Tentang Pelabuhan Telaga Punggur di Batam

Kota Batam adalah salah satu kota terbesar yang ada di Indonesia dan juga di Provinsi Kepulauan Riau. Kota Batam sendiri sering dijuluki kota Industri mengingat banyak sekali pusat perindustrian berada dipulau ini. Hal ini tak terlepas dari posisi Batam yang sangat strategis berada diantara Malaysia dan Singapura. Bahkan jumlah penduduknya juga lebih dari 1.037.187 jiwa.

Batam Pusat Kawasan Industri yang startegis

Kawasan Batam terdiri dari beberapa pulau yang dihubungkan oleh sebuah jembatan Iconic bernama Jembatan Balerang. Pulau2 tersebut adalah Pulau Batam, Pulau Rempang dan Pulau Galang dan pulau-pulau kecil lainnya di kawasan Selat Singapura dan Selat Malaka.

Pelabuhan Antar Pulau Sekupang Batam

Dermaga Pelabuhan Punggur Batam

Aktivitas dan konektivitas dari dan kebatam dihubungkan oleh beberapa Pelabuhan dan pelayaran. Baik itu pelayaran dalam negri hingga pelayaran Internasional. Ada banyak sekali pelabuhan besar dikota Batam dan salah satunya adalah pelabuhan Fery atau Kapal Roro Telaga Punggur yang menjadi jalur utama keluar masuknya barang maupun menumpang dari dan ke Batam.

Mengenal Pelabuhan Fery Telaga Punggur Batam

Pelabuhan Telaga Punggur adalah sebuah pelabuhan besar yang berada di sebelah timur pulau Batam, provinsi Kepulauan Riau. Banyak sekali perlintasan dan pelayaran yang dilakukan melalui pelabuhan Punggur.

Baca JugaMasjid agung Baitul Makmur salah satu Masjid terindah di Indonesia

Selamat datang di Pelabuhan Telaga Punggur Batam

Salah satunya adalah pelayaran yang menghubungkan kota Batam dengan Pelabuhan Sri Bintan Pura maupun pelabuhan Tanjung Pinang di pulau Bintan. Tak hanya itu saja, Pelabuhan Punggur juga melayani rute lainnya disekitar pulau-pulau kepulauan Riau seperti ke Dabo Singkep kabupaten Lingga, Ke Kabupaten Karimun, Ke kabupaten Siak Riau hingga ke Kuala Tungkal di Jambi.

Ruang Tunggu didalam Pelabuhan Punggur

Bicara soal Fasilitas, Pelabuhan Punggur sudah sangat lengkap dan berskala Internasional. Dermaga yang luas dan cukup besar mampu menampung banyak kapal, kendaraan dan penumpang. Parkiranyapun luas dan beberapa ruang tunggu sudah dilengkapi dengan fasilitas yang nyaman.

Baca JugaJembatan Tayan, Jembatan Terpanjang di Kalimantan

Fasilitas di Pelabuhan Telaga Punggur Batam

Cara Menuju Pelabuhan Punggur dari Kota Batam

Seperti yang sudah saya sampaikan jika Batam adalah kota Metropolitan yang sudah sangay ramai sekali. Untuk menuju pelabuhan ini kalian tak perlu khawatir sebab berbagai angkutan umum sudah tersedia mulai dari Ojek online Grab dan Gojek, Taxi umum, Angkutan Minibus dari terminal2 hingga angkutan umum yang sering saya naiki yakni Trans Batam.

Trans Batam hanya 4000 rupiah

Saran saya, untuk kalian yang ingin menghemat biaya menuju pelabuhan Punggur adalah dengan naik Trans Batam. Selain yang biayanya hanya 4000 rupiah saja per orang juga rute atau jalur khusus yang dilintasinya cukup banyak.

Baca JugaWow Ada Fosil Bayi didalam Goa

Rute dan jalur Trans Batam

Bisa dibilang Trans Batam ini merupakan Buswaynya Batam, ya sama seperti Busway di Jakarta. Trans Batam juga Terkoneksi dengan berbagai jalur dari ujung barat hingga Timur Batam dan dari Ujung Selatan hingga ujung Utaara Batam. Setiap jalur memiliki banyak halte yang tersebar disepanjang jalur.

Suasana Didalam Bus Trans Batam Nyaman dan Aman

Oh ya buat temen2 yang baru pertama kali ke Batam dan baru tiba dipelabuhan Punggur, jangan lupa kalian naik Trans Batam ini saja. Keluar pelabuhan dulu hingga bertemu gerbang utama, lalau Jalan terus saja hingga kearah jalan aspal. Nah saat bertemu pertigaan ambil kearah kiri menuju kota Batam. Pas dipertigaan itulah lokasi keberadaan halte Trans Batam.

Jadwal Pelayaran Kapal Fery dan Harga Tiket dari Pelabuhan Punggur

Berikut ini saya lampirkan harga tiket penyebrangan untuk Angkutan kendaraan baik roda dua maupun roda empat dan Penumpang ke beberapa pelabuhan yang dilintasi seperti ke Dabo Singkep, Tanjung Balai Karomun, Siak dan lainnya.

Bagi kalian yang ingin mengetahui info update mengenai beberapa Rute kapal maupun waktu pelayaranya yang sempat saya catat saat saya singgah di pelabuhan Punggur Batam, silahkan kalian cek disini infonya :

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of