KATA OMED

Harga Tiket Wisata Bukit Panyangrayan Tasikmalaya Dan Lokasinya

Published · Updated

Wisata bukit di Indonesia sangat banyak lagi beraneka ragam. Salah satunya Bukit Panyangrayan yang berada di Tasikmalaya yang merupakan wisata bukit eksotis dipadu panorama alam menakjubkan.

Karena alasan tersebut, di bawah ini dijabarkan secara lengkap mengenai Bukit Panyangrayan.

Ulasan yang dimaksud terkait harga tiket, fasilitas dan daya tarik dari objek wisata. Silakan cermati siapa tahu objek wisata ini bisa kalian masukkan ke agenda liburan nanti.

Review Bukit Panyangrayan

Bukit Panyangrayan tasikmalaya

Bukit Panyangrayan tasikmalaya – foto ig @setiadewifitri

Bukit Panyangrayan merupakan wisata baru Tasikmalaya yang memiliki spot foto sangat instagramable untuk dicoba. Panorama alamnya pun eksotik dan menakjubkan.

Apalagi jika datangnya pagi hari kala matahari terbit atau sunrise. Sungguh keindahannya sulit dilukiskan dengan kata-kata.

Bukit Panyangrayan

Bukit Panyangrayan – foto ig @hilal.r15

sunrise di Bukit Panyangrayan

sunrise di Bukit Panyangrayan – foto ig @zagatsalsa

Wisata Bukit Panyangrayan menyuguhkan aneka ragam spot foto alam yang menarik. Jika berkunjung ke sana, kalian bisa swa foto dengan angle lanscape perbukitan.

Tak hanya itu, Bukit Panyangrayan yang masuk kawasan perhutani juga menyuguhkan angle rimba dan ladang pohon pepaya khas California yang asri dan permai.

Daya Tarik Bukit Panyangrayan

kabut di Bukit Panyangrayan

kabut di Bukit Panyangrayan – foto ig @hilal.r15

Daya tarik Bukit Panyangrayan terletak pada suguhan panorama alamnya yang sangat bagus.

Di sini juga terdapat destinasi religi berupa ziarah makam keramat keturunan leluhur Sukapura seperti makam Raden Jayaningrat, Raden Suryaningrat dan makam Pasir Tando.

Keunikan berikutnya, kontur tanah Bukit Panyangrayan berbeda dengan kontur tanah di tempat lain. Jika tanah digali warnanya seperti abu bekas pembakaran. Sepertinya ada ritual tertentu yang pernah membudaya di lokasi tersebut.

camping di Bukit Panyangrayan

camping di Bukit Panyangrayan – foto ig @canda_sans

lautan awan di Bukit Panyangrayan

lautan awan di Bukit Panyangrayan – foto ig @tari_julianingsih

Setiap hari bukit Panyangrayan tidak pernah sepi pengunjung. Apalagi menjelang sore hari. Yang mana banyak anak muda memanfaatkan momen senja untuk berselfie ria.

Suguhan panorama sore yang ikonik semacam ini juga menjadi daya tarik dan magnet tersendiri bagi pengunjung

Daya tarik ini yang membuat masyarakat menganggap Bukit Panyangrayan bukit terbaik di Tasikmalaya. Bahkan se Indonesia menempati urutan ke 90 destinasi perbukitan yang paling eksotis.

Bukit Panyangrayan di tasikmalaya

Bukit Panyangrayan di tasikmalaya – foto ig @dadang9656

Oleh karena itu, untuk memanjakan pengunjung yang datang ke objek wisata Bukit Penyangrayan, masyarakat membuat galeri demi memperkenalkan peninggalan kebudayaan Sukapura.

Objek yang bakal dipertontonkan seperti batik, dokumentasi bertanam buah, replika Pepaya California dan hasil budaya lainnya.

Harga Tiket Bukit Panyangrayan

wisata Bukit Panyangrayan

wisata Bukit Panyangrayan – foto ig @sintayuli_30

Harga tiket masuk Bukit Panyangrayan hanya Rp10.000. Itu sudah termasuk minuman ringan dan biaya parkir. Menurut pihak pengelola biaya tiket dibebankan untuk penataan destinasi yang saat ini terus digalakkan.

Keberadaan destinasi juga menjadi anugerah bagi masyarakat setempat. Paling tidak ada tren peningkatan ekonomi yang bagus.

Apalagi masyarakat diberikan kebebasan untuk menjajakan makanan dan hasil pertanian di sana. Jadi, harga tiket yang murah tidak terkesan rugi karena justru keberadaan wisata menguntungkan masyarakat.

LokasiĀ  Dan Rute Bukit Panyangrayan

lokasi Bukit Panyangrayan

lokasi Bukit Panyangrayan – foto ig @popilstrii

Bukit Panyangrayan berada di desa Sukapura Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya. Tepatnya di kampung Sadaukir Kapunduhan Barumekar. Untuk sampai ke daerah ini sangat mudah karena akses jalan sudah bagus.

Jalur tercepat ke lokasi melalui Kantor Kecamatan Sukaraja. Dari sini silakan lurus saja ke desa Sukapura.

Nah, jika sudah tiba di lokasi silakan lihat papan jalan atau bertanya kepada masyarakat. Jangan pakai Google Map karena destinasi masih baru berdiri.

Fasilitas Bukit Panyangrayan

pemandangan Bukit Panyangrayan

pemandangan Bukit Panyangrayan – foto ig @am.gumi03

Fasilitas Bukit Panyangrayan sangat lengkap. Selain menyediakan spot-spot foto yang instagramable, pengelola juga menyediakan sarana wisata yang lainnya. Seperti gazebo, gardu pandang, toilet, dan tempat sholat.

Pihak pengelola juga membangun akses hacking ke arah ladang pepaya. Ini khusus penjelajah yang ingin mengelilingi bukit.

Dijamin nuansa pelesir lebih memuaskan dan menantang. Namun berhati-hati ketika musim hujan karena jalanan licin.

Jam Buka Bukit Panyangrayan

 

Bukit Panyangrayan Tasikmalaya

Bukit Panyangrayan Tasikmalaya // youtube.com

Bukit Panyangrayan dibuka 24 jam untuk umum. Namun, traveler banyak datang senja dan pagi hari semata untuk melihat sunsite dan sunrise.

Dipastikan tidak ada yang menginap karena masih belum ada lahan cocok untuk camping.

Itulah review singkat tentang Bukit Panyangrayan Tasikmalaya. Silakan persiapkan budget sekarang juga lalu datangi saat liburan. Jangan lupa rekreasi bersama keluarga supaya kesannya lebih bermakna.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of