Jatuh cinta Sama Musium Pusaka Nias.

Ya Ahowu..! (Saapan khas Nias yang berarti Hallo).  Awalnya saya kira Museum ini sama seperti museum di daerah lainnya, hanya sekedar bangunan yang menyimpan benda atau koleksi2 bersejarah. Namun pandangan itu terpatahkan saat pertama kali melihat area Museum ini.

Museum pusaka Nias

Lokasi Museum Pusaka Nias berada tepat ditepi laut. Banyak gazebo untuk tempat bersantai sembari menikmati kesyahduan ombak dilautan. Tamannya yang ada disekitar museum terlihat cantik dan sangat terawat. Kebersihan di museum ini juga sangat terjaga, baik itu didalam museum atau sekitar kawasan museum.

Baca Juga : Mau ke Pulau Nias, Ini jadwal penyebrangan Kapal dari Sibolga

Museum Pusaka Nias Gunung Sitolli

Koleksi Museum Pusaka Nias

Berbagai koleksi bersejarah cukup lengkap dimuseum ini. Museum Pusaka Nias menyimpan sekitar 6.500 koleksi benda bersejarah dari masyarakat Pulau Nias. Beberapa koleksi diantaranya adalah alat rumah tangga, alat musik tradisional, perhiasan, dan patung-patung. Fasilitas lainnya yang disediakan oleh yayasan adalah Gazebo, Toilet, ruang koleksi hingga penginapan juga ada dikawasan museum ini.

Koleksi museum pusaka Nias

Oh ya untuk harga tiket masuknya cukup murah hanyaa Rp 5000 saja. Namun jika kalian ingin melihat lebih dalam lagi maka harus menambah biaya Rp 10.000 per pengunjung. Karena Musuem Pusaka ini dikelola oleh Pihak yayasan maka jam operasionalnya tetap berlaku setiap hari  dan bisa untuk umum.

Baca JugaMau tau tentang Nias, Baca infonya disini

Sejarah Berdirinya Museum Pusaka Nias

Museum Pusaka Nias ini berada dipusat kota Gunung Sitoli atau tepatnya berada di Jalan Yos Sudarso 134 A, Provinsi Sumatera Utara, Pulau Nias, Indonesia. Museum ini berdiri sekitar tanggal 10 November 1995 dengan tujuan agar budaya dan sejarah Nias tidak akan hilang khususnya bagi generasi mendatang.

Beberapa benda koleksi musuem

Dahulu sebelum museum ini didirikan, sekitar tahun 1972 ada salah seorang Misionaris Gereja Katolik bernama Pastor Johannes M. Hämmerle, OFMCap yang sudah memulai gemar mengoleksi benda-benda budaya, seni dan sejarah masyarakat Nias. Tapi Lama kelamaan jumlah koleksinya semakin banyak. Beruntung beliau selalu mencatat nama dan kegunaannya masing-masing benda yang ia koleksi.

Harga Tiket Musuem Pusaka Nias

Musuem Pusaka Nias menjadi tujuan wisata

Akhirnya Pastor Johannes mengusulkan kepada Dewan Ordonya yakni Ordo Kapusin Provinsi Sibolga untuk mendirikan museum Nias. Dan pada tanggal 19 April 1991, Pastor Johannes bertindak atas nama Dewan Ordo Kapusin Provinsi Sibolga menghadap Notaris untuk mendirikan Yayasan Pusaka Nias sebagai Badan Hukum Museum Pusaka Nias (wikipedia).

Baca Juga : Inilah Budaya Lompat Batu Khas Nias, Budaya Unik yang masih bertahan

Museum Pusaka Nias
Jl. Yos Sudarso 134-A Gunungsitoli, Nias
Tel. +62 639 222-86
Fax. +62 639 219-20
Website: www.museum-nias.org
E-mail: sekretaris@museum-nias.org

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

You may also like...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of