KATA OMED

Lokasi Wisata Gunung Putri Garut dan Harga Tiketnya

Published · Updated

Bukit Parama Satwika merupakan lokasi wisata yang berada di Lokasi Gunung Putri, yang masuk dalam wilayah Kabupaten Garut. Lokasi wisata ini sangat indah dan memiliki udara yang sangat sejuk dan cukup dingin, karena lokasinya yang berada di 1.450 mdpl.

Pada mulanya area wisata ini pernah diuji coba sebagai landasan terbang olahraga ekstrim paralayang dan gantole.

Namun seiring berjalannya waktu, pengunjung yang datang pun mengalami peningkatan setiap tahunnya. Dan saat ini lokasi wisata di Gunung Putri Garut ini berubah menjadi kawasan wisata alam.

Bukit Parama Satwika di Gunung Putri Garut

Gunung Putri Garut jawa barat

Gunung Putri Garut jawa barat – foto milik @rizki_aditya17

Pamor Bukit Parama Satwika terus berkibar dalam dua tahun terakhir. Ribuan pengunjung yang datang mengalami peningkatan yang cukup signifikan setiap bulannya, menjadikan kawasan wisata Gunung putri menjadi wisata nomor satu di Kota Garut.

Akses menuju Bukit Parama Satwika ini cukup mudah ditempuh, dari segi transportasi menuju basecamp ataupun perjalanan menuju puncak bukitnya.

Kawasan wisata Gunung Putri Garut memang sudah sejak lama menjadi sebuah tempat wisata ketinggian yang menarik banyak wisatawan karena keindahan alam dan pemandangan yang disuguhkan.

Baca juga ya :

pemandangan di Gunung Putri Garut

pemandangan di Gunung Putri Garut – foto milik @lilisnurfadila

Dari puncak Gunung Putri Garut ini kita bisa melihat hamparan savana dan perbukitan yang menghijau dari area sekitarnya apalagi banyak pemain paralayang yang menerbangkan paralayangnya dari kawasan ini menambah kesan istimewa dan unik tersendiri.

Baca Juga Ya:

Aktivitas Wisata di Gunung Putri Garut

Berikut ini beberapa aktifita sseru yang bisa kalian lakukan saat berada dikawasan wisata Bukit Parama Satwika Gunung Putri Garut Jawa Barat.

1. Paralayang di Gunung Putri Garut

Paralayang Gunung Putri Garut – Photo by Liputan6.com

Selain memiliki julukan sebagai Kota Dodol, Kota Domba dan Kota Coklat, ternyata Garut dikenal juga sebagai Kota Paralayang.

Bukit Parama Satwika pernah dijadikan sebagai lokasi diadakannya lomba cabang olahraga paralayang dan gantole di tahun 2018.

2. Bersepeda di kawasan Gunung Putri Garut

Bersepeda Gunung Putri Garut – Photo by line today

Mengayuh sepeda di ketinggian 1.450 meter di atas permukaan laut, kawasan perbukitan Gunung Putri, Garut, Jawa Barat, memang memberikan sensasi tersendiri. Selain sejuk, alamnya yang terbilang asri, bakal menyuguhkan nuansa berbeda.

Bagi anda yang ingin menikmati sensasi bersepeda ria di puncak bukit, kendaraan roda dua kamu dapat diangkut mobil penduduk sekitar, hingga pos terakhir yang akan menjadi awal perjalanan bagi setiap pengunjung. Akan ada pemandu yang akan mengarahkan perjalanan ke rute yang dapat dilalui.

Di sepanjang perjalanan para pengunjung mulai dapat menikmati pemandangan dengan bersepeda di kawasan perbukitan kawasan Gunung Putri. Daerah yang akan dilewati meliputi deretan lahan pertanian palawija dan hortikultura milik petani setempat.

sepedaan ke puncak Gunung Putri Garut

sepedaan ke puncak Gunung Putri Garut – foto ig @donnysfajari

Para pesepeda sesekali dapat berhenti di beberapa warung milik warga sambil beristirahat dan menikmati suguhan kopi hangat dan makanan ringan.

