Info Biaya, Kendaraan Dan Cara Ke Kampung Adat Waerebo Di Flores

Kali Ini Saya Akan Berbagi Sedikit Tips Tentang Kunjungan Saya Ke Kampung Adat Paling Instagenik Di Indonesia Dan Juga Menjadi Kampung Adat Paling Mahal Di Indonesia Yakni Waerebo.

Waerebo Terletak Di Ketinggian 1000 Mdpl Dikelilingi Oleh Perbukitan Yang Sangat Asri. Wae Rebo Dinyatakan UNESCO Sebagai Warisan Budaya Dunia Pada Agustus 2012 lalu.

Saat Ini Waerebo Sudah Mulai Dibuka Untuk Umum. Tentunya Dengan Syarat Wajib Memakai Masker & Handsanitizer.

kampung adat waerebo

kampung adat waerebo

Salah Satu Hal Yang Menarik Dari Desa Wae Rebo Adalah Rumah Adatnya Yang Berbentuk Kerucut Dan Atapnya yang Terbuat Dari Daun Lontar.

Meski Kampung Adat Wairebo Ini Sudah Tidak Masuk Dalam Kategori Kampung Adat Yang Masih Tradisional Karena Sudah Terkontaminasi Dan Terpengaruh Dengan Dunia Luar Namun Mereka Masih Mempertahankan Banyak Hal Seperti Bentuk Rumah Adatnya Hingga Kebudayaanya.

Kampung Adat Wairebo Sudah Dialiri Listrik Yang Menyala Diwaktu Atau Jam Tertentu.

Kampung Ini Juga Sudah Dilengkapi Dengan Toilet Duduk Khas Rumah Diperkotaan Dan Bahkan Disekitar Kampung Adat Waerbo Sudah Banyak Rumah Seng Dengan Fasilitas Elektronik.

suasana di kampung adat waerebo

suasana di kampung adat waerebo

Ets Tapi Jangan Kecewa Dulu Karena Menurut Saya Meski Sudah Modern Dan Banyak Tersentuh Peradaban Baru Namun Nyantanya Kampung Adat Waerebo Masih Menjunjung Tinggi Kehidupan Yang Sederhana Dan Budaya-Budaya Leluhur Yang Masih Dipertahankan.

Bahkan Kampung Adat Waerebo Ini Masih Tetap Menjadi Daya Tarik Utama Ribuan Wisatawan Setiap Tahunnya Yang Sengaja Datang Dan Berkunjung Ke Flores Atau Labuan Bajo.

Lokasi Kampung Adat Waerebo

desa adat waerebo di flores

desa adat waerebo di flores

Kampung Adat Waerebo Merupakan Salah Satu Kampung Tradisional Paling Instagenik Di Indonesia Yang Terletak Di Kecamatan Satarmase Kabupaten Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Flores Provinsi Ntt.

Kampung Adat Wairebo Terletak Ditengah Hutan Rimba Yang Dikelilingi Perbukitan, Lembah Dan Hutan Yang Masih Sangat Alami. Tak Heran Jika Kita Datang Ke Kampung Adat Ini Serasa Memasuki Kawasan Peradadab Yang Hilang.

Secara Google Maps, Kampung Adat Wairebo Ini Bisa Kalian Ikuti Petunjuknya Melalui Arah Maps Berikut Ini :

Namun Saran Saya, Alangkah Baiknya Jika Kalian Yang Akan Datang Ke Wairebo Lebih Baik Bertanya Kepada Warga Dijalan Yang Kalian Lewati.

Selain Kadang Maps Terlalu Jauh Memberi Arahan Dan Juga Hilang Signal, Arahan Dari Warga Justru Jauh Lebih Membantu Ceat Sampai Ke Wairebo.

