20 Kota Terbesar di Pulau Jawa Beserta Jumlah Penduduknya

Kota Terbesar di pulau Jawa banyak dihuni oleh kawasan yang menjadi pusat pemerintahan dan juga pusat binis masing-masing provinsi yang ada di pulau Jawa.

Selain itu juga, beberapa daftar kota besar di pulau jawa ini menjadi deretan daftar kota terbesar di Indonesia.

Seperti yang kita ketahui jika pulau Jawa adalah pulau terpadat julah penduduknya di Indonesia.

Stastus Kota-kota besar di pulau Jawa ini ditentukan berdasarkan jumlah penduduknya.

Bahkan dibeberapa kota yang bukan menjadi pusat pemerintahan Provinsi juga turut menjadi kota besar di pulau Jawa dengan jumlah penduduk yang mencapai angka jutaan.

Baca Juga ya :

peta pulau jawa

peta pulau jawa

Sebut saja kota-kota metropolitan seperti Bekasi, Depok, Tangerang, Bekasi dan kota Bogor yang menjadi bagian dari pusat kawasan bisnis JABODETABEK.

Lalu ada juga kota Malang yang jumlah penduduknya mencapai angkat diatas 1 juta dan berada dikawasan paling timur pulau jawa.

Perlu kalian ketahui Kota dengan Kabupaten itu berbeda pemerintahan dan beda wilayah sehingga daftar dibawah ini hanya menampilkan Kota saja bukan Kabupatenya.

Misalnya saja Kabupaten Bogor berbeda dengan Kota Bogor atau Kabupaten Pasuruan berbeda dengan Kota Pausruan. Okeh langsung saja kita simak Daftar :

20 kota Besar di pulau Jawa beserta jumlah penduduknya

1. Kota Jakarta, DKI Jakarta : 10.557.810 Jiwa

Kota Jakarta, kota terbesar di pulau jawa

Kota Jakarta, kota terbesar di pulau jawa – foto milik @al_bert17

Kota terbesar pertama di pulau jawa adalah tentunya Ibu kota Jakarta yang menjadi pusat pemerintahan dan bisinis Indonesia.

Kota Jakarta memiliki luas sekitar 664,01 km² dan lautan: 6.977,5 km², dengan penduduk berjumlah 10.557.810 jiwa  berdasarkan sensus tahun 2019.

Kota Jakarta juga menjadi pusat pertumbuhan ekonomi Indonesia dimana hampir semua orang dari berbagai penjuru Indonesia mengadu nasib dikota metropolitan ini.

2. Kota Surabaya, Jawa Timur : 4.611.506 Jiwa

Kota Surabaya, salah satu kota terbesar di pulau Jawa

Kota Surabaya, salah satu kota terbesar di pulau Jawa – foto milik @skyvivoid

Kota terbesar kedua di pulau jawa adalah Ibu kota dari Provinsi Jawa Timur yakni kota Surabaya yang juga menjadi pusat pemerintahan dan bisinis Indonesia.

Kota Surabaya tercatat memiliki jumlah penduduk sebanyak 4.611.506 Jiwa. Kota Surabaya terletak di pantai utara Pulau Jawa bagian timur dan berhadapan dengan Selat Madura serta Laut Jawa.

Kota Surabaya memiliki luas sekitar ±326,81 km² dan juga memiliki kawasan metropolitan Surabaya yaitu Gerbangkertosusila yang berpenduduk sekitar 10 juta jiwa.

Kawasan metropolitan Gerbangkertosusila hampir sama dengan kawasan metropolitan Jabodetabek.

3. Kota Bandung, Jawa Barat : 3.580.570 Jiwa

Kota Bandung, salah satu kota terbesar di pulau Jawa

Kota Bandung, salah satu kota terbesar di pulau Jawa – foto milik @mulkisalman

Kota terbesar ketiga di pulau Jawa setelah Jakarta dan Surabaya adalah Ibu kota dari Provinsi Jawa Barat yakni kota Bandung yang juga menjadi pusat pemerintahan dan bisinis Indonesia khususnya diwilayah Jawa Barat.

