Potret Megahnya Masjid Al-Safar, Masjid Unik berbentuk Segitiga

Masjid Al-Safar adalah salah satu Masjid Megah dan Modern yang dibangun oleh Bapak Ridwan Kamil yang kini menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat. Masjid Al Safar memiliki design atau bentuk yang sangat berbeda dari biasanya dan bahkan tidak seperti lazimnya sebuah masjid yang memiliki kubah dan tiang-tiang penyangganya. Masjid Al Safar ini bentuknya segitiga dan terlihat sangat unik sekali.

Masjid Al-Safar Tol Cipularang Purwakarta – foto @masjidreview

Tapi sebenarnya jika kita amati dari kejauhan, bentuk Masjid Al Safar ini seperti lipatan kertas yang menyerupai burung. Banyak liptan atau sisi-sisi disetiap sudutnya yang membuatnya semakin terlihat elegan dan modern. Ada sebuah tawar yang juga terlihat unik. bahkan tower Masjid Al Safar ini juga dibuat serasi dengan bangunan utamanya. Akh kang emil ini bener2 Arsitek keceh n keren.

Baca Juga ya : Inilah pulau Sebatik, Pulau yang dibagi dua milik indonesia dan Malaysia

Megahnya bagian ruangan Masjid Al-Safar – foto @infiatravel

Lokasi Masjid Al-Safar

Lokasi Masjid Al-Safar Bandung ini berada dikawasan Rest area Km 88 B Jalan Tol Cipularang, Jawa Barat atau tepatnya beradadi Desa Sukajaya, Kecamatan. Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat Masjid Megah ini memiliki luas 6.000 meter persegi dan mampu menampung hingga 1.200 jemaah. Banyak fasilitas-fasilitas lengkap pendukung kegiatan Ibadah di dalam Masjid seperti Tempat Wudhu yang modern, Toilet Umum, Taman hingga Kolam yang menyegarkan pandangan warga yang sedang beristirahat.

Baca jugaSubhanallah, Inilah Kapal Yang terseret ke Atap rumah saat Tsunami, Tapi jadi penyelamat

Masjid Al-Safar – foto indrapramadi

Nama Masjid Al Safar diambil sesuai namanya yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia berati perjalanan. Yap sebuah Perjalanan Panjang warga atau masyarakat yang meggunakan jalan tol dan ingin beristirahat di rest area tersebut. Oh ya, Masjid Al Safar sendiri diresmikan pada pertengahan 2017 lalu oleh Bapak Ridwan Kamil sendiri.

Baca jugaIndahnya Masjid Agung As Salam Lubuk Linggu, Warnanya Biru Kuning menyala

Tampak bagian Dalam Masjid Al-Safar – foto lukiiiiluk

Arah Kiblat Masjid Al-Safar – foto @nugroho.adinegoro

Oh ya, Masjid Al-Safar yang berada di rest area KM 88 ini menjadi salah satu dari tiga masjid rancangan Ridwan Kamil dan Urbane Indonesia yang masuk nominasi masjid berasitektur terbaik Abdullatif Al Fozan Award 2019 dari Arab Saudi. Kalo saya sendiri sih Masjid terbaik dan terindah rancangan pak Ridwan Kamil masih dipegang oleh Masjid 99 Kubah di Makassar.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of