KATA OMED

40 Tempat Wisata Mistis dan Magis di Indonesia

Published · Updated

Tempat Wisata Mistis – Indonesia Memiliki Kekayaan Alam Yang Melimpah Serta Warisan Budaya Dan Pariwisata Yang Sangat Beragam Dan Menarik Baik Itu Wisata Alam, Wisata Sejarah, Wisata Budaa, Wisata Religi Hingga Wisata Yang Kental Dengan Nuansa Horornya.

Masyarakat Indonesia Memiliki Kisah Atau Cerita Rakyat Yang Berkembang Atau Urban Legend Yang Masih Sangat Kental Dan Dipercaya Hingga Sekarang Dan Bahkan Membuat Banyak Tempat Wisata Tersebut Ikut Menjadi Cukup Mistis Karena Kisahnya.

tempat wisata mistis di indonesia

tempat wisata mistis di indonesia

Ada Cukup Banyak Tempat Wisata Di Indonesia Yang Terkenal Akan Legenda Urban Yang Dinilai Menjadi Tempat Wisata Mistis Dan Juga Memiliki Kekuatan Magis Yang Dipercaya Baik Oleh Penduduk Setempat Maupun Bagi Para Wisatawan Yang Datang.

Nah Dibawah Ini Saya Mencoba Mengulas Secara Singkat Tentang 40 Tempat Wisata Mistis Dan Magis Di Indonesia Yang Bisa Kamu Pilih untuk dikunjungi Atau Mungkin Beberapa Diantaranya Pernah Kamu Kunjungi.

1. Pemakaman Londa

Pemakaman Londa

Pemakaman Londa – foto ig @kataomed

Tempat Wisata Mistis dan Magis di Indonesia yang pertama adalah Pemakaman Londa. Salah Satu Kawasan Wisata Pemakaman Yang Juga cukup Terkenal di  Toraja ini Adalah Pemakaman umum yang juga menjadi tempat wisata.

Pemakaman Londa Sendiri Merupakan Objek Wisata Makam Goa Yang Berada Di Sebuah Bukit, Di Dalamnya Berisi Peti Mati, Tulang, Dan Tengkorak Jenazah.

Pemakaman Londa Terletak 7 Km Selatan Rantepao, Tepatnya Di Desa Sandan Uai, Kecamatan Sanggalangi, Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan,

2. Bukit Tangkiling

Bukit Tangkiling Palangkaraya

Ada Pura dan Batu Kramat di Bukit Tangkiling Palangkaraya

Tempat Wisata Mistis dan Magis di Indonesia selanjutnya adalah Bukit Tangkiling yang berada di kelurahan Tangkiling, Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya, Ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia.

Bukit Tangkiling ini berjarak kurang lebih 34 Km dari pusat kota Palangkaraya atau bisa ditempuh dalam waktu 1 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor.

Bukit Tangkiling mempunyai ketinggian sekitar 500 Mdpl. Memang Bukit ini tidak terlalu tinggi namun dari atas bukit Tangkiling, kita bisa melihat pemandangan kota disekitarnya dan juga rimbunya hutan Kalimantan berserta sungai-sungai Kahayan yang mengelilingi kawasan sekitar Bukit Tangkiling.

3. Lawang Sewu

lawang sewu

lawang sewu – foto ig @krisna.asfiz

Tempat Wisata Mistis dan Magis di Indonesia yang tak kalah horornya adalah Lawang Sewu.

Lawang Sewu adalah salah satu destinasi wisata di Semarang yang terkenal. Pada zaman dahulu, tempat ini pernah menjadi kantor perusahaan kereta api swasta Belanda yang bernama Indische Spoorweg Maatscappij (NIS).

Bahkan, Lawang Sewu juga pernah digunakan sebagai penjara pada masa penjahan Jepang.

Sesuai dengan namanya, tempat ini memiliki banyak pintu (lawang) sehingga diberi nama Lawang Sewu. Bahkan, pada masa lalu tempat ini pernah ditambah pintunya hingga 429 pintu. Tak heran jika tempat ini menciptakan nuansa mistis dan magis.

Tempat ini semakin terkenal ketika ada program televisi yang menguji adrenalin dan nyali dengan melakukan syuting di penjara bawah tanah.

Terlepas dari kesan horor, Lawang Sewu mempunyai desain interior bangunan yang megah dan indah sehingga para wisatawan tertarik untuk mengabadikan momen ketika mengunjungi Lawang Sewu.

4. Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo – foto ig @yusuf.y121

Taman Nasional Alas Purwo berada di Banyuwangi, Tempat ini cukup populer karena pemandangan alamnya yang eksotis.

Hutan tertua di pulau jawa ini dipercaya sebagai salah satu kerajaan magis terbesar di Indonesia. Menurut kabar, banyak pengunjung yang sering tersesat ketika menjelajahi hutan di Taman Nasional Alas Purwo.

Kawasan ini terkenal angker karena sering dijadikan tempat pesugihan, semedi untuk mendapatkan ilmu hitam atau wangsit, bahkan beberapa orang kerap hilang.

Mitos yang terkenal adalah para pengunjung kerap mendengar suara panggilan. Jangan pernah menoleh ketika dipanggil karena itu adalah suara makhluk gaib.

5. Kuburan Masal Tragedi Kerusuhan Sampit

Kuburan Masal Tragedi Kerusuhan Sampit

Kuburan Masal Tragedi Kerusuhan Sampit – foto akurat.co.id

Salah Satu Tragedi Paling Mengerikan Dan Mematikan Yang Pernah Terjadi Di Indonesia Adalah Tragedi Sampit.

Tragedi Yang Menawskan Banyak Sekali Korban Jiwa Dikedua Belah Pihak Terutama Orang Yang Bersuku Atau Beretnis Madura Yang Jumlahnya Tak Diketahui Pasti.

Masyarakat Dayak  Yang Kala Itu Akhirnya Serentak Melakukan Ritual Ngayau. Ritual Yang Melibatkan Pemenggalan Kepala Musuh Ini Melibatkan Korban Nyaris 600 Orang Dari Etnis Madura.

Sebanyak Seratus Ribu Jiwa Kehilangan Tempat Tinggalnya Dan Kota Sampit Menjadi Kota Mati Selama Beberapa Bulan.

Tugu perdamaian Suku Dayak dan suku Madura Kota Sampit

Tugu perdamaian Suku Dayak dan suku Madura Kota Sampit

Tragedi Kerusuhan Sampit Yang Terjadi Pada Tahun 2001 Silam Hampir Menjalar Keberbagai Kota Di Wilayah Kalimantan Tengah Maupun Kalimantan Barat.

Korban Kerusuhan Tersebut Akhirnya Dimakamkan Secara Masal Di Kuburan Massal Sampit Yang Berada Di Dekat Bundaran Tugu Perdamaian Kota Sampit Atau Masjid Islamic Center Sampit.

6. Desa Trunyan

Desa Trunyan, tempat wisata di kintamani bali

Desa Trunyan, tempat wisata di kintamani bali – foto @ricsnt

Desa yang unik ini terletak di Kintamani, Bali. Desa ini tidak jauh dari Danau Batur yang terkenal. Mayat-mayat bergeletakan di tanah, tepatnya di bawah pohon taru menyan sebagai bagian dari prosesi adat.

