KATA OMED

Info Lengkap Tentang Taman Nasional Sebangau

Provinsi kedua yang saya Datangi masih berada di Kalimantan yakni Provinsi Kalimantan Tengah. Perjalanan saya lanjutkan dari Banjarmasin Kalimantan Selatan menuju Kotw Palangkaraya Selama 4 jam perjalanan darat. Salah satu destinasi wisata yang saya kunjungi adalah Taman Nasional Sebangau.

Taman Nasional Sebangau

Taman Nasional Sebangau

Sebangau, Taman Nasional Pertama yang saya kunjungi ditahun 2020. Meski ini merupakan kali kedua saya mengunjungi Taman Nasional ini, namun rasanya tetap sama. Masih mempesona dan selalu dirindukan apalagi menyusuri sungai berjam-jam melintasi kawasan tanaman Rasau.

Sekilas Tentang Taman Nasional Sebangau

Taman Nasional Sebangau merupakan salah satu Taman Nasional yang ada di provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia. Keberadaanya berada di antara Sungai Sebangau dan Sungai Katingan, namun secara administratif Taman Nasional ini masuk dalam wilayah Kabupaten Katingan, Kabupaten Pulang Pisau & Kota Palangka Raya di provinsi Kalimantan Tengah.

Cara Mengunjungi Taman Nasional Sebangau

Mengunjungi Taman Nasional Sebangau

Taman Nasional Sebangau memiliki luas sekitar 568.700 hektar. Ditaman nasional ini tercatat ada berbagai Flora dan Fauna seperti 106 jenis tumbuhan, 35 macam mamalia, 116 macam burung khas Kalimantan, urang hutan, bakantan, lutung, dan bangkuy habuk atau Monyet (kata kake wiki).

Sayangnya saat saya berkunjung ketempat ini, saya kurang beruntung karena tidak banyak bertemu dengan binatang seperti mantan eh Orang Utan, Cobra atau ular Anaconda seperti di filem2 heee.

Cara menuju Taman Nasional Sebangau

Untuk bisa menikmati Alam Taman Nasional ini kalian bisa memilih banyak opsi seperti misalnya menyusuri sungai dengan Klotok dan menembus hingga kedalam hutan atau Treking ketengah hutan Rimba. Namun bagi yang ingin sekedar menikmati wisata biasa, kalian bisa menyusuri Danau disekitar Taman Nasional ini dengan Kapal hias milik warga setempat.

Kapal Hias Milih warga di Danau Sebangau

Kapal Hias Milih warga di Danau Sebangau

Sebelum menuju Taman Nasional Sebangau kalian gak perlu ke Balai Taman Nasionalnya karena tujuan kalian bukan mau penelitian atau mau magang dan sejenisnya tetapi mau wisata saja. Nah makanya kalo kalian hanya ingin sekedar wisata atau mengunjungi dan menyusuri Hutannya maka kalian hanya perlu ikuti paket yang tersedia di kawasan wisata atau di gerbang terdekat Taman Nasional sebangau yakni Desa kireng Bangkirei.

Balai Taman Nasional Sebangau

Balai Taman Nasional Sebangau

Maka dari itu untuk menuju Taman Nasional Sebagau kalian harus terlebih dahulu menuju Dermaga Kereng Bangkirai . Yap Kereng Bangkirai merupakan sebuah kawasan Danau yang menjadi Destinasi wisata paling ngehits di Palangkaraya. Kereng Bangkirai juga merupakan nama salah satu kelurahan di Kecamatan Sabangau, Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia. Kereng Bangkirei hanya berjarak hanya sekitar 12 KM dari pusat Kota Palangka Raya dan dapat di tempuh sekitar 20 Menitan saja.

Harga Paket wisata Susur Sungai Sebangau

Harga Paket wisata Susur Sungai Sebangau

Dermaga Kireng Bangkirei

Dermaga Kireng Bangkirei

Wisata di Kereng Bangkirai

Desa Kereng Bangkirai merupakan desa wisata yang kini telah menjelma menjadi kawasan wisata danau Sebangau dan menjadi prioritas pemerintah setempat. Gak heran jika dikawasan ini banyak sekali wahana permainan air dan area area wisata baik itu wahana speda air, banana boat, angsa, perahu, restoran apung, gazebo untuk bersantai, spot foto kekinian fan bahkan ada area penonton untuk berbagai perlombaan air.

Harga Tiket masuk Kireng Bangkirei

Harga Tiket masuk Kireng Bangkirei

Tiket masuk kedalam kawasan desa wisata ini adalah Rp 5000 / pengunjung dan Untuk biaya Parkir motor Rp 3000 dan parkir Mobil Rp 5000. Setibanya kalian ditempat atau diarea dermaga, kalian bebas memilih berbagai jenis wisata. Misalnya saja jika kalian ingin menikmati restoran apung, kakian hanya perlu membayar Rp 10.000 dan restoran kapal apung tersebut akan berjalan mengelilingi danau Sebangau apabila sudah ada lebih dari 10 penumpang.

