KATA OMED

Tips Backpackeran ke Labuan Bajo Lewat Jalur Darat dan Laut

Kalian Ingin mencoba cara baru liburan ke Labuan Bajo atau Pulau Komodo di Flores Manggarai Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur tetapi dengan cara Backpackeran ? Atau kalian ingin mencoba Backpackeran Murah ke Labuan Bajo Dari Jakarta Atau dari Surabaya? Tenang saja guys, saya sudah mencoba beberapa kali rute dan alternatif ini dan semoga saja bisa menjadi refrensi kalian jika memang ingin benar-benar kesana.

Pelabuhan di Labuan bajo

Pelabuhan di Labuan bajo – foto Padar News

Hal pertama yang perlu kalian siapakan buat Backpackeran ke Labuan Bajo adalah Persiapan mulai dari perlengkapan yang akan dibawa selama Trip dan juga selama diperjalanan meliputi Persiapan perbekalan dan juga persiapan Mental. Mengapa mental perlu dipersiapkan itu karena Mental yang akan mempengaruhi kekuatan dan keyakinan kalian melewati berbagai hal selama diperjalanan.

A. Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Backpackeran

  1. Perlengkapan Logistik maupun perlengkapan yang membuat nyaman namun tidak merepotkan saat kita bawa seperti misalnya nesting, tenada, matras,pakaian ganti, obat pribadi, jaket hingga makanan cepat saji namun tahan lama
  2. Izin dari keluarga dan kontak darurat yang tercantum. Usahakan infokan ke teman-teman kalian jika kalian mau backpackeran dan tetap terpantau selama trip.
  3. Jika punya teman yang juga sama-sama ingin backpackeran lebih baik diajak dibanding kalian harus backpackeran sendiri tanpa ada yang menemani.
  4. Bawa persiapan dokumen pendukung dan penting lainnya seperti KTP, atau Sim, surat sehat dan juga surat penting yang memudahkan selama diperjalanan.
  5. Waktu yang cukup agar kalian tidak dipecat karena terlalu lama ambil cuti atau tanpa izin.
  6. Tujuan atau Destinasi wisata yang akan dikunjungi agar tidak rancu dan bingung mau kemana.

Setelah mempersiapkan semuanya, nah sekarang beberapa hal yang perlu kalian catat adalah Rute backpackeran dan juga tranportasi menuju tempat yang akan kita Tuju. Ibaratnya nieh kita harus tau bagaimana cara kita pergi kesana dan kira-kira butuh estimasi budget berapa selama kita pergi.

Baca juga ya :

Dermaga TPI Kampung Ujung

B. Tips Backpackeran Murah Ke Labuan Bajo

Berikut ini Info cara atau tips Backpackeran Murah ke Labuan Bajo lewat jalur darat baik dari Jakarta atau Surabaya yang bisa kalian coba atau kalian ikuti :

  1. Pilih Rute Darat baik dari Jakarta atau Surabaya menggunakan Bus, Kereta atau cara Hitchike
  2. Selain itu Pilih Rute juga lainnya seperti naik Fery, Pelni atau jenis kapal lainya
  3. Cari teman atau tumpang selama kalian berada di kereta, Bus atau di kapal, siapa tahu mereka bisa membantu memberi tumpangan atau sekedar mengarahkan
  4. Mayoritas tempat wisata di Labuan Bajo itu Gratis, meskipun bayar paling mahal 10.000 -20.000 perorang. Kendalanya hanya masalah trasnportasi kebeberapa destinasi saja yang belum ada angkutan umumnya.
  5. Kalian bisa sewa motor atau mobil bareng temen backpackeranmu untuk eksplore wisata darat di Labuan Bajo.
  6. Penginapan di Labuan Bajo atau dibeberapa tempat wisata di Bajo masih tergolong murah. Sering-sering cek aplikasi booking online agar dapat lebih murah.
  7. Tetap jaga etika dan jangan mudah percaya sama sesorang yang belum dikenal.