Faktanya, pohon tersebut mampu menghilangkan bau busuk mayat sehingga para wisatawan yang datang tidak akan mencium bau busuk yang menyengat.

Tulang belulang yang tersusun menjadi pemandangan utama di tempat ini. Nuansa mistis tentunya sangat kental.

7. Pemakaman Bori

Pemakaman Bori

Pemakaman Bori – foto @kataomed

Masih Dari Toraja, tempat Pemakaman unik yang satu ini bernama pemakaman Bori Kalimbuang yang berada di Kalimbuang atau tepatnya berada di Jalan Bori, Kecamatan Sesean.

Pemakaman Bori berjarak sekitar 8 kilometer dari Pusat Kota Rantepao yakni ibukota Kabupaten Toraja Utara. Kawasan pemakaman Bori akan dibuka setiap hari oleh pengelolanya sejak pagi hinga sore hari. Harga tiketnya sendiri yakni Rp 15.000 per orang.

Mungkin bentuknya yang unik dan sejarah yang tinggi dipemakaman ini, menjadikan Bori sebagai salah satu dari sembilan objek wisata warisan dunia oleh UNESCO.

Di dalam Kompleks pemakaman Bori terdapat sebuah area bernama Rante Kalimbuang. Nah Rante Kalimbuang ini digunakan untuk mengadakan upacara penguburan adat yang cukup terkenal yakni bernama Rambu Solo.

8. Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo – foto ig @adikktive

Pantai Parangkusumo yang terletak di Yogyakarta ini terkenal dengan ombaknya yang kuat.

Menurut kepercayaan masyarakat setempat, pantai ini menjadi salah satu wilayah kekuasaan magis kerajaan Nyi Roro Kidul.

Bahkan, masyarakat setempat sering mengadakan ritual klenik yang disebut Melasti atau Labuhan.

Para wisatawan justru ramai ketika ritual tersebut diadakan karena mereka ingin melihat prosesnya secara langsung.

Ada beberapa fasilitas menarik yang bisa dinikmati wisatawan antara lain kereta kuda (andong), bermain atv, berwisata kuliner laut (seafood), dan banyak lagi kegiatan seru lainnya.

9. Gunung Kawi

Pura Gunung Kawi Gianyar Bali

Pura Gunung Kawi Gianyar Bali – foto ig @raffialan

Gunung Kawi di Jawa Timur sudah terkenal memiliki kisah mistis, terutama di puncaknya. Gunung ini identik dengan tempat ritual pesugihan dan kegiatan mistis lainnya.

Banyak orang kerap datang dari jauh ke Gunung Kawi untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan ritual dengan arwah dan makhluk gaib.

Mereka percaya bahwa melaksanakan ritual khusus di Gunung Kawi bisa membuat kaya raya dalam waktu singkat.

Sebagai traveler sejati hendaknya tidak terpengaruh dengan kisah mistis yang beredar.

Gunung ini tetap menjadi destinasi wisata yang bagus terutama bagi para pendaki karena gunung ini memiliki pemandangan alam yang indah.

Berkemah seraya menuju puncak gunung ini tentunya menjadi kegiatan wisata yang sangat menyenangkan.

10. Makaman Baby Graves

Pemakaman Baby Grave

Pemakaman Baby Grace,, pemakaman Bayi suci didalam Batang Kayu

Makaman Baby Graves Adalah Sebuah Kuburan Yang Sangat Unik Dan Berbeda Dari Biasanya Yakni Berada Dibatang Pohon Besar.

Keunikan Makaman Baby Graves Hanya Diperuntukan Bagi Para Balita Yang Meninggal Karena Dianggap Masih Suci. Bayi Yang Meninggal Tersebut Akan Diletakan Didalam Batang Pohon Besar Yang Sudah Dilubangi Dan Kemudian Ditutup Oleh Ijuk Sebagai Penanda Makam.

Makaman Baby Graves Masih Berada Di Kawasan Toraja Atau Tepatnya Berada Di Desa Kambira Terletak Di Kecamatan Sangalla, Sekitar 20 Kilometer Dari Rantepao, Ibu Kota Kabupaten Tana Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan.

11. Museum Fatahilah Kota Tua

Museum Fatahillah Kota Tua Jakarta

Museum Fatahillah Kota Tua Jakarta – rukita.co

Museum Fatahillah adalah salah satu museum tertua di indonesia dan jakarta yang memiliki nama resmi Museum Sejarah Jakarta. Museum Fatahillah adalah sebuah museum yang terletak di Jalan Taman Fatahillah No. 1, Jakarta Barat dengan luas lebih dari 1.300 meter persegi.

Bangunan Museum Fatahillah pada zaman dahulu merupakan balai kota Batavia yang dibangun pada tahun 1707-1712 atas perintah Gubernur-Jendral Joan van Hoorn.

Museum Fatahillah berada di Jalan Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Bangunan ini menyerupai Istana Dam di Amsterdam, terdiri atas bangunan utama dengan dua sayap di bagian timur dan barat serta bangunan sanding yang digunakan sebagai kantor, ruang pengadilan, dan ruang-ruang bawah tanah yang dipakai sebagai penjara.

12. Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg – gudeg.net

Benteng Vredeburg adalah tempat wisata populer yang berada di Yogyakarta yang cukup dekat dengan Jalan Malioboro.

Benteng ini dibangun oleh Belanda pada tahun 1760 pada masa penjajahannya dengan alasan untuk menjaga keamanan keraton dan sekitarnya.

Setelah Belanda hengkang, bangunan ini beralih fungsi menjadi museum yang masih beroperasi hingga saat ini. Museum ini menyimpan regalia dan dokumen zaman penjajahan Belanda.

Sesuai dengan namanya, benteng menjadi spot utama bagi para wisatawan. Nuansa yang dingin dengan dominasi warna putih benar-benar menciptakan atmosfer yang menyeramkan.

Berdasarkan cerita yang beredar, beberapa orang pernah melihat penampakan hantu Belanda di tempat ini pada malam hari. Siapa yang berani menguji nyali? Coba saja datang ke benteng ini pada malam hari ya!

13. Sungai Poso

sungai poso

sungai poso

Salah Satu Tragedi Yang Juga Sangat Amat Mengerikan Adalah Kerusuhan Poso Yang Melibatkan Antar Agama Diwilayah Poso Provinsi Sulawesi Tengah.

Kerusuhan Antar Agama Tersebut Bahkan Memicu Banyak Konflik Lainnya Dan Bergejolak Menjalar Hingga Kekawasan Lainnya Di Sulawesi Tengah.

Salah Satu Tempat Pembuangan Mayat Saat Kerusuhan Atau Konflik Di Poso Adalah Di Sungai Poso.

Salah Satu Kasus Yang Menjadi Sorotan Tajam Karena Kerusuhan Poso Ketika Itu Adalah Penyerangan Dan Pembantaian Yang Terjadi Di Pondok Pesantren Walisongo. Jasad Korban Pembantaian Kemudian Dihanyutkan Di Sungai Poso.

14. Gunung Tambora

gunung tambora

gunung tambora – foto ig @tamboranationalpark .

Tempat Horo Dan Cukup Mistis Di Indonesia Selanjtnya Berada Di Sebuah Pegunungan Yang Juga Tak Kalah Melegendanya Yakni Gunung Tambora.

