KATA OMED

Mau Wisata Religi di Ketapang, Kunjungi Masjid Agung Al-Ikhlas

Seperti yang kita ketahui jika Kabupaten Ketapang adalah salah satu daerah di Kalimantan Barat yang mayoritas warganya beragama Islam. Selain itu Ketapang juga merupakan Kota Pertama syiar agama Islam disebarkan di Kalimantan Barat.

Masjid Agung Al Ikhlas Ketapang

Salah satu wujud kecintaan Umat Islam di Ketapang adalah berdirinya sebuah Masjid yang sanga besar ditengah pusat kota bernama Masjid Agung Al-Ikhlas. Masjid nan megah dan luas ini berada di kelurahan Kota Ketapang, Kabuaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat Indonesia.

Sejarah Masjid Agung Al Ikhlas Ketapang

Masjid Agung Al-Ikhlas diresmikan pada tanggal 25 Mei 2017. Dan kini masjid yang desain interiornya bergaya negeri 1001 malam dengan tata lampu warna-warni yang apik serta dijadkanya pusat dakwah membuat Masjid Agung Al-Ikhlas Mejadi salah satu tujuan tempat ibadah sekaligus menjadi icon kota Ketapang sebagai kota Religi.

Baca JugaMegahnya Masjid Agung Assalam di Kota Lubuk Linggau

Masjid Agung Al Ikhlas menjadi icon Kota Ketapang

Designya yang unik memadukan gaya atau unsur Melayu sebagai adat istiadat Ketapang dicampur dengan Gaya Khas Timur tengah membuat masjid ini terlihat sangat cantik. Ada satu kubah utama berukuran cukup besar yang dikelilingi oleh empat kubah berukuran lebih kecil menambah kesan istimewa. Disampingnya ada Empat menara tinggi yang berdiri kokoh mengapit bangunan utamanya.

Baca Juga20 Destinasi wisata di Ketapang Kalimantan Barat

Masjid Agung Ketapang Kalimantan Barat

Masjid agung ini bisa menampung lebih dari 4000 ribu jemaah. Luas bangunanya saja mencapai 50×50 meter persegi, belum lagi luas area masjid disekitarnya. Ada Satu hal yang unik dari masjid ini yakni kita bisa melihat bangunan asli yang lama. Letaknya ada di samping masjid. Hal ini bertujuan agar generasi mendatang masih bisa melihat sejarah masjid ini terutama masjid yang lama memiliki arsitektur asli nusantara dengan atap limas bersusun tiga, dan dibentuk dengan denah joglo.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of