Lokasi dan Rute Menuju Air Terjun Pulo Simo, Tempat Wisata di Kampar Riau

Berwisata merupakan salah satu kegiatan yang bisa menjadi pilihan ketika punya waktu senggang. Salah satu wisata yang populer adalah wisata alam. Wisata alam bisa menjadi pilihan karena bisa menikmati pemandangan yang indah.

Pemandangan alam yang bisa dipilih adalah air terjun. Salah satunya air terjun ini yang berada di Provinsi Riau. Air terjun yang menjadi salah satu daya tarik dari Kabupaten Kampar ini bernama air terjun Pulo Simo.

Lokasi dan Rute ke Air Terjun Pulo Simo

Air Terjun Pulo Simo berlokasi di Desa Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Lokasi ini cukup mudah ditempuh lewat jalur darat.

Air Terjun Pulo Simo Kampar

Air Terjun Pulo Simo Kampar – foto milik @agus_mantoni

Perjalanan bisa ditempuh dalam waktu 3 jam dari Kota Pekanbaru. Tidak sulit untuk menemukan lokasi karena sudah terdapat petunjuk arah yang berukuran besar.

Untuk menuju air terjun Pulo Simo, bisa mengikuti rute jalur lintas Pekanbaru – Sumatera Utara. Lokasi air terjun ini berjarak 3 km sebelum perbatasan Riau – Sumatera Barat di Desa Tanjung Alai. Adapun lokasi ini juga dekat dengan wisata Candi Muara Takus.

Jika ingin mengkiuti Google Maps silahkan ikuti lokasi dibawah ini :

Perjalanan menuju air terjun tidaklah mudah. Sesampainya di lokasi ada lahan khusus parkir yang berada di bukit untuk kendaraan bermotor.

Selanjutnya, perjalanan ditempuh dengan berjalan kaki. Jalurnya berupa jalan turunan yang cukup licin dan curam. Namun di pinggirnya sudah dibatasi dengan pagar kayu. Jarak air terjun dari lahan parkir kurang lebih 300 meter.

Baca juga12 Sungai Terbesar dan Terpanjang di Sumatera

Pesona Air Terjun Pulo Simo

Air Terjun Pulo Simo

Air Terjun Pulo Simo – foto miik @ber_naed –

Pesona air terjun Pulo Simo adalah derasnya aliran air. Air terjun ini memiliki tinggi kurang lebih 12 meter berdasarkan info dari warga sekitar. Kedalaman air kolam mencapai 5 meter.

Hal yang bisa dinikmati saat berkunjung adalah berenang dan bermain air. Selain itu, perjalanan saat sampai di kawasan wisata ini sangat indah.

Alamnya masih terbilang asri yang memanjakan mata. Derasnya air yang jatuh ke bebatuan memberi nuansa keseruan. Kolam airnya pun menyenangkan untuk dipakai berenang.

Kawasan wisata Pulo Simo bisa dibilang merupakan kawasan yang kini diperhatikan oleh pemerintah sekitar. Salah satu usaha yang telah dilakukan yaitu bekerjasama dengan salah satu acara televisi MTMA (My Trip My Adventure). Bisa dilihat dari plang yang terpasang sebagai bukti.

Pulo Simo MTMA

Pulo Simo MTMA

Lokasi wisata ini ramai dikunjungi wisatawan terutama pada saat musim liburan dan akhir pekan. Pengujung tidak hanya dari warga sekitar Pekanbaru.

Ada juga pengunjung yang datang dari luar negeri seperti Jepang dan Jerman. Air terjun Pulo Lima memang sudah terkenal bagi masyarakat sekitar sehingga menjadi destinasi wisata populer.

Pulo Simo pun bukan sembarang nama yang diberikan. Asal nama ini yaitu bahasa daerah yang jika diartikan dengan Bahasa Indonesia yaitu Pulau Lima.

lokasi Air Terjun Pulo Simo

Air Terjun Pulo Simo – foto milik @arifaldo__

Konon, daerah tersebut pada zaman dahulu terdapat sebuah pulau bernama Pulau Lima. Akibat derasnya aliran air terjun, pulau ini pun hilang karena tertutup air yang menjadi bagian sungai Kampar.

Baca juga : Pesona Jembatan Siak Tengku Agung Sultanah Latifah di Riau

Ramainya pengunjung dan perhatian pemerintah setempat membuat lokasi ini menjadi ramai pedagang. Banyak wisatawan yang selesai bermain air, bersantai sejenak untuk membeli makanan.

Fasilitas lain yang tersedia adalah gubug yang berfungsi sebagai tempat untuk ganti baju. Biayanya 1000 rupiah saja.

Selain itu tersedia juga tempat sampah di berbagai sudut. Jadi, sebagai wisatawan yang baik tentu harus menjaga alam agar tetap lestari. Jangan lupa untuk membuang sampah pada tempatnya!

Air Terjun Pulo Simo

kolam pulo simo sumber : inforiau.co

Daftar Biaya yang dikeluarkan

Jika berminat untuk datang ke lokasi air terjun Pulo Ampar, ada beberapa biaya yang harus dikeluarkan. Daftar biaya tersebut bisa dilihat dibawah sini :

(dalam Rupiah)

Tiket Masuk                                          5.000 – 15.000 (Harga berganti-ganti)

Sewa Pelampung Sedang              5.000

Sewa Pelampung Besar                 10.000

Sewa Gubug Ganti                            1.000

Adapun hal lain yang harus diperhatikan adalah jam operasional yaitu jam 06.00 – 18.00 WIB

Air Terjun Pulo Simo, tempat wisata di kampar Riau – foto milik @wikyrahmayani

Itulah sedikit tentang air terjun Pulo Simo. Jika ingin berkunjung perhatikan waktu yang baik agar perjalanan nyaman. Apalagi kondisi jalur yang licin saat musim hujan. Ditambah aliran air tidak terlalu bagus saat musim hujan.

Selain itu kondisi hari libur juga bisa jadi pertimbangan. Saat musim liburan akan lebih padat karena ramai pengunjung.

sumber harga : lelungan.net  dan annafimuja.com

You may also like...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of