Gunung Tambora Adalah Sebuah Gunung Berapi Kerucut Aktif Yang Terletak Di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Gunung Tambora Terletak Di Dua Kabupaten Yaitu Kabupaten Dompu Yang Mencakup Lereng Bagian Barat Dan Selatan Serta Kabupaten Bima Yang Mencakup Lereng Bagian Timur Dan Utara

Kawasan Gunung Tambora Yang Memiliki Ketinggian 2.850 Mdpl Ini Sudah Terkenal Angker Dan Cukup Mistis Karena Banyak Sekali Cerita Dan Juga Sejarah Kelam Tentang Gunung Ini Terutama Saat Terjadinya Leutusan Tambora.

Pada Masa Dulu Ketinggian Gunung Tambora Mencapai Sekitar 4.300 Mdpl Yang Membuat Gunung Ini Menjadi Salah Satu Puncak Tertinggi Di Indonesia Dahulu.

Pada Bulan April Tahun 1815, Gunung Tambora Akhirnya Meletus Dan Menjadi Catatan Sejarah Kelam Pada Masa Itu Dimana Letusanya Mencapai Skala Tujuh VEI.

Letusan Gunung Tambora Tersebut Menjadi Letusan Vulkanis Tebesar Sejak Letusan Taupo Pada Tahun 181. Suara Letusan Gunung Tambora Juga Tercatat Terdengar Hingga Pulau Sumatra Lebih Dari 2.000 Km Ke Barat.

Hujan Abu Vulkanis Terjadi Di Kalimantan, Sulawesi, Jawa, Dan Maluku. Letusan Tersebut Menelan Korban Jiwa Sedikitnya 71.000 Orang Dengan 11.000—12.000 Di Antaranya Merupakan Korban Langsung Dari Letusan.

15. Lubang Jepang Bukit Tinggi

Ruang penjara di Lubang Jepang

Ruang penjara di Lubang Jepang

Salah Satu Destinasi Wisata Yang Saya Kunjungi Saat Liburan Ke Bukit Tinggi Adalah Lubang Jepang Atau Yg Biasa Disebut Goa Jepang.

Lubang Jepang Bukittinggi Ini Adalah Salah Satu Objek Wisata Sejarah Yang Ada Di Kota Bukittinggi, Sumatra Barat, Indonesia.

Lubang Jepang Bukittinggi Ini Adalah Sebuah Lubang Terowongan Atau Bunker Yang Digunakan Untuk Perlindungan Dan Pertahanan Tentara Pendudukan Jepang Sekitar Tahun 1942 Silam.

Banyak Cerita Pilu Yang Terjadi Digoa Ini. Misalnya Saat Proses Pembuatan Lubangnya.

Diperkirakan Puluhan Sampai Ratusan Ribu Tenaga Kerja Paksa Atau Romusha Dikerahkan Dari Pulau Jawa , Sulawesi  Dan Kalimantan  Untuk Menggali Terowongan Ini. Tak Terhitung Jumlah Korban Jiwa Saat Proses Penggalianya Hingga Pembangunanya.

Lubang Jepang

Pintu pertama Trowongan Lubang Jepang

Sebagai Salah Satu Goa Atau Terowongan Terpanjang Di Indonesia, Lubang Jepang Ini Panjangnya Mencapai 1400 M Dan Berkelok -Kelok Serta Lebarnya Mencapai 2 Meter.

Sangking Panjang Dan Luasnya Area Goa, Ada Beberapa Pintu Masuk Ke Dalam Lubang Jepang Ini Diantaranya Terletak Pada Kawasan Ngarai Sianok, Taman Panorama, Di Samping Istana Bung Hatta Dan Di Kebun Binatang Bukittinggi.

Hati-Hati Ya Saat Kalian Mau Masuk Kedalam. Bukan Hanya Soal Horornya Saja Tapi Ini Lubang Jepang Bukittinggi Seperti Labirin, Bakalan Susah Nemu Jalan Keluar Lagi Kecuali Dirimu Tau Betul Isi Hatinya Eh Isi Goanya Maksudnya.

16. Fort Rotterdam

Fort Rotterdam

Fort Rotterdam – foto ig @indo_destination

Tempat Wisata Yang Jug Aterkenal Angker Dan Mistis Selanjutnya Adalah Fort Rotterdam Yang Berada Di Kota Makassar.

Benteng Fort Rotterdam, Atau Yang Akrab Juga Disebut Dengan Benteng Ujung Pandang, Merupakan Peninggalan Bersejarah Dari Kesultanan Gowa Yang Pernah Berjaya Pada Abad Ke-17.

Kesultanan Ini Sebenarnya Memiliki 17 Buah Benteng Yang Mengitari Makassar, Yang Menjadi Ibukota Kesultanan. Tetapi Benteng Yang Paling  Megah Di Antara Benteng-Benteng Lainnya Adalah Benteng Fort Rotterdam. Hingga Saat Ini, Keaslian Benteng Masih Terpelihara.

Lokasi Benteng Rotterdam Juga Mudah Dijangkau Karena Terletak Di Dalam Kota Makassar, Tepatnya Berada Di Depan Pelabuhan Laut Kota Makassar.

Jaraknya Hanya Sekitar Dua Kilometer Dari Pantai Losari. Dengan Gaya Arsitektur Era 1600-An, Benteng Ini Terlihat Mencolok Dari Bangunan

17. Museum Lubang Buaya

Museum Lubang Buaya

Museum Lubang Buaya – foto ig @barrisnani

Salah Satu Tempat Wisata Bersejarah Yang Paling Terkenal Karena Kekejaman Pki Dimasanya Adalah Museum Lubang Buaya Yang Ada Di Jakarta.

Museum Lubang Buaya Adalah Tempat Yang Didirikan Untuk Menghormati Dan Mengenang Peristiwa Gerakan 30 September (G30S) Pada 1965.

Museum Lubang Buaya Dibangun Di Atas Areal Tanah Seluas 14,6 Hektar Pada Pertengahan Agustus 1967 Dan Diresmikan Pada 1 Oktober 1973 Oleh Presiden Soeharto.

Lubang Buaya Juga Dikenal Sebagai Lokasi Pembunuhan Dan Pembuangan Jenazah Para Jenderal Dan Perwira TNI AD Yang Menjadi Korban Dalam Peristiwa G30S Oleh PKI.

Jenderal Dan Perwira TNI-AD Yang Diculik Dan Dibunuh Di Lubang Buaya Adalah R. Suprapto, Sutoyo Siswomihardjo, Siswondo Parman Dan Pierre Tendean.

Sedangkan Ahmad Yani, MT Haryono, DI Panjaitan Dibunuh Di Kediamannya.

Jenazah Para Jenderal Dan Perwira Tinggi TNI-AD Tersebut Dikubur Dalam Lubang Atau Sumur Dengan Kedalaman 12 Meter Dan Diameter 75 Cm Di Lubang Buaya.

18. Goa Putri Baturaja

Didalam Goa putri Dayang Merindu

Didalam Goa putri Dayang Merindu cukup terang dan jelas petunjukanya

Goa Putri Baturaja Atau Yang Lebih Dikenal Dengan Nama Goa Putri Dayang Merindu Adalah Sebuah Goa Indah Namun Cukup Mistis Karena Adanya Legenda Sipahit Lidah Dan Juga Kawasan Goa Yang Cukup Besar Berada Ditengah Hutan.

