KATA OMED

Keindahan Goa Putri Dayang Merindu yang dikutuk Menjadi Batu

Pernah mendengar legenda si Pahit Lidah ? Yap bener sekali, Si Pahit Lidah adalah orang yang memilki takdir dan kemampuan apa saja yang diucapkanya bisa menjadi kenyataan terlebih saat dia mengutuk sesuatu. Nah Salah satu Legenda Masyarakat yang berasal dari Sumatera Selatan ini juga erat kaitanya dengan Goa yang saya kunjungi saat Perjalanan saya memasuki kawasan Ogan Komering.

Jembatan iconic kota Baturaja

Robyapriansyah dan teman2nya yang merupakan warga Baturaja asli mengajak saya melihat langsung Keberadaan Goa Putri Dayang Merindu yang paling terkenal di Baturaja. Kebetulan saat itu mereka tengah libur kerja sehingga bisa menemani saya jalan-jalan di Baturaja.

Baca JugaDanau Laut Tawar ini ada di Aceh Tengah

Lubang Cahaya Ilahi yang ada didalam Goa putri Dayang Merindu

Keunikan dan Pesona Goa Putri Dayang Merindu

Goa ini memiliki kedalaman sekitar 150 meter, ketinggian sekitar 20 meter dan lebar 20-30 meter. Didalamnya sudah dihiasi dengan aneka lampu bewarna, jalan yang sudah tertata, info petunjuk yang jelas dan bisa dibilang mirip dengan Goa Gong di Pacitan Jawa Timur.

Saat akan memasuki Goa putri Dayang Merindu

Gerbang masuk ke Goa putri Dayang Merindu

Oh ya lupa, Didalam Goa ini juga mengalir Sungai Sumuhun yang menurut ceritanya apabila kita mandi atau mencuci muka di aliran sungai ini, semua keinginan dapat terwujud. Saya sendiri sempat shock saat berjumpa dengan seorang nenek2 tua yang saya kira sebelumnya dia hantu penjaga goa. Udah baca doa padahal, eh rupanya nenek itu adalah penjual air yang dianggap berkhasiat tersebut.

Pemandangan didalam Goa putri Dayang Merindu

Harga Tiket dan Fasilitas yang ada di Goa Putri Baturaja

Goa putri Dayang Merindu Di Baturaja ini sangat Terkenal di Sumatera Selatan

Selain indah dan menarik untuk dikunjungi, Goa Putri Dayang Merindu ini juga bisa dibilang wisata keluarga yang murah meriah. Tiket masuknya hanya Rp 5000 saja per pengunjung. Tiket tersebut sudah termasuk masuk kawasan wisata disekitar Goa dan juga masuk melihat keindahan dalam goa.

Baca JugaMasjid Baitul Makmur, salah satu Masjid terindah di Indonesia

Fasilitas yang ada di goa Putri Baturaja

Disekitar kawasan goa putri sudah dibangun berbagai fasilitas umum seperti Mushola, Toilet, Pos Penjagaan, Gazebo dan papan petunjuk yang cukup jelas. Tak hanya itu saja, dikawasan ini juga kita bisa menikmati suasana hutan kota yang sejuk dan nyaman. Pokoknya pas deh buat dijadikan tempat berkumpul bersama keluarga.

Lokasi dan Cara Menuju Goa Putri Dayang Merindu Baturaja

Lokasi Goa ini tepatanya berada di Desa Padang Bindu, Kecamatan Semindang Aji, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Baturaja, Sumatera Selatan. Untuk ke goa ini bisa ditempuh dalam waktu Sekitar 40 menit berkendara dari pusat Kota Semen Baturaja menuju kota Muara Enim di Sumsel.

Indahnaya Goa putri Dayang Merindu

Jika kalian datang dari kota Palembang, Kalian bisa naik kendaraan pribadi menuju Kota Baturaja. Jika kalian naik travel, pilih Jurusan Palembang – Baturaja dengan biaya sekitar Rp 120 ribuan. Selain Travel, kalian juga bisa naik Kereta Api Ekonomi dengan biaya Murah yakni mulai dari Rp 30.000 sampai Rp 100.000.

Sejarah atau Legenda Goa Putri Dayang Merindu di Baturaja

Didalam Goa putri Dayang Merindu cukup terang dan jelas petunjukanya

Menurut legenda Masyarakat sekitar jika dulu kala Ada seorang Wanita Cantik sedang mencuci pakaian disungai yang tak jauh dari keberadaan goa ini. Lalu ada seorang pria menyapanya namun ia diacuhkan oleh gadis tersebut dan gadis itu hanya diam saja. Sadar ia diacuhkan, Pria tersebut akhirnya berucap Dasar Sombong, diam saja keras bagai Batu.

Baca JugaGoa Jepang, saksi bisu natinya 500 tentara Jepang di Biak

Pesona keindahan Goa putri Dayang Merindu

Warna warni lampu menambah keindahan Goa putri Dayang Merindu

Ucapan itulah yang akhirnya merubah Putri cantik menjadi Batu, sebab pria yang disinyalir adalah si Pahit Lidah memiliki kemampuan mewujudkan ucapanya. Dan kini lokasi goa yang berada disekitar sungai tempat putri menjadi batu inilah yang kini menjadi atau yang biasa disebut sebagai Goa Putri Dayang Merindu.

 

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of