Melihat kelenteng Tua Pek Kong, Kelenteng Tertua di Ketapang

Ada yang memikat mata saya saat saya melintas dijalan Merdeka kota Ketapang Provinsi Kalimantan Barat beberapa waktu yang lalu. Sebuah kelenteng tua namun terlihat sangat megah berdiri kokoh tepat ditepi jalan raya.

Gerbang masuk kelenteng Tua Pek Kong

Saat saya menghentikan laju motor yang saya naiki dan membaca papan nama, barulah saya tahu jika kelenteng ini bernama kelenteng Tua Pek Kong. Kelenteng yang konon sudah berusia lebih dari 135 tahun dan merupakan salah satu klenteng tertua di Kalimantan Barat.

Baca JugaKeraton Matan Ketapang, Keraton Melayu Tertua di Dunia

kelenteng Tua Pek Kong ketapang Kalimantan Barat

Pada perayaan tertentu seperti Imlek dan Cap Gomeh, kelenteng ini sangat ramai dikunjungi oleh warga yang tak hanya datang dari sekitar Ketapang saja tetapi dari kota-kota lainnya di Kalimantan Barat bahkan tak sedikit juga yang datang dari pulau Jawa.

Ornamen dan dekorasi yang sangat megah di kelenteng Tua Pek Kong

Meski Klenteng ini pernah terbakar pada tahun 2010 dan meluluhlantahkan isi kelenteng namun pengelola tetap melakukan pembangunan kembali kelenteng Tua Pek Kong Hingga seperti yang terlihat sekarang.

Lokasi kelenteng Tua Pek Kong

Seperti yang disampaikan diatas jija Kelenteng Tua Pek Kong ini berlokasi di pusat kota atau di Jalan Merdeka Kecamatan Delta Pawan, Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat.

Baca Juga : Danau Laet, Destinasi Wisata Baru di Kalimantan Barat

Lokasi kelenteng Tua Pek Kong

Untuk menuju kelenteng tua ini kita harus terlebih dahulu ke kota Ketapang lalu arahkan laju kendaraan menuju jalan Merdeka. Nah kelenteng Tua Pek Kong berada tepat disisi kiri jalan.

Sejarah singkat kelenteng Tua Pek Kong

Menurut petugas setempat menceritakan bahwa sekitar 135 tahun lalu ada enam orang asal Tiongkok yang datang ke Ketapang. Mereka kemudian menetap di Ketapang untuk mencari peruntungan dan kehidupan hingga akhirnya memiliki banyak keturunan.

Sejarah kelenteng Tua Pek Kong

Nah, Keenam orang itulah yang disebut sebagi pendiri kelenteng Tua Pek Kong dan Semuanya ada tercatat di lonceng kelenteng.

So gimana guys, jangan lupa mampir ke Klenteng ini ya saat kalian datang ke Ketapang.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of