Goa Putri Dayang Merindu Ini Memiliki Kedalaman Sekitar 150 Meter, Ketinggian Sekitar 20 Meter Dan Lebar 20-30 Meter. Didalamnya Sudah Dihiasi Dengan Aneka Lampu Bewarna, Jalan Yang Sudah Tertata, Info Petunjuk Yang Jelas Dan Bisa Dibilang Mirip Dengan Goa Gong Di Pacitan Jawa Timur.

Oh Ya Lupa, Didalam Goa Ini Juga Mengalir Sungai Sumuhun Yang Menurut Ceritanya Apabila Kita Mandi Atau Mencuci Muka Di Aliran Sungai Ini, Semua Keinginan Dapat Terwujud.

goa Putri Baturaja

Fasilitas yang ada di goa Putri Baturaja

Lokasi Goa Ini Tepatanya Berada Di Desa Padang Bindu, Kecamatan Semindang Aji, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Baturaja, Sumatera Selatan.

Menurut Legenda Masyarakat Sekitar Jika Dulu Kala Ada Seorang Wanita Cantik Sedang Mencuci Pakaian Disungai Yang Tak Jauh Dari Keberadaan Goa Ini.

Lalu Ada Seorang Pria Menyapanya Namun Ia Diacuhkan Oleh Gadis Tersebut Dan Gadis Itu Hanya Diam Saja. Sadar Ia Diacuhkan, Pria Tersebut Akhirnya Berkata ,Terus Wanita Tersebut Berubah Menjadi Batu.

19. Candi Sukuh karanganyar

Candi Sukuh karanganyar Jawa Tengah

Candi Sukuh karanganyar Jawa Tengah

Candi Sukuh ini juga sangat berbeda dengan candi-candi besar lainnya di Jawa Tengah seperti Candi Borobudur atau Candi Prambanan.

Bentuk bangunan Candi Sukuh ini lebih mirip dengan peninggalan budaya Maya di Meksiko atau peninggalan budaya Inca di Peru. Bahkan sekilas mirip dengan bentuk piramida di Mesir.

Di Candi Sukuh kita bisa mellihat dengan jelas Bentuk alat kelamin pria, juga wanita dan bahkan banyak relief dan arca yang memberikan banyak tanya.

Ada juga Lambang lingga dan yoni yang merepresentasikan kelamin pria dan wanita juga terukir jelas di candi yang sudah ada sejak abad ke-15 ini. Konon Candi sukuh ini juga dijadikan sebagai tempat untuk pemujaan terhadap kesuburan dan Permohonan keturunan.

Jujur Nafsu saya tertanam bersama dengan rasa kagum saya akan keindahan dan pesan yang tertanam didalamnya. Terukir dalam reliefnya dan Tersimpan didalam misterinya. Akhh saya makin cinta saja dengan sejarah2 peradaban Bangsa.

20. Benteng di Banda Neira

Benteng Belgica banda neira

Benteng Belgica banda neira – foto ig @deskraf.id

Wisata Ternama Di Maluku Yakni Banda Neira Juga Menyimpan Banyak Sekali Sejarah Kelam Dan Kengerian Dimasa Lalu Terutama Dibeberapa Rumah Tua Dan Juga Peninggalan Benteng-Benteng Yang Ada Di Sana.

Ada Dua Benteng Yang Cukup Terkenal Di Banda Neira Yaki Benteng Belgica Dan Benteng Nassau.

Pada Awalnya Benteng Belgica Adalah Sebuah Benteng Yang Dibangun Oleh Bangsa Portugis Pada Abad 16 Di Pulau Neira, Maluku.

Lama Setelah Itu, Di Lokasi Benteng Portugis Tersebut Kemudian Dibangun Kembali Sebuah Benteng Oleh Voc Atas Perintah Gubernur Jendral Pieter Both Pada Tanggal 4 September 1611.

Benteng Belgica terletak di Pulau Neira, Banda, Maluku. Karena keindahan dan kecantikan serta nilai sejarah yang sangat tinggi, bangunan benteng Belgica dicalonkan sebagai situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1995.

Yang Kedua Adalah Benteng Nassau. Benteng Ini Berada Di Pulau Banda Neira, Maluku Tengah. Di Benteng Inilah 44 Orang Kaya Banda Dibantai Dengan Sadis!

Benteng Nassau

Benteng Nassau – foto ig @evichandrawati

Benteng Ini Tidak Jauh Dari Pelabuhan Banda Neira. Tidak Banyak Yang Tersisa Dari Benteng Ini, Hanya Dindingnya Yang Tersisa. Benteng Ini Sedang Direkonstruksi Menyerupai Bentuk Aslinya.

Setelah Benteng Berdiri Pada Tanggal 8 Mei 1612, Coen Mengumpulkan 44 Orang Pemuka Masyarakat Banda Atau Orang Kaya Banda. Lalu Dia Memerintahkan 6 Algojo Untuk Membantai Dengan Sadis Para Orang Kaya Banda.

Dengan Sadis Algojo Jepang Membantai Para Tahanan. Tanpa Belas Kasih Mereka Memotong Tubuh Tahanan Menjadi Empat Bagian, Serta Juga Memenggal Sebagian Kepala Mereka. Kepala Yang Dipenggal Kemudia Ditancapkan Di Atas Ujung Bambu, Serta Potongan Tubuh Ditempel Pada Batang Bambu.

Kemudian Kepala Dan Potongan Tersebut Di Lempar Ke Dalam Sumur. Untuk Mengenang Para Tokoh Yang Dibantai, Maka Dibangunlah Sebuah Monumen. Di Monumen Tersebut Tertulis Nama-Nama Tokoh Yang Dibantai Oleh Belanda.

21. Benteng Malborough Bengkulu

Benteng Malborough Bengkulu

Benteng Malborough Bengkulu – foto ig @kataomed

Selain pesona Bunga Bangkainya yakni bunga Raflesia atau jenis bunga bangkai lainnya, Bengkulu juga memiliki catatan sejarah yang cukup kelam dan cukup besar terutama keterkaitanya dengan Penjajahan Inggris semasa di Nusantara hingga pembuangan Presiden Sukarno yang akhirnya bertemu dengan Ibu Fatmawati.

Tahukan kalian jika Benteng Marlborough ini adalah benteng Inggris terbesar yang pernah dibangun di Asia Tenggara semasa penjajahanya di Asia?

Yap Benteng Marlborough ini menjadi saksi betapa Inggris menguasai Sumatera khususnya daerah Bengkulu yang kaya akan Emas hingga rempahnya.

Tahukah kalian betapa kelamnya masa penjajahan Inggris yang menwaskan banyak tokoh penting hingga adanya Romusa atau Kerja Paksa kepada rakyat Bengkulu hingga terjadinya gejolak pertempuran dan pemberontakan meski akhirnya kalah senjata.

Benteng Marlborough Bengkulu

Benteng Marlborough Bengkulu – foto ig @kataomed

Tahukah kalian Jika Bengkulu adalah kota yang ditukar ke Belanda untuk mendapatkan kota Malaka di Malaysia yang saat itu dikuasai oleh Belanda.

