Info Pendakian Ke Puncak Gunung Wilis Via Kediri

Gunung Wilis adalah gunung non aktif yang tingginya mencapai 2565 mdpl. Meskipun Gunung ini tidak begitu populer di kalangan para pendaki, tetapi boleh sekali dicoba oleh kalian yang gemar mendaki Gunung.

Letak Gunung Wilis ini ada di perbatasan enam kabupaten yaitu Kediri, Tulungagung, Nganjuk, Madiun, Ponorogo dan juga Tenggralek.

Gunung Wilis

Gunung Wilis – foto ig @dhytarosa

Kemudian, Gunung Wilis ini juga mempunyai banyak puncak dan tiga diantaranya yang banyak dikenal oleh para pendaki yakni Puncak Wilis, Puncak Liman dan Puncak Limas.

Daya tarik dari Gunung Wilis sehingga banyak pendaki yang penasaran ingin datang ke sini adalah keadaan hutannya yang masih alami dan belum banyak yang mendaki serta menikmati pesona dinginnya lereng Gunung tersebut.

Beberapa Jalur Pendakian yang Bisa Kalian Pilih Untuk Dapat Sampai Ke Puncak Gunung Wilis.

1. Pendakian lewat Mojo di Kota Kediri.
2 Pendakian lewat Bajulan (Roro Kuning), Kota Nganjuk.
3. Pendakian lewat Sedudo (Desa Ngliman), Kota Nganjuk.
4. Pendakian lewat Candi Penampihan, Sendang,
Kota Tulungagung.
5. Pendakian lewat Kare, Kota Madiun.

Pendakian Puncak Gunung Wilis Via Kediri

1. Pendakian Gunung Wilis Pos Pertama

Pendakian Gunung Wilis Pos 1

Pendakian Gunung Wilis Pos 1 – Foto: Ig/@ritarunafril

Perjalanan baru dimulai dengan berjalan mengikuti jalan aspal yang menurun sejauh 20 meter.

Nah, sebelum kalian menjumpai tikungan aspal, ada jalur naik ke arah hutan dengan jalan berupa tanah yang miring dan ini merupakan jalur pertama pendakian ke Gunung Wilis.

Setelah melewati jalan menanjak, lalu kalian akan melewati jalan setapak kecil yang landai.

Jalur ini sebenarnya jarang dilalui oleh para pendaki sehingga jangan heran apabila ada banyak semak di bagian kiri dan kanan jalan.

Kurang lebih satu jam perjalanan, barulah kalian akan sampai di Pos 1 dimana tidak lain adalah sebuah tanah lapang untuk tempat istirahat sejenak.

Hati-hati saat beristirahat di sini karena ada banyak pacet di rerumputan.

2. Pendakian Gunung Wilis Pos Pertama Menuju Pos Dua

Pendakian Gunung Wilis Pos Pertama Menuju Pos Dua

Pendakian Gunung Wilis Pos Pertama Menuju Pos Dua – Foto: Ig/@dimas_primanda

Di sini ada dua jalur yakni atas dan bawah, sebaiknya kalian memilih jalur yang ke bawah. Jalur yang dilalui masih jalan setapak yang kecil sempit, dibatasi oleh tebing di kanan dan jurang di sebelah kirinya.

Dari jalur ini kalian bisa mendengar gemericik suara air terjun Dolo diantara semak-semak.

Kemudian, di perjalanan ini kalian akan menjumpai banyak pohon tumbang dan tumbuhan berduri yang menggantung.

Jadi, bawalah alat penebas untuk membuka jalur yang rimbun tersebut.

Sekitar satu jam kemudian, kalian bisa mendirikan tenda di sebuah tanah lapang.

Pemandangan puncak pun tampak dari sini dan Gunung Wilis bisa ditempuh dari beberapa wilayah kabupaten.

Ada sumber air, tetapi kalian harus turun ke arah sungai sekitar 20 menit perjalanan.

3. Pos Kedua atau Puncak

Pos 2 atau Puncak Gunung Wilis

Pos 2 atau Puncak Gunung Wilis – Foto: Ig/@bimas_aa

Jalur pendakian dari Pos 2 akan terus menanjak dan juga melewati jalan setapak yang rapat.

Kemudian, kalian akan melewati punggung bukit dengan jalan yang sempit.

Walaupun perjalanan terasa melelahkan, namun pemandangan di punggungan bukit sangat indah dengan latar lembah dan juga lereng gunung yang tinggi menjulang.

Di beberapa titik di lokasi ini, ada tempat lapang untuk beristirahat sejenak sekaligus berburu spot foto yang keren.

Namun, berhubung lokasinya berada di area puncak bukit maka hawa udaranya cukup panas.

Jalur berikutnya yang akan kalian lewati menanjak dan juga tajam. Semakin ke atas tumbuhan perdu dan rumput mulai banyak dijumpai hingga ke arah punggungan.

Puncak Gunung Wilis

Puncak Gunung Wilis – foto ig @ariszoe

Kemudian, jalur akan tertutup oleh rerumputan yang tinggi seperti manusia dan menjelang siang kabut akan mulai nampak.

Membuka jalur dengan trek yang panjang memang terbilang sangat melelahkan dan banyak menyita waktu juga.

Mencapai puncak Gunung Wilis lewat Kediri memang jarang dilalui, setelah melewati alang-alang dan juga bukit dengan perdu liar.

Kira-kira butuh waktu 5 jam perjalanan untuk sampai ke camp di salah satu puncak Gunung Wilis.

Transportasi ke Gunung Wilis Dari Kota Kediri

pos sekartaji gunung wilis

pos sekartaji gunung wilis – foto ig @fherdhi_irawan

Dari tempat ini ada tiga cara untuk menuju ke area parkir Gunung Wilis yakni:

1. Melalui Pasar Muning: Dari Pasar Muning kalian lurus ke selatan hingga ke pertigaan Mojo, ikuti arah menuju Besuki dan kemudian ikuti petunjuk ke air terjun Dolo.

2. Dari Terminal Taman Kota: Dari Terminal kalian lurus ke barat hingga ke pertigaan Kedak. Lalu, ambil jalan ke kiri hingga menjumpai pertigaan lagi dan ambil arah kanan.

3. Dari Pohsarang: Saat kalian keluar dari Pohsarang, tepatnya sebelum pintu masuk gereja di sana ada pertigaan badak, lalu belok kiri. Kemudian jalan naik dan ada pertigaan lagi, pilih arah kanan. Terakhir ikuti jalan hingga ke Besuki.