KATA OMED

Hutan Mangrove Kuala Langsa, Terluas di Asia Tenggara

Kota Langsa merupakan Kota pertama di Provinsi Aceh yang saya singgahi dan sempat menginap 2 hari satu malam. Nah Salah satu destinasi wisata yang saya kunjungi saat berada di Langsa adalah Hutan Mangrove kuala Langsa. Hutan Mangrove ini berada di Kota Langsa Provinsi Aceh.

Luasanya kawasan Hutan Mangrove Kuala Langsa

Hutan Mangrove Kuala Langsa memiliki lahan seluas 8000 Hektar dan hutan mangrove ini disebut-sebut Sebagai salah satu hutan mangrove Terluas dan mempunyai koleksi spesies terlengkap di Asia Tenggara. Tak kurang dari 38 jenis mangrove ada di sini.

Baca JugaWow Ada Fosil Bayi di Goa ini

Hutan Mangrove Kuala Langsa memiliki koleksi Mangrove terlengkap

Selain Taman Hutan Mangrove Kuala Langsa ini banyak jenisnya juga sudah dilengkapi berbagai Fasilitas umum mulai dari Jalur Treknya, Pos, Mushola, Kantin, Toilet hingga kawasan dermaga dan tower yang menjadi spot utama wisatawan. Bahkan area kantin dibuatkan tempat tersendiri sehingga tertata dengan baik. Toiletnyapun bersih dan musholanya cukup luas menampung wisatawan yang ingin sholat.

Tower Hutan Mangrove Kuala Langsa

Lokasi Hutan Mangrove Langsa

Keliling hutan Mangrove bisa dengan menaiki boat

Lokasi Hutan Mangrove Kuala Langsa berada tepat dipelabuhan Kuala Langsa. Jaraknya dari pusat kota Langsa juga cukup dekat yakni hanya sekitar 30 menit saja dengan berkendara menggunakan Motor Atau Mobil. Sayangnya tidak ada kendaraan umum menuju tempat ini jadi kalian harus sewa kendaraan.

Jembatan Mangrove yang menjadi spot favorit pengunjung

Pemandangan Hutan mangrove Kuala Langsa daei atas Tower

Sebenaranya jika kalian tau pelabuhan kuala langsa maka lokasi hutan mangrove Langsa ini tak terlalu jauh dari gerbang pelabuhan. Oh ya Untuk Spesies alias habitat yang menempati kawasan Hutan Mangrove ini adalah Burung, Monyet, Biawak, Ikan,ular, kodok hingga kepiting mangrove.

Baca Juga : Jembatan Terpanjang di Kalimantan

Habitan Mangrove di kuala Langsa yang mulai tumbuh subur

Tiket Masuk dan Jam Operasional Hutan mangrove Kuala Langsa

Saat saya berkunjung ketempat ini saya sempat bertanya mengenai jadwal operasionalnya. Ternyata Hutan Mangrove Kuala Langsa dibuka setiap hari dari mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 17.00 sore. Harga tiket masuknya tergolong murah yakni Rp 5000 / Pengunjung dan parkiran motor Rp 2000 dan Mobil 5000.

Jalan beton juga dibangun disepanjang jalur hutan Mangrove

Jembatan Kayu yang bisa kita lewati untuk berkeliling hutan mangrove kuala langsa

Hati-hati saat akan masuk kawasan hutan mangrove ini karena banyak monyet berkeliaran disepanjang jalan menuju kedalam hutan. Jangan bawa barang atau benda yang mengundang monyet untuk berdatangan seperti plastik makanan, botol minuman atau buah-buahan.

 

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

8
Leave a Reply

avatar
4 Comment threads
4 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
5 Comment authors
OmedmyndreaTriyan gustyanMoryna HutahaeanPutri Suryakumala Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Putri Suryakumala
Guest
Putri Suryakumala

Thanks bgt kak utk informasinya, makin menambah wawasan aku…👏😎

Moryna Hutahaean
Guest
Moryna Hutahaean

Artikelnya informatif banget seperti biasa dan ini jadi tau kalo mangrove nya luas banget dan ada di aceh. Jadi pengen kesana 😍

Triyan gustyan
Guest
Triyan gustyan

Wahh. Indah ya. Semoga selalu terjaga keindahan dan kebersihannya. Semoga selalu menjadi tempat yang nyaman untuk satwa yg ada di dalamnya dan terus terjaga fungsi untuk alam dan lingkungan sekitar. Aminn.

myndrea
Guest
myndrea

Luas bngt yaa..aku yg jalan ngiterin mangrove PIK jakarta aja udah gempor..hehe
Boleh lah kapan2 ksna kalo ada ksmpatan