Cara Menuju Kampung Adat Waereo

hutan di kampung adat waerebo

hutan di kampung adat waerebo

Untuk Sampai Ke Desa Waerebo Bukan Hal Yang Mudah Karna Selain Jaraknya Yang Sangat Jauh, Biaya Yang Dikeluarkan Juga Cukup Mahal Dan Tentunya Membutuhkan Waktu Yang Cukup Lama.

Dari Pusat Kota Labuan Bajo Atau Ibu Kota Kabupaten Manggarai Barat Provinsi Ntt, Kita Masih Butuh Waktu Lebih Dari 4-6 Perjalanan Darat Menggunakan Motor Atau Mobil Menuju Desa Denge Atau Desa Dintor Yang Menjadi Gerbang Utama Menuju Kampung Adat Waerebo.

Yang Terpenting Kalian Harus Berangkat Pagi Hari Dari Labuan Bajo Agar Perjalanan Menuju Waerebo Tidak Kesorean. Saya Sendiri Biasanya Berangkat Paling Lambat Pukul 7 Pagi Dan Akan Tiba Di Desa Denge Sekitar Pukul 12 Siang.

kampung waerebo di flores

kampung waerebo di flores

Salah Satu Kelebihan Jika Naik Motor Ke Waerebo Adalah Kita Bisa Langsung Sampai Di Pos 1 Atau Pos Awal Pendakian Ke Kampung Waerebo Dan Memarkirkan Motor Disana.

Berbeda Halnya Dengan Naik Kendaraan Mobil Dimana Kita Hanya Sampai Desa Denge Dan Harus Naik Ojek Lagi Menuju Pos 1 Atau Gerbang Awal Pendakian Dengan Biaya Sekali Antar Rp 50.000/ Penumpang.

Berikut Ini Saya Berbagi Sedikit Tips Cara Berkunjung Ke Waerebo Dengan Motor Atau Mobil.

Naik Motor Ke Warebo

Jika Kalian Datang Berdua, Saya Sarankan Kalian Menyewa Motor Saja Di Labuan Bajo. Tetapi Memang Perlu Fisik Yang Prima Dan Kuat Saat Kalian Memutuskan Untuk Berkendara Motor Menuju Waerebo.

Harga Sewa Motor Dilabuan Bajo Cukup Bervariasi Mulai Dari 75.000/ Hari Dengan Berbagai Jenis Dan Tipe Motor Dan Cukup Banyak Tersebar Diberbagai Penginapan Maupun Ditepi Jalan Utama Labuan Bajo Jadi Kalian Gak Perlu Khawatir Soal Motor.

Usahakan Pilih Motor Yang Berfungsi Remnya, Ban Masih Bagus Dan Lampu Sen/ Klakson Yang Masih Menyala. Jika Ada Dana Berlebih Pilih Jenis Motor Besar Yang Tidak Melelahkan.

Ingat Perjalanan Menuju Waereo Nanjak Turun Dan Berkelok-Kelok Serta Banyak Melintasi Jalan Berbatu Yang Cukup Terjal.

Berikut Ini Info Penyewaan Motor Di Labuan Bajo Yang Bisa Kamu Pilih.

Arya : +62 822-3511-3260

Made : 082144445150

Edy : +62 813-5389-1177

Lama Perjalanan Menggunakan Motor Menuju Desa Denge Atau Dintor Kurang Lebih Sekitar 4 Jam.

Untuk Sampai Di Desa Denge Atau Dintor Perjalannya Masih Terpantau Maps Dan Cukup Mudah. Apalagi Saat Ini Jembatan Penghubung Sudah Mulai Dibangun.

Uahakan Pilih Jalur Tepi Laut Karena Selain Memiliki Pemandangan Yang Indah Juga Jauh Lebih Cepat Sampai Di Denger.  Jangan Lupa Juga Membawa Jas Hujan Karena Diperjalanan Sering Turun Hujan Dadakan.

Naik Mobil Ke Waerebo

Memang Tips Paling Aman Dan Paling Ampuh Ke Waerebo Adalah Dengan Naik Mobil. Umumnya Supir Yang Membawa Kita Ke Waerebo Itu Sudah Faham Jalan Dan Tau Yang Terbaik.

