Harga Tiket Curug Bangkong Kuningan dan Kisah Unik Asal Usulnya

Curug Bangkong, pernah kamu mendengar nama air terjun ini? Namanya sangatlah unik dan lokasinya bisa dibilang cukup tersembunyi.

Lokasi air terjun atau Curug Bangkong ini berada di Kuningan, Jawa Barat. Apa saja sih keunikan dari air terjun tersembunyi ini?

Curung Bangkong merupakan sebuah air terjun yang terletak di Desa Kertawirama, Kecamatan Nusaherang, Kertawirama, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Air terjun ini merupakan objek wisata yang dikelola oleh pemerintah desa setempat. Karena pengelolaan yang cukup baik, lokasi air terjun ini kini menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di kuningan.

Curug Bangkong kuningan

Curug Bangkong kuningan – foto ig @emirvan_

Suasana yang ditawarkan oleh Curug Bangkong Kuningan adalah suasana desa yang masih asri. Jalanan menuju Curug Bangkong sangat menyenangkan untuk dilewati.

Jalanan sangat terawat dan bersih. Perjalanan terasa nyaman karena udara terasa sejuk. Ditambah lagi, suasana pedesaan yang masih sangat alami. Jika berkunjung untuk wisata sejenak sangat cocok untuk relaksasi.

Baca juga : Info Lengkap Dan Rute Menuju Gunung Luhur Desa Citorek, Negri Diatas Awan Lebak Banten Yang Lagi Hits

Asal Usul Curug Bangkong

Curug Bangkong di kuningan

Curug Bangkong di kuningan – foto ig @java_boy08

Adapun sedikit keunikan dari nama Curug Bangkong. Bangkong sendiri dalam Bahasa Sunda memiliki arti hewan kodok. Konon, di lokasi air terjun ini banyak sekali kodok yang tinggal dan berkembang biak.

Selain jumlah yang banyak, ukuran mereka pun besar-besar. Namun, ada kisah lain yang juga dianggap menjadi asal muasal nama Curug Bangkong.

Kisah ini berhubungan dengan kisah seorang petapa. Petapa ini datang ke desa dan bergabung memajukan masyarakat sekitar. Suatu ketika, petapa ini pergi ke air terjun untuk bertapa.

Setelah beberapa waktu, petapa ini tak kunjung kembali ke desa. Hilangnya petapa ini bersamaan dengan suara bangkong atau katak sehingga dianggap petapa itu sudah menyempurnakan ilmunya.

Apa yang bisa dilakukan di Curug Bangkong

Curug Bangkong memiliki air terjun dengan ketinggian 15 meter dan lebar 3 meter. Keunikan lain dari air terjun ini adalah debit air yang cukup deras.

Curug Bangkong

Curug Bangkong lebih rapi dan tertata – foto ig @emirvan_

Meskipun saat musim kemarau tidak sederas musim hujan, namun debit airnya cukup untuk mengaliri sungai-sungai kecil di sekitarnya.

Dibawah air terjun terdapat kolam yang cukup besar. Bisa dibilang lokasi air terjun dan kolam ini sangat estetik. Sungai di dekat kolam pun bentuknya sangat unik. Ada semacam turunan atau air terjun mini yang cantik jika di potret.

Adapun saat musim hujan, aliran air lebih deras. Kondisi ini membuat sungai lebih penuh. Pengelola memanfaatkan kondisi ini sebagai wahana arung jeram.

Peralatan yang tersedia adalah ban. Ada juga petugas yang memastikan keamanan saat bermain di air.

wajah baru Curug Bangkong

wajah baru Curug Bangkong – foto ig @khoakinmanansala

Fasilitas yang tersedia di sekitar Curug Bangkong Kuningan ini juga cukup lengkap dan terawat dengan baik. Ada gazebo yang berguna untuk beristirahat dan menyimpan barang bawaaan.

Gazebo ini terbilang sangat dirawat oleh pengelola. Kebersihan dan keindahan masih sangat dijaga disini.

Kebersihan bisa terlihat dari sungai yang berada di pinggir jalan menuju air terjun. Sungai yang menjadi tempat bebatuan besar itu pun tidak nampak adanya sampah.

Ditambah juga dengan adanya suasana pedesaan yang alami yaitu sawah membuat perasaan jadi tenang. Apalagi jika musim banyak angin, sangat menyegarkan pikiran dari hiruk pikuk kota yang bising.

Lokasi dan Rute ke curug bangkong

lokasi Curug Bangkong

lokasi Curug Bangkong – foto ig @aleumdaun.official

Untuk menuju lokasi Curug Bangkong bisa menggunakan rute dari arah Kuningan ke Kadugede. Dari Kadugede berjalan sampai terminal dan menuju ke arah Kecamatan Nusaherang. Lalu dari kecamatan masuk ke arah Desa Cikadu.

Nah, dari sini tinggal mengikuti arah ke Objek Wisata Curug Bangkong.

Hanya saja ada yang menjadi pertimbangan adalah jalan menuju air terjun yang sempit. Karena kondisi jalan yang kecil, akan sulit jika membawa kendaraan roda empat.

Solusinya adalah parkir di luar kawasan air terjun dan dilanjutkan berjalan kaki. Jika menggunakan roda dua, bisa diparkir hanya sampai pintu masuk kawasan wisata.

Buat kalian yang merasa masih bingung , silahkan ikutin saja google maps menuju Curug Bangkong dibawah ini  :

Harga tiket Curug Bangkong dan jam buka

Curug Bangkong di kuningan – foto ig @aa_hits_official

Bagi kalian yang tertarik datang langsung melihat keindahan Curug Bangkong, kalian harus membayar tiket masuk yang bisa dibilang cukup murah dibanding curug-curug lainnya.

Untuk orang dewasa akan dikenakan biaa masuk Curug Bangkong adalah 5.000 rupiah dan anak-anak 2.000 rupiah. Harga tiket masuk Curug Bangkong tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.

Dan untuk Jam buka atau jam operasinal kaasan wisata Curug Bangkong ini adalah mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB sore.

Baca juga : Taman Pelangi Cirebon, Tempat wisata Malam yang Indah

Itulah sedikit tentang Curug Bangkong, Kabupaten Cirebon. Keunikan dan keindahannya bisa menjadi pilihan wisata untuk dikunjungi.

Namun yang perlu diingat adalah akses jalan yang berukuran kecil sehingga perlu stamina yang cukup untuk berjalan jauh. Meski pun sulit, tapi pemandangan yang disuguhkan sangat sepadan dan menyenangkan.

SElamat berlibur ke Curug Bangkong Kuningan.

You may also like...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of