Setelah Persiapan yang matang dirasa cukup dan juga sudah tahu beberapa tips kecil sebelum ke Labuan Bajo, sekarang kita atur cara pergi ke Labuan Bajo lewat jalur darat dan kira-kira habis berapa banyak selama kita Backpackeran ke sana.

Peta Sumbawa dan Kota Bima – foto Wikipedia

C. CARA KE LABUAN BAJO LEWAT JALUR DARAT

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah mencari rute atau jalur terdekat menggunakan kendaraan bus dari Jakarta menuju kota terdekat di Labuan Bajo. Sebenarnya ada 2 kota tujuan yang bisa kalian pilih yakni Jakarta – Lombok dan dilanjutkan Lombok – Bima atau dari Jakarta langsung Hajar ke kota Bima Sumbawa menggunakan Bus Umum.

MEPO KOTA BIMA SUMBAWA

1. Dari Jakarta ke Kota Bima Naik Bus Umum

Tahukah kamu jika dari Jakarta ada bus yang melayani Tujuan Jakarta – Lombok bahkan dari Jakarta – Bima pulau Sumbawa. Nah bus yang melayani rute Jakarta ke Lombok & Kota Bima adalah Bus Tiara Mas dan juga Bus Dunia Mas. Kedua Bus ini berangkat setiap hari sekali dengan jam keberangkatan berbeda. Total perjalanan 26-28 Jam atau sejauh 1300 KM hingga samapi tiba di Lombok atau 35 jam lebih untuk sampai tiba di kota Bima Sumbawa.

Baca Juga ya :

Bus Tiara Mas Jakarta - Lombok

Bus Tiara Mas Jakarta – Lombok : foto bus-pariwisata.com

Untuk Bus Tiara mas akan berangkat dari Terminal Pulau Gadung pukul 17.00 sore dan akan tiba dipelabuhan Lembar lombok sekitar pukul 21.00 Malam hari keesokan harinya. Sedangkan jadwal bus Dunia Mas dari pulau Gadung Jakarta akan berangkat pukul 14.00 Siang dan tiba dipelabuhan Lembar Lombok Barat adalah sekitar pukul 17.00 sore – 19.00 Malam dikeesokan harinya. Untuk harga tiket bus dari Jakarta ke Lombok sama yakni masih diangka Rp 550.000 / penumpang dan Jakarta ke Bima adalah Rp 800.000.

Nama Bus Keberangkatan Harga Tiket ke Lombok Harga Tiket ke Bima
PO Tiara Mas 17:00 Rp 550.000,00 Rp 800.000,00
PO Dunia Mas 14:00 Rp 550.000,00 Rp 800.000,00

2. Dari Kota Bima – Pelabuhan Sape Bima Naik Bus Umum

Satu-satunya cara menuju pelabuhan Sape di Ujung pulau Sumbawa atau Kota Bima adalah melalui Bus umum seperti halnya Metromini yang beroperasi setiap hari dari Terminal Bima. Pastikan kalian memilih keberangkatan paling pagi sekali yakni pukul 05.00 subuh menuju pelabuhan Sape sebab kapal Ferry yang akan menuju Labuan Bajo berangkat pagi pukul 08.00.

Bus dari Bima ke Pelabuhan Sape

Bus dari Bima ke Pelabuhan Sape – foto adhiegraphy.blogspot.com

Untuk harga tiketnya dari Terminal Kota Bima menuju pelabuhan Sape adalah Rp 30.000 per penumpang dan kita akan naik bus sedang seperti metromini atau kopaja yang tak ber Ac selama lebih kurang 2-3 jam perjalanan. Tenang saja karen ajalanya bagus dan lancar jadi cukup aman.

3. Dari Pelabuhan Sape – Pelabuhan Labuan Bajo Kapal Ferry

Pelabuhan Sape merupakan salah satu Pelabuhan Kapal Asdp Khusus kapal Fery Roro yang ada dikota Bima, Pulau Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pelabuhan ini melayani banyak Rute penyebrangan dan salah satu rute terpentingnya adalah Pelayaran dari pulau Sumbawa ke Labuan Bajo Pulau Flores di Nusa Tenggara Timur.