Kota Bandung tercatat memiliki jumlah penduduk sebanyak 3.580.570 Jiwa.

Kota Bandung juga memiliki kawasan metropolitas seperti Jabodetabek yakni bernama Kawasan Bandung Raya yang menjadi kawasan metropolitan terbesar ketiga di Indonesia setelah Jabodetabek dan Gerbangkertosusila.

Julukan dari kota Bandung adalah Kota kembang karena pada zaman dulu kota ini dinilai sangat cantik dengan banyaknya pohon-pohon dan bunga-bunga yang tumbuh di sana.

Selain itu Kota Bandung dahulunya disebut juga dengan Parijs van Java karena keindahannya ini.

Selain disebut kota wisata dan kota Pendidikan karena banyak kampus besar dan ternama di kota ini.

Kota Bandung juga dikenal sebagai kota belanja dan kota kuliner dimana banyak cafe, mall dan factory outlet yang banyak tersebar di kota ini.

4. Kota Bekasi, Jawa Barat : 2.793.478 Jiwa

Kota Bekasi adalah salah satu kota terbesar di pulau Jawa

Kota Bekasi adalah salah satu kota terbesar di pulau Jawa – foto milik @antonwahyd

Kota terbesar keempat di pulau Jawa setelah Jakarta dan Surabaya dan Bandung adalah salah satu kota metropolitan di Jawa Barat yakni kota Bekasi.

Jumlah penduduk Kota Bekasi tercatat sebanyak 2.793.478 Jiwa. Kota Bekasi juga merupakan bagian dari Metropolitan Jabodetabek dan menjadi kota satelit dengan jumlah penduduk terbanyak se-Indonesia.

Bahkan Saat ini Kota Bekasi terus berkembang menjadi tempat tinggal kaum urban dan sentra industri. Kota Bekasi memiliki luas wilayah sekitar 210,49 km².

5. Kota Tangerang, Banten : 2.221.595 Jiwa

Kota Tangerang adalah salah satu kota terbesar di pulau Jawa

Kota Tangerang adalah salah satu kota terbesar di pulau Jawa

Diurutan ke lima besar ada Kota Tangerang yang menjadi salah satu kota Terbesar dan terpadat penduduknya di pulau Jawa dengan luas daerah kota Bekasi mencapi 153.93 km2.

Kota Tangerang juga menjadi salah satu kota terbesar di provinsi Banten yang mana kota Metropolitan di kawasan Jabodetabek ini tercatat memiliki jumlah penduduk sebanyak 2.221.595 Jiwa.

Kota Tangerang juga menjadi kota terbesar ketiga terbesar di kawasan Jabodetabek setelah Jakarta dan Bekasi di provinsi Jawa Barat.

6. Kota Depok, Jawa Barat : 2.178.733 Jiwa

Kota Depok adalah salah satu kota terbesar di pulau Jawa

Kota Depok adalah salah satu kota terbesar di pulau Jawa – foto milik @themargohotel

Kota terbesar di Jawa selanjutnya adalah Kota Depok. Kota Depok merupakan salah satu kota Metropolitan yang jumlah penduduknya mencapai angka diatas 2 juta jiwa. Kota Depok dikenal sebagai kawasan pendidikan karena ada kampus terbesar di Indonesia yang ada di kota ini.

Kota Depok juga menjadi salah satu kota terbesar di Jawa Barat setelah kota Bandung dan Bekasi. Kota Depok tercatat memiliki jumlah penduduk sebanyak  2.178.733 Jiwa.

Kota Depok selain sebagai kota otonom yang berbatasan langsung dengan Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta juga merupakan wilayah penyangga Ibu Kota Negara.

