Bukit Batu Daya, Bukit Mistis Namun Mempesona

Jika kalian berkunjung ke daerah Sukadana di Kabupaten Kayong Utara menuju kota Ketapang Klaimantan Barat, kalian pasti melihat sebuah bukit yang cukup menjulang tinggi dan terlihat cukup terjal namun sangat indah. Nah Nama Bukit yang terlihat cukup unik tersebut adalah Bukit Batu Daya.

Salah satu hal yang menurut saya sangat menarik saat melihat Bukit Batu Daya adalah bentuknya yang cukup runcing dan berada disekitar perkebunan sawit menjadikanya seolah seperti tempat rahasia dan tersembunyi dari dunia sekitarnya. Apalagi jika kita melihat dari dekat, Bukit Batu Daya ini cukup terlihat sangat mistis dan terasa bukan tempat sembarangan.

Bukit Batu Daya di Kayong dan Ketapang

Bukit Batu Daya di Kayong dan Ketapang – foto @maharanislndri

Bukit Bukit Batu Daya sebenarnya terdiri dari 3 buah batu besar yang jaraknya berdekatan. Batu yang paling besar disebut Batu Daya, yang terletak di belakang batu Daya adalah Kuang Kande’ dan batu yang terkecil yang bentuknya menyerupai kepala Unta disebut Belah Ullu. Di atas Belah Ullu terdapat tonjolan batu kecil lagi yang berbentuk sedikit persegi. Nah biasanya batu kecil itu disebut Raban Manok atau Kandang Ayam karena bentuknya yang menyerupai kandang ayam.

Lokasi Bukit Batu Daya

Bukit Batu Daya sekilas memang terlihat seperti bukit Kelam yang ada di kabupaten Sintang Kalimantan Barat atau seperti Bukit Parang dan Bongkok di Purwakarta Jawa Barat. Ketiganya memang memiliki ciri atau kesamaan pada bentuknya yang sangat unik dan terlihat sangat gagah dengan bebatuan yang cukup keras.

Baca Juga ya : 

Batu Daya Kalimantan Barat

Batu Daya Kalimantan Barat – foto @bangandar

Secara administratif, Lokasi Bukit Batu Daya ini berada di perbatasan antara Kecamatan Laor dan Kecamatan Sukadana, Simpang Hilir, Kayong Utara. Bukit ini termasuk ke dalam wilayah Taman Nasional Gunung Palung(TNGP). Jika kalian belum tau kota Sukadana, kalian mungkin lebih mengenal kota Ketapang di Kalimantan Barat. Nah dari Ketapang menuju Bukit Batu Daya ini hanya sekitar 20-30 menitan saja menggunakan kendaraan pribadi baik motor atau mobil.

Bukit Batu Daya berada ditengah-tengah kawasan peerkebunan kelapa sawitmilik salah satu perusahaan daerah setempat. Bukit Batu Daya ini juga Tak kalah indah dengan Bukit Mendale yang juga ada di Sukadana Kabupaten Kayong Utara. Bukit Batu Daya ini juga punya keindahan tersendiri seperti misalnyabentuknya yang curam dan semuanya berupa bebatuan yang sangat keras. Apalagi saat banyak awan disekitar Bukit Batu Daya membuatnya akan terlihat sangat eksotis namun mistis.

Bukit Batu Daya di Kalimantan Barat

Bukit Batu Daya di Kalimantan Barat – foto @ernastoelmend

Cara Menuju Bukit Batu Daya

Jika teman-teman tertarik untuk melihat langsung keindahan Bukit Batu Daya, maka kalian harus datang terlebih dahulu ke kota Sukadana atau Kota Ketapang di Kalimantan Barat. Nah dari kota ini kalian tinggal mengikuti jalan raya menuju Desa Bukit Batu Daya menggunakan maps atau tanyakan saja kependuduk sepanjang jalan.

Lokasi Batu Daya

Lokasi Batu Daya – foto @jupita_sf,

Jalur Dusun Keranji, Desa Batu Daya, Kecamatan Simpang Dua, adalah salah satu jalur utama yang paling sering dilalui oleh mereka yang datang ke Bukit Batu Daya karena medannya yang cukup mudah. Tapi Jika kalian datang dari Pontianak, kalian bisa juga melewati Aur Kuning yang jaraknya jauh dan bisa ditempuh sekitar 4-5 jam.

Dari kejauhanpun saat kita melintas dijalan raya Bukit Batu Daya ini sudah terlihat gagah kokoh berdiri menjulang tinggi ditengah hutan atau perkebunan sekitarnya. Apalagi saat awan-awan atau kabut terlihat menggumpal disekitar Bukit Batu Daya, maka bukit ini terlihat sangat begitu unik dan eksitis.

Baca Juga ya : 

Batu Daya

Batu Daya – @wisata.batudaya

Tapi ada yang sedikit mengganjal saat kamu mulai memasuki kawasan perkebunan sawit. Yap jalan yang harus kita lewati adalah jalur tanah merah ciri khas perkebunan yang saat hujan kadang sangat licin dan susah dilalui. Maka dari itu saran saya jika kalian ingin datang ke Bukit Batu Daya usahakan saat panas atau menggunakan motor yang cocok dengan medan perkebunan.

Gunung Batu Daya, Mistis Tapi tetap Eksotis

Bagi masyarakat sekitar percaya jika Bukit Batu Daya ini adalah bukan tempat sembarangan yang bisa dikunjungi semua orang. Jika kita datang ke Bukit Batu Daya harus izin atau permisi kepada warga setempat dan haru selalu menjaga omongan ataupun perbuatan kita selama berada di Bukit Batu Daya.

Batu Daya di Ketapang Kalimantan Barat

Batu Daya di Ketapang Kalimantan Barat – foto @martinus_gunawann

Salah satu hal mistis lainnya yang sering kerap muncul saat kita ada di Bukit Batu Daya adalah pandangan mata dan fikiran kita terhadapa bentuk dari Bukit Batu Daya yang selalu saja berubah-ubah. Terkadang bentuk Bukit Batu Daya ini terlihat mirip dengan Kura-kura namun disaat tertentu kadang juga mirip Punggung Onta.

Salah satu alasan tempat ini dinamakan Bukit Batu Daya juga karena  bentuknya yang sering memperdaya orang yang melihatnya. Itulah sebabnya bukit indah ini dinamakan Bukit Batu Daya. Meski Bukit Batu Daya dikelilingi hutan sawit yang sangat luas disekitarnya namun pengelola perkebunan setempat tetap mempertahankan keberdaan Bukit Batu Daya ini dan tidak berani mengusiknya.

Bukit Batu Daya, Idola Baru Tempat Climbing di Indonesia

Bukit Batu Daya

Bukit Batu Daya – foto @kalbartrending

Saat ini Bukit Batu Daya tengah menjadi salh satu tempat wisata di Sukadana kabupaten kayong Utara maupun kabupaten Ketapang Kalimantan Barat. Bahkan banyak wisatawan dari berbagai daerah lainnya hingga wisatawan dari mancanegara yang mulai tertarik datang ke Bukit Batu Daya.

Selain ingin melihat langsung bentuk Bukit Batu Daya yang unik, mereka umumnya juga ingin mencoba medan bukit ini dengan cara wild rock climbing khususnya wisatawan bule yang suka tantangan. Bagi mereka yang menyukai climbing, Bukit Batu Daya ini terlihat sangat menantang. Tingginya dan medannya yang terlihat seperti 90derajat pasti mengundang nyali kita untuk mencoba menaikinya.

 

 

You may also like...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of