KATA OMED

Fasilitas Di Bukit Kacapi Tasikmalaya dan Keindahannya

Published · Updated

Kabupaten Tasikmalaya memang dikenal sebagai lokasi dengan pemandangan yang asri. Bahkan, kota dengan kebun teh terluas di Indonesia ini ternyata juga memiliki banyak destinasi wisata menarik.

Salah satu tempat wisata di tasikmalaya yang sudah cukup populer adalah bukit puji ningrum. Nah saat ini ada bukit lainnya yang jug atak kalah indahnya yakni Bukit Kacapi Tasikmalaya.

Bukit kecapi ini dianggap ikonik dan instagenik terutama dikalangan milenial yang gemar foto karena banyak spot foto yang tersedia dikawasan ini.  Berikut ini ulasan lengkapnya :

Pesona Wisata di Bukit Kacapi

Bukit Kecapi di Tasikmalaya

Bukit Kecapi di Tasikmalaya – foto ig @kokobima_

Pesona wisata di Bukit Kacapi yang pertama tentu pemandangan alamnya yang asri. Apalagi jika kalian sudah berada di kawasan kebun teh yang luas tentu nuansanya bikin kekaguman luar biasa.

Selain udara yang sejuk dan teduh, jalan tikus yang berkelok di tengah kebun juga menjadi sensasi tersendiri.

Pesona yang berikutnya ialah adanya halimun atau kabut tipis yang menutupi area kebun teh. Jika dilihat dari jauh, laksana asap putih yang membumbung tinggi melahirkan nuansa mistis tersendiri.

Angle ini juga bagus dijadikan foto selfie lalu hasilnya di-posting ke media sosial.

Panorama pegunungan Sejajar juga menjadi daya tarik tersendiri kepada pengunjung. Memang masih belum ada akses ke puncak tetapi di Bukit Kacapi saja pemandangannya sudah terlihat asri.

Apalagi jika kalian mendatangi bukit pada waktu dini hari sehingga masih ada kesempatan untuk melihat matahari terbit.

Fasilitas Wisata di Bukit Kacapi

Bukit Kecapi Tasikmalaya

Bukit Kecapi Tasikmalaya – foto ig @sandimnt

Fasilitas yang pertama di Bukit Kacapi adalah sudah dibangun kolam renang yang berair jernih. Selain dibangun di atas ketinggian, di sekeliling kolam juga dipenuhi dengan aneka tumbuhan. Sehingga yang berenang di sana tidak akan kepanasan sekalipun datang di siang hari.

Fasilitas yang berikutnya ialah pihak pengelola sudah membangun warung tradisional sederhana. Semuanya ditujukan untuk traveler yang tidak membawa bekal makanan dan minuman dari rumah.

Jangan khawatir, makanan di sini dijual dengan harga sangat terjangkau dan rasanya sangat lezat.

Tak hanya itu, ternyata pihak pengelola juga sudah membangun ruang bilas dan toilet. Sehingga kalian tidak perlu khawatir pulang dalam keadaan tidak bersih pasca berenang.

Toh biaya bilas tidak mahal hanya Rp2000 saja termasuk biaya untuk buang air.

Aktifitas Wisata di Bukit Kacapi

Bukit Kacapi Tasikmalaya

Bukit Kacapi Tasikmalaya // exsplorewisata.com

Ada banyak aktifitas wisata yang bisa dilakukan di Bukit Kacapi Tasikmalaya. Salah satunya adalah berfoto selfie bersama seluruh keluarga di spot yang instagenik. Untuk spotnya sendiri jumlahnya sangat banyak baik yang berupa angle buatan maupun spot yang alami.

Di sini kalian juga bisa berenang di kolam renang kebun teh sepuasnya. Untuk unitnya masih ada dua yaitu kolam renang untuk dewasa dan kolam renang untuk anak-anak.

Nah, aktifitas ini merupakan kegiatan unggulan karena pengunjung yang berenang selalu penuh.

Tentu aktifitas yang juga bisa dilakukan adalah trekking atau penjelajahan di tengah kebun teh. Jalurnya sendiri sudah disediakan oleh pengelola lengkap dengan papan penunjuk jalan.

Jadi kalian tidak perlu khawatir bakal tersesat, justru yang akan didapatkan adalah pemandangan gunung yang luar biasa.

Rute Menuju Bukit Kacapi Tasikmalaya

Bukit Kecapi Cigalontang Tasikmalaya

Bukit Kecapi Cigalontang Tasikmalaya – foto ig @ninaherlina0519

Bukit Kacapi Tasikmalaya berada di Desa Tanjungkarang Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya. Jalur tercepat untuk saat ini adalah melalui kota Tasikmalaya yang jaraknya mencapai 65 km.

Jalur ini bisa ditempuh selama 2 jam dengan mengendarai kendaraan roda empat atau roda dua.

Sekadar saran jika ingin mendatangi tempat ini silakan ajak orang yang sudah berpengalaman. Pasalnya jalur yang berkelok-kelok mengharuskan driver mengetahui medan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, perbanyak bertanya kepada masyarakat sekitar karena minimnya papan penanda ke tempat wisata.

Kalau bisa jangan menggunakan kendaraan pribadi tetapi menggunakan travel saja. Karena biasanya para driver-nya sudah mengenal medan dengan baik.

Selain itu, tingkat kewaspadaannya juga lebih tinggi dan lebih mawas saat membawa kendaraan.

Tiket Masuk dan Jam Buka Bukit Kacapi

Bukit Kacapi Desa Tanjung Karang Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya

Bukit Kacapi Desa Tanjung Karang Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya- foto ig @norinurlaenisuryadi

Jika ingin mendatangi Bukit Kacapi Tasikmalaya kalian harus membayar tiket Rp7.000. Sedangkan kalau ingin berenang maka harus menambah biaya lagi yang cukup murah yaitu Rp5000 saja.

Dengan harga tersebut kalian sudah bisa berenang dan menggunakan spot foto sepuasnya.

Nah, untuk jam bukanya sendiri adalah dari jam 08.00 dan tutup jam 18.00 sore. Silakan datangi bukit di antara jam-jam tersebut yang biasanya waktu teramai adalah sore dan pagi hari.

Jangan lupa untuk pulang tidak terlalu gelap karena akses penerangan di jalan masih kurang.

***

Itulah review singkat tentang Bukit Kacapi Tasikmalaya Jawa Barat. Silakan jadikan daftar perjalanan kalian liburan nanti pasca hilangnya covid 19.

Dijamin perjalanan kalian lebih sensasional apalagi jika datangnya beramai-ramai bersama keluarga.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of