Bagi sebagian warga Singapura, Bengkulu justru lebih dikenal sebagai kota Bencoolen dan merupakan kota satu Bapak penjajahan yakni Raflesia, Orang yang juga menemukan dan memperkenalkan Bunga Raflesia.

22. Bukit Kelam

Bukit Kelam, Sintang, Kalimantan Barat

Bukit Kelam, Sintang, Kalimantan Barat – foto @kataomed

Namanya Adalah Bukit Kelam. Jika Sekilas, Bentuknya Memang Mirip Gunung Bongkok Atau Parang Di Purwakarta Namun Bukit Kelam Ini Adalah Sebuah Bukit Besar Dari Bongkahan Batu Raksasa / Monolit.

Batu Monolit Bukit Kelam Kini Menjadi Yang Terbesar Dan Tertinggi Di Indonesia Bahkan Didunia Mengalahkan Uluru Atau Ayyers Rock Di Australia Loh. Keren Kan. Bukit Kelam Memiliki Ketinggian 1.002 Mdpl Dan Luas Sekitar 520 Hektar.

Bukit Ini Berdiri Kokoh Di Kabupaten Sintang Kalimantan Barat Dan Bahkan Menjadi Icon Kota Sintang. Bukit Kelam Juga Berada Diantara 2 Sungai Besar Yakni Sungai Kapuas Dan Sungai Melawi. Bahkan Sejauh Mata Memandang Pasti Akan Terlihat Bukit Yang Kokoh Ini.

Teempat Wisata Ini Cukup Terasa Angker Dan Sedikit Ada Aura Mistis Yang Saya Rasakan Saat Mendaki Buit Ini. Apalagi Sejarah Masa Lalu Tentang Cerita Sungai Melawi Dan Sungai Sintang Tak Lepas Dari Keberadaan Batu Ini Juga.

23. Pemakaman Lemo

Pemakaman Lemo

Pemakaman Lemo – foto @kataomed

Salah satu destinasi wisata Makam yang diletakan disebuah tebing diperbukitan yang ada di kelurahan Lemo, kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia.

Pemakaman Lemo berada sekitar 11 km di selatan Rantepao dan 7 km di utara kota Makale. Salah satu hal yang paling unik dipemakaman Lemo adalah adanya patung-patung yang biasa disebut Tau-tau.

Nah Patung Tau-tau inilah yang merepresentasikan atau simbol dan tanda orang yang sudah meninggalkan dan dikuburkan di tebing tersebut. Ada patung Pria maupun Wanita. Dan lubang-lubang yang ada ditebing ini berisi 1 keluarga loh guys. Wow sekali kan.

Saat saya bertanya kepada pembuat Tau-tau yang kebetulan berada tak jauh dari kawasan Lemo, beliau mengatakan jika orang yang ingin membuat Tau-tau harus melaksanakan upacara Rambu Solo.

Pernah mendengar acara Rambu Solo ? Yap acara yang cukup besar menghabiskan minimal 24 kerbau yang harga kerbaunya sendiri mencapai pulahan juta ini sangat terkenal sebagai salah satu acara budaya paling dinantikan.

24. Pasar Bubrah Gunung Merapi

Pasar Bubrah Gunung Merapi

Pasar Bubrah Gunung Merapi – foto @kataomed

Salah Satu Gunung Yang Penuh Misteri Dan Sangat Mistis Karena Memiliki Pasar Setannya Adalah Gunung Merapi Yang Ada Di Jawa Tengah.

Nah Salah Satu Kawasan Pasar Setan Atau Yang Sering Disebut Pasar Bubrah Gunung Merapi Sering Menjadi Lokasi Penampakan Dan Juga Berkumpulnya Mahluk Asral.

Legenda Menyebut, Pasar Bubrah Di Gunung Merapi Memiliki Hawa Mistis Yang Begitu Kental.

Apalagi, Pasar Bubrah Di Gunung Merapi Diselimuti Legenda Dan Cerita Mistis. Bahkan Jalur Pendakian Gunung Merapi Ini Juga Disebut-Sebut Sebagai Salah Satu Jalur Pendakian Paling Horor.

25.  Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura – foto @kataomed

Salah Satu Tempat Wisata Alam Air Terjun Yang Horor Dan Cukup Mistis Auranya Adalah Air Terjun Madakaripura.

Air Terjun Madakaripura Adalah Sebuah Air Terjun Yang Terletak Di Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Air Terjun Setinggi 200 Meter Ini Merupakan Air Terjun Tertinggi Di Pulau Jawa Dan Tertinggi Kedua Di Indonesia Setelah Air Terjun Di Sumatera Utara.

Nama Air Terjun Yang Berada Di Ketinggian 1.000 Mdpl Ini Berasal Dari Kata Madakaripura, Tanah Perdikan Milik Mahapatih Gajah Mada Dari Kerajaan Majapahit.

Air Terjun Madakaripura Juga Kerap Disebut Air Terjun Abadi. Hal Itu Karena Air Yang Dialirkan Oleh Air Terjun Ini Selalu Melimpah Dan Tak Pernah Berkurang Debitnya.

Secara Administratif Air Terjun Madakaripura Berlokasi Didekat Perbatasan Desa Sapih, Kecamatan Lumbang Di Kabupaten Probolinggo Dengan Desa Wonorejo, Kecamatan Lumbang Di Kabupaten Pasuruan, Tetapi Mudah Diakses Dari Desa Sapih, Kecamatan Lumbang Di Kabupaten Probolinggo.

26. Kuburan Masal Tsunami Aceh

Kuburan Massal Tsunami Gampong Siron

Kuburan Massal Tsunami Gampong Siron – foto ig @aznita.my

Siapa Yang Tidak Tahu Tragedi Bencana Alam Yang Sangat Dahsyat Menewakan Ratsan Ribu Orang Di Aceh. Yap Tsunami Aceh Menghancurkan Banyak Kota Dan Pemukiman Di Berbegai Negara Dengan Pusatnya Di Aceh Indonesia.

Nah Salah Satu Kawasan Pemakaman Masal Atau Kuburan Masal Diaceh Adalah Kuburan Massal Siron,

Kuburan Masal Ini Terletak Di Jalan Bundaran Sultan Iskandar Muda, Gampong Siron, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar.

Kompleks Kuburan Massal Seluas 2 Hektare Ini, Menjadi Tempat Peristirahatan Terakhir Sebanyak 46.718 Syuhada Korban Tsunami Aceh, 26 Desember 2004.

27. Pulau Satonda

Pulau Satonda

Pulau Satonda – foto ig @dwioblo)

Selain Gunung Tambora Yang Angker, Satu Lagi Kawasan Wisata Di Dompu Yang Cukup Menyeramkan Menurut Saya Adalah Pulau Satonda.

Pulau Satonda Merupakan Sebuah Gunung Api Purba Di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. Danau Motitoi Yang Berada Di Kalderanya Memiliki Salinitas Tinggi Dan Memiliki Stromatolit—Struktur Terumbu Yang Mirip Dengan Kehidupan Laut Purba.

Penelitian Lain Menduga Letusan Tambora 1815 Mengakibatkan Tsunami Setinggi 27 Meter Dan Membanjiri Kaldera Satonda.

