KATA OMED

Cara Mempromosikan Tempat Wisata Yang Efektif

Promosi wisata di Indonesia saat ini, memang sempat terhenti sejak pandemi Covid-19. Kelumpuhan tersebut, akhirnya secara perlahan mulai pulih kembali. Meskipun perlahan, namun tetap bergerak secara signifikan.

Bahkan bukan hanya di tanah air ini, seluruh tempat wisata di seluruh dunia ikut merasakan imbasnya. Setelah melewati kelabunya masa tersebut, saat ini mulai banyak upaya untuk mengaktifkan tempat wisata.

Salah satu caranya, adalah dengan melakukan promosi wisata, baik untuk wisata asli maupun wisata buatan. Adapun perbedaan dari kedua jenis wisata tersebut, adalah sebagai berikut:

Wisata asli merupakan tempat wisata yang sudah terbentuk secara alami, seperti pegunungan, pantai, air terjun, dan objek wisata sejenisnya.

Wisata buatan merupakan tempat wisata yang memang sengaja dibangun oleh manusia, seperti kebun binatang, water park, dan lainnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara mempromosikan tempat wisata yang efektif, agar dapat berjalan dengan baik.

1. Membuat Rencana Pemasaran

Rencana Pemasaran wisata indonesia

Rencana Pemasaran wisata indonesia

Rencana pemasaran dalam suatu promosi wisata, sangatlah penting untuk dilakukan. Pasalnya, mengingat persaingannya yang cukup ketat.

Beberapa cara yang paling umum dilakukan, adalah dengan melakukan berbagai macam promo penjualan.

Strategi tersebut, dapat dikatakan sebagai cara mempromosikan tempat wisata yang efektif, selama dilakukan dengan benar. Karena, dapat menaikkan trafik pengunjung secara cepat dan efisien.

Selain itu, strategi ini dapat dievaluasi hasilnya, sehingga menjadi lebih terstruktur.

2. Memperbaiki Akses, Infrastruktur dan Fasilitas

Fasilitas Wisata

Fasilitas Wisata

Suatu tempat wisata yang memiliki sarana infrastruktur dan fasilitas memadai, tentunya dapat berdampak positif terhadap pengunjungnya.

Ditambah lagi, jika aksesnya juga diperbaiki dengan baik, karena akan menunjang faktor kenyamanan bagi setiap orang.

Dengan keberadaan akses, infrastruktur dan fasilitas yang baik, dapat menunjang seluruh rencana pemasaran secara bersamaan. Dan pastinya, akan memberikan nilai tambah tersendiri, di mata para wisatawan.

3. Memilih Duta Wisata

putri pariwisata indonesia 2020

putri pariwisata indonesia 2020

Cara lainnya adalah, dengan cara bekerja sama dengan seorang duta wisata, yang akan membantu menyuarakan suatu promosi wisata. Tidak hanya untuk satu wilayah saja, bahkan bisa ke seluruh Indonesia.

Bermitra dengan duta wisata terbilang cukup efektif, karena umumnya mereka sudah memiliki fans base dan komunitas tersendiri. Sehingga, penyebaran informasinya dapat menjadi lebih cepat dan tepat sasaran.

4. Menggandeng Investor

Promosi Wisata

Promosi Wisata

Promosi wisata dengan cara menggandeng investor, merupakan salah satu solusi yang efektif, terutama dalam hal branding, pelayanan dan penyediaan sarana. Terlebih lagi, jika semua hal tersebut memerlukan dana yang besar.

Dana yang terbatas, terkadang dapat menjadi kendala, jika ingin mempromosikan suatu tempat wisata. Sehingga, keberadaan para investor dapat menghasilkan suatu kerjasama yang saling menguntungkan.

5. Menggunakan Media Promosi dan Media Lokal

Media Promosi wisata indonesia

Media Promosi wisata indonesia

Selain memakai media promosi seperti video maupun banner, cara lainnya, adalah dengan menggunakan media lokal. Diantaranya, seperti majalah, koran, agen wisata, untuk melakukan pameran bersama.

Cara mempromosikan produk wisata semacam ini, juga dapat dilakukan melalui pengadaan tour, maupun penawaran spesial untuk paket wisata.

6. Promosi Dunia Digital

Niagahoster Promosi Wisata

Niagahoster

Menggunakan format digital seperti media sosial maupun iklan di internet untuk kepentingan promosi wisata, terbilang cepat dan efektif. Pasalnya, hampir seluruh masyarakat dunia sudah menggunakannya.

Selain itu, penyebaran beritanya juga dapat dilakukan kapan saja, secara instan, dan tidak terbatas oleh waktu. Dan jika tertarik untuk melakukan promosi melalui website, membeli domain lewat Niagahoster dapat menjadi rekomendasi terbaik.

Pasalnya, Niagahoster memiliki fitur lengkap, dan juga harga yang murah. Layanan dukungan teknis nya pun bekerja selama 24 jam, dengan cepat dan aman.

Dan jika ingin mendapatkan trafik pengunjung yang banyak, sangat disarankan  untuk menggunakan VPS dengan server yang mumpuni.

Caranya sangat mudah yakni dengan Memilih paket VPS Server terbaik dari Niagahoster yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Demikian sedikit ulasan mengenai cara mempromosikan tempat wisata yang efektif. Namun yang perlu diingat adalah, bahwa setiap promosi wisata bisa saja dilakukan dengan cara yang berbeda-beda.

Semuanya Tergantung, dari situasi dan kondisi yang dihadapi.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of