Setibanya kalian dipelabuhan Sape Bima, perjalanan kalian harus dilanjutkan menggunakan kapal Ferry Roro milik Asdp yang berlayar setiap  1 kali sehari menuju pelabuhan Labuan Bajo Flores Ntt.Untuk harga tiket penyebrangan dari Sape ke Labuan Bajo adalah Dewasa  Rp 60,000 dan penumpang Anak-anak Rp 40,000. Nah untuk jadwal maupun harga tiket bagi yang membawa kendaraan silahkan cek disini infonya : Jadwal & Harga Tiket kapal Fery dari Sape Bima ke Labuan Bajo Flores

Pelabuhan Sape Bima

Pelabuhan Sape Bima – foto @indahnesiaid

Lama tempuh perjalanan kapal fery dari Sape ke Bajo adalah 6-7 Jaman. Tenang saja meski cukup lama namun pemandangan yang indah disepanjang jalur pelayaran akan cukup menghibur kalian semua. Apalagi signal telkomsel selama itu masih bisa terkoneksi dengan baik. Satu lagi, didalam kapal sudah tersedia penjual makanan dan minuman ringan namun jika ingin makanan berat untuk makan siang, kalian bisa membelinya dipelabuhan sebelum naik ke atas kapal.

D. CARA KE LABUAN BAJO LEWAT JALUR DARAT + LAUT

Nah satu lagi cara lainnya yang bisa kalian pilih untuk bisa ke Labuan Bajo dengan cara backpackeran yakni naik Kapal Laut Pelni dari pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Namun Sebelum naik pelni dari Surabaya tentunya kita harus naik Kereta Api terlebih dahulu dari Jakarta menuju Surabaya Kota.

MEPO DARI KOTA SURABAYA

1. Jakarta – Surabaya Naik Kereta Api

Naiklah kereta Api dari Stasiun senen Jakarta ke Stasiun Pasar Turi Surabaya. Selain melalui setasiun senen kalian juga bisa naik dari stasiun Gambir menuju stasiun Gubeng Surabaya. Intinya kalian harus tiba terlebih dahulu di Kota surabaya dengan naik kereta.

Stasiun Pasar Senen

Stasiun Pasar Senen – foto merahputih.comdln oas

Oh ya harga tiket kereta api dari Jakarta ke surabaya paling murah adalah Kereta Api Gaya Baru Malam Selatan Ekonomi dengan Tujuan Stasiun Gubeng Surabaya yakni seharga Rp 104.000 dimana waktu keberangkatan kereta dari Jakarta atau pasar senen adalah Pukul 10.00 siang dan akan tiba di stasiun Gubeng Surabaya pukul 01.35 dini hari.

Dari stasiun kalian tunggu waktu sekalian sholat subuh bagi yang muslim dan setelah agak siang perjalanan kalian lanjutkan naik grab atau gojek menuju pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya. Seperti yang sudah saya sampaikan diatas jika kalian akan menggunakan Kereta + Kapal Laut Pelni alias gabungan. Jangan lupa juga cocokan jadwal kebrangkatan kereta dengan jadwal keberangkatan kapal Pelni.

2. Surabaya – Labuan Bajo Naik Kapal Pelni

Kapal pelni yang saat ini melayani rute Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menuju pelabuhan Bajo adalah Kapal pelni KM Leuser Maupun kapal pelni KM Binaya yang berlayar setiap 2-4 kali dalam sebulan. Namun kapal KM Leuser maupun KM Binaiya ini jadwalnya tidak tentu dan harus kita lihat sendiri dikantor pelni Surabaya atau melalui situsnya pelni.co.id.

Baca juga ya :

Kapal Pelni KM Leuser

Kapal Pelni KM Leuser – foto Ulinulin.com

Untuk Harga Tiket KM Leuser dari Tanjung Perak Surabaya ke Bajo Adalah Dewasa Rp 323.000dan Balita Rp 38.000 Perpenumpang dengan waktu tempuh sekitar 2 Hari 2 malam. Kapal pelni KM Leuser akan berhenti dipelabuhan Benoa Denpasar terlebih Dahulu kemudian kapal juga akan singgah di pelabuhan Kota Bima Sumbawa dan terkahir berlabuh dipelabuan Labuan Bajo Flores.