Disini Tidak Ada Penghuni Sama Sekali Dan Banyak Hutan Yang Dipenuhi Oleh Ribuan Kelalawar. Pulau Satonda Juga Terkenal Mistis Dengan Beragam Cerita-Cerita Anehnya.

28. Gunung Semeru

Gunung Semeru

Gunung Semeru – foto ig @ikhsan_hanafi48

Gunung Semeru Adalah Sebuah Gunung Berapi Kerucut Di Malang Jawa Timur, Indonesia. Gunung Semeru Merupakan Gunung Tertinggi Di Pulau Jawa, Dengan Puncaknya Mahameru, 3.676 Meter Dari Permukaan Laut.

Karena Menjadi Gnung Tertinggi Di Pulau Jawa Maka Tak Heran Jika Banyak Hal Mistis Saat Pendakian Bermunculan Di Gunung Yang Terkenal Treknya Yang Cukup Angker.

Saya Sendir Beberapa Kali Mengalami Kejadian Mistis Seperti Disesatkan Dan Diputar-Putar Terutama Saat Ada Rombongan Pasukan Ghaib Melintas Dan Penampakan-Penampakan Mengerikan Lainnya.

Di Gunung Semeru Juga Banyak Sekali Korban Pendakian Yang Terjatuh K Ejurang Terutama Saat Akan Menuju Puncak Mahameru Dan Bahkan Diantaranya Banyak Yang Belum Ditemukan Jasadnya.

29. Pantai Tiang Bendera

Pantai Tiang Bendera

Pantai Tiang Bendera – foto ig @iwiik_kekado

Berada Sekitar 5 Km Saja Dari Kota Ba’a, Terdapat Sebuah Pantai Bernama Cukup Unik Yaitu Pantai Tiang Bendera. Batu Tiang Bendera Ini Sebenarnya Adalah Gugusan Pulau Karang Yang Berjarak Sekitar 500 M Dari Bibir Pantai Baadale.

Pemberian Nama Tiang Bendera Dilatarbelakangi Oleh Peristiwa Heroik Perjuangan Rakyat Rote Mengusir Penjajah Belanda. Mengapa Disebut Tiang Bendera?

Pasalnya Di Atas Bebatuan Karang Yang Berada Di Tengah Laut Tersebut, Terdapat Sebuah Tugu Batu Beton Setinggi 2,5 Meter Yang Sengaja Dibangun Oleh Belanda. Konon Katanya, Tiang Tersebut Sebagai Penanda Tanah Jajahan Belanda Pada Zamannya.

Tak Heran Jika Saat Kita Berada Di Pantai Ini Suasana Dan Aura Magiz Zaman Penjajahan Sangat Berasa.

Apalagi Pantai Ini Jauh Dari Keramaian Yang Artinya Saat Berkunjung Kesini Serasa Berada Masuk Ke Zona Alam Ghaib. Pun Dengan Saya Yang Datang Sendiri Ke Pantai Ini Sangat Merasakan Kemistisanya.

30. Gunung Gede Pangrango

Gunung Gede Pangrango

Gunung Gede Pangrango – foto ig @jordaaans_

Siapa Yang Tak Mengenal Tempat Wisata Yang Satu Ini, Kawasan Gunung Gede Pangrango Menjadi Salah Satu Kawasan Pegunungan Yang Terkenal Angker Karena Banyak Sekali Korban Meninggal Yang Ditemukan Di Kawasan Gunung Gede Maupun Gunung Pangrango.

Saya Sendiri Mencatat Beberapa Kali Sempat Berjumpa Mahluk Ghaib Selama Melakukan Pendakian Baik Itu Mahluk Gaib Korban Pendakian Yang Hilang Atau Tersesat Maupun Mahluk Asral Penunggu Kawasan Ini.

Gunung Gede Merupakan Sebuah Gunung Api Bertipe Stratovolcano Yang Berada Di Pulau Jawa, Indonesia.

Gunung Gede Berada Dalam Ruang Lingkup Taman Nasional Gede Pangrango, Yang Merupakan Salah Satu Dari Lima Taman Nasional Yang Pertama Kali Diumumkan Di Indonesia Pada Tahun 1980.

31. Padang 12

padang 12 ketapang

padang 12 ketapang – foto ig @fyan_sinner

Padang 12 Adalah Sebuah Kawasan Lahan Kosong Yang Memiliki Pasir Bewarna Putih Dan Terletak Ditepi Jalan Lintas Ketapang Kalimantan Barat.

Padang 12 Sekilas Tidak Ada Yang Aneh Dan Cukup Unik Karena Sekitar Kawasan Hutan Lebat Dan Hanya Tempat Ini Yang Berupa Lahan Kosong. Nah Itulah Yang Membuat Padang 12 Menjadi Salah Satu Tempat Ghaib Yang Cukup Angker Dan Lebih Dikenal Sebagai Kota Ghaib Yang Ada Di Ketapang.

Tidak Semua Mata Manusia Dapat Melihat Kota Yang Ada Di Padang 12. Wilayah Padang 12 Terletak Diantara Kecamatan Kendawang Dan Pesaguan Ketapang Kalimantan Barat.

Padang 12 Memiliki Lahan Seluas 12 KM Persegi Yang Dipenuhi Oleh Pohon Pinus Dan Ilalang Layaknya Sebuah Padang Rumput. Itulah Alasan Mengapa Daerah Ini Disebut Padang 12.

Masyakarat Ketapang Menyebut Penduduk Di Padang 12 Dengan Sebutan Orang Kebenaran. Sosoknya Tidak Berbeda Dengan Wujud Manusia Pada Umumnya. Hanya Saja, Mereka Tidak Memiliki Belahan Diantara Bawah Hidung Dan Di Atas Bibirnya.

Masyarakat Ketapang Mempercayai Bahwa Orang Kebenaran Atau Juga Biasa Disebut Orang Limun Ini Adalah Golongan Manusia Suci Yang Jujur Dan Taat Beribadah.

Namun Tidak Sedikit Pula Yang Beranggapan Mereka Adalah Sekelompok Jin Muslim Yang Sudah Ribuan Tahun Menempati Wilayah Itu.

32. Camp Vietnam di Pulau Galang

Camp Vietnam di Pulau Galang

Camp Vietnam di Pulau Galang foto ig @anak.ibd

Pulau Galang Adalah Salah Satu Wilayah Kepulauan Riau, Ternyata Menyimpan Cerita Menarik. Di Sini, Beberapa Puluh Tahun Lalu, Tepatnya Tahun 1975 Hingga 1996 Berdiri Kamp Pengungsian Vietnam Yang Menyeberang Menjadi Manusia Perahu Akibat Perang Saudara.

Pengungsian Besar-Besaran Dari Vietnam Akibat Kalahnya Pasukan Amerika Serikat Dan Berkuasanya Rezim Komunis Vietkong, Membawa Sebagian Pengungsi Tersebut Ke Pulau Seberang Pulau Bata Erahu Kayu, Mengarungi Samudera Luas Untuk Bisa Sampai Ke Sini.

Kisah Ini Dimulai 29 April 1975, Saat Dimulainya Pengungsian Besar-Besaran Pasukan Amerika Serikat Beserta Ratusan Ribu Warga Vietnam, Yang Disebut Operasi Frequent Wind.

