Trip ke Teluk Triton Kaimana, Catat Destinasi Dan Biayanya

Perjalanan saya kali ini sangat menarik dan seru karena saya bersama teman saya Juandi, berkesempatan untuk berkunjung ke sebuah Teluk yang berada di kawasan pesisir Pulau Papua.

Teluk ini tepatnya berada di Kabupaten Kaimana, provinsi Papua Barat bernama teluk Triton Kaimana.

Meski namanya tidak setenar Raja Ampat, Namun keindahan yang dimiliki oleh kawasan wisata Teluk Triton Kaimana tak kalah indahnya jika harus bersaing dengan Raja Ampat atau wisata lainnya di Papua.

Seperti wisata bahari di Indonesia yang terkenal dengan keindahan dan kekayaan bawah lautnya, Teluk Triton juga menyimpan berbagai macam keindahan dan kekayaan alam.

Baca juga : Serunya Backpackeran ke Taman Nasional Tanjung Puting di Kalimantan

Trip ke Teluk Triton Kaimana

Trip ke Teluk Triton Kaimana

Sama-sama memiliki Banyak gugusan kepulauan karang yang mengelilingi sebuah Kawasan, Teluk Triton Kaimana juga menjadi salah satu wisata andalan Papua yang sebenarnya namanya sudah mendunia.

Khusunya dikalangan pecinta Diving, Sailing hingga penikmat wisata alam, budaya dan sejarah.

Apalagi kawasan wisata Teluk Triton Kaimana ini masih bisa dibilang jarang dikunjungi karena lokasinya yang jauh sehingga terasa sangat private dan masih istimewa.

Cara Menju Kaimana

Pelabuhan Kaimana

Pelabuhan Kaimana

Bukan hanya terkenal dengan keindahan wisata dan alamnya seperti Teluk Triton saja, Kaimana juga menjadi salah satu deretan Kota besar di pesisir Pulai Papua yang menurut saya sangat aman untuk dikunjungi.

Kota Kaimana yang damai dan nyaman ini dihuni oleh lebih dari 17 ribu jiwa dan menjadi pusat ekonomi serta pemerintahan Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat.

Sedangkan secara keseluruhan, jumlah penduduk Kabupaten Kaimana mencapai lebih dari 64.000 jiwa.

Baca juga :

Kantor Bupati Kaimana

Kantor Bupati Kaimana

Meski berada di Papua, namun Agama Muslim adalah agama mayoritas bagi warga yang berada di kota Kaimana yakni lebih dari 51%.

Tak heran jika ada banyak Masjid besar yang bisa kita jumpai diberbagai sudut kota Kaimana, terutama didekat Pelabuhan atau Pasar.

Tetapi secara mayoritas penduduk Kabupaten Kaiman, Agama Nasrani masih mendominasi kabupaten Kaimana yakni 57%.

Baca juga : Rekomendasi lokasi prawed di Masjid yang Indah di Indonesia

Masjid di Kaimana

Masjid di Kaimana

Selain menggunakan pesawat, Untuk menuju ke Kaimana, Kita juga bisa naik Kapal laut.

Seperti naik kapal Pelni atau kapal pelyaran Indonesia dan juga kapal Sabuk Nusantara atau yang biasa disebut Kapal Tol Laut.

Jika naik kapal Pelni, kalian bisa naik kapal Pelni KM Nggapulu yang diberangkatkan dari Jakarta atau Surabaya.

Untuk keberangkatan dari Jakarta sendiri harga tiketnya yakni Rp 740.000 selama 6 Hari.Dan JIka dari Surabaya Harga Tiketnya sekitar Rp 600.000 selama 5 Hari.

Baca juga : Catat Jadwal kapal pelni dari Kaimana dan harga tiketnya

kapal pelni

kapal pelni

Selain kapal Pelni KM Nggapulu, Kalian Juga bisa Naik Kapal Pelni KM Tidar yang biasa diberangktkan dari kota Makassar dengan harga TIket sekitar 350.000 selama 4 Hari.

Nantinya kapal pelni KM Tidar atau kapal pelni KM Nggapulu ini akan singgah di beberapa kota di Maluku seperti di kota Ambon, Banda Neira, Tual Kei dan Dobo.

Jika kalian dari arah Bitung, kalian juga bisa naik Kapal Tatamailau yang mana kapal ini biasanya akan menyinggahi beberapa kota seperti kota Tidore, Sorong dan Fakfak.