Catatan : 

  • Kebarangkatan : Jakarta
  • Lama Perjalanan : 3 Hari 2 malam
  • Menggunakan : Kereta + Kapal Pelni
  • Total Biaya : Rp 430.000

**

Pelabuhan Benoa Bali – foto ekbis Sindonews

Oh ya, Jika temen-teman mengambil lokasi Meeting point atau titiknya bukan di Surabaya melainkan di Bali atau Lombok maka rutenya bisa melalui langsung menggunakan kapal Pelni KM Tilongkabila dan juga KM leuser atau melalui jalur Darat + laut. Berikut ini refrensi singkat alternatif rute yang bisa kalian pilih berdasarkan titik point kumpulnya.

DARI BALI – LABUAN BAJO

  1. Bisa Naik kapal Pelni Langsung dari Pelabuhan Benoa Denpasar Bali menuju Pelabuhan Labuan Bajo di Floores Manggarai NTT. Namun jadwalnya terbatas 2-4 kali saja dalam sebulan.
  2. Jika ingin lintas darat maka kalian bisa naik Bus dari Denpasar menuju terminal Lombok dan dari sana dilanjutkan perjalanan dengan Bus menuju kota Bima.
  3. Setibanya dikota Bima, lanjutkan sesuai arahan diatas naik Bus kembali menuju pelabuhan sape dan dari pelabuhan Sape kalian harus menyebrang naik kapal fery ke labuan Bajo.

DARI LOMBOK – LABUAN BAJO

  1. Bisa Naik kapal Pelni Langsung dari Pelabuhan Lembar Lombok menuju Pelabuhan Labuan Bajo di Floores Manggarai NTT. Namun jadwalnya terbatas 2-4 kali saja dalam sebulan.
  2. Jika ingin lintas darat maka kalian bisa naik Bus dari terminal Lombok menuju kota Bima.
  3. Setibanya dikota Bima, lanjutkan sesuai arahan diatas naik Bus kembali menuju pelabuhan sape dan dari pelabuhan Sape kalian harus menyebrang naik kapal fery ke labuan Bajo.

***

Selamat mencoba guys. Saran saya jika kalian punya cukup banyak waktu pilih opsi terakhir yakni menggunakan kereta ke surabaya + kapal pelni jika waktunya pas. Selain harganya murah juga waktunya tidak terlalu lama.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

33
Leave a Reply

avatar
22 Comment threads
11 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
22 Comment authors
OmedFemzKartiniKata OmedPutri Reno Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Dian Restu Agustina
Guest

Pengin sebenanarnya tapi ya itu tadi waktunya harus punya. Hiks!
Terim kasih info lengkapnya.
Ini bis yang ke sana kalau jarak tempuh darat bisa dikira-kira tapi waktu nyebrang kadang susah diprediksi. Saat nyebrang ke Bali , ..dst tergantung antrian, kondisi cuaca di lautan dan lainnya.
Tapi memang bakal mengasyikkan kalau backpackeran ke Labuan Bajo begini. Lebih menantang pasti

Tuty Prihartiny
Guest
Tuty Prihartiny

Lengkap banget ini alternatif ke labuan bajo via laut maupun darat. Apalagi berdasarkan pengalaman pribadi. Kalau menurut Omed dari pilihan tersebut, yang paling nyaman kalau baru pertama kali bacpakeran kesana via mana ya?

Lisa Fransisca
Guest

Wah pernah dengar kalau yang via Sape, tapi kalau yang lain baru tahu infonya pas baca ini. Mantap, Om! Lengkap banget infonya. Pasti seru kalau punya banyak waktu mencoba ke Labuan Bajo via darat.

Kata Omed
Admin

Next coba ya

Melati Raya Sihotang
Guest
Melati Raya Sihotang

Ya Tuhan untung udah pernah ke Labuan Bajo. Lewat darat dan laut lama banget ya kak, bener sih yg paling cepet kayaknya naik kereta and kapal jalur Surabaya ke Labuan Bajo. Nice info kak..

