KATA OMED

Datar 6 Nama Lembah di Pulau Papua

Published · Updated

Nama lembah di pulau Papua yang paling terkenal adalah lembah baliem yang berada di wamena papua.

Tapi tahukah kalian jika selain lembah baliem di Papua juga ada banyak lembah-lembah lainnya yang juga tak kalah indahnya dan juga dihuni oleh banyak penduduk.

Seperti yang kita tahu jika Pulau Papua atau yang dulu disebut dengan Pulau Irian adalah pulau terbesar di Indonesia dan pulau terbesar kedua di dunia yang terletak di sebelah utara benua Australia.

Pulau Papua dibagi menjadi dua wilayah dimana bagian baratnya dikuasai oleh negara Indonesia dan bagian timurnya adalah milik negara Papua Nugini.

baca juga :

peta pulau papua Indonesia

peta pulau papua Indonesia

Selain banyak memiliki sumber daya alam seperti pegunungan yang tinggi dan bersalju papua juga memiliki banyak bentangan alam yang indah seperti sungai dan perbukitan termasuk lembah-lembah yang indah.

Lembah sendiri merupakan sebuah wilayah atau kawasan yang dikelilingi oleh pegunungan atau perbukitan yang cukup panjang. dan pada bagian Sisi-sisinya adalah berupa perbukitan yang cukup tinggi.

Berikut ini adalah daftar nama lembah yang ada di Pulau Papua.

Nama Lembah di Sulawesi Lokasi Lembah
Lembah Kebar Kabupaten Tambrauw, Papua Barat
Lembah Baliem Kabupaten Jayawijaya, Papua
Lembah Arfak Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat
Lembah Sentani kabupaten Sentani, Papua
Lembah Foja kabupaten Mamberamo, Papua
Lembah Maoke Kabupaten Jayawijaya, Papua

Pulau Papua sendiri tercatat memiliki luas sekitar 786.000 km² dengan jumlah penduduknya paling sangat sedikit dibanding jumlah penduduk di pulau-pulau besar lainnya di Indonesia.

Jumlah penduduk di pulau Papua hanya 11.306.940 jiwa yang dibagi kedalam 2 provinsi yakni provinsi Papua dan provinsi Papua Barat.

Berikut ini adalah sekilas penjelasan mengenai daftar nama lembah di papua yang paling terkenal.

1. Lembah Kebar

Lembah Kebar, Nama lembah di pulau Papua barat

Lembah Kebar, Nama lembah di pulau Papua barat – foto ig @lustritalimbekas

Nama lembah di pulau Papua yang pertama adalah Lembah Kebar yang berada di Kabupaten Tambrauw, provinsi Papua Barat.

Lembah Kebar dikelilingi oleh perbukitan dan memiliki keindahan pegunungan yang jarang ditemui di wilayah lain di Indonesia.

Lembah Kebar banyak dihuni dan dijadikan sebagai pemukiman seperti salah satunya adalah distrik Kebar.

2. Lembah Baliem

Lembah Baliem

Lembah Baliem – foto ig @sherly_zee

Lembah Baliem adalah salah satu Nama lembah di pulau Papua yang paling terkenal akni berada di wamena Kabupaten Jayawijaya provinsi Papua.

Lembah Baliem sendiri terletak di ketinggian 1600 dari permukaan laut menjadikanya lembah dengan hawa dingin di Indonesia.

Lembah Baliem merupakan salah satu lembah yang terletak di Pegunungan Jayawijaya Papua dengan panjang lembah Baliem adalah sekitar 80 Km dengan lebar kurang lebih 20 Km.

Grand Baliem valley atau yang biasa dikenal dengan Lembah Baliem merupakan salah satu tempat tinggal yang dihuni oleh beberapa suku yakni Suku Dani, Suku Yali, dan Suku Lani,

3. Lembah Arfak

Jalan Trans Papua di Pegunung Arfak

Jalan Trans Papua di lembah arfak, Pegunung Arfak – @theo_prapanca

Lembah di pulau Papua selanjutnya adalah Lembah Arfak yang berada di Pegunungan Arfak (Pegaf) provinsi Papua Barat.

Lembah Arfak banyak menyimpan keunikan salah satunya banyak kampung unik dan masih tradisional.

Untuk menuju Lembah Arfak kalian harus menempuh perjalanan panjang selama kurang lebih 7 jam dari kota Manokwari hingga kota Kabupaten Pegunungan Arfak.

Baca juga ya :

4. Lembah Sentani

lembah sentani jayapura

lembah sentani jayapura – foto ig @nikenrzkyyy

Sebagai kota terbesar di Papua Barat, Jayapura memiliki keindahan alam dan juga bentangan geografis yang beragam.

Kondisi alam Jayapura yang berbukit membuat banyak sekali bukit cantik dan juga lembah yang indah. Salah satunya adalah Lembah sentani.

Lembah sentani merupakan salah satu Lembah di pulau Papua yang paling banyak di huni leh penduduk.

Apalagi disekitar lembah sentani ini ada sebuah danau  yang bernama danau Sentani yang menjadi sumber utama mata pencaharian warga kabupaten Sentani Papua.

5. Lembah Foja

Lembah Foja

Lembah Foja – foto kaskus

Lembah Foja adalah sebuah lembah yang berada di Pegunungan Foja kabupaten Mamberamo.

Pegunungan Foja sendiri merupakan rangkaian pegunungan yang terletak di sebelah utara Sungai Mamberamo di kawasan Papua, Indonesia dengan titik tertingginya ialah 2.193 m.

Pegunungan ini merupakan bagian dari daerah aliran sungai Mamberamo yang memasok air bersih di seluruh kawasan Papua bagian utara. Sebuah suaka margasatwa seluas 1.442.500 hektare juga berada di pegunungan Foja .

6. Lembah Maoke

Lembah Maoke papua

Lembah Maoke papua – foto ig @givonion

Lembah Maoke adalah salah satu lembah yang berada di kawasan Pegunungan Maoke dan bagian dari rangkaian pegunungan di Provinsi Papua yang terdiri dari Barisan Sudirman dan Pegunungan Jayawijaya.

Pegunungan ini membelah Papua dari barat ke timur menjadi dua pada bagian tengah.

Pegunungan ini merupakan bagian dari sistem pegunungan yang membentang di Pulau Nugini, dari timur ke barat. Sungai Lorentz, Sungai Baliem, dan Sungai Digul mengalir di sisi selatan.

Puncak Jaya, gunung tertinggi di Indonesia, menjulang 5.030 meter di pegunungan ini. Puncak lain di pegunungan ini termasuk Puncak Mandala (4.760 m) dan Puncak Trikora (4.750 m).

***

Itulah tadi datar Nama lembah di pulau Papua yang mungkin sebagian dari nama lembah tersebut masih sedikit asing ditelinga kita.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of