Meninggalkan Negaranya, Walaupun Harus Melalui Samudera Yang Ganas, Adalah Satu-Satunya Pilihan Bagi Warga Vietnam, Daripada Mati Konyol Oleh Tentara Komunis Vietkong Yang Sangat Ganas.

Hingga Sekarang, Yang Tersisa Dari Itu Semua Adalah Museum Dan Bangunan Tua Yang Tidak Terawat Dibiarkan Rusak Begitu Saja. Tampak Rongsokan Mobil Teronggok Di Berbagai Pelataran Bangunan.

Satu Bangkai Motor Suzuki Chrystal Tahun 1995 Terlihat Di Depan Museum. Wilayah Penampungan Pengungsi Vietnam Di Pulau Galang Batam Ini Sebenarnya Merupakan Sejarah Yang Sangat Menarik.

Cerita Tragis Dan Heroisme Para Manusia Perahu Ini Sebenarnya Bisa Mengalahkan Cerita Rambo Ala Amerika Yang Mengambil Setting Dan Tempat Kejadian Di Negara Yang Sama.

33. Gunung Lawu

Gunung Lawu

Beberapa Bulan Terakhir Banyak Sekali Mendengar Kabar Mengenai Pendaki Yang Hilang Atau Meninggal Di Gunung Lawu. Bahkan Diantaranya Banyak Yang Hilang Tanpa Jejak Dan Tidak Ditemukan Jasadnya.

Gunung Lawu Terletak Di Pulau Jawa, Indonesia, Tepatnya Di Perbatasan Provinsi Jawa Tengah Dan Jawa Timur. Gunung Lawu Terletak Di Antara Tiga Kabupaten Yaitu Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kabupaten Ngawi, Dan Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Gunung Lawu Memiliki Tiga Puncak, Yakni Hargo Dalem, Hargo Dumiling, Dan Puncak Tertinggi Bernama Hargo Dumilah.

Gunung Lawu Sangat Populer Untuk Kegiatan Pendakian. Setiap Malam 1 Sura, Banyak Orang Berziarah Dengan Mendaki Hingga Ke Puncak. Karena Populernya, Di Puncak Gunung Bahkan Dapat Dijumpai Pedagang Makanan.

Nah Ssalah Satu Hal Mistis Yang Bisa Dengan Mudah Kita Jumpai Adalah Saat Melakukan Pendakian Dimalam 1 Suro. Berbagai Aroma Hingga Bunyi Bunyian Dan Suara Aneh Bisa Dengan Mudah Terdengar Disepanjang Jalur Pendakian.

34. Goa Jepang Biak

Inilah Goa jepang Biak, Saksi bisu tewasnya ratusan tentara jepang oleh Amerika

Inilah Goa jepang Biak, Saksi bisu tewasnya ratusan tentara jepang oleh Amerika

Pulau Biak Adalah Salah Satu Pulau Yang Menjadi Pulau Bersejarah Yang Menjadi Saksi Bisu Bagaimana Kedahsyatan Perang Dunia Ke-2 Kala Itu. Terlebih Saat Amerika Mendirikan Markasnya Di Pulau Owi Dan Jepang Mendirikan Benteng Pertahanan Di Pulau Biak.

Oleh Karena Itu, Banyak Wisatawan Asing Terutama Jepang Sengaja Mengunjungi Pulau Ini Untuk Berwisata Sejarah Sekaligus Ziarah.

Sisa Peninggalan Jepang Tersebut Bisa Dilihat Dari Bekas Peninggalan Yang Ada Di Goa Jepang. Nah Goa Inilah Yang Menjadi Pusat Utama Tentara Jepang Melancarkan Serangan. Di Biak Sendiri Ada Dua Buah Goa Yang Menjadi Peninggalan Jepang Saat Perang Dunia Ke-2.

Pertama Adalah Goa Jepang Binsari Dan Yang Kedua Adalah Goa Jepang Lima Kamar. Goa Yang Sempat Saya Kunjungi Adalah Goa Binsari Karena Lokasinya Dekat Dengan Pusat Kota Biak.

Berbagai Koleksi barang dan benda di goa jepang Biak

Berbagai Koleksi barang dan benda di goa jepang Biak

Goa Jepang Binsari Memang Sangat Terasa Aura Mistisnya, Bahkan Saat Saya Tiba Di Mulut Goa, Bulu Kuduk Saya Langsung Berdiri. Goa Ini Amat Terasa Angker Terlebih Berada Di Bawah Pepohonan Rindang Di Tengah Hutan.

Saat Saya Searching Dan Ngobrol Dengan Wisatawan Lainnya, Ternyata Saya Baru Tau Jika Goa Ini Adalah Bekas Benteng Pertahanan Tentara Jepang Melawan Tentara Sekutu Saat Perang Dunia Ke-2.

Petugas Setempat Menginfokan Jika Goa Ini Mempunyai Lorong Yang Tembus Hingga Gua Jepang Lima Kamar Sepanjang 5-6 Km.

Sekitar Tahun 1944, Tentara Sekutu Yang Berada Di Bawah Kepemimpinan Jenderal Douglas Mcarthur Mengatahui Jika Pusat Logistik Tentara Jepang Berada Di Biak Maka Sekutu Langsung Menjatuhkan Bom Dan Drum-Drum Bahan Bakar Di Atas Gua Binsari Ini.

Konon Ada Kurang Lebih Dari 3.000 Tentara Jepang Tewas Di Tempat Tersebut.

35. Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu – foto ig @laningjoe

Menjadi Salah Satu Pantai Paling Horor Di Indonesia, Pantai Pelabuhan Ratu Yang Ada Di Sukabumi Ini Terkenal Cukup Mistis Dan Sering Kali Dikaitkan Dengan Tokoh Legendaris Nyai Roro Kidul.

Pada Masyarakat Pesisir Selatan, Dan Jawa Pada Umumnya Beredar Cerita Mengenai Pantai Pelabuhan Ratu Dikuasai Oleh Nyi Roro Kidul. Pantai Karang Hawu Yang Merupakan Bagian Dari Teluk Pelabuhan Ratu Dipercaya Sebagai Singgasana Gaib Sang Ratu.

Pantai Pelabuhan Ratu Dipercayai Sebagai Pintu Masuk Kerajaan Gaib. Banyak Orang Yang Penasaran Untuk Memasuki Alam Lain Itu. Namun Menurut Kepercayaan Warga Setempat Hanya Orang-Orang Terpilih Yang Bisa Masuk.

Salah Satu Larangan Yang Tidak Boleh Dilanggar Di Pantai Pelabuhan Ratu Adalah Larangan Menggunakan Pakaian Dengan Warna Hijau. Menurut Kepercayaan Masyarakat, Hijau Adalah Warna Kesukaan Nyi Roro Kidul.

Salah Satu Hal Yang Juga Menjadi Misteri Adalah Keberadaan Kamar 308 Yang Ada Di Hotel Inna Samudera. Kamar Tersebut Memiliki Interior Hijau Yang Merupakan Warna Kesukaan Ratu Pantai Selatan.

Di Dalam Kamar Itu Juga Terdapat Lukisan Nyi Roro Kidul. Lukisan Tersebut Dibuat Oleh Maestro Basuki Abdullah. Pengunjung Bisa Datang Melihat Kamar Tersebut.

