KATA OMED

Rumah Adat Dayak Ketapang

Kini Pemerintah Kabupaten Ketapang, provinsi Kalimantan Barat tengah membangun sebuah Rumah Adat Suku Dayak secara permanen. Waktu saya datang ke tempat ini masih dalam tahap pembangunan jadi belum bisa melihat secara detailnya nanti seperti apa namun yang jelas akan terlihat sangat indah penuh dengan nuansa khas Dayak. Rumah adat Dayak ini berlokasi di Jalan Lingkar Kota, Kelurahan Mulia Baru, Kecamatan Delta Pawan Kota Ketapang.

Rumah adat Dayak di Ketapang

Pembangunan Rumah Adat Dayak Ketapang dimulai sejak Juli 2017 lalu. Nantinya selain difungsikan sebagai rumah adat dan balai adat, juga akan digunakan sebagai tempat berbagai kegiatan dan pelatihan seni khususnya budaya Dayak. Rumah suku dayak ini juga akan menjadi salah satu destinasi wisata kebudayaan di Ketapang khususnya bagi mereka yang ingin melihat bentuk rumah dan kebudayaan suku dayak di Kalimantan.

Baca Juga : Luasnya Danau Laet, wisata baru di Kalimantan Barat

Rumah adat suku dayak di ketapang Kalimantan Barat

Oh ya, Dibandingkan kabupaten lainnya, Kabupaten Ketapang merupakan kabupaten terluas di provinsi Kalimantan Barat. Kota Ketapang jug dihuni oleh beragam suku dan etnis seperti Suku Dayak,Jawa, Melayu serta Tionghua. Maka dari itu pemerintah Ketapang juga sebelumnya sudah membangun rumah adat Melayu yang lokasinya tak jauh dari sungai pawan.

Share Artikel ini lewat

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of