KATA OMED

7 tempat Wisata Kuningan Terbaru Yang Ngehits!

Wisata Kuningan – Kuningan merupakan salah satu kabupaten yang terdapat di Provinsi Jawa Barat. Sebuah Kabupaten yang memiliki sejuta panorama dan pesona alamnya yang sangat menakjubkan.

Sayangnya keindahan wisata di daerah Kuningan ini belum banyak terekspos karena beberapa tempat dari wisata wisata alamnya terletak di tempat yang tersembunyi.

Beberapa tempat spot foto yang dapat dijadikan selfie olah para pecinta media sosial berhasil mengangkat destinasi wisata di Kuningan ini menjadi hits di tahun 2020 ini.

Para milenial di tahun ini berhasil menangkap panorama di lokasi wisata di Kuningan menjadi Instagramable! Dan hanya dalam hitungan menit, Kota Kuningan tiba-tiba saja menjadi salah satu destinasi wisata kekinian yang wajib didatangi oleh Instagramer!

Baca Juga ya:

1. Telaga Nilem Kuningan

Telaga Nilem Kuningan

Telaga Nilem Kuningan – Photo By Cirebonbribin

Telaga yang memiliki kejernihan air di atas rata-rata ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Lokasi wisata di Kuningan ini memiliki udara yang sejuk dan menyegarkan.

Tempat yang ideal untuk menghindar dari dari polusi di perkotaan. Pemandangan alamnya yang indah sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Hanya dengan tiket masuk sebesar Rp 15.000 saja, kamu sudah dapat bersantai sembari menikmati keindahan alam yang menakjubkan. Lokasi wisata ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung yang cukup memadai.

Beberapa diantaranya seperti mushola, toilet, gazebo dan beberapa warung makan yang menawarkan sajian khas dan menggugah selera.

2. Bumi Perkemahan Ipukan Kuningan

Bumi Perkemahan Ipukan Kuningan

Bumi Perkemahan Ipukan Kuningan – Photo By Pinterest

Tempat camping ini berada di bawah kaki gunung Ciremai. Dengan hanya membayar tiket masuk seharga Rp 15 ribu dan bayar parkir sebesar Rp 5 ribu, kamu sudah dapat bermalam dan menikmati keindahan alam bumi perkemahan ini.

Pada pagi hari, kamu dapat menikmati matahari terbit dari arah timur yang keluar dari balik awan dan dari belakang gunung di sebelah timur.

Saat siang harinya, kamu pun akan langsung disuguhi oleh pemandangan Gunung Ciremai. Dan jika beruntung kamu dapat menjadi saksi akan adanya Elang Jawa yang sedang melintas mencari mangsa. Wow!

Pengalaman wisata seru belum berakhir sampai disitu saja, karena di malam hari kamu akan disuguhi pemandangan lampu kota dari pemukiman penduduk yang terletak jauh di bawah bukit perkemahan.

Pastinya akan memberikan pemandangan yang sensasional!

Disini juga terdapat fasilitas untuk outbond dan tempat-tempat khusus untuk berselfie ria dengan view pemandangan gunung Ciremai yang hijau.

Bagi kamu yang tidak ingin repot membawa perlengkapan camping, disini juga disediakan fasilitas tenda yang sudah didirikan untuk berkemah, termasuk kasurnya. Jadi tunggu apa lagi?

3. Curug Putri Kuningan

Curug Putri Kuningan

Curug Putri Kuningan – Photo By TripZilla Indonesia

Curug Putri merupakan sebuah air terjun yang terletak di kaki Gunung Ciremai. Air terjun ini menyuguhkan suasana yang masih asri dengan aliran air yang sangat menyegarkan.

Curug ini termasuk salah satu destinasi wisata yang viral di kalangan milenial dan masyarakat luas yang tinggal luar Kota Kuningan. Air terjunnya terkenal indah, sejuk dan luas buat berwisata air.

Untuk akses menuju curug, dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan motor ataupun mobil. Jadi terbilang mudah buat kamu yang ingin berkemah, main air, dan tentu saja ber selfie selfie ya!.

Lokasi wisata ini tergolong luas, dan memiliki berbagai fasilitas gazebo buat istirahat, dan juga rumah makan yang menyajikan berbagai hidangan.

