Wow Ada Danau Ubur Ubur di Misool Raja Ampat

Dihari kedua saya mengeksplore Misool Raja Ampat, saya berkesempatan untuk mengeksplore lebih jauh lagi objek wisatanya. Jika hari sebelumnya lebih banyak berwisata Sejarah dan Religi, Kini kita mengunjungi tempat yang lebih ke petualangan yang menantang seperti Treking ke Danau Ubur-Ubur yang ada di kawasan Raja Ampat.

Lokasi danau Ubur Ubur Lenmakana Misool

Mungkin kalian lebih sering mendengar Danau Ubur-ubur Kakaban yang ada di Derawan Kalimantan Timur dibanding Danau Ubur-ubur yang ada di Misool. Padahal bila saya bandingkan, ubur-ubur yang ada di danau Misool ini jauh lebih banyak jumlahnya dibandingkan dengan yang dikakaban Derawan. Bahkan jalur treking yang harus kita laluipun jauh lebih terjal dan lebih ekstreem dibandingkan di Derawan.

Papan Nama dan keterangan tentang Danau Ubur Ubur Lenmakana

Treking menuju Danau Ubur Ubur Lenmakana Misool

Pesona Danau Lenmakana, Habitat Ubur-Ubur Tak menyengat

Danau Ubur-ubur yang ada di Misool ini biasa disebut Danau Lenmakana oleh warga setempat. Lokasi Danau ubur-ubur ini berada ditengah laut dikelilingi tebing karst yang besar dan tinggi plus banyak pohon disekitar danau yang menambah kesan alamai dan sangat private.

Danau Ubur Ubur Lenmakana Dilihat dari Ketinggian

Oh ya sebelum berenang bersama ubur-ubur, kalian harus mematuhi aturan yang berlaku seperti dilarang menggunakan Sunblock, mengangkat ubur-ubur kepermukaan, menggunakan Fin untuk berenang dan kita harus tenang saat berenang. Tujuanya agar menghindari hal-hal yang merusak kehidupan mereka. Misalnya saja jika kita berenang menggunakan FIN maka ayunan pin nanti akan menepak ubur-ubur yang sangat lembut ini sehingga mereka bisa pecah dan mati.

Danau Ubur Ubur Lenmakana di Misool

Saat hendak treking menuju Danau Ubur-ubur Lenmakana ini jangan lupa membawa sarung tangan saat treking dan membawa air minum. Karena danau Ubur-ubur Lenmakana ini ada ditengah laut dan tebing maka tidak ada yang berjualan dikawasan ini.

 

Oh ya satu lagi, pastikan kalian datang saat siang hari yakni sekitar pukul 11.00-13.00 atau saat matahari tepat diatas kepala. Tujuanya agar para ubur-ubur naik kepermukaan danau sehingga tanpa berenangpun kita akan melihat ribuan ubur-ubur memenuhi hampir semua permukaan danau.

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

You may also like...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of