Megahnya Dermaga Eksekutif Merak, Hanya butuh 1 jam Saja Ke Lampung

Ada yang baru saat saya akan menyebrang dari pelabuhan Merak Banten menuju pelabuhan Bakauheni di Lampung. Yap, pelabuhan dan dermaganya nampak berbeda dari pelabuhan sebelumnya. Setelah saya turun dari bus yang membawa saya dari Jakarta ke Merak, saya diarahkan menuju Dermaga dan pelabuhan yang sepertinya baru dibangun.

Gerbang Masuk ke Dermaga Eksekutif Merak

Nama pelabuhan dan dermaga ini adalah Dermaga Eksekutif Merak, sebuah pelabuhan penyebrangan yang terlihat amat sangat megah dan modern. Sebenarnya saya sudah sering melihat pelabuhan-pelabuhan modern yang baru dibangun di Indonesia atau yang baru diperbaiki. Dermaga Eksekutif Merak memiliki luas area pengembangan sekitar 42.505 meter persegi. Luas dan strategis, inilah yang menjadikan Dermaga ini semakin diminati warga pelintas.

Baca JugaMelihat bangkai kapal yang terseret Tsunami hingga naik ke Atap Rumah.

Dermaga Eksekutif Merak

Saat berkeliling Indonesia kelebih dari 34 Provinsi selama hampir 1 tahun, saya sudah mengunjungi banyak pelabuhan dan beberapa diantaranya sangat modern dan berkelas. Sebut saja pelabuhan Surabaya, Pelabuhan Makassar,pelabuhan Benoa Bali, Pelabuhan di Batam dan Bintan, Pelabuhan di SiBolga Sumatera Utara hingga pelabuhan Merak dan Bakauheni ini dan pelabuhan-pelabuhan keren lainnya yang sedang dibangun pemerintah. Intinya pelabuhan-pelabuhan sekarang itu jauh dari kata seram dan suram. Malah nyaman serasa dibandara atau dimall.

Fasillitas yang ada di Dermaga Eksekutif Merak

Memasuki area masuk ke pelabuhan saya sudah disuguhkan oleh bangunan pelabuhan yang megah dan unik. Dermaga Terminal Eksekutif Merak ini diberi nama ” Sosoro” yang berarti rumah adat Badui. Seperti yang kita tahu jika rumah Baduy itu adalah rumah khas suku Baduy warga pedalaman di Banten.

Baca Juga dongRute, Harga Tiket dan Jadwal kapal Dari Jakjarta ke Surabaya, Makassar, Ambon hingga Papua

Dermaga Eksekutif Merak dilengkapi bebagai Fasilitas

Berbagai fasilitas umum audah disediakan oleh pihak pengelola seperti Jembatan penyeberangan, penginapan atau hotel, dan juga sudah ada pusat perbelanjaan disekitar dalam area gedung. Tak hanya itu saja ada juga toko sovenir, gerai ukm hingga restoran2 yang beragam jenisnya disekitar dermaga. Mushola, Toilet yang bersih, ATM, Ruang perawatan.

Lorong dan area didalam Dermaga Eksekutif Merak

Saya mencoba berkeliling melihat area dermaga keren ini. Sepertinya Dermaga Eksekutif Merak ini punya 3 lantai dan kerenya lagi setiap lantai dihubungkan dengan eskalator atau lift.

Penyebrangan Merak – Bakauheni Hanya butuh 1 Jam

Jika penyeberangan Selat Sunda pada umumnya membutuhkan waktu 2,5 jam maka penumpang yang menggunakan terminal eksekutif ini atau naik kapal dari pelabuhan ini hanya perlu 1 jam saja. Benar-benar bisa sangat menghemat waktu tempuh dari yang selama ini sering dihabiskan diperjalanan.

Baca Juga ya : Ini dia Masjid termgah dijalan Tol, Masjid Al Safar Cipularang

Ruang Tunggu Dermaga Eksekutif Merak

Jika kita ingin menyebrang dari Terminal Eksekutif Merak, kita harus melalui koridor jalan masuk yang disiapkan dari Terminal Terpadu Merak (TTM) milik ASDP Indonesia Ferry. Lokasi Terminal Eksekutif Merak dibangun di dekat dermaga IV Pelabuhan Merak yang lama. Kalo kalian naik Bus dari Jakarta, nah lokasinya pas berada disebelah kiri terminal Merak.

Cara membeli Tiket Kapal di Dermaga Eksekutif Merak

Lokasi pembelian tiket penumpang ada di lantai 2 gedung jadi kita harus naik lift atau eskalator terlebih dahulu. Counter tiket dilantai dua ini tidak hanya diperuntukan bagi penumpang saja tetapi juga bagi mereka yang membawa kendaraan dan akan menyebrang ke Lampung.

Loket Terminal Penumpang di Dermaga Eksekutif Merak

Ada hal yang cukup menarik saat saya akan membeli tiket Ferry, Ternyata sekarang pembelian tiket Kapal di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni tidak lagi menggunakan uang tunai alias cash Sebab kini pembelian tiket kapal harus dilakukan secara nontunai. Kita harus menggunakan kartu e-money seperti umumnya saat naik angkutan umum di Jakarta. Semua serba tab dan menggunakan e Money. Pembelian tiket kapal secara nontunai bisa menggunakan kartu BRI (Brizzi), BNI (Tap Cash), Bank Mandiri (Mandiri e-Money), dan BTN (Blink).

Baca JugaJadwal lengkap kapal pelni dari Jakarta ke Bangka, Batam dan Medan

Salah satu Lantai di Dermaga Eksekutif Merak

Sebelum membeli tiket pastikan kalian sudah mengisi E Money agar tak perlu lagi mengantri membeli baru atau mengisi saldo E Money. Antrianya panjang loh terlebih saat mudik seperti ini. Selain membeli Tiket via E Money, kita juga bisa membeli tiket via aplikasi atau via internet ke situs Ferry Asdpnya langsung yaitu www.indonesiaferry.co.id

Harga Tiket Dan Jadwal Keberangkatan Kapal Ferry di Dermaga Eksekutif Merak

Jadwal keberangkatan Kapal dari Merak ke Bakauheni

Berikut ini adalah tarif resmi kapal eksekutif Ferry Asdp dari Merak ke Bakauheni Maupun sebaliknya dari Bakauheni ke Merak baik untuk Penumpang maupun yang membawa kendaraan bermotor.

Harga Tiket Penumpang

Dewasa Rp 50.000
Anak-Anak 30.000

Harga Tiket Kendaraan berdasarkan Golongan :

1. Golongan I: Rp 62 ribu.
2. Golongan II: Rp 88 ribu.
3. Golongan III: Rp 147 ribu.
4. Golongan IV penumpang: Rp 574 ribu.
5. Golongan IV barang: Rp 385 ribu.
6. Golongan V bus: Rp 1,019 juta.
7. Golongan V barang: Rp 687 ribu.
8. Golongan VI bus: Rp 1,716 juta.
9. Golongan VI truk barang: Rp 1,108 juta.
10. Golongan VII: Rp 1,479 juta
11. Golongan VIII: Rp 2,181 juta.
12. Golongan IX: Rp 3,394 juta

Selamat berlayar

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of