Tak hanya naik Kapal Pelni saja, Kalian bisa juga naik Kapal Tol Laut atau kapal Sabuk Nusantara dari berbagai kota seperti dari pulau Maluku & kota Papua lainnya.

Lokasi Teluk Triton Kaiaman

Lokasi Kabupaten Kaimana

Lokasi Kabupaten Kaimana

Teluk Triton terletak di Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat, Indonesia atau yang terkenal dengan sebutan Kota Senja Kaimana.

Untuk samapi di Teluk Triton Kaimana ini, kita harus menyewa kapal atau speed boat dari pusat kota Kaimana.

Hal ini dikarenakan belum ada angkutan umum yang bisa membawa wisatawan menuju kawasan Teluk Triton Kaimana.

Dari pelabuhan kota Kaimana dibutuhkan waktu sekitar 2-3 jam perjalanan dengan menggunakan speed boat.

Karena saya mempunyai teman di Kaimana, akhirnya saya dibantu mereka mencari kapal sewa berupa speed boat yang mau mengantar saya keliling wisata di Kaimana.

Ada Jordi, Ako, Onco dan Rizal yang menemani saya dan Juan Eksplore Triton Bay Kaimana.

Saya menyewa speed boat seharga 4.000.000 / hari yang sebenarnya speed booat tersebut bisa doiisi hingg 12 orang.

Untuk keberangkatanya, saya naik dari pelabuhan dekat dengan rumah Ako yang berada di dekat Pukesmas Lama Kaimana.

Penginapan di Teluk Triton Kaimana

penginapan di Teluk Triton Kaimana

penginapan di Teluk Triton Kaimana

Bagi kalian yang akan berkunjung ke kawasan Teluk Triton Kaimana, kalian tak perlu khawatir soal penginapannya karena di sini sudah banyak resort yang tersedia.

Yah meski harga resrt di Teluk Triton Kaimana ini bisa dibilang cukup mahal, namun akan sebanding dengan fasilitas dan pemandangan alam yang disuguhkan.

Salah satu resort di Kawasan Triton yang menurut saya bisa direkomendasikan adalah di AEVA RESORT dan Triton Bay Divers Resort.

aeva resort di Teluk Triton Kaimana

aeva resort di Teluk Triton Kaimana

Untuk Resort Aeva ini terdiri dari beberapa kelas dan juga harganya cukup beragam yakni mulai dari Rp 700.000 hingga 3.500.000 / Malam untuk 1 Ruangan yang bisa diisi 2-4 orang.

Sedangkan untuk harga atau biaya penginapa di Triton Bay Divers Resort adalah mulai dari Rp 1.000.000 – 3.500.000 / malam per orang dan sudah termasuk beberapa paket wisata yang diberikan.

Sebenarnya harga resort di atas tentunya masih bisa disesuaikan dan dinegosiasikan, terutama jika kalian ingin menginap dalam jangka waktu yang lama.

Triton Bay Resort

Triton Bay Divers Resort

Oh ya, Tidak ada angkutan umum yang bisa membawa kalian kesini kecuali kalian menyewa kamar dan nantinya kalian akan dijemput langsung dari kota Kaimana menggunakan Speed Boat mereka.

Apalagi kedua resort ini sangat private dan tidak bisa sembarangan orang bisa masuk kecuali tamu atau ada orang dalamnya.

Soal Fasilitas, tentunya kalian gak perlu meragukanya lagi karena akan dilayani dengan sangat baik selama berada disana.

Dan untuk pemandangan disekitarnya, rasanya tak perlu dijelaskan lagi karena kemanapun mata memandang, semua keindahan alam terbentang dengan jelas secara langsung.

Buat kalian yang masih sedang hangat-hangatnya memadu kasih, Kedua Resort ini juga bisa menjadi tempat yang pas buat kalian datangi untuk menghabiskan waktu dan uang pasangan kalian.

Destinasi Wisata di Teluk Triton Kaimana

wisata di Teluk Triton Kaimana

wisata di Teluk Triton Kaimana

Selama diperjalanan menuju kawasan Teluk Triton Kaimana, kita akan melihat banyak sekali pemandangan indah berupa bebatuan karang yang terpisah membentuk pulau kecil dan tersebar diarea lautan.

Lautan yang luas bewarn biru dan hijau toscha mengiri perjalanan kita ditemani lautan awan yang putih dan langit biru.

Tak hanya itu saja, kita bisa melihat deretan pantai indah berpasir halus. Apalagi landskap alam disekitar are Teluk Triton Kaimana sangat memanjakan mata.

Kawasan Triton ini juga dikenal dengan keindahan bawah air, kekayaan biota lautnya, serta budayanya yang bersejarah.