Kota Depok juga dijadikan sebagai kawasan pemukiman, kota pendidikan, pusat pelayanan perdagangan atau jasa, kota pariwisata, dan juga sebagai kota resapan air.

7. Kota Semarang, Jawa Tengah : 1.974.903 Jiwa

Kota Semarang adalah salah satu kota terbesar di pulau Jawa

Kota Semarang adalah salah satu kota terbesar di pulau Jawa – foto milik @740aerialvideography

Kota terbesar ke tujuh di pulau Jawa datang dari kota terbesar di Jawa Tengah yakni kota Semarang. Kota Semarang merupakan pusat pemerintahan provinisi Jawa tengah.

Kota Semarang tercatat memiliki luas wilayah sekitar 4.854,54/km2  dan memiliki jumlah penduduk sebanyak 1.974.903 Jiwa.

Kota Semarang juga memiliki Kawasan mega-urban atau metropolitan yang tergabung dalam wilayah metropolitan Kedungsepur.

Kawasan ini meliputi gabungan dari wilayah Kendal, Demak, Ungaran, Kabupaten Semarang, Kota Salatiga, Kota Semarang dan Purwodadi, Kabupaten Grobogan.

Kawasan ini bahkan berpenduduk mencapai 7,3 juta jiwa sekaligus menjadi wilayah metropolitan terpadat keempat, setelah Jabodetabek di Jakarta, Gerbangkertosusilo di Surabaya dan Bandung Raya.

8. Kota Bogor, Jawa Barat : 1.154.467 Jiwa

Kota Bogor adalah salah satu kota terbesar di pulau Jawa

Kota Bogor adalah salah satu kota terbesar di pulau Jawa – foto milik @wrong.waay

Diurutan ke 8 ada kota Bogor yang masuk kedalam Kota besar di Pulau Jawa.

Kota Bogor ini masih menjadi bagian kawasan JABODETABEK dan merupakan kota terbesar ke empat di Jawa Barat setelah kota Bandung, bekasi dan Depok.

Kota Bogor tercatat memiliki luas wilayah  sekitar118,50 km² dan sebaran penduduk 8.481 jiwa/km.

Kota Bogor menjadi lokasi keberadaan Istna negara yakni Istana Bogor yang berada dipusat kawasan kebun raya Bogor.

Kota Bogor memiliki 6 kecamatan dan 68 kelurahan dimana berdasarkan sensus tahun 2017, jumlah penduduk kota Bogor mencapai 1.154.467 Jiwa.

9. Kota Malang, Jawa Timur : 1.021.356 Jiwa

Kota Malang adalah salah satu kota terbesar di pulau Jawa

Kota Malang adalah salah satu kota terbesar di pulau Jawa – foto milik @febry0205

Kota Malang menjadi urutan ke 9 sebagai kota terbesar di pulau Jawa. Kota Malang juga menjadi kota terbesar kedua di provinsi Jawa Timur setelah kota Surabaya.

Kota Malang tercatat memiliki jumlah penduduk sebanyak 1.021.356 Jiwa dan luas wilayah mencapai 110,06 km2.

Selain dikenal sebagai kota Pendidikan, Kota Malang juga dikenal sbagai kota wisata mengingat diwilayah sekitar Malang banyak sekali objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi.

10.  Kota Tasikmalaya, Jawa Barat : 808.506 Jiwa

kota tasikmalaya

kota tasikmalaya – foto ig @740aerialvideography

Kota Tasikmalaya adalah salah satu kota yang ada di Provinsi Jawa Barat Indonesia.

Sebelumnya, kota ini merupakan ibu kota dari Kabupaten Tasikmalaya, kemudian meningkat statusnya menjadi Kota Administratif tahun 1976.

jumlah penduduk kota tasikmalaya sendiri mencapai lebih dari 800.00 jiwa berdasarkan sensus 2015 lalu.

Kota Tasikmalaya juga merupakan pusat pendidikan ketiga terbesar di Jawa Barat setelah Bandung dan Bogor, hal ini dibuktikan oleh banyaknya institusi pendidikan yang berada di kota .

