KATA OMED

20 Destinasi Wisata di Ketapang Kalimantan Barat yang wajib kalian Kunjungi

Ketapang adalah Kabupaten Terbesar dan terluas yang ada di provinsi Kalimantan Barat pulau Kalimantan Indonesia. Tak heran jika kota ini menyimpan banyak sekali tempat menarik dan bersejarah yang bisa dikunjungi baik wisatawan yang tak jahd ari Ketapang maupun wisatawan asing. Ketapang sangat erat kaitanya dengan kerajaan melayu sebab Ketapang pernah menjadi pusat pemerintahan kerajaan-kerajaan melayu pada masa silam.

Kantor Bupati Ketapang

Kabupaten Ketapang memiliki luas wilayah 31.240,74 km² dan berpenduduk sebesar 427.460 Jiwa (2010). Dengan luas wilayah seperti itu tentu saja Kabupaten ini memiliki banyak sekali potensi pariwisata yang tak hanya sekedar wisata alam saja namun juga banyak wisata sejarah dan kebudayaan.  Berikut ini Daftar Wisata di ketapang Kalimantan Barat :

1. Keraton Kerajaan Matan Tanjungpura

Wajah keraton Matan yang tak pernah berubah

Keraton Matan terletak di Jalan Pangeran Kesuma Jaya, Kelurahan Mulya Kerta, Kecamatan Benua Kayong, kota Ketapang Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Keraton ini berada tepat ditepian sungai Pawan yakni sungau terbesar di Ketapang.

Baca JugaWisata Kereta Miring 90 Derajat di Lubuk Linggau

Dari pusat kota Ketapang bisa ditempuh dalam waktu 20 menit saja berkendara motor. Begitu tiba dikawasan Keraton, kita akan disambut 2 buah gerbang besar yang berada tepat dipintu masuk kawasan Keraton.

2. Rumah Adat Melayu Kyai Mangku Negeri

Karena kalimantan Barat khususnya Ketapang dihuni oleh mayoritas warga Melayu, maka dibangun sebuah rumah adat atau balait adat bernama Rumah Adat Melayu Ketapang atau yang biasa disebut bagi warga setempat sebagai Rumah Adat Melayu Kyai Mangku Ketapang. Rumah adat ini merupakan sebuah rumah Adat khas Melayu yang lokasinya tepat berada di tepian Sungai Pawan.

Lokasi Rumah Adat Kyai mangku Ketapang terletak di Kelurahan Mulia Baru, Kecamatan Delta Pawan, kira-kira 2 km dari pusat kota Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat. Bisa ditempuh sekitat 10 menit dari pusat kota Ketapang dengan kendaraan bermotor.

3. Kelenteng Tua Pek Kong

Pada perayaan tertentu seperti Imlek dan Cap Gomeh, kelenteng ini sangat ramai dikunjungi oleh warga yang tak hanya datang dari sekitar Ketapang saja tetapi dari kota-kota lainnya di Kalimantan Barat bahkan tak sedikit juga yang datang dari pulau Jawa.

Baca JugaPantai Teluk Gembira di Belitung yang kini mulai Hits

Meski Klenteng ini pernah terbakar pada tahun 2010 dan meluluhlantahkan isi kelenteng namun pengelola tetap melakukan pembangunan kembali kelenteng Tua Pek Kong Hingga seperti yang terlihat sekarang.

4. Kuliner Kerang ale ale

5. Kopi Makyah Pencat

6. Makan Udang Galah di pondok pawan 5 tepi sungai

7. Jembatan Kuning Kyai Mangku Negeri

Kini di kota Ketapang ada sebuah Icon baru yang menjadi kebanggan warga Ketapang yakni Jembatan Kyai Mangku Negeri. Jembatan cantik ini merupakan jembatan penyebrangan sungai yang menghubungkan Kelurahan Mulia Baru Kecamatan Delta Pawan dengan Kelurahan Mulia Kerta Kecamatan Benua Kayong, Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat.

8. Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang

Masjid Agung Al-Ikhlas diresmikan pada tanggal 25 Mei 2017. Dan kini masjid yang desain interiornya bergaya negeri 1001 malam dengan tata lampu warna-warni yang apik serta dijadkanya pusat dakwah membuat Masjid Agung Al-Ikhlas Mejadi salah satu tujuan tempat ibadah sekaligus menjadi icon kota Ketapang sebagai kota Religi.

Designya yang unik memadukan gaya atau unsur Melayu sebagai adat istiadat Ketapang dicampur dengan Gaya Khas Timur tengah membuat masjid ini terlihat sangat cantik. Ada satu kubah utama berukuran cukup besar yang dikelilingi oleh empat kubah berukuran lebih kecil menambah kesan istimewa. Disampingnya ada Empat menara tinggi yang berdiri kokoh mengapit bangunan utamanya.