Teluk Triton ini juga dijuluki “The Lost Paradise” oleh para wisatawan karena lokasinya yang sangat jauh terpencil namun menyimpan segundang keindahan dan keistimewaan.

Beberapa destinasi wisata yang berada dikawasan Teluk Triton Kaimana yang sering dikunjungi wisatawan diantaranya adalah :

1. Terumbu Karang Teluk Triton

Teluk Triton Kaimana

Teluk Triton Kaimana

Selain terkenal dengan gugusan kepulauan yang tersebar di area teluk, Triton Kaimana juga terkenal karna keindahan taman bawah launtnya yakni memiliki 959 jenis ikan karang.

Bahkan diantra beragam jenis karang tersebut ada juga sekitar 471 jenis karang langka yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Di teluk Triton juga terdapat sekitar 27 jenis udang lobster dan penyu hijau.

Ada banyak spot diving yang berada di Teluk Triton Kaimana. Beberapa spot snorkling dan diving tersebut diantaranya adalah :

2. Melihat whale shark di Teluk Triton

whale shark

whale shark

Tak hanya karang yang indah saja yang bisa kita lihat. Pemandangan lainnya yang tak kalah menakjubkanya adalah adanya Hiu Paus atau whale shark yang banyak tersebar diarea Teluk Triton Kaimana.

Hiu Paus tersebut tidaklah berbahaya dan cukup jinak karena sering berinteraksi dengan wisatawan atau nelayan yang mencari ikan.

Biasanya untuk melihat hiu paus tersebut, kita harus mendatangi bagan atau tempat pengumpul ikan yang berada ditengah lautan.

Hal ini dikarenakan, hiu paus sering singgah ke bagan untuk mencari makanan bekas para nelayan mebuang ikan yang tidak digunakan atau di jual.

3. Pantai Pasir Putih di Teluk Triton

pantai di Teluk Triton Kaimana

pantai di Teluk Triton Kaimana

Selain pemandangan bawah lautnynya yang indah, Teluk Triton Kaimana juga memiliki pemandangan alam atau landskap yang tak diragukan lagi.

Bahkan Soal keindahan Pantainya, rasanya semua pantai di Teluk Triton Kaimana memiliki pantai yang berpasir putih.

Saya merasa hampir semua pantai yang ada di Teluk Triton ini sangat indah karena pasirnya bersih, putih dan lembut seperti tepung.

4. Pantai Pink Kaimana

Pantai Pasir Pink Teluk Triton Kaimana

Pantai Pasir Pink Teluk Triton Kaimana

Di kawasan Teluk Triton Kaimana juga ada Pantai Pasir Pink yang sangat indah memikat mata sama seperti dikawasan NTT atau NTB.

Meski kawasan pantai pasir pink ini tidak terlalu luas dan panjang karena diapit oleh beberapa tebing atau karang, namun warna pinknya terlihat begitu jelas dan sangat mencolok diantara birunya lautan dan hijaunya pepohonan disekitarnya.

Lokasinya sendiri masih disekitaran teluk Triton Kaimana.

Jadi buat kalian yang akan explore kawasan Triton Bay, bisa langsung singgah atau memasukan pantai berpasir pink ini kedalam destinasi tujuan kalian.

Di Indonesia sendiri ada banyak pantai yang memiliki pasir bewarna pink.

Biasanya warna Pink ini muncul karena campuran pasir atau karang dan binatang laut disekitarnya yang bewarna Pink.

Baca juga : Melihat pantai Pink Bima Pantai Pink terindah di Indonesia

pantai pink Teluk Triton Kaimana

pantai pink Teluk Triton Kaimana

Nah biasanya jika akhir pekan, ada banyak warga Kaimana yang sengaja menyewa perahu untuk bermain di pantai berpasir pink ini.

Yah kalo soal pantai dengan pasir putih dan lembut sudah sangat biasa bagi warga Kaimana jadi pasir berwarna pink inilah yang sangat memikat mereka.

Foraminifera atau Foram adalah plankton mikroskopis yang kerabat tertuanya muncul di lautan hampir satu miliar tahun yang lalu.

Foram sendiri memiliki warna sedikit oranye atau koral yang kemudian bercampur dengan pasir di pantai.

Cangkang-cangkang kerang yang sudah pecah kemudian terbawa oleh ombak ke pesisir pantai.

Pecahan cangkang kerang tersebut kemudian bercampur dengan pasir putih yang berasal dari batuan kapur di sekitar pantai.

