KATA OMED

Berburu Sunrise di Gunung Ireng Yogyakarta

Gunung Ireng Yogyakarta -Jika kamu ingin berlibur ke Yogyakarta, ada banyak destinasi wisata yang dapat kamu kunjungi, sambil menyaksikan keindahan matahari terbit.

Hal tersebut tidaklah mengherankan, karena di Yogyakarta, memang surganya kawasan pegunungan.

Baca Juga:

Gunung Ireng yogyakarta

Gunung Ireng yogyakarta – foto ig @pw_panggih

Tempat ini juga menjadi viral, karena dianggap sebagai tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbit. Salah satunya adalah Gunung Ireng. Lokasinya cukup dekat dengan pusat Kota Yogyakarta.

Pesona Kabut di Gunung Ireng Yogyakarta 

Gunung Ireng sebenarnya merupakan bukit yang tidak terlalu tinggi. Ketinggiannya diperkirakan hanya sekitar 200 mdpl. Nama Ireng sendiri diambil dari suatu kata dalam Bahasa Jawa, yang berarti hitam. 

wisata Gunung Ireng

wisata Gunung Ireng – foto ig @angga__ak

Hal tersebut merupakan pencerminan dari puncak bukit ini, yang dipenuhi oleh batuan berwarna hitam. Walaupun puncaknya tidak terlalu tinggi, namun kamu bisa melihat panorama matahari terbit dari gunung indah ini.

Panorama pemandangan yang disajikan tidak kalah dengan pemandangan yang berasal dari gunung yang memiliki ketinggian 3.000 mdpl

Saat momennya pas, kamu bisa menjadi saksi keindahan kombinasi antara lautan kabut, hamparan pegunungan, dan sunrise yang begitu keren.  Serasa mengapung di atas awan. 

Gunung Ireng

Gunung Ireng – foto ig @mfajarshidiq

Fenomena ini hanya dapat dijumpai saat sebelum matahari terbit, sekitar pukul 05.00- 5.30 WIB. Jadi, nggak heran ya, jika Gunung Ireng menjadi favorit para penikmat sunrise hunter, yang tergila-gila dengan keindahan momen di pagi hari ini.

Uniknya, lautan kabut di atas awan ini, terletak di bagian bawah puncak. Artinya, siapapun yang berada di sana akan dapat menikmati keindahan panorama bukit, sejauh mata memandang.

Momen Sunrise di Gunung Ireng Yogyakarta

sunrise di Gunung Ireng

sunrise di Gunung Ireng – foot ig @badrikaaa

Menjelang matahari terbit, lautan kabut akan menghilang dengan sangat cepat. Namun meskipun begitu, kabut-kabut tipis yang melayang di antara pepohonan dan kaki bukit tetap akan tertinggal disana. 

warna jingga yang menghiasi ufuk  timur, dan  kabut tipis yang menghiasi awan, merupakan perpaduan sempurna yang sangat sayang untuk dilewatkan, sebagai latar belakang yang Instagramable loh!

Baca Juga:

Gunung Ireng Pengkok Gunung Kidul

Gunung Ireng Pengkok Gunung Kidul – foto ig @kusnadi_n

Lokasi Gunung Ireng Yogyakarta

Desa Pengkok, Kecamatan Patuk,  Kabupaten Gunung Kidul , Yogyakarta  55862

Jarak Gunung Ireng dari Tugu Jogja hanyalah sekitar 25 kilometer. Waktu tempuh yang dibutuhkan kurang lebih satu jam perjalanan. 

Rute Menuju Gunung Ireng Yogyakarta

rute menuju Gunung Ireng

rute menuju Gunung Ireng – foto ig @yoniarhufan

Rute menuju Gunung Ireng juga cukup mudah, cukup menempuh jalan utama dari Yogyakarta menuju Kota Wonosari yang melewati Bukit Bintang. Setelah itu, belok kanan, hingga sampai di Tugu Selamat Datang, Gunungkidul.

Lewat Tugu Selamat Datang, akan bertemu dengan perempatan. Belok kanan di perempatan tersebut,  yang merupakan jalan menuju Kecamatan Dlingo . Ikuti jalan utama hingga sejauh 240 meter saja.

Setelah itu akan kembali ketemu pertigaan. Jika jalan utama menuju Kecamatan Dlingo belok ke arah kanan, maka ambil arah lurus di Jalan Patuk-Pengkok. Ikuti terus jalan tersebut hingga  sejauh sekitar 3,6 kilometer.

Gunung Ireng Yogyakarta – Photo by Ngadem

Hingga sampai di tugu tengah jalan bernama Tugu Semar Pengkok. Selanjutnya belok kanan, dan tetap ikuti jalan utama, hingga  sampai area parkir Gunung Ireng. Arahnya akan ditunjukkan oleh petunjuk arah yang terdapat di sepanjang jalan.

Harga Tiket Masuk Gunung Ireng Yogyakarta

Harga tiket masuk sebesar Rp 3.000 per orang. Tarif parkir adalah Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

**

Nah, Guys! Tunggu apa lagi?. Yuk siapkan perlengkapan dan kamera kamu, untuk berwisata, sambil mengabadikan momen keindahan di Gunung Ireng Yogyakarta, yang TOP kecenya!

Selamat berlibur!

 

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of