11. Kota Surakarta, Jawa Tengah : 586.397 Jiwa

Kota Solo adalah salah satu kota terbesar di pulau Jawa

Kota Solo adalah salah satu kota terbesar di pulau Jawa – foto milik @atoer.s ⠀

Kota terbesar kesepuluh di pulau Jawa dan menjadi kota terbesar kedua di Jawa Tengah adalah kota Surakarta atau yang lebih dikenal dengan Kota Solo.

Kota Surakarta tercatat memiliki jumlah penduduk sebanyak 586.397 Jiwa dan memiliki luas Kota sekitar 44,04 km2.

Secara administratif kota Solo ini berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Boyolali di sebelah Utara, Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sukoharjo di sebelah Timur dan barat, dan Kabupaten Sukoharjo di sebelah Selatan.

Selain dikenal sebagai salah stau pusat kota Budaya, Kota Solo atau Kota Surakarta ini juga merupakan pusat kota pendidikan dan juga pusat wisata dan kuliner.

Salah satu sungai yang sangat terkenal dan juga merupakan sungai terpanjang di pulau jawa ada di kota ini yakni Sungai Bengawan Solo.

12. Kota Cimahi, Jawa Barat : 513.176 jiwa

Kota Cimahi adalah salah satu kota terbesar di pulau Jawa

Kota Cimahi adalah salah satu kota terbesar di pulau Jawa – foto jabarexpress.com

Kota Cimahi melengkapi daftar kota terbesar di pulau Jawa yang jumlah penduduknya mencapi angka diatas 500 ribu jiwa.

Kota Cimahi adalah salah satu kota besar yang ada di provinsi Jawa Barat. Saat ini tercatat ada sekitar 513.176 jiwa jumlah penduduk kota Cimahi.

Sebenarnya Kota Cimahi dahulu bagian dari Kabupaten Bandung, yang kemudian ditetapkan sebagai kota administratif pada tanggal 29 Januari 1976.

Lalu Pada tanggal 21 Juni 2001, Cimahi ditetapkan sebagai kota otonom baru.

Dengan luas wilayah Kota Cimahi mencapai 40,47 km, kota Cimahi kini menjadi salah satu kawasan pertumbuhan di Kota Bandung khusunya wilayah barat Bandung.

13. Kota Yogyakarta : 407.617 Jiwa

Kota Yogyakarta masuk diurutan ke 13 sebagai Kota Terbesar di Pulau Jawa. Kota Yogyakarta ini tercatat memiliki jumlah penduduk sekitar 407 ribu jiwa.

Selain dkenal sebagai ota pelajar dan pusat pendidikan di Indonesia, KOta Yogyakarta juga dikenal sebagai salah satu kota yang memiliki seni dan budaya tinggi yang masih dipeggang teguh oleh masyarakatnya.

Kota Yogyakarta yang lebih dikenal sebagai kota Gudeg dan Bakpia ini juga memiliki biaya hidup yang paling murah di Indonesia, apalagi soal biaya makan yang sangat murah.

Daftar kota besar lainnya di pulau Jawa bisa kalian lihat dibawah ini :

14. Kota Cilegon, Banten : 387.543 Jiwa
15. Kota Sukabumi, Jawa Barat : 320.970 Jiwa
16. Kota Cirebon, Jawa Barat : 316.126 Jiwa
17. Kota Pekalongan, Jawa Tengah : 298.386 Jiwa
18. Kota Kediri, Jawa Timur : 280.780 Jiwa
19. Kota Tegal, Jawa Tengah : 275.789 Jiwa
20. Kota Probolinggo, Jawa Timur 225.655 Jiwa

You may also like...

3
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
2 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
CandraKata Omed Recent comment authors
  Subscribe  
Notify of
Candra
Candra

Kota tasik jumlah penduduknya diatas 600 rb an ko ga dimasukn