Selain Terhindar Dari Angin, Hujan Atau Panas Matahari, Naik Mobil Ke Waerebo Juga Akan Terasa Jauh Lebih Aman Meski Biaya Yang Dikeluarkan Jauh Lebih Besar.

Maka Dari Itu Saran Saya Jika Kalian Ingin Naik Mobil Ke Waerebo Usahakan Ramean Atau Rombongan. Harga Mobil Ke Waerebo Atau Sewa Mobil Ke Waerebo Selama 1 Hari Biasanya Juga Bervariasi Mulai Dari 800.000 – 1.000.0000 Dan Jika Kita Memutuskan Menginap Di Waerebo Maka Biayanya X 2.

Untuk Sewa Mobil Di Labuan Bajo Atau Kontak Penyewaan Mobil Di Labuan Bajo Yang Bisa Mengantar Kalian Ke Waerebo Bisa Kalian Cek Disini :

Yos : +62 813-3949-4274

Wiloz : +62 852-5079-7284

Aby : +62 812-3679-5475

Anton : +62 812-4438-9003

Alex : +62 853-3900-2749

Jadi Kalian Sudah Memutuskan Akan Naik Motor Atau Mobil Saat Ke Warebo? Jika Sudah, Sekarang Saatnya Kita Bahas Soal Biaya Yang Dibutuhkan Untuk Berkunjung Ke Waerebo.

Biaya Ke Waerebo Dan Biaya Lainnya Yang Dibutuhkan

kampung waerebo flores

kampung waerebo flores

Untuk Biaya Masuk Ke Waerebo Atau Htm Masuk Ke Waerebo Dibagai Kedalam 2 Kategori Yakni

  1. Kategori Wisatawan Yang Menginap Yakni 325k/ Orang
  2. Kategori Wisatawan Yang Hanya Kunjungan Tanpa Menginap 225k/ Orang.

Biaya Tersebut Sudah Termasuk Penginapan Dan Makan Pagi/ Siang & Makan Malam Plus Welcome Drink Coffe Atau Teh.

Nantinya Saat Disana, Masing2 Pengunjung Sudah Dipersiapkan Kasur Lipat & Selimut Yang Cukup Hangat. Yap Karena Cuaca Diwaerebo Yang Memang Cukup Dingin Jadi Jangan Lupa Bawa Jaket.

Setiap Wisatawan Yang Datang Diwajibkan Membawa Guide Terutama Jika Datang Rombongan.

Namun Jika Kalian Datang Hanya Berdua Biasanya Jika Kalian Berani Diperbolehkan Tana Guide Namun Dengan Resiko Kalian Harus Menghadapi Semuanya Sendiri.

Oh Ya, Tarif Guide Atau Jasa Guide Ke Waerebo Untuk Sehari Atau Menginap Sama Yakni Rp 250.000 / Orang.

Soal Guide Kalian Tak Perlu Khawatir Karena Begitu Tiba Di Desa Denge Atau Gerbang Terakhir Menuju Waerebo, Disana Sudah Banyak Pihak Yg Menawarkan Jasa Guide.

Namun Jika Ingin Mengkotak Langsung Guide Disana Bisa Menghubungi : Isno +62 822-3724-8014

Penginapan Di Desa Denge / Dintor

penginapan pak blasius di desa denge

penginapan pak blasius di desa denge

Jika Kalian Sampai Di Denge Sudah Terlalu Sore Maka Kalian Harus Menginap Di Desa Denge Saja.

Biasanya Setelah Pukul 5 Sore Warga Akan Melarang Kalian Naik Ke Waerebo Meski Menggunakan Guide Karena Akan Cukup Berbahaya Trekking Dimalam Hari.

Tak Perlu Khawatir Kalian Menginap Dimana Karena Kini Sudah Tersedia Penginapan Bapak Blasius Tepat Diarea Parkiran Mobil Sebelum Pendakian Dengan Tarif Sekitar 200.000/ Malam.