9. Rumah Adat Dayak Ketapang

Kini Pemerintah Kabupaten Ketapang, provinsi Kalimantan Barat tengah membangun sebuah Rumah Adat Suku Dayak secara permanen. Waktu saya datang ke tempat ini masih dalam tahap pembangunan jadi belum bisa melihat secara detailnya nanti seperti apa namun yang jelas akan terlihat sangat indah penuh dengan nuansa khas Dayak. Rumah adat Dayak ini berlokasi di Jalan Lingkar Kota, Kelurahan Mulia Baru, Kecamatan Delta Pawan Kota Ketapang.

Baca JugaAda Tugu berbentuk Kopiah di Aceh

Selain destinasi diatas, Kota Ketapang juga memiliki Destinasi wisata lainnya yang tak kalah kerenya seperti wisata :

1. Makam2 Raja Tanjungpura
2. Pantai Pecal kinjil pesir
3. Air terjun Batu arang
4. Hutan kota teluk akar begantung
5. Petani Madu Desa Mekar Utama
6. Sunset pantai air mata permai
7. Patai Tanjung Belandang
8. Taman Nasional Gunung palung
9. Pantai Tanjung Bawang
10. Pantai Morkes
11. Misteri Padang 12
12. Kuliner Kerupuk amplang / basah
13. Buah durian teratong
14. Buah durian pekaway

Untuk Penginapan di Ketapang, saran saya kalian bisa mencoba menginap dibeberapa Hotel dibawah ini. Selain berada dipusat Kota Ketapang, aksesnya juga mudah dan harganya murah.

1. Hotel gwenin jl basuki rahmad 160.000
2. Hotel Royal In jl merdeka utara 165.000 pas depan kelenteng pek kong
3. Bestone hotel jl gajah mada 150-170
4. Penginapan sederhana 60-100.000

Selain di Kota Ketapang, ada juga Destinasi Wisata lainnya yang lokasinya tak jauh dari Ketapang yakni sekitar 2-4 jam perjalanan. Tempat wisata tersebut berada di Kayong Utara :

1. Sei karimata
2. Pantai pulau datok
3. Masjid putih terapung
4. Air terjun 7 bidadari

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

26
Leave a Reply

avatar
18 Comment threads
8 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
19 Comment authors
OmedAditia RahmanAgisAnastasiaIra sultan Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Angga pramana
Guest
Angga pramana

Keren bnget.. 👍

Lis
Guest
Lis

Keren banget banget omed.. masih asli ya kelihatannya

Almira Viani
Guest
Almira Viani

semoga suatu saat nanti bisa jalan-jalan di ketapang! amiin

Hesty Dwi
Guest
Hesty Dwi

Jadi pengen kesana, nyobain duriannyaa

Andi lala baskara
Guest
Andi lala baskara

Semangat trus omed buat explore nusantara, jgn pernah lelah untuk promosikan keindahan bumi pertiwi tercinta ini, good job

Agus Darmawan
Guest
Agus Darmawan

Wah asik-asik nih tempatnya.. Kapan yah bisa kesini..?

daniibibink
Guest
daniibibink

aihh kerensss bang omeddd….
pen bet ke kalimalang….
eh meksudnya kalimantann…

idzur
Guest
idzur

Ngiler nih ke kalimantan, blum pernah nginjek pulau ini, Insya Alloh bisa bareng trip Om Edi, biar dapet budget terjangkau

Suy
Guest

Indonesia memang gudangnya wisata.
Dahsyat.

Rayibatawi
Guest
Rayibatawi

joss banget ini

Lidia Cara
Guest
Lidia Cara

Wah keren nih wisata budaya

vebi
Guest
vebi

mantooeeeellll

Ari Dwi Nurkhasanah
Guest
Ari Dwi Nurkhasanah

mantaaaapppp omed sukses trus

Nur Aji Prasetyo
Guest
Nur Aji Prasetyo

Waww indah sekalii, semoga bisa nyusull exploree..

Ira sultan
Guest
Ira sultan

Di backpacker Jakarta jd byk tau destinasi negeri sendiri ,di negeri sendiri sdh indah ngapain ke negeri orang di duluin. Makasih backpacker Jakarta 😘😍😎

Anastasia
Guest
Anastasia

informatif 👍🏻👍🏻👍🏻

Agis
Guest
Agis

Keren omed.. semoga bisa kesana

Aditia Rahman
Guest
Aditia Rahman

Semangat ka omed semiga sukses terus dengan tulisan2nya

Aditia Rahman
Guest
Aditia Rahman

Keren ka omed