KATA OMED

Megahnya Masjid Agung Oesman Al Khair Sukadana Kayong Utara

Ada lebih dari 18 Masjid Apung yang pernah saya jumpai selama saya mengeliling negri tercinta ini, baik itu masjid apung yang menyandang status Masjid Agung, masjid Raya atau Masjid bersejarah. Salah satu Masjid apung yang menurut saya memiliki Keindahan dan kemegahan tersendiri adalah Masjid Apung Oesman Al-Khair yang berada Jl. Kota Karang, Sutera, Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat  atu tepatnya di pusat kota Sukadana Ibu kota Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat Indonesia.

Tentang Masjid Oesman Al Khair

Masjid Masjid Oesman Al-Khair

Masjid Masjid Oesman Al-Khair

Masjid Oesman Al-Khair dibangun dan berdiri megah seluas 50×50 meter. Masjid yang dapat menampung hingga 3.000 jamaah itu memiliki interior bergaya Maroko. Kaligrafi di dalam masjid diukir oleh Imam Masjid Agung Yogyakarta. Salah satu Akses darat menuju Masjid Oesman bisa ditempuh sejauh 80 kilometer dari Bandara Rahadi Oesman Ketapang atau Bisa juga dengan perjalanan laut selama 6 jam dari Pontianak.

Baca juga ya : 

Saat saya singgah dikota ini untuk pertama kali, awalnya kaget karena gak menyangka ada Bangunan yang megah dan indah dikota yang kecil ini. Bangunan Masjid yang didominasi warna putih ini sudah terlihat sangat mencolok dari kejauhan dan bahkan kini Masjid Masjid Oesman Al-Khair ini telah dijadikan icon utama kota Sukadana.

Sejarah Masjid Masjid Oesman Al-Khair

Masjid Oesman Al-Khair merupakan masjid yang dibangun oleh pemimpin MPR RI Oesman Sapta Odang yang mana beliau mewakafkan tanahnya untuk dibangun masjid berarsitektur ala Timur Tengah itu dan menyumbangkan lebih dari 11 miliar untuk pembangunanya.

Masjid Masjid Oesman Al-Khair

Masjid Masjid Oesman Al-Khair

Masjid Oesman Al-Khair dibangun selama lima tahun dan baru diresmikan pada tahun 2016 silam saat digelarnya acara Sail Karimata untuk pertama kalinya. Peresmianya langsung dilakukan oleh Presiden Jokowi. Masjid Oesman Al-Khair mampu menampung hingga 3.000 jemaah dan memilki 2 lantai.

Sekilas Masjid yang berwarna putih itu dibangun dengan arsitektur mirip Masjid Apung Arrahmah di Jeddah, Saudi Arabia. Apalagi Jika sedang pasang, Masjid Oesman Al-Khair ini terlihat seperti berada diatas air. Bahkan sebagian bangunan memang berada diatas air sehingga itulah sebabnya masjid ini disebut masjid Apung.

Saat Malam hari Masjid ini akan sangat terlihat semakin Megah dengan banyaknya cahaya lampu yang bewarna-warni. Apalagi air mancur yang ada didepan Masjid Masjid Oesman Al-Khair ini semakin menambah kesan indah dan megah. Tak heran bila saat malam haripun banyak jemaah yang datang untuk mengabadikan keindahanya.

Baca Juga ya :

Masjid Apung Oesman Al-Khair Sukadana Kayong Utara

Masjid Apung Oesman Al-Khair Sukadana Kayong Utara

Sayangnya saat saya masuk kedalam masjidnya, dilantai 2 bangunan masjid seperti sudah tak terawat. Bahkan dibeberapa bagian banyak cat yang terkelupas dan memudar.

Beberapa kali saya sholat dimasjid inipun Hanya diisi sedikit jemaah saja padahal daya tampungnya cukup luas. Taman disekitar Masjid inipun juga dibiarkan apa adanya tanpa perawatan atau pembenahan. Sayang banget sih memang seperti sayangku pada sidia eaaa.

Menurut kalian, Masjid Apung manakah yang paling Indah yang pernah kalian jumpai baik dari Designya maupun lokasinya?

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of