Pendakian Dan Treking Menuju Waerebo

Berikut Ini Sekilas Informasi Treking Atau Pendakian Menuju Waerebo Dimulai Dari Pos 1 Hingga Tiba Dikampung Waerebonya :

Parkir Mobil – Pos 1

pos 1 waerebo

pos 1 waerebo

Lama Perjalanan Dari Tempat Parkir Mobil Ke Pos 1 Yakni Pos Sebelum Pendakian Menuju Kampung Waerebo Adalah 1 Jam Dengan Berjalan Kaki.

Tapi Tenang Saja Karna Ada Ojek Yg Menawarkan Jasa Yakni Rp 50k/ Orang Hingga Kita Tiba Ke Pos 1. Hal Ini Tentu Cukup Menghemat Waktu Pendakian Agar Lebih Cepat Sampai Di Waerebo.

Digerbang Pos 1 Sendiri Sudah Ada Shalter Atau Pos Untuk Beristirahat, Toilet Dan Juga Parkiran Motor Yang Luas. Sayangnya Mobil Belum Bisa Sampai Ketempat Ini Dan Hanya Kendaraan Motor Saja Yang Melintas.

Pos 1 – Pos 2

pos 2 pendakian waerebo

pos 2 pendakian waerebo

Perjalanan Dari Pos 1 Menuju Pos 2 Jalanya Cukup Lama, Terjal & Menanjak. Butuh Waktu Sekitar 1 Jam Lebih Melintasi Jalur Hutan Dan Perbukitan.

Suasana Sunyi Amat Terasa Saat Kita Memasuki Hutan Yang Sangat Lebat. Hanya Ada Jalan Setapak Yang Licin Dan Masih Tanah. Jika Hujan Jalanya Cukup Terjal Dan Berbahaya Bila Tidak Berhati-Hati.

jalur treking ke waerebo

jalur treking ke waerebo

pemandangan di pos 2 waerebo

pemandangan di pos 2 waerebo

Sebenarnya Tidak Ada Papan Nama Pos 2 Yang Ada Hanya Sebuah Kawasan Lapang Diatas Perbukitan Dengan Tanda Pagar Besi Ditepianya.

Biasanya Pengunjung Akan Beristirahat Sejenak Di Pos 2 Ini Sembari Menikmati Keindahan Alam Sekitar Dan Kabut-Kabut Yang Singgah Diantara Lebatnya Hutan Waerebo.

Pos 2- Pos Kentongan

pos kentongan waerebo

pos kentongan waerebo

Perjalanan Dari Pos 2 Menuju Pos 3 Atau Biasa Disebut Sebagai Pos Kentongan (Wajib Memukul Kentong Sebagai Tanda Ada Tamu) Membutuhkan Waktu Sekitar 1 Jam Lebih Dan Masih Melintasi Jalur Licin & Terjal.

Kita Masih Harus Melintasi Hutan Belantara Yang Kadang Banyak Pacet Menempel Dikaki. Nah Usahakan Kalian Memakai Sepatu Jika Tidak Ingin Digigit Pacet Atau Kaki Kalian Dilumuri Oleh Lotion.

kebun kopi di waerebo

kebun kopi di waerebo

Sebelum Menuju Pos Kentongan, Kita Akan Melewati Kebun Kopi Milik Warga, Hal Ini Berati Kita Sudah Hampir Tiba Dikampung Waerebo. Apalagi Jalan Menuju Pos Ini Sudah Mulai Terang Tanpa Melintasi Hutan Lebat Seperti Di Pos 1 Atau Pos 2.

wajib memukul kentongan

wajib memukul kentongan

Seperti Yang Sudah Disampaikan Diatas Jika Setibanya Di Pos Kentongan, Kita Harus Memukul Kentongan Yang Ada Disana Sebagai Tanda Ada Tamu Yang Akan Datang.

