KATA OMED

Inilah Jembatan Tayan, Jembatan Terpanjang di Kalimantan

Akhirnya satu lagi Jembatan Terpanjang di Indonesia khususnya di Kalimantan bisa aku lintasi. Yap namanya Jembatan Tayan, Salah satu Jembatan Terpanjang dikalimantan dan juga merupakan Jembatan Terpanjang kedua setelah Jembatan Suramadu di Jawa Timur.

Jembatan Tayan Kalimantan Barat

Lokasi Jembatan Tayan

Panjang Jembatan Tayan adalah 1440 meter dan memiliki lebar 11 meter. Jembatan ini terbagi kedalam 2 Sesi penghubung antara Pulau Tayan dan, Kota Tayan dan Desa Piasak. Jembatan Tayan melintang di atas Sungai Kapuas, Kabupaten Sanggau, provinsi Kalimantan Barat, Indonesia.

Papan Nama Kapuas Tayan Bridge

Dari pusat Ibu Kota Kalimantan Barat yakni Pontianak dapat ditempuh selama 2 -3 jam perjalanan darat. Jalan menuju Kecamatan Tayan ini cukup bagus kok jadi gak perlu khawatir lagi. Terlebih selama diperjalanan sudah banyak rumah-rumah warga dan pusat keramaian.

Baca JugaCantiknya Jembatan Khayan di Palangkaraya Ini

Megahnya Jembatan Tayan di Kabupaten Sanggau

Jembatan ini menjadi bagian dari Jalan Trans Kalimantan poros selatan yang menghubungkan Kalimantan Barat dengan Kalimantan Tengah.  Seperti yang sudah disampaikan jika Jembatan Tayan memiliki 2 Bentangan.

Nah bentangan yang pertama menghubungkan Kota Tayan dengan Pulau Tayan memiliki panjang sekitar 300 meter. Sedangkan bentangan kedua yang menghubungkan Pulau Tayan dengan Piasak memiliki panjang sekitar 1.140 meter.

Keliling Jembatan Tayan

Hal menarik yang bisa kalian lakukan saat dikawasan Jembatan Tayan adalah Naik perahu motor mengelilingi Pulau Tayan. Harganya cuma 20.000 / penumpang. Tapi jumlah penumpanf minimal harus ada 8 orang. Jika kurang maka kita harus menambah biaya lagi.

Baca JugaBerkunjung ke Desa Budaya Alor yakni Desa Takpala

Keliling Jembatan Tayan menggunakan Perahu Motor

Sekitar 30 menit lamanya kita akan Keliling Pulau Tayan. Nah nantinya kita akan diajak melihat kehidupan masyarakat pesisir sungai Kapuas. Selain itu kita juga bisa melihat kemegahan jembatan Tayan dari dekat dengab berfoto diatas perahu motor dimana latarnya adalah Jembatan Tayan.

Jembatan Tayang Terpanjang dikalimantan

Disekitar Jembatan Tayan sudah banyak warung makanan yang menjual makanan dan Minuman jadi kalian gak perlu khwatir lagi kelaparan. Disekitar jembatan Tayan juga tengah dibangun beberapa gedung penunjang kawasan wisata lainnya seperti kawasan pertunjukan dan gedung serba Guna.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of