36. Gunung Salak

Gunung Salak – foto ig @adon_skuyyy

Gunung Salak merupakan kompleks gunung berapi yang terletak di selatan Jakarta, di Pulau Jawa. Kawasan rangkaian gunung ini termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Terdapat sejumlah kawah aktif yang tidak berada di puncak. Kawah terbesar, Kawah Ratu, merupakan kawah termuda. Kawah Cikuluwung Putri dan Kawah Hirup merupakan bagian dari sistem Kawah Ratu.

Gunung Salak, meskipun tergolong sebagai gunung yang rendah, akan tetapi memiliki tingkat kesulitan cukup tinggi, baik karena karakteristik vegetasi maupun medannya.

Gunung Salak dapat didaki dari beberapa jalur. Puncak yang paling sering didaki adalah Puncak Salak II dan Salak I.

Kawasan pegunungan ini termasuk kawasan yang harus dihindari oleh para penerbang, baik pesawat kecil maupun besar.

Kondisi geologi dan topografi yang penuh lembah tertutup vegetasi, disertai dengan cuaca (terutama turunnya kabut) yang sangat cepat berubah, sangat membahayakan penerbangan.

Oleh kalangan penerbangan gunung ini tergolong “gunung maut” karena catatan kecelakaan penerbangan yang panjang. Kecelakaan terakhir dan terbesar adalah menabraknya pesawat penumpang sipil Sukhoi Superjet 100 pada tebing gunung pada tahun 2012.

37. Pulau Onrust

Pulau Onrust

Pulau Onrust pulau bersejarah di Jakarta – foto wisatajakarta.go id

Pulau Onrust merupakan salah satu pulau di Kabupaten Kepulauan Seribu Jakarta yang letaknya berdekatan dengan Pulau Bidadari.

Pada masa kolonial Belanda, rakyat sekitar menyebut pulau ini adalah Pulau Kapal karena di pulau ini sering sekali dikunjungi kapal-kapal Belanda sebelum menuju Batavia.

Nama ‘Onrust’ sendiri diambil dari bahasa Belanda yang berarti ‘Tidak Pernah Beristirahat’ atau dalam bahasa Inggrisnya adalah ‘Unrest’.

Ada sumber lain yg mengatakan bahwa nama Onrust tersebut diambil dari nama penghuni pulau yang masih keturunan bangsawan Belanda, yaitu Baas Onrust Cornelis van der Walck.

Karena Kawasan Pulau Onrust Adalah Kawasan Sejarah Yang Berjaya Pada Masa Kolonial Maka Sering Terjadi Penampakan Hantu-Hantu Orang Belanda Dan Korban Kekejamnya.

38. Gunung Rinjani

jalur pendakian ke puncak gunung rinjani

jalur pendakian ke puncak gunung rinjani

Gunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung yang merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 m dpl ini merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya.

Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 ha dan ini akan diusulkan penambahannya sehingga menjadi 76.000 ha ke arah barat dan timur.

Secara administratif gunung ini berada dalam wilayah tiga kabupaten: Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat.

Gunung Ini Sering Menjadi Salah Satu Gunung Yang Memakan Banyak Korban Selama Pendakian Berlangsung Dan Bahkan Banyak Diantaranya Yang Tdak Ditemukan Jasadnya.

39. Goa Jepang Bandung

Goa Jepang Bandung

Goa Jepang Bandung – foto ig @triamora

pada masa penjajahan jepang banyak sekali menyisakan tempat bersejarah yang akhirnya dijadikan museum atau dijadikan cagar alam. salah satunya adalah goa yang ada di kota bandung atau yang sering disebut goa jepang bandung.

Gua atau Goa Jepang Bandung ini terletak di Taman Hutan Ir. Juanda, Dago Atas, Bandung. Gua Jepan Bandung ini dibangun pada tahun 1942. Gua Jepang berada di dalam rimbunnya hutan rakyat yang diresmikan pertama kali 23 Agustus 1965 oleh Gubernur Jawa Barat Brigjen (Purn.) Mashudi dengan nama Taman Wisata.

Kemudian berganti nama menjadi Taman Hutan Ir. H. Djuanda setelah diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 14 Januari 1985. Taman hutan ini dibuka untuk umum sebagai lokasi wisata. Lokasi Gua Jepang dapat ditempuh dengan berjalan kaki, letaknya sekitar 300 meter dari pintu gerbang utama.

Ukuran gua yang cukup besar ditambah dengan lorong-lorong ventilasi udara di beberapa sudut, mengakibatkan suasana di dalam gua tidaklah pengap, tetapi agak gelap sekaligus seram.

Di gua Jepang terdapat empat lorong untuk masuk. Konon katanya, lorong kedua dan ketiga sebagai lorong jebakan. Sekaligus sebagai tempat pertahanan Jepang.

40. Gunung Kerinci

danau gunung tujuh kerinci jambi

danau gunung tujuh kerinci jambi – foto ig @fakhrianindita_photograph

Gunung Kerinci Adalah Gunung Tertinggi Di Sumatra, Gunung Berapi Tertinggi Di Indonesia, Dan Puncak Tertinggi Di Indonesia Di Luar Papua.

Gunung Kerinci Terletak Tepat Di Perbatasan Antara Provinsi Sumatera Barat Dengan Provinsi Jambi, Di Pegunungan Bukit Barisan, Dekat Pantai Barat, Dan Terletak Sekitar 130 Km Sebelah Selatan Padang Provinsi Sumatra Barat.

Gunung Ini Juga Menjadi Batas Antara Wilayah Etnis Minangkabau Dengan Suku Kerinci Yang Dikelilingi Hutan Lebat Taman Nasional Kerinci Seblat Dan Merupakan Habitat Harimau Sumatra Dan Badak Sumatra.

Puncak Gunung Kerinci Berada Pada Ketinggian 3.805 Mdpl, Di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, Di Sini Pengunjung Dapat Melihat Di Kejauhan Membentang Pemandangan Indah Kota Jambi, Padang, Dan Bengkulu.

Gunung Ini Menjadi Salah Satu Gunung Paling Angker Yang Menyimpan Banyak Sekali Misteri Baik Di Jalur Pendakianya Maupun Di Puncaknya Yang Curam. Tak Heran Banyak Korban Yang Hlang Dan Meninggal Di Gunung Ini.

**

Setelah Membaca Tentang 40 Tempat Wisata Mistis Dan Magis Di Indonesia, Apa Yang Anda Rasakan? Merinding Atau Malah Penasaran Ingin Mengunjungi Semua Tempat Tersebut?

Siapkan Nyali Ya Supaya Kalian Tidak Ketakutan Ketika Berada Di Lokasi Wisata Tersebut. Tapi Sebenarnya Banyak Tempat Wisata Yang Masuk Kedalam List Diatas Masih Tergolong Wisata Aman Dan Nyaman Bagi Pengunjung Umum Seperti Salah Satunya Museum Fatahilah Dan Benteng.

Namun Kembali Lagi Tempat Wisata Diatas Akan Terasa Mencekam Atau Horor Jika Kita Mengetahui Kisah Dibaliknya Atau Bagi Mereka Yang Mempunyai Indra Ke Enam Yang Lebih Peka.

 

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of