Jumlah Pukulanya Bebas Namun Usahakan Jangan Terlalu Sring Dan Mengganggu Area Sekitarnya. Jadi Pukul Saja Dengan Keras Secukupnya.

Pos Kentongan – Kampung Waerebo

Dari Pos Kentongan Ke Kampung Waerebonya Kita Masih Harus Berjalan Kaki Sekitar 12 Menitan Melintasi Kebun Kopi Dan Beberapa Rumah Warga Yang Sudah Modern Dengan Atap Sengnya.

Nah Setibanya Kita Di Kampung Waerebo, Kita Harus Menghadap Kepala Suku Terlebih Dahulu Dan Dilarang Foto2 Sebelum Menghadap Ketua Suku. Jadi Tahan Dulu Atmosfir Atau Keinginan Kalian Memfoto Kampung Ini.

Welcome Di Waerebo & Upacara Singkat Di Waerebo

welcome wairebo

welcome wairebo

Setba Di Kampung Waerebo, Kita Diarahkan Ke Rumah Adat Kepala Sukunya. Nah Disana Kita Akan Didoakan Dan Meminta Izin Sebagai Layaknya Orang Datang Ke Kampung Orang.

Setelah Semua Siap Dan Guide Menyampaikan Maksud Serta Tujuan Kita Ke Waerebo Maka Sang Kepala Suku Mulai Membaca Doa.

Etss Tapi Sebelum Memulai Doa Kita Wajib Memberikan Donasi Seikhlasnya Mulai Dari 50-100k Kepada Kepala Sukunya.

foto bersama kepala suku waerebo

foto bersama kepala suku waerebo

Doanya Tak Sampai 2 Menit Loh Dan Masih Menggunakan Bahasa Daerah Waerebo. Setelah Doa Kita Dipersilahkan Bertanya Tentang Apa Saja Yang Ada Di Waerebo Dan Akan Dibantu Diterjemahkan Oleh Guide Kita.

Setelah Doa & Menjelaskan Aturan Di Waerebo, Barulah Kita Diantar Ketempat Istrirahat Untuk Membersihkan Diri.

Di Penginapan Atau Rumah Adat Yang Dijadikan Ruang Tamu, Sudah Ada Banyak Toilet Dan Air Bersih. Airnya Sangat Dingin Dan Menyegarkan Terlebih Erjalanan Panjang Dan Melelahkan Menuju Waerebo.

makan malam bersama di rumah adat waerebo

makan malam bersama di rumah adat waerebo

suasana di dalam rumah adat waerebo

suasana di dalam rumah adat waerebo

Jangan Lupa Hidangan Kopi Khas Wairebo Bisa Kalian Nikmati Sembari Menunggu Makan Malam Tiba Dan Beristirahat.

Oh Ya, Setiap 1 Rumah Dikampung Ini Bisa Diisi 20-30 Orang Dengan Posisi Tidur Melingkar Mengitari Tengah Tiang. Nantinya Kalian Akan Dicampur Dengan Rombongan Lainya Sampai Terisi Penuh.

Jika Kalian Punya Energi, Bangunlah Malam Hari Dan Keluarlah. Akan Ada Pemandangan Milikiway Diatas Langit Desa Waerebo Yang Sangat Indah.

Namun Tantanganya Adalah Cuaca Yang Sangat Dingin Sehingga Membuat Kita Enggan Beranjak Dari Tempat Tidur.

kampung waerebo

kampung waerebo

Pagi Harinya Sekitar Pukul 6 Cobalah Bangun Dan Nikmati Kesegaran Udara Pagi Waerebo Yang Masih Sangat Segar. Meski Masih Pukul 6pagi Namun Suasannya Sudah Cukup Terang Dan Kita Bisa Puas Befoto Atau Bercengkrama Dengan Warga Wairebo.

kopi khas waerebo

kopi khas waerebo

kopi waerebo langsung dibuat sendiri tanpa mesin

kopi waerebo langsung dibuat sendiri tanpa mesin

Salah Satu Penghasilan Warga Waerebo Adalah Berkebun Termasuk Menjadi Pekebun Kopi Yang Kalian Pastinya Sudah Tidak Asing Yakni Kopi Khas Waerebo.