Keliling Danau Sebangau

Keliling Danau Sebangau

Sewa Kapal Susur Sungai Sebangau

Karena tujuan saya adalah Masuk kedalam area kawasan Taman Nasional Sebangau. Maka saya memilih untuk menyewa kapal kecil sejenis klotok yang mampu mengangkut 3-4 penumpang. Harga sewanya sendiri cukup mahal yakni Rp 450.000 per perahu dan kita akan dibawa menyusuri sungai hingga masuk kedalam area Taman Nasional Sebangau. Dan nantinya Kita akan beberapa kali singgah kedermaga melihat apa yang bisa dilihat disana.

Objek Wisata Taman Nasional Sebangau

Objek Wisata Taman Nasional Sebangau

Susur Sungai Taman Nasional Sebangau

Susur Sungai Taman Nasional Sebangau

Disepanjang jalur sungai atau kawasan Tepi Taman Nasional Sebangau, kita akan melihat hamparan ratusan hektar Pohon Rasau. Pohon Rasau ini mirip dengan pohon pandan laut yang daunya biasa digunakan untuk bahan anyaman tikar dan lain-lain. Apalagi air sungai disini warnanya hitam pekat menandakan area ini adalah rawa-rawa yang masih sangat alami.

Dermaga Sungai Koran

Dermaga Sungai Koran

Treking kedalam Hutan Taman Nasional Sebangau

Treking kedalam Hutan Taman Nasional Sebangau

Oh ya, bagi kalian yang ingin mencoba treking kedalam hutan lebih jauh lagi, kalian bisa menyewa pemandu seharga Rp 150.000 dan nantinya kita aka diajak menyusuri hutan Taman Nasional Sebangau dengan berjalan kaki. Biasanya banyak turis asing yang menyukai aktifitas ini sedangkan saya cukup memilih melihat menara dan sedikit menyusuri hutan yang ada.

Jembatan Kayu di Taman Nasional sebangau

Jembatan Kayu di Taman Nasional sebangau

Lama perjalanan dari Dermaga Danau Sebangau hingga tiba di Pos pertama yakni sekitar 35 menitan. Puas menikmati keindahan hutan disekitar pos pertama kemudian saya melanjutkan perjalanan menggunakan klotok menyusuri sungai menuju pos jaga terakhir. Kurang lebih sekitar 20 menitan akhirnya kita sampai dipos jaga dan pos pantau erkahir Taman Nasional Sebangau.

Sekedar info bagi kalian yang ingin menginap dihutan ini kalian bisa menyewa penginapan yang lokasinya ada ditengah hutan dan diatas sungai. Duh rasanya tenang sekali plus adem dengan suasana hutan dan alam sekitar. Namun saya tidak mendapatkan info berapa biaya menginap dipenginapan istimewa ini.

Puas menikmati alam sekitar dipos terakhir, saya memutuskan untuk segera pulang apalagi hari semakin gelap dan awan gelap nampak mulai menyelimuti sekitar Taman Nasional Sebangau. Perjalanan pulang kembali masih melalui jalur yang sama. Sekitar 1 jam lebih akhirnya kita tiba juga di dermaga Danau Sebangau. Semakin sore rupanya kawasan ini semakin banyak dipenuhi anak muda yang menikmati suasana danau bersama kekasihnya.

Info Penting Tentang Taman Nasional Sebangau

Backpackeran ke Taman Nasional Sebangau

Backpackeran ke Taman Nasional Sebangau

Berikut ini beberapa informasi penting yang harus kamu tau sebelum kamu memutuskan untuk mengunjungi Taman Nasional Sebangau :

  1. Tidak ada angkutan menuju Danau Sebangau atau jadi pilihanya kalian sewa kendaraan atau naik Ojek Online.
  2. Dari kota Palangka cukup dekat kok sekitar 30 menitan saja menggunakan motor / mobil dan jalannya sudah cukup bagus.
  3. Informasi lebih lanjut bisa menanyakan petugas Balai Taman Nasional yakni Pak
  4. Jangan lupa bawa jas hujan karena perahu yang kita naiki tidak beratap
  5. Bawa minum dan cemilan namun jangan buang sampah sembarangan.
  6. Kalian bisa menawar langsung paket susur sungai kepada warga setempat. Ada banyak kapal yang menawarkan jasa ini.
  7. Tiket masuk kedalam kawasan Taman Nasional Sebangau adalah Rp 7500 per pengunjung.
  8. Pake lotion anti nyamuk karena saat masuk ke hutan banyak serangga atau nyamuk
  9. Dilarang mandi dialiran sungai, ingat banyak buaya
  10.  Didalam hutan tidak ada Signal
Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of