KATA OMED

7 Kuliner Khas Sumatera Yang Lezat Dan Terkenal

Kuliner Khas Sumatera – Sumatera Barat merupakan wilayah yang dikenal sebagai gudangnya kuliner makanan lezat dan terkenal.

Makanan dari kawasan ini terkenal dengan santan kental serta bumbu rempahnya, yang membuat cita rasanya jadi lezat dan bikin ketagihan.

Peta Kepulauan nias dan sinabang di Sumatera

Peta Kepulauan nias dan sinabang di Sumatera – foto romadecade.com

Beberapa dari makanan tersebut bahkan ada yang terkenal hingga mancanegara. Terutama makanan yang berasal dari Padang, Medan dan Palembang, serta beberapa kota di Sumatera lainnya.

Kuliner khas Sumatera apa sajakah yang lezat dan terkenal serta disukai banyak orang di dunia?. Yuk, kita lihat saja daftarnya dibawah ini.

Baca Juga:

1. Rendang Kuliner Khas Sumatera Barat

Rendang Kuliner Khas Sumatera – Photo by Detik Food

Makanan yang sangat lezat ini terbuat dari daging sapi dengan bumbu rempah yang melimpah ruah. Agar rasanya meresap, tidak heran kalau cara pembuatannya memerlukan waktu yang cukup lama.  

Cara meraciknya dengan cara mencampur semua bumbu dan potongan daging menjadi satu. Kemudian dimasak dan terus diaduk dengan api kecil sampai matang, dan bumbu menjadi kering berwarna kehitaman. 

Makanan  tradisional Sumatera Barat ini masuk dalam World’s 50 Most Delicious Food dari CNN pada tahun 2011. Karena kelezatannya, makanan ini tidak hanya terkenal di Indonesia, namun juga ke mancanegara.

2. Ayam Pop Kuliner Khas Sumatera Barat

Ayam Pop Kuliner Khas Sumatera – Photo by Detik Food

Hidangan bernama unik ini merupakan ayam kampung yang dibumbui lengkuas, bawang putih, bawang merah, daun salam, garam serta jeruk nipis. Cara penyajiannya disuguhkan bersama taburan sambal yang terbuat dari campuran cabai, tomat dan bawang merah.

Proses pembuatannya sendiri diawali dengan merebus potongan ayam kampung dengan bumbu halus. Setelah itu, direbus kembali, tapi diberi tambahan air kelapa. Ketika sudah matang, ayam ditiriskan terlebih dahulu, lalu digoreng dalam minyak panas.

Guna mempercantik tampilannya, terkadang beberapa rumah makan atau restoran menambahkan daun singkong dan kacang panjang rebus.

3. Soto Padang Kuliner Khas Sumatera Barat

Soto Padang Kuliner Khas Sumatera – Photo by Detik Food

Soto Padang memiliki bahan berupa daging sapi, bihun, perkedel kentang, dan kuah berkaldu sapi. Cara memasaknya, dengan cara menggoreng daging sapi hingga kering, dan kemudian dipotong kecil-kecil seperti dendeng.

Rasa masakan khas Sumatera Barat ini gurih dan segar saat disajikan hangat-hangat. Biasanya dimakan dengan nasi atau ketupat, serta kerupuk warna pink khas Padang.

4. Dendeng Balado Kuliner Khas Sumatera Barat

Dendeng Balado Kuliner Khas Sumatera – Photo by Dapur KOBE

Dendeng balado adalah makanan khas Sumatera Barat, terbuat dari daging sapi yang dikeringkan. Daging sapi dipotong tipis-tipis, dan dikeringkan terlebih dahulu.

Setelah itu diberi bumbu cabai balado. Rasa enak dari dendeng akan berpadu dengan pedasnya cabai balado.

Selain Dendeng Balado, ada juga Dendeng Batokok. Perbedaannya adalah, Dendeng Batokok menggunakan cabai hijau, sedangkan Balado menggunakan cabai merah.

5. Tekwan Kuliner Khas Sumatera Selatan

Tekwan Kuliner Khas Sumatera – Photo by Dapur KOBE

Tekwan merupakan makanan khas Sumatera Selatan. Namanya sudah dikenal dimana-mana, dan mudah didapatkan. Bahan dasarnya terbuat dari sagu dan ikan. Keduanya diolah menjadi bentuk kecil bulat. 

Hidangan pelengkapnya  adalah campuran antara bihun, jamur, daun bawang, bengkoang, dan seledri.Dihidangkan seperti sup yang hangat.