Pengolahanya Masih Manual Dan Dikerjakan Langsung Oleh Mereka Sehingga Rasanya Sangat Enak.

oleh oleh kopi khas waerebo

oleh oleh kopi khas waerebo

Harga Kopi Yang Di Jual Di Waerebo Juga Cukup Murah Dan Terjangkau Yakni Dimulai Dari Rp 50.000/ Bungkusnya. Cocok Sekali Jika Dijadikan Oleh-Oleh Untuk Teman Dikantor Dan Keluarga Dirumah.

Selain Menanam Kopi Warga Waerebo Lainya Berkerja Sebagai Petani Atau Menenun Terutama Para Wanitanya.

kain tenun khas waerebo

kain tenun khas waerebo

Hasil Tenun Dari Wanita Di Kampung Waerebo Ini Juga Tak Kalah Indahnya Dan Sangat Rapi. Tak Heran Jika Kain Tenun Yang Dijual Di Waerebo Harganya Cukup Mahal Dan Juga Masih Original.

Kain Tenun Tersebut Dijual Mulai Dari 150. 000 Tergatung Lebar Atau Ukuranya.

Total Biaya Ke Waerebo

pemandangan kampung adat waerebo dari bukit

pemandangan kampung adat waerebo dari bukit

Berikut Ini Saya Mencoba Mengestimasi Atau Mentotalkan Biaya Kunjungan Saya Ke Waerebo Menggunakan Mobil Dengan Total Penumpang 6 Orang.

  1. Sewa Mobil Dari Labuan Bajo Ke Werebo, Estimasi 1 Hari 1000.000 (X 2 Hari Sewa) = 2.000.000
  2. Tip & Makan Supir 2 Hari Rp 350.000
  3. Biaya Masuk Per Orang Menginap Di Wae Rebo Rp 350.000 X 6  = 2.100.000
  4. Sewa Guide 1 Hari Rp 250.000
  5. Donasi Pemangku Adat 100.000

Total Biayanya Adalah : Rp 4.800.000 / 6 Orang

Maka Masing-Masing Peserta Akan Dikenakan Patungan Sharecost Sebesar Rp 800.000.

Tips Berkunjung Ke Waerebo

desa waerebo

desa waerebo

Berikut Ini Beberapa Info Dan Tips Penting Saat Berkunjung Ke Waerebo:

  1. Bawa Makanan Sendiri/ Tambahan Buat Cemilan Saat Treking Dan Jika Makanan Yg Disuguhkan Tidak Sesuai Selera Kalian.
  2. Cukup Bawa 1 Botol Besar Air Minum Saja Saat Treking Karena Dipertengahan Jalan Ada Sumber Mata Air Yang Bisa Langsung Diminum.
  3. Bawa Jas Hujan Karensa Sering Turun Hujan
  4. Bawa Obat Pribadi
  5. Pakai Sendal Atau Sepatu Gunung Utuk Treking
  6. Bawa Mainan Atau Makanan Kecil Buat Anak-Anak Yang Sejak Pagi Sudah Menunggu Bermain-Main Bersama Para Pengunjung
  7. Tidak Perlu Membawa Banyak barang atau pakaian saat ke waerebo.
  8. Bawa uang cash untuk memebli oleh-oleh kopi khas waerebo atau tenun khas waereb.
Kalo Berguna, Silahkan Share

You may also like...

2
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
1 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
Kata OmedS Nabil Recent comment authors
  Subscribe  
Notify of
S Nabil
S Nabil

Blognya informatif sekali, Mas. Terima kasih ya udah buat informasi yang detail untuk ke Wae Rebo. Sangat membantu saya ^^