KATA OMED

Info Lengkap Tentang Pulau Onrust dan Museum Taman Arkeologi Onrust

Diutara Jakarta tepatnya dikawasan kepulauan Seribu, ada sebuah pulau yang sangat penting pada masanya dan memiliki sejarah tinggi bernama pulau Onrust. Pulau tak berpenghuni ini menjadi sebuah tempat wisata di Jakarta dan tergabung kedalam kawasan wisata 3 pulau yakni Onrust, Pulau Cipir dan Pulau Kelor karena lokasinya berdekatan. Pulau Onrust juga dikenal sebagai Pulau Kapal karena di pulau ini pada masanya sering dikunjungi kapal-kapal Belanda sebelum menuju Batavia.

Pulau Onrust

Secara administratif, Pulau Onrust atau pulau Kelor dan Pulau cipir ini menjadi salah satu pulau yang masuk kedalam wilayah administratif kelurahan Pulau Untung Jawa kecamatan Kepulauan Seribu Utara Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu provinsi DKI Jakarta. Jadi untuk ke pulau-pulau ini kita harus menyebrang terlebih dahulu menggunakan kapal kayu dari Muara Kamal atau kapal cepat dari Marina. Di dalam pulau ini terdapat banyak peninggalan arkeologi pada masa kolonial Belanda dan juga sebuah rumah yang masih utuh dan dijadikan Museum Pulau Onrust.

Baca juga :

Sejarah singkat Pulau Onrust

Pulau Onrust Pada Abad ke 16 Merupakan tempat peristirahatan bagi keluarga Kesultanan Banten. Lalu kemudian pada tahun 1613, kedatangan VOC ke Jakarta membuatnya membangun galangan kapal dan galangan kecil di Pulau Onrust. Bencana besar melanda Selat sunda yakni sekitar tahun 1883. Sebuah bencana letusan Gunung Kerakatau menghancurkan sebagian besar fasilitas yang ada di Pulau Onrust.

Sejarah Taman Arkeolog Onrust – foto @narayana.adv

Pulau Onrust menjadi Tempat Karantina

Sebenarnya jika dibaca sejarahnya panjang banget sih jadi kita singkat-singkat saja ya. Pada tahun 1911 – 1933, Pulau Onrust ini menjadi sebuah tempat yang digunakan untuk karantina haji. Tujuannya adalah untuk mencegah ancaman penyebaran penyakit menular yang mungkin dibawa oleh para jemaah haji setelah kembali mereka dari Mekkah. Pada saat itu Pemerintah Hindia Belanda membangun barak-barak sekitar 35 unit dan mampu menampung sekitar 3500 orang jemaah. Nah ditempat ini semua jemaah diwajibkan tinggal di Pulau Onrust selama lima harian sebelum akhirnya mereka diizinkan pulang ketempat asalnya.

Selengkapanya tentang Sejarah Pulau Onrust bisa kalian baca disini : Sejarah Pulau Onrust Dan Museum Arkeolog Pulau Onrust

Pulau onrust tidak hanya dijadikan sebagai kawasan pulau wisata saja namun juga menjadi kawasan Bersejarah yang telah ditetapkan menjadi Cagar Budaya DKI Jakarta yang harus dilindungi dan dijaga keberadaanya. Selain pemandanganya yang indah dan lautny ayang bersih, Pulau Onrust juga ternyata memiliki sebuah museum sejarah bernama Taman Arkeologi Onrust. Berikut ini adalah sejarah singkat mengenai Museum Taman Arkeologi Onrust.

Museum Taman Arkeolog Onrust – foto mitramuseumjakarta.org

Jam Operasional Taman Arkeologi Onrust

Taman Arkeologi Onrust dibuka setiap hari Senin – Minggu mulai Jam 08.00 – 17.00 sore.

Harga Tiket Masuk Taman Arkeologi Onrust

Dewasa Rp 5.000
Mahasiswa Rp 3.000
Anak-anak/Pelajar Rp 2.000
Rombongan (minimal 30 orang)
Rombongan Dewasa Rp 3.750
Rombongan Mahasiswa Rp 2.250
Rombongan Anak-anak/Pelajar Rp 1.500

Harga perizinan dan penyewaan lainya di Pulau Onrust adalah :

1. Pemakaian Plaza, Ruangan dan Taman: Rp 1.000.000/hari
2. Pemakaian lokasi untuk shooting film, rekaman, dan sejenisnya: Rp 1.500.000/hari

Baca juga :

Pulau Onrust pulau bersejarah di Jakarta

Pulau Onrust pulau bersejarah di Jakarta – foto wisatajakarta.go id

Contact Person Pulau Onrust :

Untuk info lebih lanjut, dapat menghubungi : +6221 6693406 atau email kami di museumbahari@yahoo.com.

Cara Menuju pulau Onrust dari Jakarta

– Pelabuhan Muara Kamal
– Pelabuhan Marina Ancol
– Pelabuhan Tanjung Pasir

Kita akan naik kapal selama sekitar 30 menitan dengan menggunakan kapal kayu dari pelabuhan Muara Kamal atau Pelabuhan Tanjung Pasir. Tapi jika menggunakan kapal boat kita bisa melalui pelabuhan Marina Ancol dengan harga sewa kapal yang jauh lebih mahal dari kapal kayu.

 

Refrensi  : museumbahari.org

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of