Air Terjun Dua Warna, Keindahan Alam yang Melegenda

Mendengar Sumatra Utara, Anda pasti langsung ingat Danau Toba. Eh, tapi, ya, Sumut punya banyak destinasi wisata, lho. Air Terjun Dua Warna, misalnya.

 

Sumatra Utara, sebuah provinsi yang terletak di bagian utara Pulau Sumatra. Provinsi dengan ibukota Medan ini, kaya akan warisan budaya, seni, kuliner, hingga wisata alamnya.

Tidak heran, jika Sumatra Utara menjadi satu di antara beberapa provinsi yang ramah turis.

Kaya akan wisata alam, membuat Sumut menjadi surga bagi para pecinta alam. Satu di antaranya, wisata alam Air Terjun Dua Warna yang terletak di Bandar Baru, Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang.

Penasaran?

Yuk, kita intip sama-sama.

 

Membaur dengan Alam

 

Air Terjun Dua Warna memiliki sumber air dari Gunung Sibayak sekitar dua belas kilometer dari tempat asalnya. Tapi, meski jauh dari area gunung, Anda yang ingin ke Air Terjun Dua Warna harus siap, ya.

Iya, siap membaur dengan alam. Sebab, untuk bisa melihat dan menikmati air terjun ini, Anda harus melewati medan perjalanan yang sangat menguji adrenalin. Tapi itu sepadan, kok, dengan apa yang akan lihat.

Source: www.justgola.com

 

Label “dua warna” pada namanya, bukanlah sekadar omong belaka. Ketika Anda ke sini, Anda akan mengetahui bahwa memang air terjun ini tampak memiliki dua warna pada airnya!

Secara ilmiah ini bisa dijelaskan. Dua warna yang membuat keindahan air terjun ini terbentuk karena kandungan fosfor dan belerang. Gradasi warna yang tersusun tersebut tidak menyatu, melainkan terpisah.

Air yang datang dari atas berwarna biru, sedangkan air yang tertampung membentuk cekungan pada tanah di bawahnya, berwarna putih keabu-abuan. Uniknya lagi, karena kandungannya tersebut, suhu kedua jenis air tersebut berbeda, yang berwarna putih hangat, sedangkan yang biru dingin.

Sudah kebayang indahnya, kan?

 

 

Rute dan Segala Harga

 

Anda dari luar Sumut dan ingin menghabiskan liburan di Air Terjun Dua Warna?

Pas sekali Anda membaca artikel ini, karena kami memberikan informasi penting ini sebagai bekal untuk Anda.

Jika Anda berasal dari luar Sumut dan menggunakan transportasi udara, hanya butuh waktu kurang lebih dua hingga tiga jam saja melalui Jl. Bandara Kuala Namu dan diteruskan dengan akses jalan tol.

Di samping itu, Anda juga bisa melakukan perjalanan menuju wisata alam ini dengan jalur darat seperti kereta api. Dari arah Stasiun Medan tersebut, Anda hanya membutuhkan waktu satu hingga dua jam saja.

Masalah harga tiket masuk, jangan ragu. Murah saja, kok. Hanya dengan Rp 25.000,- hingga Rp 40.000.- Anda bisa memasuki kawasan Air Terjun Dua Warna.

Source: jejakpiknik.com

 

Tapi, satu hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan ke air terjun ini adalah menyewa seorang tour guide. Saya yakin, sudah menjadi aturan nomor satu bagi pecinta alam untuk percaya pada warga lokal sebagai pemandu daripada tersesat dan menantang bahaya tanpa persiapan.

Untuk menyewa jasa seorang tour guide setidaknya Anda harus mempersiapkan bujet senilai Rp 100.000 – Rp 300.000,- bergantung banyaknya anggota dalam kelompok Anda.

 

 

Akomodasi dan Alternatif Wisata

 

Area wisata Air Terjun Dua Warna ini memang berada jauh memasuki hutan. Butuh waktu dua hingga tiga jam untuk bisa mencapai lokasi air terjun.

Dulunya, wisatawan diperbolehkan untuk membangun tenda dan bermalam di area wisata yang khusus untuk istirahat.

Sekarang, dengan berat hati, wisata alam yang indahnya tiada dua ini telah ditutup oleh pemerintah setempat. Hal tersebut dikarenakan adanya bencana banjir bandang yang menewaskan pengunjung pada tahun 2016.

Sayang sekali, ya?

Meski demikian, jangan khawatir.

Jika Anda masih ingin berwisata di Deli Serdang, ada banyak wisata lainnya yang tidak kalah indah. Ada Mikie Funland, Taman Alam Lumbini Berastagi, Bukit Gundaling, hingga Air Terjun Sipiso-piso.

Selain itu, Anda juga bisa memilih berbagai penginapan terdekat dari Deli Serdang. Beberapa penginapan tersebut di antaranya Hotel Sibayak Internasional, Sinabung Hills Berastagi, Hotel Dieng dan Berastagi Cottage.

 

Instagram ID: @tempatwisataunik

 

Tiada duga soal duka. Seindah apapun alam milik Tuhan, bisa hilang kapan saja. Karenanya, ke manapun Anda dan keluarga berwisata, jangan lupa untuk selalu berhati-hati.

Selalu jaga lingkungan, buang sampah pada tempatnya, dan jangan merusak fasilitas wisata, ya, travellers.

 

You may also like...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of