Masjid Agung Baitul Makmur, Salah satu Masjid Terindah di Indonesia

Selain sebagai Kota Serambi Mekah, Aceh juga memiliki julukan lain yakni sebagai kota seribu Masjid Megah. Salah satunya adalah Masjid yang menjadi Icon Kota Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat. Namanya adalah Masjid Agung Baitul Makmur.

Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh Aceh

Karena masjid ini terlihat cukup megah dan unik tak heran jika setelah sehabis sholat maka banyak masyarakat memanfaatkanya untuk berfoto dengan latar belakang Masjid termasuk saya sendiri yang saat itu sedang ditemani teman saya asli Meulaboh bernama Yudi.

Baca JugaMelihat Wisata terbaik di Aceh, Kunjungi Pulau Banyak

Saat saya berfoto didepan Masjid Meulaboh

Lokasi Masjid Agung Baitul Makmur

Masjid Agung Baitul Makmur berada tepat dipusat kota Meulaboh dan dipusat jalan utama lintas Barat Sumatera. Masjid ini juga menjadi masjid terbesar dan termegah di kawasan pantai barat Kota Meulaboh, Provinsi Aceh, Indonesia.

Gerbang Atau Pintu Masuk Masjid Agung Baitul Makmur

Secara Lokasi sendiri, Masjid Agung Baitul Makmur terletak di Desa Seuneubok, Kecamatan Johan Pahlawan, Kota Meulaboh Ibu kota Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh. Jika kalian melintasi pesisir Barat Sumatera Dari arah Aceh maun Lampung, nah kalian pasti akan singgah di Meulaboh dan akan melihat Masjid mewah ini.

Design Arsitektur Masjid Agung Baitul Makmur

Mengapa Masjid Agung Baitul Makmur saya sebut sebagai salah satu masjid megah dan mewah ? Yap karena dari segi arsitekturnya saja sudah terlihat sangat unik dan berbeda dari Masjid lainnya. Masjid Agung Baitul Makmur juga menggabungkan dari kawasan unsur Timur Tengah, Asia, dan unsur budaya Aceh.

Baca JugaMengenal sejarah Tugu kopiah icon Baru Kota Meulaboh

Gaya Arsitektur Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh

Saat pertama kali kita melihat dari tepi jalanpun kita sudah dibuat terpana dengan bentuknya dan juga warnanya yang cukup mencolok. Biasanya Masjid didominasi oleh warna Putih atau warna hijau dan warna cerah lainnya. Namun Masjid Agung Baitul Makmur justru menggunakan warna cokelat cerah dengan warna merah bata dikubah masjidnya.

Tower Masjid Agung Baitul Makmur

Ciri khas masjid yang dapat dilihat secara kasat mata adalah tiga kubah utama yang diapit dua kubah menara air berukuran lebih kecil. Bentuk kepala semua kubah sama, yakni bulat berujung lancip, khas paduan arsitektur Timur Tengah dan Asia.

Baca JugaBerenang bersama Bayi Hiu yang aman di Raja Ampat

Bangunan Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh tampak sangat menonjol dengan gaya arsitektur perpaduan Timur Tengah, Asia, dan Aceh serta pemilihan warna cokelat cerah yang dikombinasikan dengan warna merah bata di kubah masjid.

Megahnya Masjid Agung Baitul Makmur di Meulaboh Aceh

Memang yang paling terlihat menonjol Menurut saya Kubahnya. Selain Kubah Utama juga dua kubah menara air berukuran lebih kecil disekitarnya. Ditambah lagi area disekitar masjid yang cukup luas dan nyaman membuat kawasan masjid ini menjadi salah satu masjid terindah di Indonesia yang wajib kalian liat.

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

You may also like...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of