Para pesepeda memang dianjurkan untuk dapat mempersiapkan fisik yang tangguh, persiapkan mental dan teknik memacu sepeda yang terampil.

Rute yang dilewati memang akan cukup menguras tenaga karena jalanan yang bergelombang, dan menanjak. Tekstur tanah di daerah tersebut merupakan tanah merah yang bercampur pasir yang terbilang licin.

Namun kondisi terjal itu, sebanding dengan pemandangan indah yang dapat dinikmati sepanjang rute menuju puncak bukit.

3. Menikmati Pemandangan dari Gunung Putri Garut

Gunung Putri Garut

Gunung Putri Garut – foto ig @iki_andria

Banyak hal yang bisa kita lakukan dari puncak Bukit Parama Satwika, salah satunya seperti menikmati pemandangan sambil memandangi bintang di malam hari merupakan fenomena tersendiri.

Berselfie ria dengan latar belakang Kota Garut yang indah dan menikmati matahari terbit dan terbenam merupakan salah satu kegiatan lainnya yang dapat dilakukan di lokasi wisata ini.

4. Mendaki & Camping DI Gunung Putri Garut

Mendaki Gunung Putri Garut – Photo by Gentra Periangan

Berada di Gunung Putri yang merupakan gunung yang cukup tinggi di Garut sudah menjadi lokasi favorit sebagai jalur pendakian dan camping bagi para pecinta alam.

Tentu saja ada juga lokasi pendakian dan camping  lainnya yang berdekatan seperti Gunung Papandayan, Gunung Cikuray dan Bukit Jompong.

camping di Gunung Putri Garut

camping di Gunung Putri Garut – Foto @sahrulimam__

Camping di Gunung Putri Garut memberikan keseruan tersendiri. selain karena pemandangan alam dan sunrise yang disuguhkan, pemandangan lainnya dari Gunung Putri Garut  adalah citylight kota Garut yang sangat terlihat jelas dari area camp.

Bahkan saat terang malam hari, bulan dengan cahayanya yang temarah memberikan kesan seolah kawasan ini adalah tempat camp yang sangat romantis dan istimewa.

Lokasi Wisata Gunung Putri Garut

wisata ke Gunung Putri Garut

wisata ke Gunung Putri Garut – foto ig @wigunabudisatria

Gunung Putri Garut atau kawasan wisata puncak Bukit Parama Satwika berada di Desa Mekarjaya, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat.

Untuk bisa sampai di kawasan puncak Bukit Parama Satwika, Jalurnya yang cukup ekstrim dapat dilalui dari tiga rute jalan masuk, yakni melalui pintu masuk Rancabango dan melalui jalan raya kecamatan Samarang Garut.

Kalian juga bisa mengikuti lokasi puncak Bukit Parama Satwika via maps dibawah ini :

Harga Tiket Masuk Gunung Putri Garut

Tertarik datang langsung melihat keindahan puncak Bukit Parama Satwika Gunung Putri Garut?

Nah berikut ini biaya yang harus kalian keluarkan untuk masuk kawasan wisataa Gunung Putri Garut.

sunrse di Gunung Putri Garut

sunrse di Gunung Putri Garut – foto ig @rafifshidiq036

Biaya Transportasi Naik Mobil bak terbuka sampai keatas adalah Rp. 5 000/pengunjung pada pagi hari dan Rp. 10.000 malam hari.

Sementara Harga Tiket Masuk kawasan dikenakan Rp. 15.000 / pengunjung dan Harga Tiket Parkir Motor dikenakan biaya Rp. 5000 / motor dan Rp 10.000 per mobil.

Harga tiket tersebut terbilang sangat murah apalagi dengan pemandangan keceh yang bisa kalian dapatkan saat berada dipuncak Bukit Parama Satwika di Gunung Putri Garut.

Baca Juga ya:

**

Nah, gimana menurut kamu tentang jalan-jalan kita kali ini ke Lokasi Gunung Putri di Garut? Semoga dapat membuat kamu tertarik untuk berkunjung ke tempat yang unik tersebut ya.

Selamat berlibur!

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of