Itulah mengapa warna pasir di Pink Beach menjadi warna merah muda.

4. Wisata Sejarah di Teluk Triton Kaimana

Tebing Maimai

Tebing Maimai Kaimana

Tak hanya wisata alam yang bisa kita nikmati di teluk Kaiaman ini. Destinasi wisata di Teluk Triton Kaimana juga ada wisata Sejarah berupa Lukisan Telapak Tangan yang tergambar didinding karang atau biasa disebut Tebing Maimai.

Pada tebing Maimai terdapat lukisan sepanjang 1 km dengan ketinggian 10 meter dari permukaan laut yang konon merupakan hasil karya kuno prasejarah.

Lukisan ini perkirakan dibuat pada zaman mesolikum namun masih bisa terlihat dengan jelas hingga sekarang.

Lukisan tersebut sangat unik dan penuh dengan berbagai cerita yang menggambarkan peradaban pada masa silam.

Goa Bersejarah di Kaimana

Goa Bersejarah di Kaimana

Beberapa lukisan yang menurut saya cukup unik adalah lukisan berbagai jenis ikan, lukisan telapak tangan hingga beberapa lukisan singkat tentang pemburuan hewan.

Bahkan di teuk Troton ini ada sebuah Goa persembunyian warga setempat yang berada ditengah laut semasa Perang Dunia melawan penjajahan.

5. Kampung Adat di Teluk Triton Kaimana

Kampung Namatota

Kampung Namatota

Teluk Triton Kaimana juga tak hanya sekedar menyuguhkan wisata alam saja, namun juga wisata desa adat seperti kampung Namatota yang sudah sangat melegenda.

Kampung ini menjadi salah satu kampung tertua dan berbudaya yang ada di kawasan Teluk Triton Kaimana.

Disini kita bisa melihat beberapa makam kuno dan meriam kuno yang sudah ada sejak lama.

Makam kramat tersebut menjadi tanda bahwa kampung Namatota merupakan tempat bersejarah bagi Kaimana dimasa silam.

Tak hanya kental dengan sejarah dan budayanya saja, kampung Namatota juga memiliki bentangan alam dan pemandangan alam yang indah.

6 . Puncak Teluk Triton Kaimana

puncak Teluk Triton Kaimana

puncak Teluk Triton Kaimana

puncak Triton Kaimana

puncak Triton Kaimana

Jika ingin melihat keindahan gugusan kepulauan Teluk Triton Kaimana, kalian bisa melihatnya dari atas puncak Teluk Triton.

Namun butuh perjuangan untuk bisa sampai ke puncaknya. Bahkan perjuangan yang cukup melelahkan harus kalian lalui terlebih dahulu.

Kita harus meniti ribuan anak tangga yang terbuat dari kayu selama hampir 1 jam.

Catat Jadwal kapal dari Surabaya ke Labuan Bajo dan harga tiketnya

puncak Teluk Triton Kaimana

puncak Teluk Triton Kaimana

Tapi tenang saja, karena tangga kayu ini berada ditengah hutan dan banyak pepohonan jadi kita tidak akan kepanasan.

Diatas puncak Triton ini juga sudah tersedia saung atau Gazebo untuk tempat beristirahat atau berteduh wisatawan sehingga lebih aman.

Sayangnya tidak ada toilet atau tempat buang hajat terutama jika ingin pipis atau BAB. Yah namanya alam jadi kalo kalian kebelet, bisa buang langsung di alam.

Oh ya jangan lupa, untuk masuk ke puncak Triton ini kita harus membayar retribusi yakni Rp 10.000 saja per pengunjung. Murah sekali bukan.

Puncak Teluk Triton

Puncak Teluk Triton

**

Sebenarnya, masih ada banyak lagi destinasi wisata lainnya dikawasan Teluk Triton Kaimana yang bisa kalian kunjungi.

Namun kembali lagi, destinasi wisata tersebut memerlukan waktu dan biaya yang lebih besar lagi karena pertimbangan biaya BBM kapal yang cukup mahal dan jarak tempuh yang cukup jauh.

Oh ya, perjalanan seru saya selama Eksplore Teluk Triton Kaimana ini tentunya ditemani oleh temen-temen dari kaimana.

Teman-teman Trip Kaiamana

Teman-teman Trip Kaiamana

Terima kasih buat Onyo, Jordi, Rizal dan Ako yang dengan senang hati membantu dan menemani saya mengunjungi Triton Kaiamana.

Buat kalian semua, Selamat berkunjung ke Teluk Triton Kaimana.

You may also like...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of