KATA OMED

Mau Liburan ke Sampit, Kunjungi 6 Tempat Wisata ini

Jika kamu akan Berkunjung ke kota Sampit yakni Ibu kota kabupaten Kota Waringin Timur provinsi kalimantan Tengah, jangan lupa kunjungi beberapa objek wisata berikut ini :

1. Patung Jelawat

Tugu icon kota Sampit

Patung Jelawat adalah salah satu icon baru kota Sampit dimana patung ini berbentuk Ikan Jelawat. Seperti yang kita tahu jika Jelawat adalah ikan khas yang ada disungai Mentaya, sungai yang mengelilingi kota Sampit.

2. Tugu perdamaian Dayak – Madura

Tugu perdamaian Suku Dayak dan suku Madura Kota Sampit

Menurut saya, Salah satu Tugu terindah dan terbesar yang ada di Kalimantan Tengah adalah Tugu perdamaian Suku Dayak-Madura yang ada dijalan utama Kota Sampit. Tugu yang menjadi simbol kedamaian setelah konflik antar suku Dayak dan Madura Tahun 2001 ini sangat unik dan megah. Selain bentuknya yang artistik berbentuk guci besar juga sejarah pembuatan tugu ini yang sangat berkesan.

3. Rumah Adat Sampit

Rumah Adat Sampit Kota waringin Timur

Mengingat Sampit adalah Salah satu Kota di Kalimantan Tengah maka bentuk rumah adatnyapun hampir mirip dengan rumah adat di kota atau kabupaten lainya di kalimantan Tengah. Rumah Adat yang menjadi hunian warga asli Kota Waringin Timur ini berada di Depan Kawasan islamic Center Kota Sampit atau tak jauh dari Bundaran Tugu perdamaian Dayak-Madura.

4. Taman Kota Sampit

Taman Kota Sampit

Sebagai salah satu kota yang pernah meraih kota bersih Adipura maka sampit dikenal dengan kota yang memiliki banyak Taman. Salah satu taman yang cukup terkenal dan menjadi tempat berolahraga maupun berkumpul warga Sampit ini berada dipusat kota Sampit. Ditengah taman berdiri sebuah Tugu Yang bentuknya sangat keren, perpaduan antara Budaya Dayak dan Agama.

5. Mencicipi Kuliner Telor Mata Gajah

Telor Mata Gajah, Kuliner Khas Kota Sampit

Awalnya saya sedikit bingung dengan namanya tapi setelah saya melihat bentuk asli kulinernya seperti apa maka saya sedikit paham. Jajanan atau cemilan khas kota Sampit ini berbahan dasar utama Telor puyuh yang dicampur dengan bahan lainnya seperti tepung atau sayuran kemudian digoreng bulat seperti mata Gajah. Untuk menikmati kuliner Mata Gajah ini bisa kalian jumpai diwarung-warung makan dekat dengan Taman Kota Sampit

6. Museum Kayu

Museum Kayu Sampit

Salah satu tempat yang paling direkomendasikan warga Sampit bila kita ke Sampit adalah Berkunjung ke Museum kayu. Musuem Kayu ini adalah salah satu museum sejarah yang menampilkan berbagai jenis kayu di Kalimantan dan dikengkapi dengan hasil olahanya maupun prosesnya. Masuk kemuseum ini gratis hanya saja kamu perlu mengisi buku tamu. Oh ya lokasinya juga dekat dengan Taman Kota.

Baca Juga : Sering Mendengar Lagu Maumere ? Inilah Kotanya

Itulah beberapa destinasi wisata yang bisa kamu masukan kedalam daftar tujuanmu saat kamu ada dikota Sampit. Jangan lupa juga untuk merasakan sensasi menyebrangi sungai mentaya dari dermaga Tugu Jelawat.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

4
Leave a Reply

avatar
4 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
3 Comment authors
daniibibinkErvanJmjm Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Jmjm
Guest
Jmjm

Interesting,

Ervan
Guest
Ervan

Sehat terus om Òmed,agar terus bisa mengexplore indahnya Nusantara,satu hal yg bisa diambil dari perjalanan panjang keliling ibu pertiwi,Jika elo tau betapa Indahnya Indonesia,Gak akan lagi Kenal Kata2 GALAU

daniibibink
Guest
daniibibink

kirain telor ceplok cuma telor mata sapi doang..
eh gajah ga mao kalah uga..

trackback

[…] Mau Liburan ke Sampit, Kunjungi 6 Tempat Wisata ini […]