KATA OMED

Air Terjun Sigerincing Merangin, Niagara mini dari Jambi

Published · Updated

Air terjun Sigerincing adalah salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga dan orang terdekat.

Suara jatuhnya air yang segar, jernih, dan pemandangan alam yang asri dapat memanjakan siapa saja yang berkunjung.

Baca juga : inilah 10 Taman Nasional Terluas di Indonesia dan penjelasanya

Air Terjun Sigerincing merangin

Air Terjun Sigerincing merangin – foto ig @algit.cakra

Sebagai salah satu destinasi wisata di Jambi, Air Terjun Sigerincing merupakan air terjun eksotis yang memiliki tinggi mencapai 60 meter dan pemandangan alam yang masih sangat asri dan hijau,

Lokasi dan Rute Menuju Air Terjun Sigerincing

Air Terjun Sigerincing tepatnya berada di Desa Tuo, Kecamatan Lembah Masurai, Kabupaten Meringin, Jambi. Letaknya yang jauh dari perkotaan membuat pemandangan di sekitar air terjun tampak asri dan cantik.

air terjun sigerincing

air terjun sigerincing – sumber : disparpora.meranginkab.go,id

Perjalanan dari kota Jambi sampai ke lokasi memakan waktu selama 7 jam. Meskipun begitu, banyak akses yang bisa memudahkan pengunjung untuk sampai ke tempat ini.

Terdapat beberapa angkutan umum dan travel yang bisa digunakan menuju lokasi. Pengunjung juga bisa menggunakan kendaraan pribadi.

Berikut merupakan rute yang di tempuh bagi pengunjung yang datang dari luar Kecamatan Lembah Masurai atau dari luar daerah Kabupaten Merangin.

gerbang menuju Air Terjun Sigerincing jambi

gerbang menuju Air Terjun Sigerincing jambi – foto g maps Fahrudin

Apabila pengunjung datang dari Kota Jambi, perjalanan akan melintasi Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi yang kemudian diteruskan ke Kota Bangko.

Pengunjung dapat beristirahat sejenak di kota Bangko dan kemudian melanjutkan perjalanan menuju Kecamatan Lembah Masurai dengan jalan yang bebelok-belok, waktu tempuh dari Kota Bangko kurang lebih 3 jam perjalanan.

Kendaraan dapat langsung menuju lokasi air terjun. Pengunjung harus memarkirkan kendaraan di lokasi khusus parkir di desa.

perjalanan menuju Air Terjun Sigerincing jambi

perjalanan menuju Air Terjun Sigerincing jambi – foto g maps Ridho Saputra TV

Setelah sampai ke desa, wisatawan harus berjalan melewati jalanan berkerikil, turunan yang curam, kemudian menuruni anak tangga agar bisa sampai ke lokasi. Pengunjung juga harus berhati-hati karena anak tangga dari beton yang licin dan berlumut.

Jika kalian masih bingung, kalian bisa ikuti googl emaps dibawah ini :

Baca juga : Lokasi dan Rute Menuju  Air Terjun Pulo Simo, Tempat Wisata di Kampar Ria

Pesona Air Terjun Sigerincing

air terjun sigerincing

air terjun sigerincing – sumber : redaksijambi.com

Meski cukup sulit, saat pengunjung sampai di Air Terjun Sigerincing, rasa lelah akan terbayarkan dengan pemandangan yang sejuk dan menenangkan.

Di dekat Air Terjun Sigerincing juga terdapat pembangkit listrik tenaga air yang di kelola oleh masyarakat sekitarnya untuk penerangan dusun yang ada di sekitar air terjun.

Air Terjun Sigerincing

Air Terjun Sigerincing – foto ig @andi_cuyy

Selain karena pemandangan sekitar yang masih hijau dan asri, bebatuan dan sungai yang jernih bisa memanjakan pengunjung.

Saking jernihnya air sungai, ikan-ikan yang berenang bebas pun dapat terlihat dari permukaan. Pengunjung juga bisa bermain air di kolam Air Terjun Sigerincing usai perjalanan jauh. Sumber mata air dari air terjun ini adalah dari Sungai Siau.

Fasilitas Air Terjun Sigerincing

air terjun sigerincing

air terjun sigerincing – sumber : makassar.terkini.id

Karena kurangnya perhatian dari pemerintah, fasilitas di Air Terjun Sigerincing ini masih sangat minim. Selain jalannya yang curam dan berbatu, fasilitas seperti kamar mandi, mushola, ataupun ruang ganti belum ditemukan di sini.

Jika ingin membeli makanan, para pengunjung bisa membelinya di Desa Tuo, karena di lokasi Air Terjun Sigerincing tidak tersedia warung atau kantin.

Di sekitar lokasi juga belum ditemukan adanya penginapan. Jika pengunjung ingin bermalam di lokasi, alternatifnya bisa mendirikan tenda dan berkemah.

Keindahan Air Terjun Sigerincing ini cocok sekali untuk berburu foto atau sekadar mengabadikan panorama alam yang indah.

Air Terjun Sigerincing jambi

Air Terjun Sigerincing jambi – foto ig @sulisnwty

Percikan air yang jatuh dari ketinggian 60 meter dan menghantam bebatuan ini terlihat seperti asap berwarna putih, menciptakan pemandangan yang memanjakan mata.

Selain itu, jika beruntung, pengunjung bisa menangkap fenomena pelangi yang tercipta akibat percikan air.

Udara sekitar begitu segar dan hawanya sejuk karena air terjun ini terletak di kaki gunung Masurai. Namun, meskipun menyuguhkan panorama yang indah, wisata Air Terjun Sigerincing ini masih sangat sepi pengunjung.

Rata-rata pengunjungnya hanya 15 orang per minggu, kecuali pada saat liburan akhir tahun atau lebaran. Wisata ini dibuka 24 jam dan tidak dipungut biaya tiket masuk.

Baca juga : inilah 10  Tari Adat Tradisonal Dari Sumatera Yang Terkenal

Air Terjun Sigerincing di merangin jambi

Air Terjun Sigerincing di merangin jambi – foto ig @denirezakrnwn

Bagi pengunjung yang akan berwisata ke Air Terjun Sigerincing diharapkan untuk menjaga kebersihan, karena tempatnya masih sangat asri dan belum tersentuh tangan jahil manusia.

Sebaiknya bawalah kantung plastik untuk tempat sampah jika membawa makanan atau minuman. Jangan lupa untuk berkunjung saat cuaca yang cerah dan jangan datang ketika cuaca sedang tidak bersahabat karena dapat membahayakan.

Bawa juga pakaian ganti karena sayang sekali jika sudah datang namun tidak bermain air di Air Terjun Sigerincing yang indah ini.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of