Diah Sally
Guest

Omed kalau ngasih tips traveling khususnya backpackeran lengkap banget. Inget backpacker inget blog nya Omed…

Febi
Guest

Makasih infonya om edyy.. lengkap.. pas baca jd sambil berkhayal backpackeran naik bus, kapal fery, dll..haha..

Kata Omed
Admin

Pasti bisa

Muti
Guest

Kayanya seru nih liburan akhir tahun di Lombok trs lanjut ke Bajo. Will come to this post later, Omed. Thank You infonya.

Kata Omed
Admin

Sama2 kaka siapa tau berguna

Nur Husna Annisa
Guest

Referensi lengkap nih. Tinggal nyari waktu ke sana. Aku bintangin dulu deh.

Nur Husna Annisa
Guest

Referensinya lengkap banget. Tinggal nyari waktu buat pergi nih. Bintangin dulu, biar bisa buka lagi kalo ke sana.

Kata Omed
Admin

Siapa tau mau kesana

Cha
Guest

Infonya lengkap sekali, tp kudu punya cuti sebulan ini sih baru puas

Puspa harahap
Guest

Sangat lengkap kak informasinya.. benar” tulus membagikan tips nya. Terima kasih ya tulisannya yg informatif 😁

airin
Guest
airin

Fotonya yang Dermaga TPI Kampung Ujung bagus banget. Lengkap banget deh penjelasan OMED. Btw dah berapa tempat yang udah dikunjiungin sih Omed?

Kata Omed
Admin

Dimana nieh di bajo apa dimana

Inez Dwijayanti
Guest

Duh kapan ya bs ke labuan bajo… Kepengen deh jalan2 Kaya omed nih.

Kata Omed
Admin

Akh km mah mau aja

Suci Margi Pangesti
Guest

Bermanfaat sekali infonya, babang founder. Harus menyediakan waktu lebih yah. Karena perjalanan menuju kesana aja udah beberapa hari. Blm ke destinasi wisatanya dan baliknya lagi ke jkt.
Tararengkyuuuh, Abang 👍👍👍👍👍

Nunik Utami
Guest

Enak ya lewat darat, bisa lebih banyak lagi yg bisa diliat2.

Kata Omed
Admin

Plus mampir ktmu temen

Lidya
Guest

Seru juga ya kalau backpakeran kaya gini, aku belum pernah melakukan murni backpaker gitu. Kalau lewat jalan darat bisa lebih murah ya tapi harus punya waktu lebih panjaang kayanya ya untuk travelingnya. Terima kasih infonya ya, kepingin juga ke Labuan Bajo

Kata Omed
Admin

Coba sesekali

Yunita Tresnawati
Guest

Note banget nih pas banget tanggal 5 Oktober nanti aku ke Sumba n Labuan Bajo. Thanks infonya Omed

Kata Omed
Admin

naik cawat ya

Selly
Guest

Nice tips nih hhaha soalnya tiket pesawat kesana bikin dompet nangis2 hahaha.makasih kaaa

Putri Reno
Guest

Info backpackeran murah ke Labuan Bajo dari Ommed lengkap sekali. Sayangnya bagi kuli kuli yang terikat jam kerja ga punya waktu banyak. Tapi pasti seru nih kapan waktu untuk di coba.

Kata Omed
Admin

smngat kaka

Kartini
Guest

Tulisan omed selalu bikin kepingin dan lengkappp banget. Labuan bajo, hmm kapan kesana yaa

Femz
Guest

Wah persiapan sebelum backpackerannya banyak ke skip nih.

Kalo mau ngebus yg enaknya kyanha mending ke lombok atau bima ya. Cuma yg paling murah dan ga terlalu susah yg naik kapal dari sby ya 😹

Femz
Guest

Wah yg persiapan sebelum backpacker banyak ke skip nih hahaha..

Kalo mau ngebus kya nya mending pesawat ke lombok / sumbawa / bima, dulu ya.