KATA OMED

Bukit Sabak, Tempat Camping Baru di Sukabumi yang Seru

Bukit Sabak adalah salah satu kawaan perbukitan yang ada di Desa Cimangkok Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Bukit Sabakt idak hanya sekedar bukit biasa sebab kini Bukit Sabak sudah sering dijadikan sebagai lokasi camping para pendaki atau penikmat alam khususnya anak muda Sukabumi.

Baca Juga ya :

Bukit Sabak Sukabumi

Bukit Sabak Sukabumi – foto @adistyerl

Hutan pinus yang berada di Bukit Sabak menjadi salah satu primadona utama tujuan para pendaki atau wisatawan datang ke Bukit Sabak. Pastinya deretan pinus yang tertata rapi dan apik menjadi sensasi latar foto dan juga tempat camping atau bahkan sekedar memasang hammock yang nyaman dan menyejukan.

Pesona Bukit Sabak

Ketinggian Bukit Sabak sendiri sekitar 1.000 mpdl. Meski tidak terlalu tinggi namun Bukit Sabak memiliki jalur treking yang tidak bisa dianggap remen. Apalagi saat Turun hujan atau berkabut, pendaki yang akan menanjak ke Bukit Sabak pasti cukup kewalahan meelintasi treking yang menanjak dan berlumpur.

Pemandangan Bukit Sabak

Pemandangan Bukit Sabak – foto @rickifajariyandi

Dari puncak Bukit Sabak ini kita bisa menikmati keindahan alam sekitarnya dan juga bisa melihat dengan jelas pemandangan Gunung Gede di sebrang bukit. Tentunya disisi lain Bukit Sabak terdapat deretan hutan pinusnya yang berjajar rapi dan sangat indah apalagi kabut dan awan yang menyelimutinya menambah kesan alami dan damai.

Pemandangan Citylight Malam Hari di Bukt Sabak Sukabumi

Pemandangan Citylight Malam Hari di Bukt Sabak Sukabumi- foto @firhannf0210

Saat malam haripun kita bisa melihat pemandangan lampu kota Sukabumi dan perbatasan Cianjur dipuncak Bukit Sabak atau dari lokasi camping di Bukit Sabak. Suasana romantis dan damai akan tercipta manakala kerlap kerlip lampu kota ditambah semilirnya angin malam membuat siapa saja yang melihatnya terdiam dan terpaku.

Harga Tiket masuk Bukit Sabak

Bagi kalian yang tertarik datang ke Bukit Sabak atau ingin mendaki Bukit Sabak, harga tiket masuk ke Bukit Sabak cukup murah yakni Rp 5000 per orang dan bagi yang ingin camping maka akan dikenakan biaya Rp 15.000 – 20.000 per tenda dengan jumlah maksimal kapasitas 4-6 orang.

Jalur pendakian Bukit Sabak

Jalur pendakian Bukit Sabak – foto @david_pebriansah

Bagi kamu yang datang membawa kendaraan, kalian juga tak perlu khawatir soal lokasi parkiranya sebab di pos bawah Bukit Sabak sudah ada parkiran umum yang bisa menginapkan kendaraan. Karena masih dijaga oleh warga setempat maka biaya parkirnyapun masih seiklasnya saja.

Lokasi Bukit Sabak

Seperti yang sudah disampaikan diatas jika Bukit Sabak berada di Sukabumi. Secara administratif Lokasi Bukit Sabak terletak di Desa Semplak, Kecamatan Sukalarang, Cimangkok, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Bukit Sabak

Bukit Sabak dan lautan awanya – foto @allen_anderson23

Bukit Sabak dekat dengan beberapa tempat wisata Cimangkok yang mungkin sudah lebih dulu terkenal disana. Nah meski Bukit Sabak ini bisa dibilang sebagai tempat wisata baru namun seiiring meningkatnya kunjungan para pendaki yang camping disini membuat Bukit Sabak semakin terkenal hingga ke kota-kota disekitarnya.

Cara menuju ke Bukit Sabak

Karena lokasi Bukit Sabak ini ada di Sukabumi maka kalian yang datang dari luar Sukabumi harus datang dulu ke Sukabumi. Sebenarnya jarak Bukit Sabak dari pusat Kota Sukabumi juga tidak terlalu jauh. Jika menggunakan motor atau mobil dari pusat kota Sukabumi hanya butuh 30 menit – 1 jam perjalanan saja.

Hutan Pinus Bukit Sabak

Hutan Pinus Bukit Sabak – foto @tofa_ibrohim76

Dari Kota Sukabumi, arahkan laju kendaraan kamu menuju ke Sukalarang. Setibanya di daerah Sukalarang kalian lanjutkan perjalanan sampai menuju ke Desa Semplak. Dari desa semplak ini lokasi atau pos jalur pendakian ke Bukit Sabak sudah dekat dan banyak papan petunjuk mengarah ke Bukit Sabak.

Saat kalain mendaki Bukit Sabak atau Gunung Sabak, kalian akan bertemu kawasan hutan pinus yang asri dan cukup rimbun. Biasanya banyak wisatawan atau pendaki yang lebih suka mendirikan tenda dikawasan ini mengingat deretan hutan pinus di Bukit Sabak sangat apik dan instagenik.

Camping di Bukit Sabak

Camping di Bukit Sabak – foto @im_fauzy

Namun bagi kalian yang ingin camping diatas Bukit Sabak tak peerlu khawatir juga sebab area camp Bukit Sabak cukup luas dan mampu menampung puuhan tenda. Oh ya tak jauh dari sekitaran Hutan Pinus sudah ada sumber mata air yang bisa membantu para pendaki untuk berbagai kebutuhan seperti minum atau memasak.

Fasilitas yang ada di Bukit Sabak

Karena kawasan Bukit Sabak masih tergolong baru jadi belum banyak fasilitas yang disediakan pengelola Bukit Sabak. Namun yang jelas untuk sekedar warung kecil dibawah sebelum mendaki atau area parkir dan toilet sudah tersedia meski itu milik warga.

Gunung Sabak Sukabumi

Gunung Sabak Sukabumi – foto @justrm1907

Tapi kedepanya, pengelola Bukit Sabak atau gunung sabak akan terus meningkatkan layanan dan fasilitas bagi para pengunjung seperti pos jaga dan fasilitas-fasilitas penting lainnya agar para pendaki yang datang merasa betah dan nyaman.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

2
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
1 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
Kata Omeddunaimasak Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
dunaimasak
Guest

astagaaa udah kangen liburan banget nih aku, sehabis pandemi mau langsung cao ah 😀