kalian naik Kapal Fery atau Express maka kalian harus ke pelabuhan Bolok Kupang. Sementara jika kalian ingin naik kapal Pelni, maka kalian harus pergi kepelabuhan Tenau Kupang.

Pelabuhan Bolok Kupang, pelabuhan khusua kapal Ferry Asdp

Jadwal Kapal Fery Asdp Dari Pelabuhan Bolok Kupang ke Pelabuhan Fery Seba Sabu

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas jika Pelayaran ke Sabu dari Kota Kupang sendiri ada 3 jenis Kapal yang bisa kalian tumpangi. Pertama kalian bisa naik kapal Fery milik Asdp dan yang kedua menggunakan Kapal cepat Bahari Express dan yang ketiga melalui kapal Pelni. Nah jika kalian memilih menggunakan Kapal Fery Asdp maka kalian harus berangkat dari pelabuhan Bolok Kupang.

Baca JugaIndahnya Pantai Liman di pulau Semau Kupang. Pantai yang jarang dikunjungi wisatawan

Berikut ini Jadwal Pelayanan kapa Fery dari Kupang ke Sabu via Pelabuhan Bolok Yakni setiap Hari Senin dan Jumat pukul 12.00 WITA.

Naik Kapal Fery

Untuk jadwal kepulanganya atau Jadwal kapal Fery dari Pulau Sabu -ke Pelabuhan Bolok Kupang Adalah setiap Hari Selasa pukul 11.00 WITA dan Rabu pukul 16.00 WITA.

Sementara Biaya atau tarif Penumpang Tanpa Kendaraan Disesuakan usia. Jika usia Dewasa Maka akan Dikenakan Tarif Rp 127,000 per penumpng Dan untuk usia Anak-anak biayanya Rp 85,000 per orang.

Selengkapnya mengenai biaya dan Info Rute Kapal Fery dari Kupang ke Sabu bisa kalian baca disini :

Jadwal Kapal Pelni dari Kupang ke Seba Pulau Sabu

Selain Kapal Fery, Kita juga bisa naik Kapal angkutan barang dan jasa yang ukuran kapalnya jauh lebih besar yakni naik kapal perintis Pelni. Biasanya kapal ini akan mengelilingi pulau-pulau di provinsi Nusa Tenggara Timur dan akan singgah di pelabuhan Tenau kota Kupang kemudian melanjutkan perjalananya menuju pulau Sabu.

Kapal Pelni (foto wartakota )

Tapi Saran saya sih lebih baik kalian menggunakan kapal Fery saja atau kapal Express sebab jika menggunakan kapal pelni jadwal pelayaranya hanya ada 1 kali sebulan. Untuk harga tiketnya saya belum update lagi info terakhir berapa, nanti akan saya update dan akan saya sampaikan infonya lagi. Atau kalian cek saja langsung disitusnya pelni.co.id

 

Selamat Berlayar dan salam petualang.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of