KATA OMED

Daftar 6 Bandar Udara di Kalimantan Utara

Bandar Udara di Kalimantan Utara, memang cukup banyak jumlahnya. Beberapa diantaranya, bahkan sudah bertransformasi, menjadi Bandara Internasional.

Kalimantan Utara Atau Biasa Disebut Sebagai KALTARA Merupakan Salah Satu Provinsi Yang Terdapat Di Pulau Kalimantan.

Dan Seperti Di Wilayah Kalimantan Lainnya, Provinsi Ini Juga Memiliki Beberapa Bandar Udara Baik Bandara Komersil Atau Bandara Perintis Untuk Dapat Melayani Masyarakat Luar Dan Sekitar Daerahnya.

Baca Juga:

peta kalimantan utara

peta kalimantan utara – foto brilio.net

Karena Sebagian Wilayah Kalimantan Utara Berupa Kepulauan Dan Kawasan Terpencil Yang Susah Terkoneksi Satu Sama Lain Maka Ada Banyak Bandar Udara Di Kalimantan Utara.

Tercatat Ada 6 Bandar Udara Di Kalimantan Utara Yakni :

  1. Bandar Udara Internasional Juwata – Tarakan
  2. Bandar Udara Long Ampung – Malinau
  3. Bandara Tanjung Harapan – Tanjung Selor
  4. Bandar Udara Robert Atty Bessing – Malinau
  5. Bandar Udara Yuvai Semaring – Nunukan
  6. Bandar Udara Nunukan

Berikut Adalah Detail Masing-Masing Bandar Udara Di Kalimantan Utara Yang Masih Beroperasi Hingga Saat Ini.

1. Bandar Udara Internasional Juwata – Tarakan

Bandar Udara Juwata

Bandar Udara Juwata – foto maps Bill Berry

Bandar Udara di Kalimantan Utara yang pertama adalah Bandar udara Juwata yang terletak di Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, dan hanya berjarak sekitar 3 km dari pusat kota.

Landasan pacu yang dimilikinya berukuran 2.500 m x 45 m, yang dapat  didarati oleh berbagai jenis pesawat. Contohnya seperti Boeing dan Airbus, serta perintis.

Dari catatan statistik bandara, penumpang yang naik dan turun melalui Bandara Juwata, setiap harinya ada sekitar 3.000 penumpang.

Bandara ini juga sedang dalam tahap pembangunan untuk dijadikan sebagai Bandar Udara provinsi dan pintu gerbang Kalimantan Utara.

Juwata akan menjadi penghubung bagi semua bandara domestik dan perintis yang terdapat di Kalimantan Utara.

Fakta lainnya adalah, Juwata merupakan Bandar Udara pertama di Indonesia yang menerapkan sistem Green Airport  saat pengisian bahan bakar.

2. Bandar Udara Long Ampung – Malinau

Long Ampung Airport

Long Ampung Airport – foto Eno Elbika Mahodim

Bandara  Long Ampung adalah sebuah bandara yang terletak di Desa Long Apung, Kecamatan Kayan Selatan, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara.

Landasan pacu yang dimiliki Long Apung, adalah  1.600 m x 30 m Dan wacana kedepannya adalah akan menjadi 2.135 m x 45 m.

Untuk mencapai Bandar Udara di Kalimantan Utara ini dapat menggunakan transportasi umum seperti Angkutan Kabupaten Malinau, dan beberapa bus umum.

Diantaranya seperti, Shantika, Harapan Jaya dan Damri, serta mobil travel atau ojek.

Sedangkan maskapai dan destinasi yang melayani Bandar Udara Long Ampung, adalah Susi Air, dengan rute Samarinda, Tanjung Selor dan Tarakan.

3. Bandara Tanjung Harapan – Tanjung Selor

Bandar Udara Tanjung Harapan, Tanjung Selor - Kalimantan Utara

Bandar Udara Tanjung Harapan, Tanjung Selor – Kalimantan Utara

Bandar Udara Tanjung Harapan adalah salah satu Bandar Udara di Kalimantan Utara yang berlokasi di Tanjung Selor Hilir, kota Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Timur 77215.

