KATA OMED

Pelabuhan Selat Lempa, Pelabuhan Terluar Indonesia di Natuna

Salah satu rute pelayaran KM. Bukit Raya adalah explore kawasan Sumatera dan perbatasan seperti misalanya dikawasan Natuna yakni kawasan Kabupaten terluar Indonesia yang masuk kedalam wilayah provinsi Kepulauan Riau.

Km Bukit Raya foto @denny_mx

Tentang Kabupaten Natuna

Seperti yang sudah disampaikan diatas jika Kabupaten Natuna merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Kabupaten Natuna merupakan kawasan kepulauan paling utara di selat Karimata dan berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan.

Baca juga : 

Selat Lempa Pelabuhan Natuna – foto @benedktdh

Di bagian utara, Kabupaten Natuna berbatasan dengan Vietnam dan Kamboja, lalu di selatan Kabupaten Natuna berbatasan dengan Sumatra Selatan dan Jambi dan di bagian sendiri, Natuna barat dengan Singapura, Malaysia, Riau. Terakhir disebelah bagian timur, Natuna berbatasa dengan Negara Malaysia dan provinsi Kalimantan Barat.

Pantai Natuna – foto @shindyardyah

Salah satu Pesona Natuna adalah Pantai Berbatu – foto @explorekepriau

Karena letaknya yang strategis itulah Kabupaten Natuna berada di jalur pelayaran internasional Hongkong, Jepang, Korea Selatan dan Taiwan alias masuk kawasan pelayaran Internasional. Kabupaten Natuna juga sekarang sudah terkenal dengan kabupaten penghasil minyak dan gas selain tentunya terkenal dengan keindahan Alamnya.

Baca Juga :

Natuna menghubungkan Kalimantan dan kawasan Sumatera

Okeh back to Pelabuhan Selat Lampa. Jadi semua kapal besar yang melintas dikawasan Natuna nantinya akan singgah dipelabuhan baru miliki Kabupaten Natuna yakni pelabuhan Pelni Selat Lampa. Dari pelabuhan Selatan Lampa ini, kapal pelni akan melanjutkan perjalanannya menuju ke kawasan Serasan hingga singgah di Kecamatan Midai wilayah Kabupaten Natuna Lainnya.

Perairan Natuna Selat Lempa – foto @ahmad_fathur

Pelabuham selat Lempa Natuna – Foto @kurniiawaaniindraa

Dipelabuhan Selat Lampa inilah kapal pelni KM Bukit Raya yang melintas akan menurunkan penumpang yang akan menuju ke Kecamatan Midai dan sekaligus membawa penumpang dari Kecamatan Midai yang akan menuju ke Kecamatan Serasan, Serasan Timur, Pontianak dan Surabaya. Selain itu juga kapal KM Bukit Raya yang melintas di Selat Lampa dari Arah Pontianak menuju Anambas dan Bintan juga menurunkan penumpangnya maupun mengangkut penumpangnya dipelabuhan ini.

Sunset Selat Lempa Natuna – foto @denny_mx

Pelabuhan Selat Lempa – foto @shindyardyah

Untuk Perjalanan ke Kecamatan Midai dari Pelabuhan Selat Lampa dapat ditempuh sekitar 4 – 5 jam, dan kemudian dilanjutkan kembali sekitar 6 – 7 jam hingga akhirnya sampai ke Pulau Serasan. Sedangkan dari kawasan Serasan ke Pontianak Kalimantan Barat, perjalanan bisa ditempuh dengan waktu sekitar 12 – 14 jaman.

JAdwal Kapal KM BUkit Raya dari Pelabuhan Selat Lanpa Natuna

Pelni Bukit Raya – foto @enggy.s.daynabe426

Berikut ini adalah detail Rute Pelayaran kapal pelni KM Bukit Raya dari Selat Lampa Natuna ke beberapa pelabuhan seperti :

  • Kapal KM BuKit Raya Dari Natuna – Letung Anambas
  • Jadwal Kapal KM BuKit Raya dari Natuna- Tarempa Anambas
  • Jadwal Pelni KM Bukit Raya dari Selat Lempa Natuna – Bintan Tanjung Pinang
  • Jadwal Kapal Pelni KM Bukit Raya dari Selat Lempa Natuna ke Belinyu Bangka
  • Jadwal Kapal Pelni KM Bukit Raya dari Selat Lempa Natuna ke Jakarta
  • Jadwal Kapal Pelni KM Bukit Raya dari Selat Lempa Natuna ke Midai
  • Jadwal Kapal Pelni KM Bukit Raya dari Selat Lempa Natuna Ke Serasan
  • Jadwal Kapal Pelni KM Bukit Raya dari Selat Lempa Natuna ke Pontianak
  • Jadwal Kapal Pelni KM Bukit Raya dari Selat Lempa Natuna ke Surabaya
Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of