4. Bukit Panembongan Kuningan

Bukit Panembongan Kuningan

Bukit Panembongan Kuningan – Photo By Instagram @Adhinug

Sebagai informasi, Bukit Panembongan awalnya merupakan Bumi Perkemahan.

Tapi setelah melihat animo masyarakat yang tinggi terhadap lokasi wisata ini, akhirnya untuk memanjakan para pengunjungnya, pengelola wisata ini pun menambahkan beberapa fasilitasnya.

Salah satu fasilitas yang viral di dunia maya adalah Tower Guludug yang merupakan sebuah gardu pandang. Tempat ini nya menjadi sangat ikonik, karena posisinya yang menjorok ke jurang.

Melalui gardu pandang ini juga, kamu dapat menikmati keindahan panorama alam Kota Kuningan dari ketinggian yang sangat memanjakan mata. Nggak heran kan, kalau akhirnya menjadi spot foto yang paling hits dan Instagramable!

5. Taman Nasional Gunung Ciremai Kuningan

Taman Nasional Gunung Ciremai Kuningan – Photo By Forester Act

Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat ini. Berada pada ketinggian 3078 mdpl, menjadikan tempat ini sebagai salah satu destinasi wisata di Kuningan menjadi gunung primadona di Pulau Jawa yang ngehits!

Medan pendakiannya yang dikenal menantang karena tanjakan dan kecuramannya ini, justru menjadi keunikan tersendiri bagi kamu yang menyukai wisata outdoor yang menantang dan memacu adrenalin.

Jika kamu melakukan pendakian, akan melewati beberapa zona yang berbeda, mulai dari perkebunan penduduk dan hutan pinus.

Selain itu kamu pun akan menemukan hutan pegunungan dengan hiasan pohon besar, hutan dataran tinggi yang banyak ditumbuhi semak belukar dan bunga edelweis, sampai dengan zona hamparan rumput yang luas.

Percaya deh, petualangan pendakian ini akan menjadi momen yang tidak akan begitu saja mudah terlupakan!

6. Taman Cisantana Kuningan

Taman Cisantana Kuningan

Taman Cisantana Kuningan – Photo By Nyero

Taman Cisantana awalnya merupakan tempat penambangan batu. Ada sebuah tebing bebatuan yang memang menjadi ikon dari lokasi wisata Taman Cisantana ini.

Tebing batu besar yang menjulang tinggi dan memanjang serta tanaman kaktus yang tumbuh di sekitarnya, menjadi tempat favorit sebagai spot selfie yang Instagramable.

Untuk mendapatkan banyak spot foto menarik dan pemandangan yang indah, kamu hanya perlu mengeluarkan uang Rp. 12.000 saja.

Tiket masuknya adalah Rp. 10.000 dan tarif parkirnya hanya Rp. 2000. Jam buka di taman ini adalah setiap hari mulai jam 08.30 sampai 17.30 WIB.

Baca Juga ya:

7. Curug Bangkong Kuningan

Curug Bangkong di kuningan

Curug Bangkong di kuningan – foto ig @java_boy08

Curug Bangkong, pernah kamu mendengar nama air terjun ini? Namanya sangatlah unik dan lokasinya bisa dibilang cukup tersembunyi. Lokasi air terjun ini berada di Kuningan, Jawa Barat. Apa saja sih keunikan dari air terjun tersembunyi ini?

Curung Bangkong merupakan sebuah air terjun yang terletak di Desa Kertawirama, Kecamatan Nusaherang, Kertawirama, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Adapun sedikit keunikan dari nama Curug Bangkong. Bangkong sendiri dalam Bahasa Sunda memiliki arti hewan kodok. Konon, di lokasi air terjun ini banyak sekali kodok yang tinggal dan berkembang biak.

Selain jumlah yang banyak, ukuran mereka pun besar-besar. Namun, ada kisah lain yang juga dianggap menjadi asal muasal nama Curug Bangkong.

**

Ketika kamu berkunjung, sebaiknya menyempatkan diri menaiki tebing batu yang ikonik, untuk mendapatkan keindahan pemandangan yang maksimal.  Untuk menaiki tebing tersebut, sudah disediakan akses jalan menuju tebing tersebut.

Satu hal lagi menarik adalah dari atas tebing batu yang menjulang tinggi tersebut, kamu juga bisa menangkap momen keindahan pemandangan kelopak bunga matahari yang berada di tengah taman.

Dari balik layar kamera kamu tentunya!.

Selamat berlibur!

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of