Bandar Udara Tanjung Harapan merupakan salah satu dari pintu gerbang Ibu kota Kalimantan utara yang akan segera dikembangkan landasan pacunya.

Dari yang awalnya hanya berukuran 1600 m, hingga menjadi 2.500 m, dan dapat nantinya Bandar Udara Tanjung Harapan didarati oleh pesawat jenis ATR-72.

Selain itu, Bandar Udara Tanjung Harapan ini juga sudah diwacanakan untuk melayani penerbangan internasional, dan berubah status menjadi Bandara Internasional.

4. Bandar Udara Robert Atty Bessing – Malinau

Bandar Udara Robert Atty Bessing

Bandar Udara Robert Atty Bessing – foto Iwan Rahady

Bandar Udara di Kalimantan Utara berikutnya adalah Bandara Robert Atty Bessing atau yang dulunya dikenal sebagai Bandar Udara Kolonel R.A. Bessing.

Bandar Udara Robert Atty Bessing ini terletak di Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara yang memiliki  landasan pacu yakni  1.610 m x 30 m.

Lokasi Bandar Udara Robert Atty Bessing ini terletak sekitar 2 km dari pusat Kota Malinau.

Bandara ini dioperasikan oleh beberapa Instansi Pemerinta. Yaitu, Dinas Perhubungan Pemerintah Kabupaten Malinau, Unit Penyelenggara Bandar Udara, dan Kantor Cabang Pembantu PERUM LPPNPI AIRNAV.

Bandar Udara Robert Atty Bessing ini melayani penerbangan dari berbagai maskapai.

Diantaranya adalah Wings Air, Xpress Air, Susi Air dan MAF. Jenis  ATR 42 dan ATR 72 yang merupakan pesawat komersial terbesar yang landing di bandara ini dan pengoperasiannya dilakukan oleh Xpress dan Wings Air.

5. Bandar Udara Yuvai Semaring – Nunukan

Bandar Udara Yuvai Semaring, Nunukan - Kalimantan Utara

Bandar Udara Yuvai Semaring, Nunukan – Kalimantan Utara

Yuvai Semaring adalah nama sebuah bandar udara yang terletak di Desa Long Bawan, Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Bandar udara Yuvai Semaring ini memiliki ukuran landasan pacu sekitar 1600 m x 30 m.

Bandar udara Yuvai Semaring  ini juga menjadi satu-satunya akses transportasi masyarakat Krayan dan skitarnya.

tahun 2019, Bandar Udara di Kalimantan Utara ini telah mengalami berbagai pengembangan yakni meliputi pembangunan terminal baru dua lantai, serta perpanjangan landasan pacunya menjadi 1.600 m x 30 m.

Dengan pengemangan  tersebut maka Bandara Yuvai Semaring sudah dapat didarati oleh jenis pesawat berbadan sedang seperti ATR-42.

Pesawat ini dapat mengangkut penumpang lebih banyak. Selain itu jumlah maskapai yang singgah di Krayan juga menjadi  lebih banyak lagi.

6. Bandar Udara Nunukan

Bandar Udara Nunukan

Bandar Udara Nunukan – foto ig majalahbandara

Bandar Udara Nunukan adalah salah satu Bandar Udara di Kalimantan Utara yang juga kini tengah dikembangkan karena berada dekat perbatasan.

Bandar Udara Nunukan  atau yang bernama lain Bandar Udara Internasional Sutanto adalah bandar udara yang terletak di Kabupaten Nunukan, pulau nunukan, Provinsi Kalimantan Utara.

Bandar Udara Nunukan ini memiliki ukuran landasan pacu 1.800 m x 30 m. Jarak dari pusat kota Nunukan sekitar 1 km.

Beberapa maskpai yang beroperasi di Bandar Udara Nunukan diantaranya Kal Star Aviation dengan rute ke Berau, Samarinda dan Tarakan atau pesawat Susi Air Binuang dengan rutee kke Long Bawan, Long Layu, Malinau dan juga Tarakan.

Baca Juga: mengenal kerajaan tidung dan sejarahnya

Demikian ulasan seputar daftar Bandar Udara di Kalimantan Utara. Semoga dapat bermanfaat, bagi kamu yang sedang merencanakan perjalanan ke Kalimantan Utara.

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of