6. Pempek Kuliner Khas Sumatera Selatan

Pempek Kuliner Khas Sumatera – Photo by IDN Times

Pempek terbuat dari campuran daging ikan tenggiri dan sagu, yang dipadukan dengan telur bulat. Jenisnya bermacam-macam, ada Kapal Selam, Lenjer, dan Adaan. 

Ciri khas dari kuliner khas Sumatera Selatan ini adalah, cara menyantapnya yang disajikan dengan saus khusus dengan campuran cuka, gula merah, cabai, bawang putih, garam, dan udang ebi.

7. Martabak Telur Kuliner Khas Sumatera Aceh

Martabak Telur Aceh Kuliner Khas Sumatera – Photo by Detik Food

Kuliner khas Banda Aceh ini memang sudah merambah ke berbagai daerah di Indonesia. Bentuknya sekilas terlihat seperti telur dadar. Perbedaannya, martabak telur punya kulit yang lebih keras dari dibandingkan telur dadar. 

Kulit tersebut berbahan dasar sama seperti adonan roti canai, sehingga tidak lembek. Cara menghidangkannya juga berbeda dengan telur dadar, yaitu disajikan dengan kari kambing atau ayam sebagai pelengkap.

8. Arsik, Makanan dari Sumatera Utara

Arsik

Arsik – foto ig @mamaloves_nature

Kuliner Khas Sumatera Yang Lezat Dan Terkenal Selanjutnya Datang Dari Provinsi Sumatera Utara Yakni Makanan Arsik.

Arsik MerupakanMakanan Khas Sumatera Utara Atau Tepatnya Berasal Dari Tapanuli. Masakan Ini Dikenal Pula Sebagai Ikan Mas Bumbu Kuning Yang Dalam Penyajiannya Tidak Dibuang Sisiknya.

Selain Ikan Mas, Ikan Laut Seperti Kembung Dan Kakap, Dan Daging Juga Dapat Dijadikan Bahan Arsik. Ada Pula Arsik Yang Menggunakan Daging Babi.

Bumbu Arsik Sangat Khas, Mengandung Beberapa Komponen Yang Khas Dari Wilayah Pegunungan Sumatra Utara, Seperti Andaliman Dan Asam Cikala (Buah Kecombrang), Dipadukan Bumbu Khas Nusantara Yang Umum, Seperti Lengkuas Dan Serai.

Bumbu-Bumbu Yang Dihaluskan Dilumuri Pada Tubuh Ikan Beberapa Saat. Ikan Kemudian Dimasak Dengan Sedikit Minyak Dan Api Kecil Hingga Agak Mengering.

9. Mie Gomak

Mie Gomak

Mie Gomak – foto ig @hilmi_fitriani87

satu lagi Makanan khas Sumatera Utara yang wajib kalian coba adalah Mie Gomak. Mie ini terbuat dari mie yang sering disebut Mie Lidi atau dikenal oleh orang Batak sebagai Mie Besar.

Masyarakat Batak menyebut makanan ini sebagai Mie Gomak karena cara pembuatannya digomak-gomak (digenggam dengan tangan).

Mie yang sudah direbus biasanya dibuat terpisah dengan kuah dan sambalnya. Meski banyak ragam untuk membuat menu makanan khas Batak ini, ada yang menggunakan kuah ada juga dibuat seperti mie goreng.

Rasanya sangat unik apabila mie gomak dicampur dengan bumbu dari tanah Batak yakni andaliman.

10. Tempoyak

gulai tempoyak

gulai tempoyak – foto ig @amyzayu

Tempoyak atau tempuyak adalah masakan yang berasal dari buah durian yang difermentasi. Tempoyak merupakan makanan yang biasanya dikonsumsi sebagai lauk saat menyantap nasi.

Tempoyak juga dapat dimakan langsung, tetapi hal ini jarang sekali dilakukan karena banyak yang tidak tahan dengan keasaman dan aroma dari tempoyak itu sendiri. Selain itu, tempoyak dijadikan bumbu masakan.

Citarasa dari Tempoyak adalah asam, karena terjadinya proses fermentasi pada daging buah durian yang menjadi bahan bakunya.

Tempoyak dikenal di Indonesia, terutama di Bengkulu, Palembang, Lampung, Sumatra Barat, Jambi, dan Kalimantan. Selain itu, makanan ini juga terkenal di Malaysia.

Di Palembang, tempoyak dimasak dengan campuran daging ayam. Di Lampung, tempoyak menjadi bahan dalam hidangan seruit atau campuran untuk sambal.

Baca Juga:

Nah itu tadi daftar kuliner khas Sumatera yang nendang di lidah. Jika kamu berkunjung ke Sumatera, nggak ada salahnya  menyempatkan diri untuk mencoba semua masakan khas ini. 

Selamat mencoba!

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of